7 Langkah Bisnis HNI

Step By Step Memulai Bisnis HNI Secara Online Bagi Para Pemula

7 Langkah Bisnis HNI

"Apa yang harus saya persiapkan jika mau memulai bisnis HNI secara online?" Mungkin itu juga menjadi salah satu pertanyaan Anda saat akan pindah haluan dari bisnis HNI secara offline ke metode online.

7 Langkah Awal Memulai Bisnis HNI Secara Online Bagi Pemula

#Article_504
Views: 1.205
Posted 25-May-2020 : Updated 25-May-2020

Deskripsi Resep

Ada sebagian orang merasa ragu untuk mulai terjun diranah online dalam mengembangkan bisnis HNI. Keraguan ini bisa jadi karena belum yakin apakah memang media online bisa diandalkan atau tidak. Bahkan ada yang menyerah sebelum mencoba karena beranggapan sangat rumit dan teknikal banget.

Padahal menurut saya sendiri, meng-online-kan HNI itu sangat-sangat nyaman sekali. Coba lihat hiperbola saya dengan kata sangat-sangat diakhiri dengan sekali. Itu untuk menunjukkan bahwa berbisnis HNI dengan cara online itu sangat nyaman dan enjoy. Memiliki fleksibelitas yang tinggi, mudah mengatur waktu dan bisa dijalankan secara otomatis.

Kok bisa?

Saya coba ajak Anda untuk membuka mata dan cakrawala baru dalam mengantisipasi kondisi "new normal" pasca pandemi virus corona agar tetap eksis dan berkembang bersama HNI. Bisnis HNI itu cukup adaptable dengan situasi apapun, jadi bisa dibawa pakai cara apapun in syaa Allah tetap oke.

Bila Anda ingin mulai mengembangkan bisnis HNI secara online? Ini dia langkah demi langkah yang harus Anda jalankan. Panduan awal agar Anda bisa mendatangkan calon mitra dan calon pembeli secara otomatis melalui media internet. Yang berjalan secara real time online 24jam nonstop. Mau tahu?

Langkah Demi Langkah Memulai Bisnis HNI Secara Online

Dengan mengikuti panduan ini diharapkan pada suatu saat kelak (in syaa Allah) Anda akan bisa mendatangkan calon mitra dan menjual produk HNI setiap hari tanpa perlu promosi apapun.

Fokus pada teknik yang benar agar nantinya Anda tidak perlu lagi mencari calon mitra, tapi Anda-lah yang akan dicari mitra. Anda tidak perlu mencari calon pembeli produk HNI, tapi mereka yang akan mencari produk Anda.

Amazing banget kan?

Mengapa Harus Online?

Yup!. Pertanyaan lengkapnya mungkin seperti ini: "Mengapa Agen HNI harus mulai pakai strategy online untuk kembangkan bisnis HNI?" Apakah dengan PCA oflline sudah tidak marketable lagi?

Bukan begitu maksudnya. PCA offline atau cara-cara offline yang biasa dilakukan secara konvensional masih tetap bisa dikerjakan. Tapi bila Anda ingin melipatgandakan hasil PCA tersebut, maka harus mulai merambah jalur online dengan teknologi internet.

Dunia saat ini sudah berubah dengan sangat cepat. Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat mau tidak mau memaksa siapapun yang ingin survive untuk beradaftasi dengan perubahan tersebut. Atau akan tertinggal dibelakang.

Siapa yang memiliki keahlian dalam menggunakan teknologi akan punya nilai tambah karena bisa melakukan banyak hal dengan lebih efisien dan otomatis. Masyarakat modern saat ini memiliki trend menyukai hal-hal yang lebih praktis, mudah dan fleksibel. Tanpa pakai ribet.

Data Pengguna Internet Indonesia Terbaru

Pasar online adalah pasar yang sangat gemuk, terus berkembang sepanjang tahun. Dalam kaitan dengan prospek calon mitra hal ini tentu sangat menguntungkan. Anda seperti memiliki lumbung padi yang tidak akan pernah kehabisan calon prospek maupun calon konsumen.

Sedikit beda dengan pola offline, ketika Anda membuat daftar atau list orang-orang yang akan menjadi prospek, bisa jadi pada satu titik akan menemukan jalan akhir. Dimana Anda akan mendapati kebingungan untuk menulis siapa lagi orang yang akan Anda list di daftar prospek.

Pada jalan buntu ini, biasanya Anda menggali koneksi dari jaringan dibawah. Tapi Anda sendiri sebenarnya sudah kehabisan stok prospek. Tidak demikian bila Anda berada di jalan online. In syaa Allah prospek Anda tidak akan pernah habis.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh We Are Social pada laman detik.com disebutkan bahwa pada tahun 2020 ada sekitar 175.4 juta pengguna internet di Indonesia. Itu artinya ada kenaikan pengguna sebesar 17% atau 25juta dibanding tahun sebelumnya.

Pengguna Internet Indonesia 2020

Jumlah pengguna internet Indonesia Tahun 2020. Foto: We Are Social

Bukankah itu adalah pasar yang sangat potensial untuk digali? Sudahkah Anda sebagai Agen HNI memanfaatkan peluang tersebut? Kalau tidak sekarang, mau kapan lagi?

Kapan Saatnya Anda Harus Online?

Ketika Anda sudah membaca betapa besarnya potensi pasar online ditambah dengan kondisi pendemi virus saat ini yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga jarak fisik (social distancing), maka hari ini adalah saat yang tepat untuk menjajaki strategy online dalam berbisnis HNI.

Baiklah kalau begitu. Mungkin ada sebagian diantara Anda yang sudah mulai "greget" dengan dunia online, hanya masih bingung apa dan bagaimana cara memulainya? Karena ini adalah hal yang sangat baru bagi Anda.

Tenanglah saudaraku. In syaa Allah pada halaman ini Anda akan mendapati jawaban atas pertanyaan tersebut. Jadi tetaplah melanjutkan membaca hingga kalimat terakhir dibawah.

Keuntungan Jalur Online

Berikut ini setidaknya ada 15 keuntungan ketika menjalankan promosi bisnis secara online yang dinukil dari laman edkentmedia.com:

15 Keuntungan Pemasaran online

Top15 Advantages Internet Marketing For Your Business. Foto: edkentmedia

  • Lebih nyaman karena bisa dilakukan kapan saja dan darimana saja
  • Biaya promosi online relatif lebin murah. Coba bandingkan ketika secara offline pasang iklan dengan baliho, iklan di media cetak, radio, tv dll. Tentu jauh lebih mahal bukan? Atau coba dihitung berapa biaya operasional yang harus disediakan ketika saya yang tinggal di Bandung Jawa Barat melakukan prospek ke mitra yang ada di Papua sana? Dengan online semua bisa dilakukan dengan sangat murah.
  • Bisa mengukur perkembangan bisnis secara tepat dengan berbagai tools yang tersedia secara online
  • Promosi bisa menyasar target tertentu berdasarkan demografi
  • Tanpa sekat batas teritorial memasarkan ke seluruh Indonesia bahkan dunia
  • Memungkinkan transaksi dalam jumlah besar dan banyak secara bersamaan
  • Buka nonstop 24 jam sehari 7 hari dalam 1 pekan tanpa batas waktu
  • Dijalankan secara otomatis dengan hanya menekan tombol klik
  • Mendapatkan data calon mitra atau calon konsumen tanpa harus melibatkan Anda secara langsung
  • Prospek datang sendiri mencari Anda berdasarkan kebutuhan mereka (search engine optimization)
  • Lebih mudah merubah strategy promosi setiap saat
  • Transaksi instan real time saat itu juga
  • Lebih mudah membangun hubungan berkelanjutan dengan prospek
  • Hemat waktu dan tenaga karena lebih efektif dan efisien
  • Pemasaran untuk jangka panjang. Cukup sekali melakukan kampanye namun efeknya bisa dinikmati dalam jangka waktu yang panjang

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online

Hal pertama yang harus dipersiapkan manakala akan mengawali bisnis secara online adalah: MENTAL. Ya, siapkan mental terebih dahulu. Harus difahami bahwa pada dasarnya bisnis offline maupun online memiliki kesamaan, yaitu harus dikelola dengan baik secara terus menerus. Bedanya hanya pada pola dan media yang digunakan.

Jangan pernah berpikir bahwa bisnis online itu layaknya seperti sulap. Bisa sekejap dengan sekali klik langsung menghasilkan. Walapun hal ajaib tersebut bisa saja terjadi di dunia online, namun sebelum Anda sampai pada tahap tersebut ada proses yang harus dilewati.

Jangan punya anggapan bahwa bisnis online adalah bisnis yang sangat mudah, karena faktanya tidak sedikit orang yang menjalankan bisnis ini berakhir dengan kegagalan. Namun demikian, jangan juga berpikir sebaliknya bahwa bisnis online itu sangat sulit, komplek, susah difahami, butuh skill teknik yang tinggi dll.

Persepsi yang lebih mendekati kebenaran menurut saya adalah bahwa bisnis online itu memang mudah dengan berbagai macam fasilitas otomatis didalamnya, namun butuh ketekunan dalam menjalankannya. Bukan hanya tekun, tapi tekun yang istiqomah terus menerus. Ketekunan terus menerus inilah yang boleh jadi akan membuka jalan bagi keberhasilan bisnis online itu sendiri.

Saya simpelkan sbb:

Bisnis online itu enak dan mudah karena pangsa pasar yang tak terbatas, bisa dimulai dengan cara yang sederhana dan biaya murah, bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu dan tempat, system bisa berjalan secara autopilot / otomatis saat sudah terbangun, earning bisa lebih menggemparkan, dll.

Namun demikian ada hal yang kurang menyenangkan bagi sebagian orang antara lain: proses hampir sama dengan bisnis offline Anda harus membuat promosi dan menjual produk HNI, Anda tetap butuh kerja dengan tekun dan istiqomah, bisnis online juga bukan pasif income, bagi yang gaptek ini agak bermasalah, dan berakhir dengan cepat menyerah karena berharap penghasilan instan. Jangan sampai hal ini terjadi dengan Anda.

Bisnis Online = Mudah + Tekun

Ok!. Itu rumus saya dalam menjalankan bisnis online. Cukup efektif, setidaknya berdasarkan pengalaman saya selama ini dalam membangun jaringan HNI pure 100% by online. Bisnis online akan menghasilkan output yang memuaskan manakala kemudahan yang ada dibarengi dengan ketekunan dalam menjalankannya.

7 Langkah Memulai Bisnis Online HNI

Menurut Allen Moon, ada 7 hal penting yang harus diperhatikan ketika akan mengawali atau memulai terjun di bisnis online, yaitu:

  • Temukan dan cari apa yang orang butuhkan
  • Buat penawaran (sales letter)
  • Bangun website sederhana
  • Gunakan mesin pencari untuk mendapatkan prospek yang tertarget
  • Tingkatkan reputasi Anda
  • Lakukan follow up
  • Gunakan "back-end sales" dan "upselling"

1. Cari Apa yang Orang Butuhkan

Dalam bisnis HNI, ini sangatlah mudah. Anda tidak perlu mencari atau melakukan riset apa yang dibutuhkan orang saat ini. Mengapa demikian? Karena HNI saat ini sudah memiliki produk beragam yang sangat dicari dan dibutuhkan orang banyak. Jadi Anda tidak usah pusing memikirkan apa yang kelak nanti Anda tawarkan secara online. Enak bukan? Anda bisa melewatkan langkah ini begitu saja. Tidak perlu melakukan riset dan penelitian segala macam.

2. Buat Sales Letter

Bagi para pemula mungkin akan bingung dengan sales letter yang menjual, apa dan bagaimana membuatnya. Setidaknya ada 9 poin penting yang telah terbukti membawa pengunjung datang akibat membaca penawaran Anda hingga ending dengan closing mitra atau memutuskan membeli produk.

  • Buat headline yang menarik untuk membangkitkan minat pengunjung (contoh headline : Dua pekan colon cleansing dengan Stimfibre hasilnya WOW banget. Khusus yang mau langsing)
  • Jelaskan masalah yang bisa dipecahkan dengan produk HNI
  • Yakinkan bahwa produk HNI adalah solusi tepat untuk masalah tersebut
  • Tambahkan testimoni orang yang pernah menggunakan produknya
  • Jelaskan tentang produknya dan apa saja manfaatnya untuk pengguna
  • Segera lakukan penawaran ketika pengunjung mulai tertarik
  • Beri garansi untuk lebih meyakinkan calon pembeli. Misal garansi uang kembali, garansi produk asli dan garansi kepastian kirim. Contoh garansi ada diproduk Gamat HNI HPAI
  • Ciptakan hal yang mendesak seperti promo terbatas atau stok terbatas
  • Dorong pengunjung untuk segera order lengkap dengan tatacaranya

Sales letter yang baik adalah tetap fokus pada manfaat yang akan diterima oleh pengunjung. Coba rasakan apakah ada manfaatnya penawaran tersebut? Posisikan Anda sebagai pengunjung. Apakah ini memang produk yang tepat untuk Anda?

Sales letter dibutuhkan bukan hanya untuk menjual produk HNI saja, tapi sekaligus harus bisa menarik orang lain untuk bergabung bersama HNI menjadi mitra Anda. Caranya tetap sama, fokuslah pada manfaat apa yang akan orang dapatkan dengan sales letter tersebut. Contoh: Bisnis online modal 35rb bisa dilakukan dirumah oleh siapa saja

3. Bangun Website

Ini juga pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai pentingnya sebuah website untuk menunjang bisnis online HNI HPAI Anda. Mungkin ada orang yang bertanya, mengapa sih harus buat website segala? Apa tidak cukup pakai layanan web replikasi dan medsos saja?

Bila ada yang mengatakan cukup, ya sah-sah saja. Karena definisi cukup itu sendiri pada setiap orang sangat relatif. Tapi bagi saya sendiri kepemilikan website ini sudah dalam taraf yang wajib. Website tersebut akan jadi asisten Anda yang bekerja 24jam nonstop tanpa henti.

Anda tidak perlu melakukan apapun ketika website Anda di tengah malam buta menerima order produk dan pendaftaran mitra-mitra baru, karena pada saat tersebut Anda sedang terlelap tidur, atau bahkan pada saat Anda sedang liburan bersama keluarga. Melalui sebuah website semua bisa dibuat otomatis. Bukankah itu sesuatu yang sangat menyenangkan?

Apakah membuat website itu susah? Ternyata tidak juga. Asal Anda mau belajar dan cepat belajar, in syaa Allah membuat sebuah website itu akan jadi hal yang menyenangkan. Jika Anda memang benar-benar awam, cobalah latihan dulu dengan membuat blog. Cukup dengan klik sana-sini, dan dalam beberapa menit blog Anda sudah live.

Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan hal teknis mengenai bagaimana cara membuat website/blog, karena ini baru kerangka dasar bagi Anda yang ingin mengawali bisnis HNI secara online di dunia maya. In syaa Allah, bila tidak ada kendala pada artikel selanjutnya akan saya buatkan panduannya.

Beberapa tips ini bisa digunakan manakala Anda akan membangun sebuah website/blog sederhana agar pengunjung tidak lari dari apa yang Anda tawarkan:

  • Pilih background warna putih (cerah/terang)
  • Gunakan satu atau dua font yang sudah umum, seperti verdana, sanserif, courir atau sejenisnya. Jangan gunakan font yang aneh-aneh.
  • Buat navigasi cukup jelas dan sederhana, buat sama pada semua halaman
  • Hanya gunakan grafik, audio atau video bila memang dibutuhkan
  • Sertakan form penawaran opt-in atau form JOIN sehingga Anda bisa mulai mengumpulkan email data calon pelanggan
  • Sediakan halaman order/join sesederhana mungkin tidak lebih 2x klik antara calon pelanggan dan klik chekout
  • Website Anda adalah merupakan etalase online, oleh karena itu buatlah agar tetap user friendly

4. Gunakan Mesin Pencari

Untuk mendatangkan trafik yang lebih cepat ke website baru Anda, bisa gunakan layanan PPC dari google adword. Iklan PPC memiliki dua keuntungan yaitu muncul di halaman pencarian dengan lebih cepat dan statistiknya bisa dianalisa untuk meningkatkan closing atau penjualan produk.

Sebenarnya selain dengan iklan berbayar PPC tersebut, Anda bisa membuat trafik tertarget melalui situs pencari dengan kata kunci organik. Namun untuk hal ini ada proses panjang yang harus Anda lalui. Enaknya bila Anda sudah bisa mentarget kata kunci secara tepat dengan menggunakan konten, prospek datang sendiri tanpa harus Anda promosi dan bayar biaya promosi apapun.

Saya sendiri lebih memilih pakai cara organik dalam mendatangkan trafik dari situs pencari. Tidak perlu bayar biaya promosi, tapi arus kunjungan bisa tetap masuk ke website. Caranya rajin update situs degan membuat artikel / konten baru sebagai umpan ke situs pencari.

5. Tingkatkan Reputasi

Semua tentu sudah faham, biasanya orang akses ke internet (dalam hal ini mesin pencari, seperti google) adalah untuk mencari informasi. Bila Anda bisa menyediakan informasi tersebut, maka lalu lintas pengunjung akan bisa mengalir ke website Anda. Contohnya artikel cara penggunaan HSIS ini saya sediakan bagi Agen Stok HNI yang masih belum faham cara penggunaanya.

Silahkan bisa dicek bagaimana statistiknya, berapa banyak orang yang sudah membacanya. Model artikel tersebut bisa membantu meningkatkan kunjungan tanpa harus melakukan kerja berulang-ulang. Lambat laun hal ini bisa meningkatkan reputasi Anda dan website.

Apalagi yang bisa Anda tingkatkan?

  • Bagikan konten gratis. Buat artikel, video, atau konten lain yang bermanfaat bagi orang. Sebarkan konten itu melalui situs lain atau media sosial.
  • Jangan lupa buatkan tautan "SHARE" atau bagikan pada konten di situs web Anda.
  • Rajin menjawab dan kontribusi pada berbagai forum online yang ramai pengunjung

6. Follow Up

Pada saat Anda membangun daftar opt-in, sebenarnya Anda sedang membuat salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda. Database yang sudah terkumpul melalui OPT-IN atau menu JOIN HNI tersebut bisa digunakan setiap saat. Lakukan follow up kepada subscriber untuk jadi mitra sedangkan calon konsumen yang sudah isi form order bisa Anda ingatkan tentang pembeliannya.

Follow up bisa Anda lakukan secara otomatis melalui email atau bisa juga melalui saluran lain seperti SMS atau WA. Saya sendiri lebih sering menggunakan layanan WA untuk mengatur komunikasi dengan subscriber yang masuk ke database.

7. Back-end Sales and Upselling

Anda juga bisa memaksimalkan penghasilan dengan menjual ulang produk kepada pelanggan di database Anda. Tawarkan produk lain kepada konsumen yang pernah beli sebelumnya. Cara ini biasa dikenal dengan istilah back-end sales. Coba tanyakan pada konsumen yang pernah membeli langsingin pada 2pekan berikutnya apakah mau order lagi. Atau bisa juga tawarkan produk yang lebih lengkap seperti produk paket langsing (upselling).

Ini sangat penting, tawarkan atau ajak pembeli untuk jadi member/ agen HNI (upselling). Berikan informasi kepada mereka apa manfaat dan keuntungan bila jadi member HNI. Ini akan semakin melejitkan bisnis HNI Anda dalam jangka panjang. Karena dengan jadi member, transaksi pembelian back-end sales konsumen ini bisa order dimana saja di seluruh Agen Stok HNI yang ada di Indonesia. Tapi tetap Anda akan mendapatkan keuntungan atas poin pembelian produknya.

Penutup

Dunia saat ini telah berubah. Semua bisa dilakukan hanya melalui HP ditangan. Anda harus siap berubah dan bersahabat dengan perubahan itu sendiri supaya bisa mendapatkan manfaat di era milenial ini. Jadi siapkan mental untuk memulai bisnis HNI secara online. Lalu rasakan kedasyatannya.

Article #504
Posted :
Views: 1.205

7 Langkah Awal Memulai Bisnis HNI Secara Online Bagi Pemula

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Share FaceBook

Share Twitter

Share Pinterest

Share Telegram

Share Linkedin