Beragam Khasiat Royal Jelly Yang Disebut Juga Dengan Susu Lebah

Manfaat dan Efek Samping Royal Jelly

Deskripsi

Produk yang dihasilkan lebah dan bisa dikonsumsi oleh kita tidak hanya soal madu saja, tetapi ada berbagai jenis produk lebah lainnya seperti royal jelly yang bermanfaat untuk mansuia. Royal jelly ini dapat ditemukan berupa bentuk kapsul suplemen ataupun secara mentah dalam bentuk cairan yang kental.

Royal jelly adalah susu yang dihasilkan oleh para koloni tentara lebah madu. Selain itu, susu hasil sekresi lebah ini juga digunakan sebagai makanan ratu lebah. Banyak para peternak lebah yang mengambil makanan ratu lebah ini untuk diperjualbelikan karena kaya akan manfaatnya.

Sebelum banyak diproduksi sebagai suplemen kesehatan, susu lebah ini telah digunakan untuk berbagai macam obat tradisional masyarakat, antara lain termasuk untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerutan di wajah.

Royal jelly atau susu lebagh ini memiliki kandungan berupa campuran dari air, kolagen, serta berbagai enzim dan hormon lainnya. Komponen-komponen itulah yang menjadikan banyak orang berasumsi bahwa royal jelly ini dapat membawa banyak manfaat bagi manusia.

Saat ini, royal jelly bisa didapatkan dengan mudah di mana pun. Hasil sekresi lebah ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari royal jelly segar, kapsul, ataupun bubuk.

Royal jelly dikenal sebagai cairan yang dihasilkan oleh lebah pekerja yang kemudian akan dikonsumsi oleh ratu lebah dan larvanya. 70 persen kandungan dalam royal jelly adalah air dan sisanya protein, asam amino, vitamin B kompleks, asetilkolin, gula fruktosa, gula glukosa, enzim, kalium, kalsium, natrim, zinc, besi, cuprum, dan mangan. Royal jelly ini juga sering disebut sebagai susu lebah. Harganya cukup mahal tetapi manfaat royal jelly untuk wajah memang banyak sekali.

Khasiat kandungan dari royal jelly ini untuk wajah dan kesehatan memang sangatlah dipercaya oleh masyarakat. Namun sebenarnya belum banyak bukti yang lebih spesifik membuktikan bahwa mengonsumsi royal jelly mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh manusia.

Manfaat-manfaat ini masih harus diteliti lebih lanjut. Dan apabila ingin mengonsumsi atau menggunakan royal jelly, sangat dianjurkan untuk mengonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini untuk mewaspadai adanya efek samping atau bentuk reaksi tubuh yang akan dihadapi. Nah, dibawah ini akan dipaparkan beragam macam manfaat dari royal jelly yang perlu Anda ketahui;

image source: istockphoto.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Royal Jelly[1]

  • MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH. Salah satu manfaat dari royal jelly ini yang sangat bermanfaat untuk tubuh dikarenakan kandungan glikoprotein dan asam lemak yang terkandung dalam susu lebah ini. Yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mampu untuk mengurangi risiko tubuh terserang infeksi bakteri dan virus.
  • MENGATUR KADAR GULA DARAH. Manfaat royal jelly dipercaya bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mampu untuk mengatur kadar gula darah dengan mengurangi peradangan dan oksidasi dalam tubuh.

    Meskipun demikian, manfaat royal jelly dalam mengatur kadar gula darah masih membutuhkan riset lebih lanjut dan karenanya penderita diabetes masih perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi royal jelly.
  • MEMPERCEPAT PROSES PENYEMBUHAN LUKA. Royal jelly yang dioleskan pada luka ataupun dikonsumsi dengan cara diminum dipercaya mampu untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi peradangan pada kulit.

    Lebih menariknya lagi, royal jelly secara ilmiah juga digunakan oleh dokter spesialis bedah plastik untuk menangani kasus luka bakar. Manfaat royal jelly yang satu ini juga disokong dengan kandungan antibakterinya yang dapat mencegah infeksi pada luka.
  • MEMPERBAIKI KINERJA OTAK. Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tikus menemukan bahwa royal jelly dapat meningkatkan fungsi otak dengan menurunkan hormon stres, meningkatkan memori, dan mengurangi depresi.

    Bahkan pada sebuah percobaan royal jelly juga ternyata senyawa dalam otak yang dianggap sebagai pemicu dari penyakit Alzheimer pada kelinci.
  • MENCEGAH PENYAKIT KANKER. Manfaat selnajutnya dari royal jelly adalah bahwa kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada royal jelly ini ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah munculnya sel-sel kanker dalam tubuh.

    Penelitian telah mengungkapkan bahwa royal jelly memiliki kemampuan untuk menghentikan perkembangan bisphenol A, estrogen lingkungan yang dapat memicu kanker payudara.
  • MENGOBATI PENYAKIT DIABETES. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui dan memahami dampak royal jelly pada individu yang menderita penyakit diabetes.Meskipun tidak memiliki efek langsung, royal jelly mampu berdampak positif terhadap kadar glukosa terutama pada individu dengan diabetes tipe 2.
  • MERINGANKAN EFEK MENOPAUSE. Saat wanita sedang mengalami menopause, akan muncul berbagai dampak dari kondisi tersebut, seperti depresi, kecemasan, gangguan memori, dan sebagainya. Manfaat royal jelly dalam mengatasi menopause adalah meningkatkan memori serta mengurangi kecemasan dan depresi.

    Kombinasi Royal Jelly dengan minyak evening primrose, damiana dan gingseng telah terbukti memiliki dampak positif meredakan gejala menopause dan pasca-menopause.

    Hal ini membantu mengurangi gejala menopause dan meningkatkan perasaan dan kondisi mental keseluruhan wanita yang mengalami menopause.
  • MEMBANTU MENURUNKAN KADAR KOLESTROL. Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi royal jelly ini adalah dapat membantu dalam memnurunkan kadar koletrol pada tubuh kita yang menjadi sebab mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
  • MENGURANGI TEKANAN DARAH. Selain mampu untuk membantu melindungi organ jantung melalui kelebihannya dalam menurunkan kadar kolestrol, manfaat royal jelly lainnya adalah mengurangi tekanan darah yang juga menjadi salah satu pemicu penyakit jantung.

    Protein tertentu yang terkandung dalam royal jelly dipercaya bisa menghaluskan sel otot di pembuuh darah yang mampu untuk menurunkan tekanan darah.
  • MENGATASI IRITASI MATA. Manfaat royal jelly dalam mengatasi mata kering bukan dengan cara diteteskan ke mata, melainkan dikonsumsi secara oral. Hal ini karena royal jelly ditemukan dapat meningkatkan pengeluaran air mata dan mencegah mata kering atau iritasi.

Kandungan Zat Aktif Royal Jelly[3]

Royal jelly mengandung 66,05% substansi pelembab seperti gelatin, 12,34% protein, 5,46% lemak, 2,49% substansi tereduksi, 0,82% mineral dan 2,84% senyawa yang belum diketahui (Brown, 1993).

Selain kandungan hasil temuan kimia di atas juga mengandung gizi seperti hormon-hormon alami, berbagai vitamin seperti vitamin B kompleks (thiamin, piridoksin, riboflafin, niasin, pantotenat acid, biotin, inositol dan folat acid), vitamin A, vitamin C dan vitamin E (sebagai antioksidan), 20 macam asam amino (14 di antaranya adalah asam amino essensial), asam nukleat, protein dalam bentuk gelatin-kolagen, asam lemak esensial.

Efek Samping Royal Jelly[2]

Royal jelly kemungkinan aman bagi orang yang tidak memiliki alergi pada protein madu. Namun, bagi mereka yang mempunyai kendala alergi, penggunaan bahan ini dapat memicu munculnya reaksi alergi serius seperti asma, tenggorokan bengkak, serta luka di usus besar yang disertai dengan sakit perut dan diare berdarah.

Hasil sekresi lebah yang telah dioleskan ke kulit ini juga dapat berdampak akan timbulnya peradangan dan ruam alergi, terlebih saat dioleskan ke kulit kepala. Menurut Institute of Medical Research di Malaysia, alergi susu lebah bisa menjadi parah dan dalam beberapa kasus bisa mengancam jiwa.

Oleh karena ada beberapa efek samping yang dikhawatirkan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi royal jelly ini.

Beragam Khasiat Royal Jelly Yang Disebut Juga Dengan Susu Lebah
Views: 157

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Royal Jelly:

Extra Food

EXTRA FOOD

Harga Konsumen : 80.000
Terjual : 2.023 bh


Extra Food : 80.000

TOTAL : 80.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer