Artikel Lain Daftar List MLM Halal


Daftar List MLM Halal

MUI Sebut Ada Sembilan MLM Yang Memiliki Sertifikasi Halal

Daftar List MLM Halal

Anda jangan kaget bila saya sodorkan fakta bahwa sebagian besar MLM yang ada di Indonesia itu belum halal secara Syariah. Ini serius dan bukan hoax. Jika mengacu pada data dari MUI setidaknya sampai Maret 2019 MLM syariah bisa dihitung dengan jari.

List MLM Halal Syariah di Indonesia Ternyata Tidak Lebih Dari 10 Saja

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Dengan demikian berarti bahwa MLM yang Halal Syariah berdasarkan syarat DSN MUI kurang dari 1% saja. Sedikit sekali bukan? Bisa dimaklumi bila ada masyarakat yang masih alergi kala mendengar kata MLM.

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) menyampaikan hingga saat ini ada sembilan perusahaan penjualan langsung yang telah mengantongi sertifikasi halal. Perusahaan penjualan langsung ini lebih dikenal sebagai perusahaan Multi Level Marketing (MLM) karena cara pemasarannya tersebut.

Dilansir dari laman republika.co.id, anggota DSN MUI, Bukhori Muslim menyampaikan sembilan perusahaan tersebut sudah pasti memenuhi 12 poin dalam Fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Meski belum menjamin kehalalannya jika belum mendapatkan sertifikat halal.

"MLM yang mengandung skema ponzi, piramida, dan mengandung money game itu pasti haram, MLM yang tidak mengandung unsur-unsur itu belum tentu halal," kata dia dalam Dialog Interaktif "MLM Halal atau Haram" di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (12/3).

Fatwa Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) Nomor 75/DSN-MUI/VII/2009

Pertama : Ketentuan Umum

  • Penjualan Langsung Berjenjang adalah cara penjualan barang atau jasa melalui jaringan pemasaran yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha kepada sejumlah perorangan atau badan usaha lainnya secara berturut-turut.
  • Barang adalah setiap benda berwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, dapat dihabiskan maupun tidak dapat dihabiskan, yang dapat dimiliki, diperdagangkan, dipakai, dipergunakan, atau dimanfaatkan oleh konsumen.
  • Produk jasa adalah setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau pelayanan untuk dimanfaatkan oleh konsumen.
  • Perusahaan adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum yang melakukan kegiatan usaha perdagangan barang dan atau produk jasa dengan sistem penjualan langsung yang terdaftar menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Konsumen adalah pihak pengguna barang dan atau jasa, dan tidak bermaksud untuk memperdagangkannya.
  • Komisi adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra usaha atas penjualan, yang besaran maupun bentuknya diperhitungkan berdasarkan prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang dan atau produk jasa.
  • Bonus adalah tambahan imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra usaha atas penjualan, karena berhasil melampaui target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan perusahaan.
  • Ighra' adalah daya tarik luar biasa yang menyebabkan orang lalai terhadap kewajibannya demi melakukan hal-hal atau transaksi dalam rangka mempereroleh bonus atau komisi yang dijanjikan.
  • Money Game adalah kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perek-rutan/pendaftaran Mitra Usaha yang baru/bergabung kemudian dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya sebagai kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.
  • Excessive mark-up adalah batas marjin laba yang ber-lebihan yang dikaitkan dengan hal-hal lain di luar biaya.
  • Member get member adalah strategi perekrutan keang-gotaan baru PLB yang dilakukan oleh anggota yang telah terdaftar sebelumnya.
  • Mitra usaha/stockist adalah pengecer/retailer yang men-jual/memasarkan produk-produk penjualan langsung.

Kedua : Ketentuan Hukum

Ada 12 persyaratan bagi MLM masuk kategori HALAL sesuai syariah dalam praktik PLBS wajib memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  • Ada obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa
  • Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram
  • Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat
  • Tidak ada harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh
  • Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS
  • Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan
  • Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa
  • Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra
  • Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya
  • Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lain-lain
  • Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut
  • Tidak melakukan kegiatan money game.

Sumber artikel : https://tafsirq.com

Daftar Perusahan MLM Halal Syariah Terbaru

Berikut ini adalah daftar perusahan PLBS dinukil dari laman resmi dsnmui.or.id (tanggal kutip data: 09-05-2020)

NO LEMBAGA + PRODUK MASALAKU
1 PT K-Link Nusantara
Produk: Kesehatan, Kosmetika dan Aksesoris Kesehatan
06 MARET 2023
2 PT Arminareka Pharmasia Pratama
Produk: Kosmetika, Suplemen, Life Style, dan Bahan Gunaan
11 FEBRUARI 2023
3 PT Duta Elok Persada
Produk: Kosmetik
08 JANUARI 2023
4 PT Nusantara Sukses Selalu
Produk: Kesehatan
17 JULI 2022
5 PT Singa Langit Jaya (TIENS)
Produk: Kesehatan
27 FEBRUARI 2022
6 PT Herba Penawar Alwahida Indonesia
Produk: Kesehatan
19 DESEMBER 2021
7 PT Veritra Sentosa Internasional
Produk: Layanan Pembayaran Multiguna
01 AGUSTUS 2020
8 PT Momen Global Internasional
Produk: Nutrisi Kesehatan
30 JULI 2020
9 PT UFO BKB Syariah
Produk: Kesehatan
05 JANUARI 2020
(Kedaluwarsa)

Dimana posisi Anda sebagai seorang muslim pada saat ini?

  1. Apabila saat ini sedang di prospek oleh salah satu perusahan MLM...
  2. Atau ternyata sudah berada pada salah satu perusahan MLM...

Silahkan recek kembali dengan data list MLM Halal Syariah diatas. Bila perusahaan tersebut tidak ada diatas, sebaiknya dipertimbangkan lagi.

Hijrah kepada yang HALAL

Lalu apa yang sebaiknya Anda di lakukan? Segera tinggalkan yang tidak sesuai Syariah dan kembali mengikut jalan HALAL. Selagi masih diberi nafas, pilihan sudah ada didepan mata masih ada jalan untuk kembali. Ayo hidupkan syariah agar hidup mejadi berkah.

Sertifikat Halal Syariah HNI HPAI

PT. HPA Indonesia pada usia ketiga di tahun 2015 hingga saat ini telah mendapatkan pengakuan resmi dari MUI sebagai salah satu perusahaan MLM yang boleh menyandang label Syariah. Pemberian sertifikat tersebut sekaligus menegaskan bahwa system dan produk HNI telah memenuhi kriteria halal MUI.

Secara kelembagaan HNI sudah memiliki  DPS  (Dewan Pengawas Syariah) yang bertugas mengontrol jalannya perusahaan dan memberikan pembinaan agar semua kegiatan dalam perusahaan tidak bertentangan dengan ajaran Islam.  Pengawasan ini meliputi produk yang akan dijual, promosi, marketing plan dan kegiatan-kegiatan seremonial yang dilakukan oleh perusahaan.

Berikut adalah susunan Dewan Pengawas Syariah HNI:

  • Dr. H. Mawardi Muhammad Saleh, MA
  • Dr. Oni Sahroni, M.A. (BPH DSN-MUI)
  • Dr. H. Endy M. Astiwara, MA, AAAIJ, FIIS (BPH DSN-MUI)

Sertifikat Syariah ini memberikan ketenangan baik kepada agen maupun kepada konsumen. Sehingga mereka tidak ragu untuk menggunakannya karena sudah terjamin secara syariat. Jaminan HALAL tersebut yang paling penting.

HNI : Halal Produk plus Halal System

Dengan label Syariah MUI maka para pengguna produk HNI tidak perlu ragu karena sudah memiliki kepastian halal. Bahkan HNI berkomitment menjadi market leader dalam pengadaan produk-produk halal dan thoyyib bagi masyarakat luas.

Dengan label Syariah MUI maka agen-agen merasa tenang menjalankan system bisnis HNI dan tidak khawatir masuk ke dalam jurang ighra yang di larang dalam syariat.

Yuk jadi bagian bisnis yang halal dan thoyyib! sekarang juga

PT Herba Penawar Alwahida Indonesia, yang kemudian dikenal sebagai HPAI, merupakan salah satu perusahaan Bisnis Halal Network di Indonesia yang fokus pada penyediaan produk-produk barang konsumsi (consumer goods) yang halal dan berkualitas. HPAI, sesuai dengan akta pendirian perusahaan, secara resmi didirikan pada tanggal 19 Maret 2012.

HPAI merupakan hasil dari perjuangan panjang dengan tujuan untuk menjayakan produk-produk halal berkualitas yang berazaskan Thibbunnabawi; membumikan, memajukan, dan mengaktualisasikan ekonomi Islam di Indonesia melalui enterpreneurship, dan juga turut serta dalam memberdayakan dan mengangkat UMKM nasional.

Apa Keunggulan HNI HPAI?

Sebelum Anda memutuskan terjun dibisnis networking / jaringan, baiknya kenali dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing perusahaan PLBS tersebut. Berikut ini adalah keunggulan bila Anda gabung bersama HNI HPAI:

  • HNI-HPAI memiliki Dewan Syariah, yang senantiasa proaktif mengawasi, mengevalusi, dan memberi masukan serta nasihat untuk menjaga Bisnis Halal Network HPAI tetap berada dalam koridor Syariah Islam.
  • HNI-HPAI memiliki Sertifikat DSN (Dewan Syariah Nasional) - MUI Pusat, sebagai bentuk legal formal pengesahan bahwa Bisnis Halal Network HPAI telah memenuhi prinsip-prinsip Syariah Islam.
  • HNI-HPAI menjual produk-produk yang dijamin 100% Halal, karena semua Produk-produk HPAI diawasi langsung oleh orang-orang yang memiliki kompetensi dan kepahaman tentang kehalalan produk.
  • HNI-HPAI memiliki SUCCESS PLAN yang ADIL dan MENGUNTUNGKAN sesuai SYARIAH ISLAM.
  • Bisnis di Halal Network HPAI dapat diwariskan selama Perusahaan masih berdiri.
  • HNI-HPAI adalah Bisnis yang memberikan PELUANG KEUNTUNGAN di Dunia dan juga di Akhirat.
  • HNI HPAI memberikan keterampilan (life skill) pada bidang kesehatan Thibbun Nabawi yang bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.
  • Bisnis di Halal Network HPAI didukung oleh kekuatan Manajemen dalam Online System, sehingga memastikan akuntabilitas dan aksesibilitas bagi setiap Agen dan Leader yang berbisnis di HPAI.
  • HNI-HPAI dimiliki oleh 100% MUSLIM yang Komitmen pada Nilai-nilai Kemuliaan Islam. HPAI didirikan, dibangun, dan dikelola oleh insan profesional Muslim Indonesia.
  • HNI-HPAI hanya memproduksi, menyediakan, memasarkan, dan mendistribusikan produk-produk yang berkualitas berdasarkan azas Alamiah, Ilmiah, dan Ilahiah.
  • Semangat Keislaman menjadi spirit dan nilai-nilai akhlak serta azas dalam bekerja dan berniaga, di Halal Network HPAI.
  • HNI-HPAI memiliki sejumlah Bussiness Center (BC) dan AgenStok dalam jalur pendistribusian produk yang tersebar di hampir seluruh provinsi Indonesia, bahkan juga di beberapa negara, dan jumlah Agen HPAI yang terus tumbuh berkembang.
  • HNI-HPAI menggunakan basis Online (Web Base) Services. Aplikasi Penjualan di Agenstok dan Business Center (BC) sudah 100% online.

Siap bergabung menjadi bagian komunitas HALAL HNI? Let's Do It

Article #481
Posted :
Views: 103.950

List MLM Halal Syariah di Indonesia Ternyata Tidak Lebih Dari 10 Saja

Daftar Agen HNI Cuma 10rb