Biasa Untuk Menangkal Sihir, Ternyata Ini Manfaat Tanaman Bidara

Merremia mammosa

Manfaat dan Efek Samping Bidara Upas

Deskripsi

Tanaman bidara atau dengan nama latin (Merremia mammosa) upas ini adalah salah satu tumbuhan yang termasuk dalam golongan umbi-umbian yang merayap atau membelit yang panjangnya mencapai 3-6 m, bertangkai panjang, berbentuk seperti jantung, ujungnya meruncing.
Bunga tumbuhan ini menyerupai payung menggarpu berkumpul 1 hingga 4 bunga, bentuknya seperti lonceng berwarna putih, panjang 7-8 cm, dengan 4 helai kelopak.

Umbinya terkumpul didalam tanah, mirip seperti ubi jalar. Bila tanahnya kering dan tidak tergenang air serta gembur, beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih. Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat.

Biasanya tumbuh liar di dalam hutan, kadang di tanam oleh masyarakat di halaman dekat dengan pagar untuk dijadikan obat tradisional atau umbinya dapat dimanfaatkan dan di makan.

Bidara upas adalah tanaman yang sangat kaya akan manfaatnya. Selain dapat dimakan sebagai salah satu sumber karbohidrat, kebanyakan masyarakat di jawa memanfaatkan khasiat umbinya untuk menjadi pengobatan.

Menurut sebuah laporan penelitian mengenai bidara upas ini bahwa tanamana ini berasal dari asi tenggara, kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya seperti India, Indonesia, Cina dan Andaman.[1]

image source: krjogja.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Tanaman Bidara

  • MENGATASI TUMOR DAN KANKER. Salah satu manfaat yang sangat bermanfaat dari kandungan bidara ini yaitu mampu menyembuhkan penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor.

    Bidara berperan untuk melawan serta membunuh sel-sel kanker yang berbahaya dalam tubuh yang juga dapat beresiko adanya tumor.
  • MENEYEMBUHKAN PENYAKIT KOLESTROL. Manfaat selanjutnya dari bidara ini yaitu mampu menurunkan kolestrol. Kolestrol jahat atau disebut dengan LDL dalam darah dapat turun apabila Anda mengkonsumsi serat yang terkandung dalam air.

    Serat itu bisa didapatkan dengan merebus daun bidara dan kemudian bisa diminum untuk pengobatannya.
  • MENGOBATI SARIAWAN. Manfaat lainnya dari bidara ini adalah mampu untuk mengobati dan mempercepat penyembuhan luka pada mulut atau sariawan.

    Daun bidara ini mempunyai kandungan antioksidan, dengan kandungan ini lah yang akan mencegah bakteri berada di dalam mulut, sehingga mampu untuk mengatasi keluhan masalah yang berada di dalam mulut, seperti bibir pecah dan sariawan.
  • MENGATASI INSOMNIA. Kandungan saponin yang terdapat dalam daun bidara ini ternyata mampu untuk mengatasi gangguan sulit tidur juga berkhasiat memberikan efek menenangkan.
  • MENJAGA KESEHATAN JANTUNG. Manfaat lainnya dari tumbuhan bidara yang telah lama dikenal yaitu mampu untuk menjaga kesehatan pada jantung.
  • MENYEMBUHKAN PENYAKIT DIABETES. Diabetes adakah salah satu penyakit yang paling berbahaya apabila dibiarkan begitu saja. Namu, tidak perlu takut ternyata penyakit diabetes ini mampu diatasi dengan mengkosumsi bidara.

    Tumbuhan ini juga mampu untuk mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.[3]

Kandungan Zat Aktif

Tanaman bidara upas memiliki senyawa kimia yang bermanfaat seperti; damar, resin, pati, zat pahit. Getah segarnya juga mengandung zat oxydase (Anonim, 2005).

Dalam pengobatan tradisional, umbi Bidara Upas sering digunakan terapi pengobatan kanker. Kandungan zat oksidase pada getah segar bidara upas juga diduga memiliki peranan baik dalam membantu pengobatan kanker alternatif.[2]

Sifat Kimia dan Efek Farmakologis : Anti radang, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, pencahar (laxative), menetralkan racun (antidot), penyejuk.

Biasa Untuk Menangkal Sihir, Ternyata Ini Manfaat Tanaman Bidara
Views: 1.026

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Bidara Upas:

Carnocap

CARNOCAP

Harga Konsumen : 120.000
Terjual : 292 bh


Janna Tea Cold

JANNA TEA COLD

Harga Konsumen : 115.000
Terjual : 98 bh


Carnocap : 120.000
Janna Tea Cold : 115.000

TOTAL : 235.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer