12 Manfaat Temulawak Yang Perlu Anda Ketahui

Curcuma xanthorrhiza

Manfaat dan Efek Samping Temulawak

Deskripsi

Temulawak telah dikenal sebagai bahan olahan jamu tradisional yang mempunyai banyak khasiatnya. Tanaman-tanaman herba yang dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Rupanya manfaat temulawak tidak sebatas untuk kesehatan saja, tetapi juga bisa untuk kecantikan.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman herba yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah. Tanaman ini juga umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Temulawak memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turumsmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya.

Temulawak

image source: istockphoto.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan:

Kandungan yang ada tersebut membuat temulawak memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. disini akan dijelaskan apa manfaat dari temulawak untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya:

  • Penambah nafsu makan. Salah satu yang menjadikan temulawak bermanfaat untuk kesehatan badan yaitu terkenal dapat meningkatkan nafsu makan.

    Hal ini membuat ramuan jamu temulawak sering dimanfaatkan orang tua untuk membuat anak-anaknya mau makan lebih lahap tidak pilih-pilih makanan.
  • Memperlancar Proses Sistem Pencernaan. Manfaat kandungan temulawak selanjutnya yaitu kandungan serat juga kurkumin yang tinggi, ternyata dapat membantu memperlancar proses pencernaan agar bekerja lebih maksimal.

    Khasiat temulawak yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki masalah susah buang air besar (BAB).
  • Membantu menurunkan Kolestrol jahat. Dijelaskan juga oleh dr Arijanto bahwa temulawak bisa membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL) karena ada kandungan kurkuma didalamnya.

    Seseorang bisa mendapatkan manfaat temulawak tersebut dengan cara tradisional yaitu mengonsumsi air rebusannya.

    Cara terbaik untuk merebus temulawak menudur dr Arijanto dengan memakai panci dari tanah liat dan tidak ditutup.

    "Kalau mau menurunkan LDL, panci sebaiknya dibuka karena temulawak itu kan mengandung minyak atsiri dan kurkuma. Kurkuma untuk menurunkan kolesterol dan atsiri penambah nafsu makan, kata dr Arijanto beberapa waktu lalu.
  • Melindungi Hati. Manfaat yang berikutnya yaitu temulawak dikenal telah sebagai salah satu ramuan herbal yang bermanfaat untuk para pasien yang harus mengonsumsi obat kolesterol jangka panjang.

    Alasannya karena menurut dr Arijanto temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang melindungi hati akibat efek samping obat.

    "Jadi hati bisa terlindungi dari efek samping simvastatin yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Ini kan jadi bentuk gabungan terapi yang bermanfaat," kata dr Arijanto
  • Mencegah Kanker. Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah kanker.

    Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak mampu menyusutkan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker di badan.
  • Meningkatkan Imunitas Tubuh. Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan menghindari berbagai macam penyakit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah temulawak menjadi minuman dengan cara merebusnya.
  • Sebagai Antibakteri dan Antijamur. Manfaat temulawak selanjutnya yaitu, adalah sebagai antibakteri dan antijamur. Karena adanya senyawa xanthorrizol pada temulawak ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella .
  • Meningkatkan Stamina Tubuh. Temulawak dan jahe bila dikonsumsi bersamaan akan memiliki khasiat yang baik untuk stamina tubuh.

    Temulawak serta jahe umumnya dikonsumsi oleh olahragawan untuk meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang tinggi.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

  • Dapat mengatasi Jerawat. Sebagaimana yang telah dipaparkan di atas, bahwa temulawak memiliki kandungan antibakteri. Kandungan tersebut menambah daftar manfaat temulawak untuk wajah.

    Dalam hal ini kamu bisa mengkonsumsinya atau diambil sari temulawak sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat pada wajahmu.
  • Menghaluskan Kulit Wajah. Menggunakan temulawak sebagai cara menghaluskan kulit wajah juga bisa banget kok.

    Kandungan minyak atsiri ini dipercaya efektif untuk membuat kulit tampak lebih halus. Manfaat temulawak untuk wajah ini membuat temulawak kerap dijadikan bahan dasar untuk sabun wajah.
  • Kulit Wajah menjadi Lebih Cerah. Temulawak dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

    Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap.

    Agar kulit menjadi lebih cerah, kamu bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Nah, kamu bisa menjadikan temulawak ini sebagai bahan untuk melakukan eksfoliasi dan nikmati hasil kulit wajah cerah.
  • Dapat Melembabkan Kulit. Manfaat temulawak untuk wajah yang tak kalah penting adalah bisa menjaga kelembapan kulit.

    Memiliki wajah yang lembap dan tidak kering merupakan salah satu kondisi wajah yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan kulit wajah kamu menjadi kering alias tidak lembap.

    Misalnya saja sering terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering.

    Untuk menjaga kondisi kulit wajah agar selalu lembap, kamu bisa menggunakan masker temulawak.

    Cara membuat masker dari temulawak ini adalah dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

Kandungan Zak Aktif Temulawak

Rimpang temulawak mengandung protein, pati, zat warna kuning kurkuminoid (yang terdiri dari dua komponen yaitu kurkumin dan kurkuminoid), serta mengandung minyak atsiri. Pati merupakan komponen terbesar dalam temulawak, sekitar 29-34%.

Pati ini adalah jenis yang mudah dicerna sehingga baik untuk makanan bayi atau makanan orang yang baru sembuh dari sakit

Kandungan zat yang terdapat pada Temulawak yaitu minyak atsiri yang bermuatan felandren dan turmerol, terdapat didalamnya juga kurkumin dan pati dosis 0,5 gram.

12 Manfaat Temulawak Yang Perlu Anda Ketahui
Views: 2.078

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Temulawak:

Biosir

BIOSIR

Harga Konsumen : 90.000
Terjual : 214 bh


Biosir : 90.000

TOTAL : 90.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer