Dikenal Sayuran Dengan Nilai Gizi Tinggi, Inilah 15 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Daucus carota L.

Manfaat dan Efek Samping Wortel

Deskripsi

Siapa sih yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini? Ya, wortel adalah salah satu jenis sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat karena mengandung banyak vitamin maupun nutrisi.

Dengan kandungannya, khasiat wortel cukup penting bagi tubuh manusia. Wortel telah dikenal akan khasiatnya untuk memelihara kesehatan pada mata karena kaya akan kandungan vitamin A.

Ketika Anda membudidayakan salah satu umbi ini, maka yang pertama kali akan nampak di atas permukaan tanah adalah bagian daunnya. Daun wortel memiliki bentukan mirip dengan pakis atau peterseli yang berwarna hijau muda. Pada pangkal daunnya, terkandang dihiasi bunga berwarna putih. Apabila dimakan, bunganya terasa manis namun berbau khas yang kurang sedap di mulut.

Rasa umbi tumbuhan ini jauh lebih enak, dibandingkan dengan rasa bunganya. Umbinya terasa manis, renyah, dan tidak bau. Itulah sebabnya, orang-orang lebih banyak memanfaatkan bagian umbinya untuk dibuat berbagai menus masakan.

image source: istockphoto.com

Wortel ini memiliki nama latin Daucus carota L.Jika Anda perhatikan, wortel memiliki bentuk yang hampir sama dengan lobak. Hanya saja berbeda ukuran, biasanya wortel jauh lebih ramping dan terdapat garis-garis kecil di sisi-sisinya.

Ternyata sayuran yang berwarna oranye ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, bahkan baik untuk kesehatan dan perawatan kulit lho. Untuk cara pengonsumsiannya pun beragam macam bisa dengan cara dikukus sebentar, dimakan dengan mentah-mentah atau bisa disajikan dengan berupa jus wotel dan disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Selain itu, manfaat wortel juga baik untuk kecantikan wajah. Seperti kandungan vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A, merupakan vitamin yang dapat membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari.

Ternyata banyak banget ya manfaat wortel bagi kehidupan manusia. Nah, berikut ini hnipioneer telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat-manfaat dari sayuran wortel ini yang perlu Anda ketahui.

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Wortel[1]

  • MENJAGA KESEHATAN MATA. Nah, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan khasiat wortel untuk memelihara kesehatan mata. Manfaat wortel untuk kesehaan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Lutein yang terkandung di dalamnya juga bisa menjadi antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.
  • MENYEHATKAN JANTUNG. Manfaat lainnya dengan mengonsumsi wortel secara rutin juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena wortel memiliki kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang dimilikinya.
  • BERPOTENSI CEGAH PENYAKIT KANKER. Sayuran wortel ini termasuk makanan kaya dengan antioksidannya. Sejumlah antioksidan dalam sayuran ini berpotensi menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

    Di antaranya kanker paru-paru, usus besar, prostat, dan leukemia. Studi di American Journal of Clinical Nutrition menyebut, orang yang rajin makan asupan mengandung antioksidan karotenoid, risiko terkena kanker paru-paru turun 21 persen.
  • MEMPERCEPAT PROSES PENYEMBUHAN LUKA. Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, yang akan diubah menjadi retinol, salah satu bentuk paling murni vitamin A. Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan adalah mampu untuk membantu proses penyembuhan luka.

    Karena kandungan vitamin A dalam wortel bisa bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Gunakan jus wortel sebagai masker dan rasakan manfaat wortel.
  • MAMPU MENURUNKAN KADAR KOLESTROL. Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Harvard University mengemukakan bahwa seseorang yang sedikitnya memakan enam wortel dalam satu minggu bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu buah saja dalam sebulan.

    Wortel merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.
  • MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH. Manfaat wortel untuk kesehatan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dengan ketumbar ternyata bermanfaat ampuh bagi kesehatan.

    Menurut beberapa peneliti, sup dari sayuran wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga bisa menjauhkan Anda dari infeksi yang disebabkan virus.
  • MENINGKATKAN DAYA BERFIKIR. Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, mampu untuk memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) pada seseorang.

    Vitamin B yang terkandung di dalam wortel juga bisa membantu mempertajam ingatan atau memori. Apabila Anda rutin mengonsumsi wortel ini, Anda akan bisa dengan mudah mengerjakan atau mempelajari banyak hal, Insya Allah.
  • image source: istockphoto.com

  • MENYEHATKAN MULUT. Rajin mengonsumsi jus wortel dapat menjaga kesehatan mulut. Kandungan mineral yang terkandung dalam wortel memiliki sifat antibakteri yang mencegah timbulnya kerusakan pada gigi. Kandungan riboflavin yang terkandung dalam sayuran wortel ini juga bisa membantu menghilangkan plak pada gigi.
  • MENYEHATKAN RAMBUT. Manfaat dari wortel selanjutnya adalah ternyata wortel mampu untuk mengatasi kerontokan rambut dengan cara merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat. Selain itu, wortel juga bisa menebalkan rambut dan membuatnya lebih kuat.
  • MENGATASI MASALAH KULIT KERING. Jika Anda memiliki masalah kulit yang kering, masker wortel dan mentimun ini bisa membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut. Selain itu, sayuran ini juga dapat menjadi masker untuk anti penuaan.
  • MENCEGAH PENUAAN DINI. Manfaat selanjutnya adalah kandungan beta karoten dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber antioksidan membantu memperlambat penuaan sel sehingga kulit menjadi tidak mudah mengalami keriput. Pancaran sinar matahari yang terlalu sering merupakan salah satu penyebab keriput di usia muda.

    Dengan rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakannya sebagai masker wajah, wortel menjadi salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami dan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah.
  • MENGATASI KULIT BERMINYAK. Manfaat selanjutnya dari kandungan wortel untuk kulit adalah mampu untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Anda dapat menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih.

    Kulit berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam. Wortel untuk dapat mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat.
  • MELAWAN KANKER USUS BESAR. Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan di jepang mengungkapkan bahwa mengonsumsi wortel secara rutin dapat menurunkan risiko kanker kolorektal karena memiliki kandungan beta-karoten.
  • MENCEGAH PENYAKIT DIABETES. Wortel memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat banyak, dapat bermanfaat untuk mengendalikan gula darah. Selain itu, indeks glikemik sayuran wortel ini tergolong rendah, yakni 39.
  • MENYAMARKAN FLEK HITAM. Manfaat wortel untuk wajah lainnya adalah dapat bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam pada wajah. Caranya dengan menggunakan masker wortel secara rutin.

    Campurkan jus wortel dengan madu dan olive oil. Aplikasikan pada seluruh wajah dan leher secara merata. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Kandungan Zat Aktif Wortel[3]

Wortel memiliki peranan penting bagi tubuh, karena wortel memiliki kandungan α dan ß-karoten. Kedua jenis karoten ini penting dalam gizi manusia sebagai pro-vitamin A.

Senyawa ß-karoten dalam tubuh diubah menjadi vitamin A yang berperan dalam menjaga pertahanan dan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, paru-paru, dan membantu pertumbuhan sel-sel baru. Wortel merupakan sumber makanan detoksifikasi yang mempunyai kemampuan untuk mengatur ketidakseimbangan dalam tubuh.

Inilah Efek Samping Wortel Yang Perlu Diperhatikan[2]

Walaupun wortel memiliki segudang manfaat dan kandungan nutrisinya yang banyak pula, tetapi apabila mengonsumsinya secara berlebihan akan memberikan dampak efek sampingnya. Karena itu, penting untuk mengonsumsinya dengan takaran secukupnya.

  • MENGABKIBATKAN KERACUNAN VITAMIN A. Wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, akan tetapi apabila Anda mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan makanan. Kondisi seperti ini yang disebut dengan hypervitaminosis A.

    Pada sebuah penilitian mengemukakan bahwa gejala keracunan yang disebabkan vitamin A dapat meliputi kehilangan selera makan, mual perut, muntah, rambut rontok, rasa lelah, dan pendarahan pada bagian hidung.

    Ketika mengalami keracunan vitamin A kronis dapat menganggu sistem pada organ. Termasuk menghambat pembentukan tulang, menyebabkan tulang patah dan lebih aman, dan jika terjadi dalam jangka panjang dapat memengaruhi fungsi ginjal.
  • MENGAKIBATKAN GANGGUAN PADA PERUT. BEBERAPA orang mungkin bisa mengalami kondisi dimana wortel sulit untuk dicerna. Salah satu efek samping samping dari terlalu banyak makan wortel yaitu dapat mengakibatkan perut kembung.

    Selain itu, wortel juga memiliki kandungan serat tidak larut (jenis serat yang mengikat air). Apabila terjadi peningkatan konsumsi serat makan untuk sementara waktu, jal ini dapat mengganggu usus, dan dapat menyebabkan sembelit jika tidak minum cukup cairan untuk membantu serat bergerak melalui saluran usus.
  • MENYEBABKAN ALERGI. Meski wortel jarang menyebabkan reaksi alergi, wortel dapat menyebabkan reaksi ketika dikonsumsi bersama dengan makanan lain. Alergi pada wortel ini dapat memengaruhi lebih dari 25% orang dengan alergi makanan.

    Dalam sebuah penelitiaan yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa, ada kasus reaksi alergi ketika seseorang ketika mengonsumsi sayuran wortel yang terkandung dalam es krim.

Dikenal Sayuran Dengan Nilai Gizi Tinggi, Inilah 15 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan
Views: 223

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Wortel:

Extra Food

EXTRA FOOD

Harga Konsumen : 80.000
Terjual : 2.023 bh


Extra Food : 80.000

TOTAL : 80.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer