Wow! Inilah Beragam Manfaat Super Dari Bee Pollen Bagi Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Bee Pollen

Deskripsi

Ketika kita mendengar tentang lebah dan hasilnya, kata pertama yang terlintas di pikiran Andapastilah madu dengan berbagai varian. Anda bisa menyebutkan beragam jenis madu, antara lain madu hitam (black honey), madu merah (red honey), ataupun madu manuka (manuka honey). Padahal, ada satu lagi produk lebah yang tidak kalah akan manfaatnya dan mesti menjadi suplemen wajib buat Anda dan Keluarga. Nah, ini adalah bee pollen.

Bee pollen ini adalah serbuk sari yang diproduksi dari lebah yang mengandung karbohidrat, protein, asam lemak, antioksidan, serta vitamin dan mineral. Bee pollen terbentuk dari campuran serbuk sari, nektar, madu, dan cairan tubuh lebah. Sedangkan madu, bee propolis, dan royal jelly adalah produk-produk lain yang dapat diperoleh dari lebah.

Bee pollen itu sendiri adalah komponen yang berbentuk seperti butiran-butiran kecil yang dibuat oleh lebah saat berada diatas bunga, dan terdiri dari pollen, saliva atau liur lebah, serta nektar atau madu. Tidak kalah dengan madu, manfaat bee pollen untuk kesehatan juga ternayata beragam.

Sebenarnya bagi lebah, bee pollen ini digunakan sebagai makanan. Sehingga, setelah butiran-butiran bee pollen telah terbentuk, lebah akan membawanya kembali ke sarang. Untuk mengambil bee pollen dari sarang lebah, para peternak sudah memiliki caranya sendiri agar lebah tetap memiliki cadangan makanan yang cukup.

Beberapa tahun belakangan ini, bee pollen telah menjadi pusat perhatian karena dipercaya memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian pun banyak dilakukan untuk membuktikan berbagai manfaat produk lebah tersebut. olek karena itu, ada beberapa manfaat bee pollen yang diduga baik untuk kesehatan, seperti;

image source: istockphoto.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Bee Pollen[1]

  • MEMBANTU MENJAGA POLA MAKAN. Hal yang paling tersulit ketika menjalani diet sehat adalah mempertahankan nafsu dan pola makan tetap terjaga dan stabil. Tak jarang, banyak dari mereka yang justru cheating ketika sedang diet. Kesulitan menolak makanan kesukaan dan cara diet yang salah bisa jadi alasan kenapa cheating banyak terjadi.

    Nah, agar diet sehat kamu produktif, bee pollen bisa menjadi pilihannya. Nutrisi lengkap dalam bee pollen membantu menahan nafsu makan sehingga keinginan ngemil atau cheating. Selain itu, suplemen alami ini bantu cukupi nutrisi yang hilang ketika diet dan memperkuat daya tahan tubuh sehingga tak gampang sakit.
  • MENGATASI ALERGI. Seringkali, alergi menjadi salah satu hal yang mengganggu. Gangguan kesehatan ini juga sangat sering muncul di saat yang tidak tepat. Jika sudah begini, kamu tentu akan cari obat alergi untuk menyudahi tanda-tanda yang muncul di tubuh kamu.

    Sebenarnya, kamu punya nutrisi dan suplemen anti alergi alami dalam bee pollen. Kandungan antioksidan tinggi dalam bee pollen membantu mengurangi produksi histamine yang menyebabkan alergi pada tubuh. Manfaat ini bisa semakin efektif jika kamu juga mengonsumsi propolis dan madu.
  • MEMBANTU NAFSU MAKAN. Tidak hanya untuk para orang dewasa, manfaat bee pollen juga baik untuk anak, salah satunya meningkatkan nafsu makan. Pada usia emas, terkadang anak-anak sulit sekali untuk makan, terutama jika berhadapan dengan sayur dan sesuatu yang mereka tidak sukai.

    Disinilah, bunda wajib kreatif dalam membuat anak mau makan. Untuk hal ini, bee pollen bisa menjadi salah satu kiat kreatif untuk meningkatkan nafsu makan anak. Mengandung madu yang terbukti efektif untuk tingkatkan nafsu makanan, suplemen ini bisa efektif.

    Cara mengolahnya, buat bee pollen menjadi bubuk dan taburkan pada makanan yang anak sukai, semisal es krim atau kue. Namun, perlu dicatat bahwa suplemen tidak bisa diaplikasikan pada makanan panas karena kandungannya akan cepat hilang.
  • MEMBANTU TURUNKAN KOLESTROL. Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan hewan uji, bee pollen ternyata terbukti dapat menurunkan LDL (kolestrol jahat) dan kadar kolestrol secara keseluruhan. Namun, untuk memastikan manfaat ini pada manusia, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut.
  • MENJAGA KESEHATAN HATI. Masih menerapkan penelitian menggunakan hewan uji, bee pollen terbukti dapat mencegah kerusakan hati, dan bahkan membantu perbaikan sel hati yang rusak akibat konsumsi alkohol berlebih dan penggunaan obat-obatan.
  • MENCUKUPI NUTRISI TUBUH. Tidak banyak orang yang tahu kalau suplemen alami ini juga merupakan varian dari superfood. Label 'superfood' ini diberikan karena di dalam bee pollen, terdapat sangat banyak nutrisi yang membantu dalam mencukupkan nutrisi untuk tubuh, seperti karbohidrat, antioksidan, lemak, protein, mineral, dan vitamin.

    Carlson Wade (1978) dalam bukunya menyebutkan bahwa bee pollen mengandung semua nutrisi vitamin, mineral, asam amino dan protein yang bantu kuatkan daya tahan tubuh. Selain itu, C. Leigh Broadhurst, Ph.D. (2005) mengatakan bahwa satu sendok bee pollen sama saja dengan porsi besar sayuran. Banyak kan nutrisi dalam bee pollen, Sahabat?
  • MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bee pollen memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus yang mampu untuk membantu membunuh bakteri dan virus dalam tubuh. Efek bee pollen pada sistem kekebalan tubuh ini juga terlihat dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, meski masih perlu dikaji lebih lanjut.

    Hingga saat ini belum ada cukup bukti ilmiah mengenai manfaat bee pollen lainnya. Potensi bee pollen yang masih menunggu pembuktian lebih lanjut antara lain adalah untuk menangani gejala-gejala sindrom premenstruasi, mengatasi sariawan, memperbaiki selera makan, mengatasi konstipasi dan diare, serta menurunkan berat badan.
  • MEMPECEPAT PROSES PENYEMBUHAN LUKA. Manfaat lainnya dari bee pollen ini adalah mampu untuk membantu mempercepat proses dalam penyembuhan luka. Bee pollen telah terbukti dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfat di tulang serta melindungi tubuh dari kerusakan tukang akibat osteoporosis.

Zat Aktif Bee Pollen[3]

Bee pollen sebagai sumber protein dan lemak, karbohidrat serta mineral, kandungan protein kasarnya bervariasi antara 8-40%, rata-rata 23%, dan mengandung semua asam-asam amino esensial maupun asam-asam lemakesensial. Sama halnya dengan nektar, bee pollen diperoleh dari bunga yang dihasilkan oleh anther sebagai sel-sel kelamin jantan tumbuhan (Sihombing, 1997).

Efek Samping Bee Pollen[2]

Setelah kita telah mengetahui manfaat yang sangat banyak dari bee pollen serta kandungan nutrisinya, Anda mungkin tertarik untuk mengonsumsi bee pollen ini. Namun perlu diketahui sebelum itu, Anda juga perlu berhati-hati dan mengenal efek samping dari mengonsumsi bee pollen dengan secara berlebihan.

Umumnya, bee pollen memang aman dikonsumsi, setidaknya dalam jangka pendek. Namun, bagi beberapa orang, komponen ini bisa menimbulkan reaksi alergi yang parah seperti sesak napas, pembengkakan, bahkan hingga syok anafilaksis.

Bee pollen juga tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil maupun ibu menyusui. Selain itu, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, konsumsi bee pollen sebaiknya dihindari, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.

Sebagai langkah aman, sebaiknya hindari konsumsi bee pollen apabila Anda sedang rutin mengonsumsi obat jenis apapun. Anda boleh mengonsumsi bee pollen bersama obat, dengan persetujuan dokter.

Wow! Inilah Beragam Manfaat Super Dari Bee Pollen Bagi Kesehatan
Views: 143

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Bee Pollen:

Extra Food

EXTRA FOOD

Harga Konsumen : 80.000
Terjual : 2.023 bh


Extra Food : 80.000

TOTAL : 80.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer