Yuk Kenali Salah Satu Tanaman Herbal Antikanker, Keladi Tikus

KHT Online / Yuk Kenali Salah Satu Tanaman Herbal Antikanker, Keladi Tikus

Posted 07-Jun-2020 : Updated 21-Jun-2021

Keladi Tikus

Manfaat dan Efek Samping Keladi Tikus

Keladi tikus (T. flagelliforme) termasuk famili Araceae dan tergolong tanaman obat, merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak ditemukan di Pulau Jawa dan tumbuh dengan baik pada ketinggian 1-300 m di atas permukaan laut (Essai, 1986).

Tanaman ini ditemukan untuk berpotensi menjadi obat anti kanker. bagian yang dapat dimanfaatkan menjadi anti kanker yaitu pada seluruh bagian tanamannya, pada akar, batang, daun dan bunga.

Pengobatan herbal diperlukan agar efek samping yang diterima saat dilakukan pengobatan kimia tidak terlalu besar. Selain itu, metode cara pengobatan herbal dapat membantu agar sel-sel kanker tidak menyebar dan tidak juga memberikan efek toksik pada penderita.

Di berbagai macam daerah Indonesia ini, tanaman keladi tikus biasa digunakan sebagai pengobatan alternatif atau sebagai jamu yang dipercaya bisa mengobati beragam penyakit, seperti sakit batuk, gejala sesak nafas, hingga infeksi pada paru-paru.[3]

Keladi Tikus

image source: istockphoto.com

Manfaat Keladi Tikus dalam Pengobatan Berbagai Macam Penyakit [2]

Selain manfaatnya yang bisa digunakan dalam pengobatan kanker, tanaman keladi tikus ini juga dipercaya ampuh dalam pengobatan penyaki-penyakit lain, diantaranya:

  • MENGURANGI GEJALA BATUK. Dalam penelitian, tanaman keladi tikus ini ditemukan dari ekstraknya dapat bermanfaat untuk meringankan batuk, menghilangkan dahak, dan juga meredakan sesak nafas.
  • MENGOBATI RASA NYERI. Manfaat berikutnya yaitu keladi tikus dapat mengatasi rasa nyeri. Ini disebabkan karena adanya sifat analgesik pada daun keladi tikus.
    Analgesik itu sendiri merupakan obat untuk menghilangkan rasa sakit akibat nyeri otot, radang sendi, kram menstruasi, dll.
  • MERINGANKAN ALERGI KULIT. Manfaat keladi tikus yang selanjutnya adalah dapat meringankan gejala alergi pada kulit, berdasarkan data sebuah penelitian, diketahui bahwa tanaman keladi tikus memiliki zat aktif yang diduga mampu mencegah dan meringankan reaksi alergi.
  • ATASI PERADANGAN. Salah satu manfaat dari tumbuhan keladi tikus yang paling terkenal adalah sifat antiinflamasinya. Antiinflamasi sendiri didefinisikan sebagai obat-obat atau golongan obat yang memilki aktivitas mengatasi atau mengurangi peradangan.
  • MEMBANTU MEREDAKAN STRES. Apabila anda memiliki riwayat gangguan kecemasan atau sulit untuk tertidur, salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasinya dengan memanfaatkan tumbuhan ini. Daun keladi tikus mempunyai khasiat yang persis seperti obat penenang.

Apakah Keladi Tikus efektif untuk mengobati Sel Kanker?

Pada sebuah penelitian mengatakan, manfaat dari tanaman keladi tikus yang bisa didapatkan tubuh karena zat antioksidan di dalamnya mampu untuk melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan salah faktor penyebab adanya sel kanker adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung didalamnya mampu untuk berinteraksi dengan dan menstabilkan radikal bebas sekaligus dapat mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Penelitian itu menyimpulkan, ekstrak metanol—Ethyl acetate fraction dari daun keladi tikus memiliki aktivitas antioksidan tertinggi untuk menangkal kanker.

Walaupun demikian dari manfaat keladi tikus terbukti mampu mencegah berkembangnya sel kanker, pengobatan keladi tikus tidak bisa menggantikan pengobatan medis yang sudah terbukti keakuratannya. Bagi Anda yang ingin melengkapi pengobatan medis dengan pengobatan herbal, disarankan untuk berkonsultasi dengan para pakar dan juga dokter.

Kandungan Zat Aktif

Keladi tikus mengandung terpenoid, fenolik, flavonoid, saponin, steroid atau triterpenoid, stigmasterol dan kumarin (Ermin et al., 2012). Pada fraksinasi menggunakan pelarut n-heksan, yang terdapat empat senyawa pheophorbide (pheophorbide-a, pheophorbide-a', pyropheophorbide-a dan metyl pyropheophorbide-a) yang memiliki aktivitas antipoliferasi terhadap sel kanker NCI-H23 dan HS578T.

Ditemukan juga senyawa asam heksadonat, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, kampesterol, stigmasterol dan β-sitosterol dalam keladi tikus (Lai 2008). B. S [1]

Title: Yuk Kenali Salah Satu Tanaman Herbal Antikanker, Keladi Tikus
Views_1.183
#Article69

Referensi

[1] http://repository.setiabudi.ac.id/3636/4/BAB%202.pdf
[2] https://doktersehat.com
[3] https://hellosehat.com

Warning Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata, tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau ahli kesehatan keluarga Anda.

Produk HNI Mengandung Keladi Tikus:

Carnocap

CARNOCAP

Harga Konsumen : 120.000
Terjual : 300 bh


Carnocap : 120.000

TOTAL : 120.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


KHT Terkait

Rupa Tak Elok Bukan Berarti Tak Berharga, Inilah Khasiat Mengkudu Perlu Anda Ketahui

Wajah Berseri Dengan Scrub Minyak Zaitun Dan Gula Pasir

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Difteri dan Cara Mengatasinya

Bukan Hanya Wasir, Ini Manfaat Lain Daun Wungu

Si Merah Sumber Antioksidan, Inilah Khasiat Bayam Merah Yang Jarang Diketahui

Ini 13 Manfaat Jahe Merah dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Tanda Awal Kehamilan Yang Harus Anda Maklumi Dan Herba Penawarnya

Biji Jintan Hitam Penakluk Segala Jenis Penyakit

Bila gejala berikut muncul itu tanda Usus Anda Kotor

Dikenal Sayuran Dengan Nilai Gizi Tinggi, Inilah 15 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Rukun Penyembuhan Dalam Pengobatan Dengan Herbal HNI HPAI

Kegunaan Sambiloto Pada Andrographis Dan Sinergi Herbanya

Mirip Dengan Kunyit, Inilah Perbedaan Temu Putih Dengan Beragam Manfaatnya

12 Manfaat Temulawak Yang Perlu Anda Ketahui

Beragam Manfaat Kesehatan Bila Rutin Minum Teh Hijau

Dikenal Sebagai Anti Kanker, Ini Manfaat Kunir Putih Lainnya

Herbal Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Tidak Banyak Yang Tahu, Inilah Manfaat Menakjubkan Daun Dewa

11 Manfaat Super Teripang Emas Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit

Cara membuat resep herba yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dijamin!

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Warning Copyright Disclaimer:
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan tanpa menyertakan link sumber kami berikut ini : https://hnipioneer.com/kht/online/manfaat-keladi-tikus-obat-herbal-penyakit-kanker