Zaitun merupakan pohon yang diberkahi sehingga namanya tercatat dalam Al Quran, memiliki manfaat bagi kesehatan manusia mulai dari batang, buah hingga .. doc HNI Pioneer.

√ Post 06-03-24 by (Id112)
√ 1930 views
√ CLOUD Minyak Zaitun

Mengenal Buah dan Daun Zaitun

Demi buah Tin dan buah Zaitun, itulah penggalan ayat pertama dalam Alquran surat At-Tin. Memberi kabar bahwa pada kedua buah ini Allah memberikan keutamanaan.

Dan saat ini keutamaan itu terbukti dengan semakin banyak kajian ilmiah tentang manfaat dan keunggulan tanaman yang diberkahi tersebut.

Zaitun merupakan pohon kecil yang menghijau sepanjang tahun. Buah dan daunnya telah dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk menunjang kesehatan.

Buah zaitun yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Manfaat daun Zaitun yang sudah diekstraksi mulai dikenal belakangan ini. Melengkapi Khasiat minyak buah zaitun yang sudah digunakan sejak lama.

Minyak zaitun memiliki kandungan zat asam oleat (asam lemak tak jenuh tunggal - lemak baik), yang tidak luruh terkena suhu tinggi. Sehingga sering dikatakan minyak terbaik untuk memasak.

Pohon Zaitun dan Buahnya

Pohon zaitunImage source istock photo

Zaitun sendiri berasal dari Afrika, Asia beriklim sedang, juga Eropa Selatan. Spanyol dan Italia, negara di kawasan Mediterania, Eropa Selatan merupakan negara dengan produksi zaitun terbanyak.

Pohon zaitun kemudian disebarkan ke Hawaii dan Australia melalui budidaya.

Dua tahun lalu Indonesia pun mulai mengembangkan budidaya zaitun. Tepatnya di kota Surabaya, Taman Harmoni, Keputih..

Zaitun adalah pohon dengan tinggi sekitar 15 meter berdaun tunggal hijau keperakan.

Setelah dewasa, tanaman dengan nama latin Olea Europaea ini akan memiliki bunga kecil warna putih seperti lonceng berbulu.

Setelah bunga dibuahi, akan menjadi buah berbentuk bulat dan berwarna hijau ketika masih mentah. Zaitun hijau inilah yang diekstrak menjadi minyak zaitun.

Setelah matang, zaitun akan berwarna ungu tua cenderung hitam. Zaitun matang lebih sering digunakan sebagai pewarna buatan, atau dimakan langsung seperti buah pada umumnya.

Buah Zaitun yang baru dipetik direndam dalam larutan garam terlebih dahulu, untuk menghilangkan rasa pahitnya yang sangat kuat.

Buah zaitunImage source istock photo

Setelah diperam, rasa asinnya menggantikan rasa pahit, sehingga buah zaitun umumnya dikenal asin dan disebut sebagai acar.

Anda dapat menjadikan potongan buah zaitun yang telah diperam sebagai campuran salad, atau masakan lainnya untuk menambah aroma dan rasa.

Apabila Anda tidak ingin memakannya langsung, tambahkan minyak zaitun ke makanan mentah, seperti salad, sesuai selera untuk menambahkan rasa nikmat.

Minyak zaitun juga bisa menjadi bahan tambahan mayonaise atau saus lainnya.

Zaitun peram dapat dipanggang, ditumis, digoreng, atau dijadikan isi sup hangat tanpa merubah kandungan nutrisi didalamnya.

Antioksidan polifenol, lemak baik, dan tokoferol (berfungsi seperti vitamin E) mampu menjaga kestabilan nutrisi lainnya, meski dimasak pada suhu tinggi.

Setiap 10 buah zaitun (dengan asumsi berat buah zaitun rata-rata 4 g), mengandung 59 kalori.

Daerah penghasil buah zaitun di Indonesia antara lain kota Surabaya, Bogor, Semarang, Kediri, Banyuwangi dan Karawang.

Buah zaitun di mangkokImage source istock photo

Kandungan lainnya terdiri dari air 75-80%, lemak baik 11-15%, karbohidrat 4-6%, sejumlah kecil protein, serat, vitamin, mineral, dan nutrisi.

Selanjutnya ada senyawa organik (zat besi, tembaga, serat, vitamin E, asam oleat, tokoferol, dan senyawa fenolik), juga berbagai antioksidan.

Beragam kandungan tersebut membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Asam oleat diklaim dapat menurunkan resiko penyakit jantung, mengurangi pembengkakan, juga melawan kanker.

Manfaat buah zaitun bagi kesehatan Anda

Buah zaitun di sendokImage source istock photo

Hampir semua bagian dari pohon zaitun memiliki manfaat yang luar biasa. Buah zaitun termasuk salah satu yang memiliki manfaat kesehatan bagi manusia seperti berikut ini:

1. Melawan Infeksi

Buah zaitun kaya kandungan antioksidan seperti hydroxytyrosol, oleuropein, tyrosol, quercetin, dan asam oleanolik.

Antioksidan dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dan mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Kolesterol dan tekanan darah yang tinggi merupakan faktor resiko penyakit jantung.

Kandungan asam oleat dalam buah zaitun dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, juga melindungi kolesterol LDL dari oksidasi.

Sedangkan kandungan antioksidan hydroxytyrosol berfungsi sebagai antikoagulan (menipiskan darah untuk mengurangi pembekuan darah dan menghalangi aliran darah) untuk melindungi jantung.

Sehingga secara keseluruhan, buah zaitun dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Kesehatan Tulang

Beberapa senyawa pada buah zaitun terbukti mencegah keropos tulang pada hewan percobaan.

Ditambah fakta rendahnya kasus osteoporosis di negara Mediterania (dimana tumbuh pohon zaitun) daripada di negara Eropa lainnya.

Hal yang membuat para ahli berasumsi kandungan buah zaitun dapat menaikkan massa dan kualitas tulang, sehingga melindunginya dari resiko patah.

4. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan asam oleatnya yang tinggi dapat mengganggu siklus hidup sel kanker di usus besar, kanker payudara, dan perut.

Dengan demikian, dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit kanker. Namun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

5. Kesehatan Kulit

Minyak zaitun berkhasiat merawat kesehatan kulit, sehingga digunakan sebagai bahan kosmetik untuk menjaga kelembaban dan kekencangan kulit agar awet muda.

Selain itu juga dapat menutrisi rambut, dan dapat mempercepat kesembuhan luka pasien diabetes tipe 2.

Pemberian minyak zaitun dengan perawatan kulit secara rutin efektif memulihkan luka kaki penderita diabetes.

Manfaat Daun Zaitun Pada Kesehatan

Daun zaitun keringImage source istock photo

Tak hanya buahnya, daun zaitun juga memiliki manfaat bagi kesehatan setelah diekstrak. Berikut manfaat daun zaitun untuk kesehatan:

1. Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian di jurnal Phytotherapy Research pada seekor tikus yang diberikan manfaat daun zaitun ekstrak rutin selama 8 minggu.

Hasilnya, tingkat kolesterol jahat pada tikus tersebut mengalami penurunan.

Penelitian ini menunjukkan ekstrak daun zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh tikus.

Para ahli berasumsi bahwa ekstrak daun zaitun juga dapat menurunkan tingkat LDL pada manusia, meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Namun demikian, banyak penderita jantung yang mulai mencoba pengobatan alternatif ini. Dengan konsumsi rutin, diharapkan kadar kolesterol LDL semakin menurun.

Dengan demikian penumpukan lemak dalam pembuluh darah jantung yang menjadi penyebab utama penyempitan pembuluh darah dapat luruh.

Hal ini berpotensi meningkatkan kesehatan jantung.

2. Perawatan Diabetes Tipe 2

Test diebetesImage source istock photo

Masih berkisar pada hasil penelitian dengan objek tikus, pemberian manfaat daun zaitun ekstrak dapat mengurangi resiko hiperglikemia atau tingginya kadar gula darah.

Selain itu juga mengurangi hiperinsulinemia aau tingginya kadar insulin dalam darah, dan mengurangi stres oksidatif.

3. Mencegah Kanker

Manfaat daun Zaitun ekstrak mencegah pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh, seperti kanker. Zat polifenol dalam antioksidannya mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tensi darahImage source istock photo

European Journal of Nutrition memuat Hasil penelitian pada tahun 2017 yang menunjukkan efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dengan demikian dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Zat polifenol dalam antioksidannya dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah dan jantung, sehingga baik untuk kesehatan.

5. Obat Herpes

Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan virus herpes, dengan luka di sekitar mulut atau kemaluan.

Untuk menyembuhkannya, pasien perlu meminum antivirus dari dokter. Selanjutnya dibantu dengan pemberian 1 - 2 tetes ekstrak daun zaitun ke area kulit yang terluka.

Manfaat daun zaitun ekstrak bersifat antimikroba dan antivirus sehingga mampu melemahkan virus agar tidak menyerang sel sehat lain.

6. Kesehatan Otak

Zat Oleuropein dari antioksidan ekstrak daun zaitun bisa mencegah kerusakan sel di otak. Selain itu, zat polifenol diyakini dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Sebuah penelitian menguji manfaat oleuropein aglycone, polifenol utama, pada tikus berpenyakit alzheimer selama 8 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan, kinerja kognitif tikus yang diberikan suplementasi diet oleuropein aglycone meningkat, dibanding dengan kelompok yang tidak menerima polifenol.

Segudang manfaat daun zaitun lain mungkin akan ditemukan dengan penelitian dikemudian hari.

Pun, penelitian yang kini masih dilakukan pada hewan kelak dapat diuji pada manusia.

Sehingga semua asumsi dan khasiat yang Anda rasa turun temurun dapat teruji klinis, dan tak ragu lagi mengonsumsinya.

Apabila Anda ingin menggunakan manfaat daun zaitun sebagai pengobatan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau terapist.

Produk Zaitun HNI HPAI

HNI HPAI sebagai salah satu perusahaan yang konsisten dalam menyediakan produk halal, thoyyid dan sunnah berdasarkan Thibbun nabawi memahami akan hal ini.

Herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia berasal dari pohon yang telah disebutkan dalam Alquran.

Ada 3 produk di HNI yang mengandung Minyak Zaitun yaitu:

Berbeda dengan minyak zaitun yang ada dipasar, semua produk Minyak Zaitun HNI diatas mengandung Extra Virgin Olive Oil grade A.

Khasiat dan manfaatnya menjadi lebih berkesan. Cek Testimoni Minyak Zaitun HNI HPAI pada link berikut ini.

Minyak zaitun HNI

Mau coba Minyak Zaitun HNI? Ayo beli sekarang juga.