Bilberry Kapsul HNI cek fakta penelitian ilmiah kandungan buah bilberry ternyata bukan hanya untuk mata, tapi bisa juga obati diabetes, peradangan, antioksidan dll.

  • Isi Kemasan: 50 kapsul @500mg
  • Ijin Edar: BPOM TR : 123 366801
    Halal LPPOM MUI : 00130056471010
  • Kode: 150/110/42

Bilberry

Bilberry HNI HPAI merupakan produk kesehatan dengan kandungan utama buah bilberry ekstrak yang dikemas dalam kapsul.

Manfaat Bilberry HNI

Merujuk pada kemasan label sesuai izin edar, Bilberry HNI digunakan untuk membantu memelihara kesehatan pada mata dan kesehatan tubuh secara umum.

Kandungan Bilberry HPAI

Produk bilberry HNI atau bilberry HPAI mengandung ekstrak buah bilberry yang memiliki manfaat sangat banyak untuk kesehatan manusia.

  • Setiap kapsul bilberry HNI HPAI mengandung: Vaccinum myrtillus fructus extracum 500 mg

Dosis Pemakaian

  • Untuk dewasa 2 x 2 kapsul pagi dan sore

Anjuran pemakaian

  • Sebaiknya dikonsumsi setelah makan dan diiringi dengan memperbanyak asupan air putih hangat.

Pabrikasi:

  • Kapsul bilberry HNI saat ini diproduksi oleh CV.Toga Nusantara Bekasi - Jawa Barat

Cek informasi lengkap manfaat buah bilberry pada halaman berikut ini.

Harga Bilberry Kapsul Rp.150.000 [*]

Rating produk /5 :
Ulasan pengguna: 15 Reviews

[*] Harga jual Bilberry Kapsul untuk konsumen umum (non-member):

Order via WA

Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata dan tidak ditujukan sebagai saran pengganti resep dokter / ahli kesehatan keluarga Anda.

Id96 19-07-22 92182

Kandungan Bilberry Kapsul

Sudah tahu buah bilberry belum?

In syaa Allah sudah ya. Tanaman ini memang sangat terkenal.

Bilberry dengan nama ilmiah Vaccinium myrtillus merupakan salah satu sumber penghasil antosianin alami paling kaya jika dibandingkan dengan buah lainnya.

Antosianin sendiri bila merujuk pada wikipedia.org adalah pigmen yang bisa larut didalam air, pigmen ini secara alamiah dimiliki oleh berbagai jenis tanaman.

Pigmen juga yang memberi warna hijau pada daun, buah dan bunga. Antosianin saat ini sudah banyak dimanfaatkan pada berbagai aplikasi dan produk sebagai zat pewarna alami.

Antosianin memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai zat antioksidan untuk mencegah terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah pada tubuh seseorang.

Baca juga: Manfaat Bilberry Selain Untuk Mata

Cara kerja antosianin adalah dengan menghambat pembentukan aterogenesis melalui oksidasi lemak buruk didalam tubuh, yakni low-density lipoprotein (lipoprotein densitas rendah) / LDL.

Komponen polifenol yang terkandung pada bilberry memberi warna biru atau hitam mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Dipercaya merupakan bioaktif utama yang memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.

Sebenarnya bilberry tidak hanya memiliki khasiat yang khusus untuk penglihatan mata saja, namun lebih dari itu bilberry dilaporkan bisa membantu:

Oleh sebab itu bilberry sangat potensial untuk pengobatan atau pencegahan berbagai kondisi pasien yang terkait dengan masalah:

  • Peradangan
  • Hiperglikemia atau peningkatan stres oksidatif
  • Dislipidemia atau penyumbatan arteri
  • Penyakit kardiovaskular (CVD)
  • Kanker atau tumor
  • Diabetes
  • Demensia (menurunya fungsi memory) serta penyakit terkait usia lainnya.

Disamping hal tersebut diatas, pernah juga ada laporan yang mengatakan bahwa bilberry ternyata mempunyai aktivitas antimikroba.

Sebutan untuk bilberry antara lain:

  • Blaeberry
  • Blueberry Eropa
  • Huckleberry
  • Whortleberry.

Manfaat Bilberry Untuk Mata

BilberryImages source : wikipedia.org

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat buah bilberry berdasarkan hasil riset dan penelitian para ahli:

Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Dalam peristiwa PD II, pilot AU kerajaan Inggris mengonsumsi bilberry ekstrak yang sudah diawetkan untuk meningkatkan penglihatan ketika melakukan serangan pada malam hari.[2]

Begitu perang usai, ada sebuah invetigasi yang membenarkan bahwa ekstrak tersebut ternyata memang bisa meningkatkan ketajaman pandangan dan akomodasi antara gelap dan terang.

Diyakini efek visual ini terkait dengan kandungan antosianidin yang dimiliki oleh buah bilberry

Adapun menurut situs peacehealth.org[3] melaporkan bahwa ekstrak bilberry memberikan hasil positif untuk beberapa keluhahan penglihatan sebagai berikut :

Mengatasi Retinopati Diabetes dan Hipertensi

Ada bukti yang menunjukkan bahwa bilberry ekstrak (standar 25% antosianosida) dosis 600 mg per hari selama rentang waktu satu bulan bisa memperkuat pembuluh darah mata.

Serta memberikan dampak peningkatan visual pada pengidap retinopati diabetes dan atau hipertensi.

Sementara periset mendapatkan kondisi bahwa ada trend pendarahan di mata turun dan pembuluh darah diperkuat, tidak ditemukan laporan bahwa fungsi penglihatan ikut meningkat.

Menurunkan Resiko Katarak Diabetik dan Retinopati

Pada riset menggunakan media binatang berhasil ditemukan bahwa ekstrak bilberry mampu meningkatkan kontrol glikemik serta mengurangi risiko komplikasi penyakit diabetes, seperti katarak diabetes dan retinopati.

Ini mungkin terjadi karena ada efek positif dari antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membendung naiknya kadar glukosa secara ekstrim.

Mengobati Katarak

Buah bilberry memiliki kandungan senyawa flavonoid yang cukup tinggi, dikenal dengan sebutan antosianosida.

Senyawa ini dipercaya bisa menjaga retina dan lensa mata akibat kerusakan oksidatif sekaligus mengurangi potensi timbulnya katarak.

Kekuatan aktivitas antioksidan dari anthocyanosides bilberry diprediksi menjadi sumber yang bisa membantu mengurangi risiko katarak.

Dokter terkadang memberikan dosis 240-480 mg ekstrak bilberry, kapsul atau tablet tiap hari dengan kandungan antosianosida 25%.

Menyembuhkan Glaukoma

Penelitian lain menunjukkan bahwa bilberry meningkatkan ketajaman visual dan kerusakan bidang visual yang sebagian dibalik pada pasien dengan glaukoma tegangan normal.

Jumlah yang digunakan adalah 60 mg dua kali sehari selama rata-rata dua tahun.

Mengatasi Degenerasi Makula

Apa itu degenerasi makula?

Adalah suatu penyakit kelainan pada mata yang bisa berakibat hilangnya penglihatan mata.

Ini merupakan kerusakan titik kecil (makula) yang berada dekat pusat retina yang merupakan fungsi penglihatan sentral untuk melihat benda secara lurus ke depan.

Degenerasi makula biasanya berlaku karena faktor usia atau mereka yang berumur diatas 50 tahun.

Antosianosida merupakan senyawa flavonoid aktif yang dikandung buah bilberry bersifat sebagai antioksidan pada retina mata.

Bilberry sudah terbukti memperkuat jaringan kapiler dan mengurangi tingkat perdarahan pada retina mata.

Dosis ekstrak tipikal yang diberikan antara 480-600 mg per hari (standar antosianosida 25%) yang diambl dari tablet atau kapsul.

Rabun Senja

Kandungan flavonoid pada bilberry yang tinggi mempercepat proses regenerasi sel pigmen yang berguna untuk penglihatan pada malam hari mencegah mata rabun.

Senyawa flavonoid bilberry yang dikenal juga sebagai antosianosida mempercepat proses terjadinya regenerasi rhodopsin (pigmen warna ungu) yang digunakan batang mata untuk fungsi penglihatan malam hari.

Uji suplementasi dengan bilberry telah berhasil pada penelitian awal dalam meningkatkan adaptasi terhadap gelap pada orang yang memiliki penglihatan buruk di malam hari.

Namun, ada dua penelitian berikutnya tidak dijumpai efek bilberry apapun pada penglihatan malam mereka yang memiliki mata relatif sehat.

Dosis ekstrak bilberry yang diberikan 240-480 mg per hari (standar antosianosida 25%) pemberian bisa dalam bentuk tablet atau kapsul.

Ringkasan Manfaat Bilberry

Dari uraian panjang diatas, dibawah ini adalah poin manfaat dan khasiat dari buah bilberry, antara lain:

Ada beberapa manfaat bilberry yang harus diuji ulang khususnya efek pemberian terhadap manusia, karena sebagian besar uji yang pernah dilakukan menggunakan media hewan.

Tulisan hasil riset dan penelitian diatas tidak terkait dengan produk Bilberry Kapsul HNI. Artikel tersebut adalah hasil uji yang dilakukan oleh para ahli terhadap buah bilberry berdasarkan rujukan dan sumber yang sudah disertakan.

Validitas artikel tetap pada sumber rujukan. Tidak ada maksud dari redistribusi artikel ini sebagai tujuan medis, tapi hanya sebagai informasi dan pengetahuan umum semata.

Order via WA

Fair Use Disclaimer :
Untuk menghindari kesalahan kutip atau terjemah, validitas dan kebenaran artikel tetap merujuk pada sumber referensi dibawah ini:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/ books/ NBK92770/

https://www.sciencedirect.com/ topics/ medicine-and-dentistry/ bilberry

https://www.peacehealth.org

CATATAN: Manfaat Kandungan hanyalah informasi bahan yang terkandung pada sebuah produk, bukan manfaat produk itu sendiri.

Selalu ikuti anjuran dokter atau ahli kesehatan Anda, serta baca dengan teliti panduan pada kemasan sebelum konsumsi ekstrak bilberry HNI.

Untuk memaksimalkan efek khasiat dan manfaatnya disarankan minum pada jam yang sama dengan rentang waktu yang cukup antara dosis pertama dan dosis berikutnya.

Minum sesuai dosis dan jangan berlebihan khawatir timbul efek alergi, meskipun hal tersebut sangat jarang terjadi

Cara Konsumsi Bilberry

Dewasa : 2 kali sehari 2 kapsul diminum setelah makan dan perbanyak minum air hangat