Rupa Tak Elok Bukan Berarti Tak Berharga, Inilah Khasiat Mengkudu Perlu Anda Ketahui

Morinda citrifolia L

Manfaat dan Efek Samping Mengkudu

Deskripsi

Janganlah menilai sesuatu dari rupa dan penampilannya luarnya saja. Walaupun bentuk dan rupanya tak menarik, tetapi manfaat buah mengkudu ini untuk kesehatan tubuh sangatlah melimpah dan bisa menjadi solusi untuk berbagai macam penyakit. Mungkin ini cocok untuk dapat mewakili penilaian kita terhadap buah yang satu ini.

Mungkin kerap dikesampingkan mengingat buah ini rasanya yang pahit. Padahal orang-orang Polinesia telah menggunakan mengkudu dalam pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun, Di Indonesia, mengkudu menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit.

Buah mengkudu atau biasa disebut juga dengan buah noni, teklah diketahui berjasa dalam membantu memerangi berbagai macam penyakit berbahaya. Bahkan, kini banyak produk obat-obatan herbal yang mengandalkan ekstrak buah dengan kulit berbintik-bintik.

Buah Mengkudu merupakan buah-buahan yang berwarna hijau dan banyak dijumpai di negara Australia, India, dan Asia Tenggara termasuk Negara tercinta kita ini, ya mengkudu ada juga di Indonesia.

Sebagian besar masyarakat telah meyakini bahwa khasiat buah mengkudu dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yang paling terkenal adalah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu yang perlu Anda ketahui;

Buah Mengkudu

image source: istockphoto.com

Kandungan Buah Mengkudu[2]

gai macam cara untuk mengonsumsi buah dan akndungan mengkudu, salah satunya dengan cara dibuat jus. Agar rasanya menjadi lebih nikmat untuk disajikan, Anda dapat memadukannya dengan buah-buahan lain.

Yang penting untuk diketahui, setiap konsumsi 3,5 ons atau 100 mililiter (ml) jus mengkudu, nutrisi yang bisa kamu dapat adalah sebagai berikut:

Mengandung (47 kalori), Karbohidrat (11 gr), Protein (kurang dari 1gr), lemak (kurang dari 1gr), Gula (8 gr), Vitamin C (33% AKG), Biotin (17% AKG), Asam Folat (6% AKG), Magnesium (4% AKG), Potasium (3% AKG), Kalsium (3% AKG), Vitamin E (3% AKG).

Yang lebih mengesankan lagi adalah, ternyata mengkudu mengandung vitamin C yang tinggi seperti yang kita telah ketahui bahwa itu bermanfaat untuk mendukung kebutuhan kesehatan tubuh kita sehari-hari

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Buah Mengkudu

  • MENURUNKAN KADAR KOLESTROL. Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Illinois di Rockford, telah ditegaskan bahwa meminum jus buah mengkudu ini dapat bermanfaat dalam memerangi kadar kolestrol LDL (Buruk), kadar kolestrol total, dan kadar homocysteine.

    Demikian juga, bisa bermanfaat dalam meningkatkan kadar kolestrol HDL (baik) dalam tubuh.
  • MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH. Jus dari buah yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan fisik. Faktanya adalah, penduduk Kepulauan Pasifik percaya bahwa memakan buah mengkudu dapat memberikan kekuatan daya tubuh selama perjalanan memancing dan pelayaran yang panjang.

    Sebagai salah satu contoh, satu studi 3 minggu memberi pelari jarak jauh 3,4 ons (100 ml) jus mengkudu atau plasebo dua kali sehari. Kelompok yang minum jus mengkudu mengalami peningkatan 21% dalam waktu rata-rata untuk kelelahan, yang menunjukkan peningkatan daya tahan.

    Peningkatan daya tahan fisik yang terkait dengan jus mengkudu kemungkinan terkait dengan antioksidannya yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama olahraga
  • MENJAGA KESEHATAN OTAK. Selain manfaat diatas, ternyata buah mengkudu ini juga bermanfaat untuk melindungi sel otak dan menjaganya tetap sehat.

    Kerusakan otak bisa dipicu oleh keadaan stres oksidatif yang bisa menyebabkan kerusakan neuron. Dengan kandungan yang berada dalam buah mengkudu inilah yang bisa menghindari hal ini terjadi.
  • MENCEGAH SEL KANKER. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, buah mengkudu ini juga bisa bermanfaat dalam pencegahan berkembangnya sel kanker pada tubuh. Buah ini memiliki sifat yang merangsang kekebalan tubuh dalam memerangi tumor.
  • MENYEHATKAN SISTEM PENCERNAAN. Nutrisi vitamin A, protein, kalsium dan zat besi yang terkandung di dalam buah mengkudu ini dapat bermanfaat juga bagi kesehatan sistem pencernaan.
  • MENGOBATI PENYAKIT DIABETES. Sebuah studi yang juga diterbitkan dalam jurnal Element-based Complementary and Alternative Medicine membuktikan bahwa konsumsi jus buah mengkudu ini berkhasiat dalam mengatur peningkatan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe II.
  • MENINGKATKAN KESEHATAN KULIT. Manfaat dari buah mengkudu selanjutnya adalah, buah ini mampu untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan pada kulit. Hal ini tak lain karena buah mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

    Buah ini juga kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam esensial ini meningkatkan fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan pada kulit.
  • MENURUNKAN DEMAM. Buah mengkudu juga mampu mengatasi demam. Karena sifat antivirus yang dimilikinya itu, maka mengkudu dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk.

    Jangan tunggu waktu lama lagi untuk segera mengonsumsi jus mengkudu dengan teratur setiap harinya, agar kamu bisa selalu menjaga kesehatan tubuh.
  • MENINGKATKAN KESEHATAN OTAK. Manfaat selanjutnya dari buah mengkudu ini adalah mampu untuk meningkatkan kesehatan otak. Anda bisa membuatnya sebagai jus mengkudu ataupun bisa dengan membeli kapsul mengkudu yang dikenal untuk mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria.

    Sederhananya, buah ini memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang bisa membahayakan neuron.
  • MEREDAKAN NYERI BAGI PENDERITA ARTHRITIS. Selama kurang lebih 2.000 tahun, buah mengkudu ini telah digunakan dalm pengobatan tradisional untuk efek penghilang rasa sakit.

    Beberapa penelitian sekarang mendukung manfaat ini. Misalnya, dalam studi 1 bulan, orang dengan artritis degeneratif pada tulang belakang mengonsumsi 15 ml jus mengkudu dua kali sehari.

    Kelompok jus mengkudu melaporkan skor rasa sakit yang secara signifikan lebih rendah dengan pengurangan total nyeri leher pada 60% peserta.

Kandungan Zat Aktif Mengkudu[4]

Hampir seluruh bagian tanaman mengkudu ini mengandung berbagai macam senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan dan pengobatan manusia.

Senyawa mengkudu yang lebih berperan dalam pengobatan tradisional adalah senyawa yang terdapat dalam buahnya, antara lain xeronine, proxeronine, proxeronase, serotonin, dammacanhtal, (zat anti kanker), scopoletin, vitamin C, anti oksidan, mineral, protein, karbohidrat, enzim, alkaloid, kofaktor tanaman dan fitonutrient lainnya yang sangat aktif yang sangat kuat dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi sel dan mempercepat regenerasi sel – sel yang rusak.

Kandungan kimia daun dan buah mengkudu ini secara umum mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, terpenoid, dan antraquinon, disamping itu daunnya juga mengandung polifenol.

Efek Samping Buah Mengkudu[3]

Jus buah mengkudu ini mempunyai efek samping. Karena hanya sedikit penelitian pada manusia yang mengevaluasi dosis dan efek sampingnya. Sebagai salah satu contoh, sebuah penelitian kecil pada orang dewasa sehat menunjukkan bahwa minum hingga 25 ons (750 ml) jus buah mengkudu per hari aman tidak mengapa.

Namun pada tahun 2005, beberapa kasus keracunan hati telah dilaporkan pada orang yang mengonsumsi jus buah mengkudu. Pada tahun 2009, Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA) mengeluarkan pernyataan yang menegaskan keamanan jus buah mengkudu. Namun, para ahli EFSA melaporkan bahwa beberapa individu mungkin memiliki sensitivitas tertentu untuk efek hati.

Selain itu, orang dengan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal mungkin menghindari jus buah mengkudu karena tinggi kalium dan dapat menyebabkan kadar senyawa ini dalam darah tidak aman.

Selain itu, jus buah mengkudu dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau yang digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Untuk alasan ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum jus buah mengkudu

Rupa Tak Elok Bukan Berarti Tak Berharga, Inilah Khasiat Mengkudu Perlu Anda Ketahui
Views: 220

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Mengkudu:

Mengkudu

MENGKUDU

Harga Konsumen : 75.000
Terjual : 271 bh


Mengkudu : 75.000

TOTAL : 75.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer