Manfaat daun sirih untuk kesehatan mulai digunakan untuk atasi masalah pernapasan, diabetes, kolesterol, memperbaiki pencernaan, sembelit hingga mencegah kanker. .. doc HNI Pioneer.

√ Post 02-03-24 by (Id107)
√ 1569 views
√ CLOUD Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Pernahkah Anda mengonsumsi daun sirih? Biasanya daun sirih diolah menjadi ramuan jamu karena memiliki segudang manfaaat. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat daun sirih itu?

Daun sirih adalah tanaman yang memiliki kandungan kadar air yang cukup tinggi. Sekitar kurang lebih 85-90% dalam daun sirih adalah air. Sebab itu, daun sirih rendah kalori dan juga rendah lemak.

Daun sirih mengandung beberapa senyawa seperti kalori, protein, lemak, iodin, sodium, asam nikotinat dan juga vitamin-vitamin seperti vitamin A, B1 dan juga B2.

Tidak hanya mengandung senyawa yang bermanfaat, daun sirih juga mengandung minyak atsiri dan juga komponen kimiawi lainnya.

Komponen kimiawi tersebut diantaranya chaviol, betel phenol, eugenol, terpen dan juga campen.

Komponen-komponen tersebut mempunyai khasiat sebagai obat dan juga membantu dalam proses pengobatan dan penanganan berbagai penyakit.

Manfaat Daun Sirih

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui sedikit tentang daun sirih, maka selanjutnya akan dijelaskan manfaat daun sirih.

Penasaran apa saja manfaat dari mengkonsumsi daun sirih? Lebih baik langsung baca ulasannya berikut ini, ya.

1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Daun sirih diketahui dapat membantu meredakan ataupun mengatasi yang berhubungan dengan pernafasan, seperti batuk ataupun pilek.

Daun sirih merupakan salah satu obat herbal yang baik dikonsumsi bagi penerita sesak, paru-paru tersumbat atau penderita asma.

Apabila Anda, anggota keluarga atau kerabat ada yang mengidap penyakit-penyakit tersebut, bisa mengonsumsi daun sirih untuk mengatasinya.

Tentunya daun sirih harus diolah terlebih dahulu dengan baik dan benar. Selain itu juga tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

2. Membantu Mengatasi Diabetes

Diabetes
Image source istock photo

Banyak obat diabetes yang mempunyai efek samping pada hati ataupun ginjal dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa penelitian sudah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih yang masih kering mempunyai kemampuan untuk dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Kadar glukosa dalam darah penderita diabetes ini sangat tinggi, oleh sebab itu orang yang mengidap diabetes sangat diwajibkan untuk mengurangi jumlah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Pengidap diabetes menunjukkan tingkat stress oksidatif yang cukup tinggi. Hal tersebut diakibatkan dari tingginya kadar glukosa darah.

Dengan mengonsumsi daun sirih, diharapkan dapat melawan stres oksidatif dan dapat menangkal radikal bebas karena adanya aktivitas antioksidan dalam daun sirih.

3. Sebagai Antiseptik

Daun sirih juga diketahui memiliki sifat antiseptik yang sangat luar biasa. Daun sirih mengandung senyawa polifenol yaitu chaviol, dimana senyawa tersebut dapat emberikan perlindungan ganda dari kuman penyakit.

Karena hal tersebut, daun sirih digunakan untuk mengobati radang sendi dan juga orkitis.

Perlu diketahui bahwa sifat antijamur dalam daun sirih juga dapat mengatasi masalah infeksi jamur secara cepat. Caranya dengan menempelkan pasta daun sirih ke daerah yang terkena infeksi jamur.

Maka, senyawa antijamur dalam daun sirih akan membunuh kuman penyakit dan jamur.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kolesterol
Image source istock photo

Manfaat daun sirih lainnya yaitu dapat menurunkan tingkat kolesterol dari dalam tubuh. Kadar kolesterol yang sangat tinggi merupakan salah satu faktor penyebab atau risiko dari penyakit jantung dan juga stroke. Ini sangat berbahaya bagi manusia.

Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih mampu membantu menurunkan kadar kolesterol hat dari dalam tubuh. Kolesterol ini disebut dengan low density lipoprotein (LDL).

Selain itu, daun sirih mampu meningkatkan kadar kolesterol baik yaitu high density lipoprotein (HDL).

5. Membantu Kesehatan Pencernaan

Apakah Anda mengidap penyakit lambung? Misalnya seperti perut kembung. Daun sirih yang dikunyah setelah makan diketahui dapat mengatasi masalah perut kembung.

Selain itu juga dapat membantu melindungi usus dari beberapa gangguan perut.

Perlu Anda ketahui juga bahwa daun sirih dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan juga nutrisi penting lainnya.

6. Meringankan Sembelit

Sakit perut
Image source istock photo

Dalam daun sirih mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dimana, antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.

Radikal bebas dalam tubuh akan sangat berbahaya bahkan bisa memicu sel kanker tumbuh.

Daun sirih bermanfaat untuk mengembikan tingkat pH normal dari dalam tubuh dan juga membantu masalah sakit perut. Cobalah mengolah daun sirih menjadi ramuan herbal untuk mengatasi masalah sembelit.

7. Mencegah Kanker

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa daun sirih mengandung aktivitas antioksidan yang cukup tinggi. Dimana, antioksidan tersebut akan menangkal radikal bebas yang dapat memicu sel kanker.

Selain itu, daun sirih juga mengandung anti mutagenic dan anti proliferative.

Potensi kemopreventif dari daun sirih melawan berbagai jenis kanker yang dapat timbul. Selain itu, daun sirih juga mengandung fitokimia yang mempunyai manfaat dapat melawan penyakit kanker.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Bau mulut
Image source istock photo

Rupanya, daun sirih juga mengandung banyak antimikroba yang secara efektif mampu mengatasi masalah mulut. Mulai dari masalah bau mulut, gigi berlubang, plak pada gigi ataupun kerusakan gigi.

Cobalah untuk mengunyah sedikit pasta daun sirih setelah Anda makan seperti biasa. Ini dapat meningkatkan kesehatan usus, melawan bau muut dan juga meredakan sakit gigi.

Lalu, daun sirih juga dapat mengatasi nyeri pada gusi, bengkak, sariawan dan juga infeksi mulut.

9. Meredakan Nyeri Pada Sendi

Daun sirih mengandung senyawa anti inflamasi yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian.

Dengan cara menghangatkan beberapa daun sirih, lalu mengikatnya disekitar tulang, maka persendian secara efektif dapat berkurang rasa nyerinya.

Biasanya, cara ini dilakukan oleh para lanjut usia yang sering mengalami masalah nyeri sendi. Metode ini sudah cukup lama diterapkan dan hingga saat ini pun masih digunakan.

Penggunaan daun sirih juga bisa lebih menghemat biaya pengobatan.

10. Meredakan Sakit

Daun sirih menawarkan bantuan instan untuk dapat mengurangi rasa sakit. Daun sirih digunakan untuk mengurangi rasa sakit karena luka, memar atau ruam. Hal tersebut karena sirih memang memiliki sifat antimikroba.

Cara untuk menggunakan daun sirih untuk meredakan rasa sakit yaitu dengan dibuat pasta. Kemudian oleskan saja pasta daun sirih tersebut ke area yang terkena luka.

Anda bisa membuat jus daun sirih juga untuk memberikan rasa lega pada rasa sakit di dalam tubuh.

11. Mengatasi Malaria

Terakhir, daun sirih diketahui dapat melawan penyakit malaria. Sudah ada penelitian yang menemukan senyawa dalam daun sirih yang dapat mengatasi malaria.

Beberapa senyawa diantaranya adalah terpen, terpen memiliki sifat anti malaria.

Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid yang terkandung dalam daun sirih mempunyai aktivitas anti parasit yang signifikan untuk dapat memerangi berbagai jenis parasit penyebab malarian.

Setelah mengetahui karakteristik dan manfaat daun sirih di atas, sekarang Anda sudah dapat memahami lebih dalam.

Daun sirih memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh bahkan sampai mengobati penyakit.