Daun Sendok Tanaman Menyehatkan Yang Sering Diabaikan Khasiatnya

Plantago Asiatica L

Manfaat dan Efek Samping Daun Sendok

Deskripsi

Manfaat daun sendok untuk kesehatan memang masih jarang diketahui orang. Namun siapa sangka, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kebenaran manfaat dari daun sendok ini untuk kesehatan. Hal ini karena daun sendok kaya dengan kandungan mineral kimia dan zat aktif yang berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit. Daun ini pun rasanya manis dan bersifat dingin membuat orang nyaman mengkonsumsinya.

Daun sendok memiliki nama latin Plantago major . Di luar negeri, tumbuhan ini dikenal dengan julukan broadleaf plantain. Daun yang menyerupai sendok makan yang populer dengan berbagai nama seperti ceuli uncal, ki urat daun urat, otot-ototan, kuping menjangan, suri pandak, meloh kiloh, ekor angin, sangkubah danĀ  torongoat. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai tempat, mulai dari taman bermain hingga lahan parkir. Itulah sebabnya, daun sendok masih sering dipandang sebelah mata.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama Plantago Asiatika L atau Plantago depressa Willd ini masuk dalam keluarga Plantaginaceae. Daun sendok diketahui kaya dengan nutrisi dan zat aktif yang penting untuk kesehatan.

Herbal ini banyak mengandung vitamin A, B1, C, kalium dan mineral penting lainnya. Daun sendok juga kaya kandungan kimia seperti bethasitosterol, aucubin, hentria-contane dan ursolic acid.

image source: viva.co.id

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Daun Sendok[1]

Meskipun daun ini dianggap sebagai tumbuhan liar, namun kandungan daun sendok ini sengatlah berkhasiat sebagai obat berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari daun sendok;

  • ATASI PERADANGAN. Menurut beberapa riset, salah satu manfaaat dari daun sendok datang dari kandungan anti-inflamasinya, seperti flavonoid, terpenoid, glikosida, dan tanin.Sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan kalau ekstrak daun sendok dapat mengatasi peradangan akibat kerusakan pada organ hati.

    Sebuah penelitian serupa juga menjelaskan bahwa manfaat daun sendok bisa mengatasi peradangan dan mengurangi enzim hati untuk menjaga hati dari kerusakan.Namun riset lebih lanjut pada manusia masih harus dilakukan untuk memperkuat penemuan ini.
  • MENGOBATI KANKER. Manfaat selanjutnya dari daun sendok ini adalah dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah tes tabung, para ahli tidak hanya menemukan kehebatan manfaat daun sendok dalam mengatasi peradangan, tapi juga menghambat sel kanker bertumbuh kembang.Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih tetap dibutuhkan untuk membuktikan manfaat daun sendok yang satu ini.
  • MENGOBATI KENCING BERDARAH. Kandungan kimia dan unsur K dalam daun herbal satu ini juga bersifat diuretik yang berkhasiat dalam melancarkan air seni. Minum rebusan daun ini plus madu juga baik untuk menyembuhkan kencing berdarah.
  • MENYEMBUHKAN FLU DAN BATUK BERDARAH. Manfaat daun sendok juga fungsinya sebagai antitusif yang ampuh dalam mengatasi batuk karena flu. Herbal ini juga bersifat mucolytic yang efektif untuk meluruhkan dahak maupun menyembuhkan batuk berdarah.
  • MENINGKATKAN FUNGSI HATI. Organ Hati memiliki peranan yang sangatlah pentin dalam tubuh kita. Gangguan yang terjadi pada organ hati dapat mengakibatkan munculnya sejumlah penyakit lainnya.

    Salah satu manfaat dari daun sendok ini adalah melindungi hati. Daun sendok bersifat hepatoprotektor yang mampu untuk menormalkan dan mengembalikan fungsi pada organ hati agar tetap bekerja dengan optimal.
  • MENGATASI SAKIT DIARE. Manfaat daun sendok juga baik untuk mengatasi diare dan disentri basiler dengan cara mengikis selaput lendir usus. Kandungan tanin yang terdapat di dalam daun ini dapat memberikan efek sebagai adstrigen.
  • MENINGKATKAN VITALITAS PRIA. Sejumlah praktek pengobatan tradisional juga menggunakan daun sendok untuk meningkatkan vitalitas kaum pria. Untuk mencobanya, giling biji dan daunnya lalu tambahkan madu untuk mendapat manfaat daun sendok yang optimal.
  • MEMBANTU PROSES PENYEMBUHAN LUKA. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa daun sendok juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pada luka, dengan mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan mikroba, serta meredakan nyeri.

    Faktanya, sebuah riset yang melibatkan 40 responden menemukan bahwa gel yang mengandung lidah buaya dan daun sendok bisa memicu perbaikan jaringan tubuh pada penderita ulkus di kaki.Walau demikian, hasil riset ini masih sulit disimpulkan karena menggunakan lidah buaya juga.
  • MELANCARKAN SISTEM PENCERNAAN. Manfaat dari daun sendok juga dipercaya dapat memperlambat pergerakan saluran pencernaan, sehingga gerakan usus menjadi lebih teratur dan diare dapat diatasi.

    Sebuah riset pada tikus juga menemukan, ekstrak daun sendok dapat memicu proses penyembuhan maag.Ditambah lagi, penelitian pada hewan lainnya juga membuktikan bahwa daun sendok bisa mengatasi penyakit inflammatory bowel disease (IBD) karena mengandung komponen anti-inflamasi.

    Perlu ditegaskan, berbagai manfaat daun sendok di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Apalagi, manfaat daun sendok ini hanya didasari oleh penelitian pada hewan uji.

Kandungan Zat Aktif Daun Sendok[3]

Tanaman daun sendok ini kaya akan berbagai kandungan kimia di antaranya adalah; Choline, chromium, fiber, niacin, sorbitol, zinc, Magnesium, Ascorbic-acid, chlorogenic-acid, manganese dan ursolic-acid yang mempunyai efek sebagai antidiabetik dan hipoglikemi.

Daun sendok juga mengandung Allantoin, apigenin, aucubin, baicalin, beta-carotene, caffeine-acid, ferulic-acid, fumaric-acid, Genipocidic-acid, hispidulin, luteolin, oleanolic-acid, P-coumaric-acid, Phydroxy-benzoic-acid, salicylic-acid, selenium, syringic-acid, tannin, tyrosol dan vannilic-acid sebagai antioksidan (Duke, 2010).

Efek Samping Daun Sendok[2]

Pada umumnya, orang dewasa yang dalam keadaan sehat tidak akan mengalami efek samping saat mengonsumsi daun sendok, baik itu dikonsumsi secara langsung maupun dimasak.Namun, daun sendok dalam bentuk suplemen bisa memberikan efek samping berupa mual, muntah, diare, perut kembung, ataupun reaksi pada kulit.

Hati-hati, terhadap dosis tinggi daun sendok bisa menyebabkan anafilaksis, yang merupakan reaksi alergi berbahaya dan bisa mengancam nyawa.Berbagai gejala anafilaksis yang mesti diwaspadai meliputi tekanan darah rendah atau hipotensi, munculnya ruam, pembengkakan mulut dan tenggorokan, denyut nadi lemah, mual dan muntah, hingga pingsan.

Mulailah mengonsumsi daun sendok dari dosis kecil. Selain itu, berkonsultasilah pada dokter sebelum mengonsumsinya. Sebab, ada berbagai efek samping berbahaya yang menunggu Anda, jika tidak berkonsultasi dulu sebelum melahapnya.Terlebih lagi, jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi daun sendok, segera datang ke dokter dan hentikan konsumsinya.

Daun Sendok Tanaman Menyehatkan Yang Sering Diabaikan Khasiatnya
Views: 125

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Daun Sendok:

Diabextrac

DIABEXTRAC

Harga Konsumen : 130.000
Terjual : 259 bh


Diabextrac : 130.000

TOTAL : 130.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer