Filosofi Pengobatan Thibbun Nabawi

Serial KHT Online dan Bedah Produk HNI HPAI

Deskripsi

Thibbun nabawi adalah sebuah metode pengobatan yang di jelaskan Rosullullah SAW kepada orang yang mengalami keluhan sakit, pengobatan yang beliau ketahui berdasarkan wahyu. Sumber yang di dapat berasal dari rujukan AlQuran, Hadits shahih serta atsar.

Pengobatan dengan thibbunabawi bersandar kuat pada aqidah islamiyah. "...dan apabila aku sakit, dialah yang menyembuhkan aku." ( QS. Al-syu'aro' ayat 80) juga hadits "..setiap kali allah menurunkan penyakit, pasti allah menurunkan obatnya." ( HR. Bukhori)

Konsep pengobatan yang di ajarkan Rosullulah saw adalah menghindari atau menjauhi penyakit. Hal ini di maksudkan agar kita tinggal jauh dari penyakit, misal tinggal di pegunungan atau desa yang tidak ada pencemaran udara, air, polusi dll.

Konsep pengobatan ala rosul yang kedua adalah sistem pengobatan yang menyeluruh yaitu mengobati penyakit tidak hanya dari aspek fisik saja akan tetapi juga melibatkan aspek spiritual, mental dan emosi. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengembalikan kekuatan fitrah insaniah atau sistem imunitas tubuh.

Menurut Thibbun nabawi dalam memahami konsep Kekuatan Fitrah bisa digambarkan sbb :

  • SPIRITUAL 50% : Berhubungan dengan kalbu, kejiwaan, perasaan merasa dekat dengan Allah swt yang menciptakan. Ikhlas, pasrah dan berprasangka baik atas ketentuan Allah swt. Perbanyak ibadah shalat fardu dan sunnah
  • MENTAL 20%: Berhubungan dengan fikiran, selalu berfikir positif dlm keadaan apapun terutama kepada Allah swt. Keyakinan pda qodha dan qodar, perbanyak membaca Alquran.
  • EMOSI 20%: Berkaitan dengan perasaan saat menghadapi suatu kejadian, pengendalian hawa nafsu agar emosi seimbang. Obat emosi adalah puasa dan dzikir
  • FISIK 10%: Tubuh manusia disusun oleh jaringan yang halus dan lembut. Penggunaan bahan kimia sintensis dan penumpukan racun menjadikan tubuh mendapat tekanan yang berat. Olah raga, pola hidup sehat dan menghindari makanan haram.

Ternyata porsi kekuatan spiritual adalah sangat dominan dalam menentukan tingkat kesehatan hidup bagi seorang manusia. Spiritual = mental + emosi + fisik.

Adapun gangguann kesehatan terbesar yang menyebabkan manusia sakit adalah gangguan setan :

  • Penyakit yang di sebabkan factor non medis seperti emosi, dendam, was was, gelisah (semuanya merupakan aplikasi dari sifat dasar setan). Sebagai contoh misalnya : penderita hipertensi cenderung banyak berpikir, efeknya menjadi sering tidak bisa mengendalikan emosi dan akhirnya menjadi pemarah.
  • Penyakit yang di sebabkan fisik biasanya berasal dari pola makan yang tidak sesuai.
  • Sumber makanan yang tidak halal dan toyib (uang korupsi,mencuri,judi dll). "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal dan thoyyib dari apa yang terdapat di bumi dan jangan lah kamu mengikuti langkah-langkah syetan, karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu." QS. Al-Baqoroh 168
  • Makan dan minum berlebihan. "Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih lebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih lebihan." QS. Al-A'raf 31

Cara menjaga kekuatan fitrah :

  • Jaga selalu shalat tepat waktu dan berjamaah (bagi laki-laki) di masjid.
  • Lakukan tilawah Al-Quran setiap pagi dan malam, di niatkan mengaji dan membersihkan tubuh dari pengaruh setan
  • Dzikir, puasa, selalu mensucikan diri dengan berwudhu, jangan berwudhu hanya saat akan shalat saja tapi lakukan sesering mungkin agar tubuh selalu suci
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal serta toyib
  • Konsumsi herba-herba sunnah yang sangat di benci syetan seperti madu asli, susu kambing, siwak, habbatussauda, zaitun dll
  • Jaga senantiasa perkataan lisan, ucapan dan tetap berperilaku yang baik

Hindari makanan beracun:

Banyak makanan yang beredar tidak halal dan kurang thoyyib oleh karena itulah harus dihindari, termasuk juga makanan yang akan meracuni tubuh manuasia.

  • Pengawet : Efeknya akan merusak lever dan usus. Contoh mie instan, orang terlalu banyak konsumsi mie instan biasanya BAB nya tidak lancar karena sampah di ususnya menumpuk dan awet.
  • Pewarna : akan merusak ginjal. Contoh teh celup. Pernahkan Anda berpikir mengapa teh bila diseduh dengan air panas warnanya langsung coklat kemerahan dengan cepat? Padahal teh yang asli dari daun teh kala di seduh air panas tidak akan mengeluarkan warna seperti itu.
  • Perasa : akan memberikan efek buruk berupa mengeraskan Lever. Contoh : perasa makanan, bumbu masak instan dll
  • Pemanis buatan : merusak lever dan ginjal Contoh : minuman sachet
  • Pengembang : merusak pankreas Contoh : Pengembang kue dan Kanji

Rukun Penyembuhan

Konsep Pengobatan Herba mempunyai beberapa Rukun Penyembuhan. Seorang pasien perlu dibimbing untuk memenuhi semua rukun-rukun penyembuhan tersebut supaya mendapat hasil optimal dan khasiat herba yang dikonsumsi.

Rukun Penyembuhan tersebut adalah:

  1. Keyakinan.
  2. Amalan yang berterusan (kontinyu).
  3. Munculnya krisis penyembuhan (Healing Crisis)
  4. Dosis yang mencukupi.

KEYAKINAN

Pertama kali, harus ditanamkan kepada pasien maupun perawat (terapis) bahwa setiap penyakit itu pasti ada obatnya dan obat herba yang diberikan kepadanya merupakan obat yang berkualitAS. Keyakinan ini adalah sangat penting kerana ia merupakan pintu penyembuhan yang perlu dibuka terlebih dahulu.

Keyakinan ini akan membangkitkan tenaga atau semangat yang sangat penting untuk membantu mengembalikan sistem imunitas. Mengkonsumsi herba dalam keadaan yang tidak yakin akan membuahkan usaha yang sia-sia.

AMALAN YANG BERKETERUSAN

Artinya kita harus istiqomah dan sabar menantikan tubuh yang sedang menjalani proses penyembuhan melakukan perbaikan ke seluruh tubuh secara menyeluruh (total healing). Apabila kita menyadari bahwa sumber penyakit datang dari makanan sehari-hari yang mengandung toksid (zat beracun), maka sudah seharusnya mengkonsumis herba menjadi hal yang harus dirutinkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyakit timbul setelah sekian lama gangguan organ terjadi. Begitu juga obat memerlukan tempo atau waktu untuk menjalani proses pemulihan sel-sel yang telah rusak.

KRISIS PENYEMBUHAN

Krisis penyembuhan (healing crisis)adalah tanda-tanda yang menunjukkan herba sedang bekerja yang disebut juga dengan istilahDirection of Cure (DOC). Beberapa tanda DOC yang muncul karena pengkonsumsian herba antara lain:Muncul penyakit baru.

Seringkali kita menjumpai seseorang yang menggunakan herba mengalami healing crisis, dimana nampak semakin bertambah penyakit yang keluar, separti perempuan yang mengalami keputihan, jerawat, gatal-gatal dan lain-lain.

Berpindah penyakit dari bagian tertentu kepada bagian yang lain. Kita juga sering lihat perubahan beberapa penyakit separti orang yang menderita asma setelah mengkonsumi herba mengalami gatal-gatal di kulit.

Terasa sakit di bagian pinggang dan telapak kaki. Sistem saraf yang mempengaruhi keadaan ini dimana rasa sakit akan terasa seolah-olah berpindah turun ke bawah terutama di sekitar pinggang dan langsung ke telapak kaki. Telapak kaki dihubungkan ke wilayah refleksi untuk perawatan seluruh tubuh. Penyakit lama muncul kembali. Pengulangan simptom (gejala) penyakit yang pernah diderita dahulu.

DOSIS YANG MENCUKUPI

Penggunaan herba yang tepat haruslah disesuaikan dengan berat badan pasien. Dalam hal ini perbandingannya adalah 10kg : 1 gr. Artinya setiap berat badan 10kg memerlukan 1 gram herba yang harus dikonsumsi.

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Filosofi Pengobatan Thibbun Nabawi
Views: 1.308

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Tidak ada produk berkaitan...

Disclaimer