Meskipun Liar, Cek Ini Manfaat Obat Rumput Mutiara

Hedyotis Corymbosa

Manfaat dan Efek Samping Rumput Mutiara

Deskripsi

Nama Rumput mutiara ini mungkin masih terdengar asing ditelinga kita. Namun, para pecinta pengobatan herbal sudah sangat familiar dengan jenis tumbuhan yang satu ini.

Tanaman rumput mutiara adalah jenis rumput liar yang termasuk ke dalam famili Rubiaceae dan dikenal dengan nama daerah rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Rumput ini biasa tumbuh subur di tanah yang lembap, pada kebun kosong yang basah, di halaman rumah, pinggir jalan, dan diselokan.

Rumput mutiara telah lama digunakan menjadi tanaman obat yang dimanfaatkan di negara Cina, India, dan wilayah Asia Tenggara untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit.[2]

Rumput Mutiara

image source: kaskus.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Khasiat dan Manfaat Rumput Mutiara

Tanaman r umput mutiara (Hedyotis corymbosa) telah banyak dibudidayakan serta dimanfaatkan sebagai pengobatan dalam berbagai macam penyakit kanker. Senyawa asam oleanolat dan asam ursolat yang dikandungnya dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas.

Menurut Penelitian yang telah dilakukan Badan Litbang Pertanian(BLT), Nurlaini Bermawie, rumput yang tumbuh dengan tinggi bervariasi antara 15-50 cm tersebut  digunakan untuk menyembuhkan kanker limfosarcoma, lambung, nasophar, cervix , payudara, rectum dan fibrosarcoma .

Selain itu, rumput mutiara yang tumbuh subur di tempat lembab seperti di pinggir sungai dan selokan itu juga digunakan mengobati radang usus buntu, bronchitis,gondongan hingga hepatitis.

Pemakaian takaran tinggi, menyebabkan penurunan sel darah putih ringan, dan akan kembali normal setelah 3-5 hari obat dihentikan. Pemakaian aman yang dianjurkan adalah 15-60 gram, rebus dengan 4 gelas air hingga airnya tersisa 2 gelas rebusan atau sekali konsumsi.

Selain dapat di makan segar, direbus atau digodok, tumbuhan ini sudah mulai diekstrak dan dikonsumsi dalam bentuk kapsul. Salah obat herbal yang memiliki kandungan rumput mutiara yaitu Carnocap, produk herbal HNI ini juga telah disinergikan dengan berbagai macam tumbuhan herba lainnya yang berkhasiat sebagai antikanker.

Inilah beragam manfaat dari rumput mutiara secara ringkas yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

  • Sebagai antikanker, antidemam, antiradang, antibakteri, diuretik
  • Memperlancar peredaran darah
  • Obat sehabis bersalin
  • Radang usus buntu
  • Bisulan
  • Sumbatan saluran sperma
  • Pereda demam
  • tonsilis
  • Gondongan
  • Infeksi saluran kemih, dan
  • Pneumonia[3]

Kandungan Kimia Rumput Mutiara [1]

Kandung yang terdapat pada tumbuhan rumput mutiara seperti; Hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, Beta-sitosterol, sitisterol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid glycosides (Khastgir et al., 1960), dan baihuasheshecaosu (kemungkinan analog kumarin).

Sifat dari tumbuhan ini adalah adanya rasa manis agak pahit, lembut, netral, dingin. Sudah terkenal sejak nenek moyang untuk menghilangkan demam dan hepatoprotektor (Mishra et al., 2009).

Meskipun Liar, Cek Ini Manfaat Obat Rumput Mutiara
Views: 1.044

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Rumput Mutiara:

Carnocap

CARNOCAP

Harga Konsumen : 120.000
Terjual : 292 bh


Carnocap : 120.000

TOTAL : 120.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer