Daun Tempuyung, Tanaman Liar Yang Memiliki Banyak Manfaat

Sonchus arvensis L.

Manfaat dan Efek Samping Daun Tempuyung

Deskripsi

Tempuyung adalah tanaman yang biasa tumbuh di pekarangan dan di tepian tanggul sungai. Tidak banyak yang tahu akan manfaat dari daun tempuyung untuk kesehatan tubuh kita.Ya, tanaman tempuyung juga sebagai penghias pekarangan karena bentuk daun dan bunganya yang unik tersebut.

Tempuyung lebih sering dilihat sebagai tanaman penghijau halaman. Memang, ada pula yang memanfaatnya sebagai lalapan, meski rasanya sedikit pahit. Akan tetapi lebih dari itu, tempuyung juga dikenal dapat membantu menurunkan  tekanan darah dan alternatif penghancur batu ginjal.

Daun berombak memeluk batang inilah yang dipercaya memiliki efek farmakologis. Di antaranya: menghilangkan rasa panas dan racun, diuretik peluruh kencing, penghancur batu ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Adapun secara fisiknya, tanaman ini memiliki rasa yang cukup pahit dan bersifat mendinginkan. Pada prinsipnya, semua bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan. Tapi yang paling sering adalah bagian daun dari tanaman ini.

Tumbuhan ini dikenal sebagai herba semusim dengan tinggi bisa mencapai 2 meter, tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung, seperti di tebing, tepi saluran air, di sela-sela batu, dan tumbuh pada daerah dengan ketinggian 50 - 1.650 meter dari permukaan laut. Berikut ini berbagai manfaat daun tempuyung untuk pengobatan yang berkhasiat;

image source: harapanrakyat.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Daun Tempuyung[1]

  • MENGATASI ASAM URAT. Buat Anda yang sedang menderita penyakit asam urat coba saja untuk mengonsumsi daun tempuyung ini. Kandungannya yang kaya akan flavonoid berkhasiat meredakan nyeri pada penyakit yang banyak dialami orang lanjut usia.
  • MEMPERKUAT TULANG. Daun tempuyung mengandung banyak kalsium yang berkhasiat untuk menguatkan tulang sekaligus mencegah pengeroposan tulang. Anda bisa mengonsumsi daun ini dengan merebusnya secara berkala untuk menjaga kesehatan pada tulang.
  • MENGATASI BATU GINJAL DAN KENCING BATU. Daun tempuyung telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit batu ginjal atau kencing batu. Penelitian menemukan ekstrak daun tempuyung ampuh melarutkan dan menghancurkan batu ginjal.

    Buat Anda yang ingin sembuh dari penyakit kencing batu tinggal rebus beberapa lembar daun tempuyung kering dengan air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya.
  • MENGONTROL TEKANAN DARAH. Manfaat yang selanjutnya adalah bahwa daun tempuyung ternyata efektif untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah. Makan saja lalapan daun tempuyung yang telah dikukus. Selain rasanya nikmat dimakan dengan samabal, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
  • MEMPERCEPAT PROSES PENYEMBUHAN LUKA. Luka atau luka bakar yang tersulut api atau terkena benda maupun cairan panas bisa diredakan dengan tumbukan herbal satu ini.

    Dengan cara ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka ataupun luka bakar. Kandungan daun tempuyung yang dingin berkhasiat untuk mengatasinya juga mempercepat dalam proses penyembuhan.
  • ATASI BISUL. Manfaat daun tempuyung juga berkhasiat mengatasi dan meredakan sakit bisul. Radang ini bisa diatasi dengan daun tempuyung yang sudah ditumbuk kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terdapat bisul. Lakukan beberapa kali hingga sembuh.
  • ATASI MEMAR PADA TUBUH. Luka memar bisa terjadi karena benturan atau pukulan benda tumpul. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan beberapa lembar daun tempuyung yang ditumbuk lalu ditempelkan pada tubuh yang sakit.
  • SEBAGAI PENAWAR RACUN. Manfaat selanjutnya dari daun tempuyung ini yaitu ampuh dalam menangkal dam membuang racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini disebabkan karena kandugan antioksidan dalam herbal ini yang cukup tinggi.
  • MENGOBATI RADANG PAYUDARA. Radang payudara yang biasanya muncul saat haid atau sesudah melahirkan bisa diatasi dengan daun tempuyung. Kandungan kimia tanaman herbal ini berkhasiat mengatasi gangguan yang menyertai haid.

    Itulah beberapa macam manfaat dari daun tempuyung untuk kesehatan termasuk cara pengobatannya. Anda dapat merebus daun herbal ini dengan ditambahkan herbal lain atau dengan menumbuknya sebagai obat luar.

Kandungan Kimia Daun Tempuyung [2]

Kandungan kimia yang terdapat dalam daun tempuyung berupa ion-ion mineral, seperti silika, kalium, magnesium, dan senyawa organik seperti flavonoid, kumarin, taraksasterol, inositol, serta asam fenolat (Anonim, 1999).

Daun Tempuyung, Tanaman Liar Yang Memiliki Banyak Manfaat
Views: 128

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Daun Tempuyung:

Diabextrac

DIABEXTRAC

Harga Konsumen : 130.000
Terjual : 259 bh


Diabextrac : 130.000

TOTAL : 130.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer