Tidak Banyak Yang Tahu, Inilah Manfaat Menakjubkan Daun Dewa

Gynura Procumbens

Manfaat dan Efek Samping Daun Dewa

Deskripsi

Daun dewa memiliki nama latin Gynura Procumbens atau biasa dikenal dengan sebutan daun sambung nyawa merupakan salah satu jenis tumuhan yang sering dijadikan untuk pengobatan herbal atau bahan jamu tradisional. Dan dau dewa ini merupakan tanaman yang asli berasal dari Indonesia.

Tanaman ini tumbuh secara liar, termasuk dalam keluarga Compositae, memiliki ketinggian hingga mencapai 30-40 cm, tumbuhan ini memiliki batang daun yang pendek agak lunak berbentuk segi lima dengan ujung daun yang lancip, mempunyai tangkai yang pendek bulat dan lonjong berdaging.

Yang kerap dijadikan sebagai pengobatan tradisional pada daun dewa yaitu terletak pada daunnya karena mengandung banyak senyawa seperti flavonoid, saponin dan minyak atsiri.

Perlu diketahui bahwa, mengkonsumsi obat herbal atau dengan cara merebus untuk dijadikan sebagai jamu relatif lebih aman dikonsumsi, karena zat-zat toxic yang terkandung telah mengalami perubahan dalam struktur kimianya.[2]

Daun Dewa

Images source: klikdokter.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat dan Khasiat Daun Sambung Nyawa [1]

  • SEBAGAI OBAT HIPERTENSI. Salah satu manfaat yang sangat baik untuk tubuh dari tumbuhan daun dewa ini adalah khasiatnya yang dapat mengobati hipertensi.

    Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa kandungan etanol dalam daun dewa terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • MENGOBATI DIABETES. Diabetes adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang melebihi batasnya. Jadi, penyakit diabetes ini perlu diatasi sesegera mungkin.

    Hipoglikemin yang terkandung dalam daun dewa ini mampu untuk membentu mengurangi kadar gula di dalam darah. Minumlah secara teratur rebusan dari daun dewa ini mampu atasi diabetes secara alami.
  • MENGOBATI STROKE. Stroke adalah sebuah penyakit pada tubuh yang disebabkan karena terjadi kerusakan jaringan dalam otak akibat pembuluh darah arteri yang bertanggung jawab atas aliran darah ke otak.

    Masalah ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan reaksi yang lebih lanjut. Dengan mengkonsumsi daun dewa secara teratur setiap hari akan membantu penyembuhan stroke
  • OBAT REMATIK ALAMI. Manfaat lainnya yang terkandung dalam daun dewa adalah tumbuhan ini mampu mengobati sakit rematik secara alami, konsumsi daun dewa ataupun ramuan daun dewa dengan jahe merah setiap har mampu atasi sakit rematik Anda.
  • MENGATASI PENYAKIT JANTUNG. Penyakit jantung sering dialami oleh perokok, alkoholik, obesitas, kurang istirahat, dan orang yang jarang melakuakan olahraga.

    Manfaat lainnya dari daun dewa adalah mampu mengurangi resiko penyakit jantung secara alami dengan cara meminum ramuan daun dewa secara teratur efektif menyembuhkan penyakit jantung.
  • MENGHENTIKAN PENDARAHAN. Senyawa saponin yang terkandung dalam tanaman daun dewa dapat berkhasiat untuk menghentikan pendarahan juga.

    Hal ini dikarenakan saponin merupakan senyawa aktif sejenis glukosida yang dapat menetralisir racun serta membasmi virus.
  • MEMBANTU PENYEMBUHAN LUKA. Manfaat lain yang terkandung dari tumbuhan daun dewa yaitu dapat menjadi salep untuk mengobati luka. Tumbuk umbi daun dewa dicampur dengan gula merah mampu untuk mengobati luka bakar, lecet, dan lainnya.
  • BANTU PENYEMBUHAN MEMAR. Manfaat lainnya dari tumbuhan daun dewa ini yaitu kandungan aktif flavonoidnya yang bermanfaat dalam pencegahan penggumpalan atau pembekuan darah.

    Jadi, apabila seseorang mengalami memar pada bagian tubuhnya, kandungan flavonoid ini dapat bermanfaat membantu meleburkan darah yang terbentuk untuk mengurangi pembengkakan.
  • SEBAGAI OBAT DEMAM BERDARAH ALAMI. Penyakit demam berdarah adalah salah satu penyakit yang dapat menular disebabkan oleh virus yang disebut dengue. Untuk mengatasinya cukup dengan meminum ramuan atau rebusan dari daun dewa ini secara rutin tiap harinya.
  • OBAT REMATIK. Salah satu cara untuk mencegahnya maka, kita harus melakukan diet yang mengandung karbohidrat yang kompleks, protein dalam level yang sedaag, juga rendah lemak.

    Cara mudah untuk mengatasinya Anda dapat meminum ramuan dari rebusan daun dewa atau dengan meminum ramuan daun dewa yang telah dicampur dengan jahe merah.
  • ATASI KEJANG ANAK. Umumnya ketika anak sedang mengalami sakit demam yang relatif tinggi, apalagi disertai dengan anak tiba-tiba kejang, tentu ini sangatlah membuat orang tua khawatir dan menjadi panik.

    Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat menumbuk batang daun dewa, kemudian campurkan arak kecil dan berilah kepada anak yang demam.

Kandunga senyawa zat aktif daun dewa[3]

Terdapat banyak kandungan senyawa didalam daun dewa ini diantaranya; senyawa flavonoid, sterol tak jenuh, triterpen, polifenol dan minyak atsiri (Pramono and Sudarto, 1985).

Hasil penelitian lainnya menyimpulkan bahwa tumbuhan ini mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, steroid, triterpenoid, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam para kumarat, asam p-hidroksi benzoat (Suganda et al., 1988), asparaginase (Mulyadi, 1989).

Tidak Banyak Yang Tahu, Inilah Manfaat Menakjubkan Daun Dewa
Views: 1.012

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Daun Dewa:

Carnocap

CARNOCAP

Harga Konsumen : 120.000
Terjual : 292 bh


Diabextrac

DIABEXTRAC

Harga Konsumen : 130.000
Terjual : 259 bh


Magafit

MAGAFIT

Harga Konsumen : 90.000
Terjual : 394 bh


Carnocap : 120.000
Diabextrac : 130.000
Magafit : 90.000

TOTAL : 340.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer