Gamat Kapsul HNI HPAI

Produk Gamat Kapsul

Gamat Emas Untuk Meredakan Nyeri Sendi


Membantu mengurangi gejala asam urat, melawan sel kanker, anti jamur, anti bakteri, kanker payudara, prostat, darah tinggi, untuk kesehatan jantung dan hati dll

Produk_HNI_107 : Views 101.587
Posted 24-Jan-2020 : Updated 14-Oct-2020
8 min read

Deskripsi Label Produk

Gamat Kapsul
Harga : Rp.130.000

2335_Rating 4/5 :

Izin POM TR 143377211
Halal MUI 00130056471010

Penjelasan label produk sesuai dengan izin edar BPOM / MUI / Dinkes atau izin penerbitan ISBN.

Kapsul gamat atau teripang merupakan produk yang dihasilkan dari Gamat pilihan yaitu Gamat Emas atau Teripang Emas (Golden Sea Cucumber). Berbentuk ekstrak yang diolah secara higienis dan modern serta bebas dari bahan kimia sintetis.

KEGUNAAN PRODUK:

Membantu meredakan nyeri sendi.

KOMPOSISI:

  • Gamat / teripang emas (Stichopus hermanii extractum)

ATURAN PAKAI :

3x2 kapsul per hari

Disclaimer

Manfaat Kandungan / Materi

Teripang atau gamat yang diproduksi oleh HNI adalah terbuat dari ekstrak gamat emas pilihan yaitu Teripang Emas (Golden Sea Cucumber) yang memiliki lebih banyak khasiat berdasarkan penelitian para ahli.

Gamat emas adalah spesies teripang yang mengandung gamapeptide dan kandungan zat tersebut tidak ditemukan pada spesies lain.

Gamapeptide merupakan senyawa yang sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, menyembuhkan luka hingga lebih cepat 3x daripada biasanya, merangsang pertumbuhan sel-sel baru, menjadikan kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan, menormalkan stress dan melancarkan peredaran darah.

Gamat emas atau teripang emas mungkin bagi kebanyakan oranng masih terasa asing, meskipun demikian ternyata gamat merupakan makanan yang lezat dan menyehatkan yang telah membudaya di Asia.

Perlu diketahui bahwa gamat bukanlah dari golongan tumbuhan tapi merupakan hewan yang hidup di perairan laut. Memang bentuknya bila dilihat secara sekilas hampir menyerupai buah atau sayur mentimun, sehingga membuat orang salah persepsi.

Gamat atau teripang ini biasa hidupnya berada di dasar laut di seluruh dunia, namun banyak yang berpendapat bahwa populasi terbesar gamat dijumpai pada Samudra Pasifik.

Hampir sebagian besar gamat / teripang lebih mirip cacing raksasa atau ulat yang memiliki tubuh membulat dengan tekstur kenyal lunak.

Gamat sering juga disebut dengan mentimun laut ini, biasanya diambil dan dikumpulkan oleh para penyelam atau dibudidayakan secara komersial pada sebuah kolam buatan yang cukup besar.

Golden Sea Cucumber selain dicari karena rasanya yang mengundang daya tarik kuliner, ternyata telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional guna mengatasi berbagai jenis penyakit.

Nama Lain Teripang

Gamat atau teripang ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia sehingga di masing-masing negara memiliki nama panggilan sendiri yang berbeda-beda seperti berikut ini:

  • Teripang (Indonesia)
  • Gamat (Malaysian traditional medicine)
  • Namako (Japan)
  • Balatan (Philippines)
  • BĂȘche-de-mer (France)
  • Bicho do mar (Portugal)
  • Hangul (Korea)
  • Loli (Hawaii)
  • Hai shen (traditional Chinese medicine)

Penggunaan Gamat atau Teripang

Merunut link dari laman healthline, teripang sudah dimanfaatkan sejak ratusan tahun yang lalu sebagai sumber nutrisi makanan dan bahan dasar pembuatan obat-obatan di negara-negara Asia dan Timur Tengah.

Data yang ditemukan menunjukkan bahwa teripang telah diambil dari lautan Samudra Pasifik lebih dari 170 tahun lamanya.

Makhluk hidup yang juga menyerupai siput ini biasa dikonsumsi dalam kondisi segar atau bisa dikeringkan dalam hidangan, meskipun secara umum kondisi segar jarang dilakukan orang karena mungkin rasa dan aromanya yang tajam.

Gamat dikeringkan dengan cara direhidrasi setelah itu baru ditambahkan ke berbagai resep makanan seperti untuk sup, semur atau oseng-oseng.

Meskipun demikian, teripang bisa juga dimakan dalam kondisu yang masih mentah, atau adakalanya diasinkan terlebih dahulu atau ada yang disajikan dengan digoreng.

Tekstur teripang terasa licin dan rasanya hambar, oleh karena itu biasanya diberi perasa dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti daging, seafood, atau bumbu dari rempah-rempah.

Teripang emas sering dicampurkan dengan olahan hasil pertanian seperti kubis cina, melon dan jamur shiitake .

Di negara Tiongkok teripang juga digunakan dalam beragam jenis pengobatan tradisional. Mereka memiliki kepercayaan bahwa teripang berkhasiat dalam membantu penyembuhan dan digunakan telah digunakan untuk mengobati keluhan semisal: sering buang air kecul (BAK), radang sendi, tumor atau kanker dan impotensi.

Meskipun mengandung zat bioaktif dengan potensi farmakologis yang dijumpai pada beberapa jenis teripang, tapi tidak ada bukti kuat yang mendukung manfaat teripang ini secara umum.

Kandungan senyawa yang terkandung pada teripang antara lain berupa:

  • Asam amino esensial seperti : kolagen dan vitamin (A + B + E )
  • Zat-zat mineral : mangan, nikel, kobalt, kadmium, khromium, ferum, dan seng.

Kandungan penting lainnya yaitu asam lemak (EPA dan DHA) sangat berguna dalam proses penyembuhan luka dan anti pembekuan darah sehingga mengurangi resiko serangan stroke dan penyakit jantung.

Kandungan Gizi

Teripang memang sangat bergizi dan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut nilai gizi yang dihasilkan dari 4 ons (113,398 gram) teripang yane Alaska:

  • Kandungan vitamin B2 (Riboflavin): 81% dari DV
  • Kalsium: 3% dari DV
  • Magnesium: 4% dari DV
  • Vit B3 (Niacin): 22% dari DV
  • Vitamin A: 8% dari Nilai Harian (DV)
  • Mengandung Kalori: 60
  • Kandungan protein: 14 gram
  • Sedangkan lemak ternyata : kurang dari satu gram

Bila dilihat dari data kandungan gizi diatas, teripang ternyata sangat rendah kalori juga rendah lemak (kurang dari 1gram) tapi sangat tinggi protein, sehingga jadi nutrisi yang baik bagi mereka yang melakukan diet.

Teripang juga banyak memiliki kandungan zat kuat termasuk didalamnya ada antioksidan yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tingginya kadar protein pada teripang sangat bervariasi. Kandungan protein pada teripang biasanya berkisar antara 41-63% tergantung dari jenisnya.

Protein yang dimakan membantu perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang relatif lebih lama, sehingga ini akan berdampak pada penurunan selera makan.

Asupan makanan yang berkurang atau lebih sedikit akan membantu kadar gula dalam darah lebih stabil.

Dengan demikian jenis makanan yang kaya akan protein seperti teripang ini, memiliki kemungkinan yang sangat bermanfaat bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes (DM) serta menormalkan gula darahnya.

Diet dengan makanan kaya protein sekaligus bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kepadatan tulang.

Kandungan Senyawa Aktif

Teripang diklaim bukan saja mengandung protein, vitamin, dan mineral namun sekaligus juga memiliki kandungan zat atau senyawa yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan secara umum.

Sebagai contoh: teripang mengandung zat antioksidan fenol dan flavonoid, zat tersebut sudah teruji dalam membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh.

Diet menggunakan teripang membantu penurunan terhadap risiko berbagai jenis penyakit kronis, termasuk diantaranya penyakit jantung dan keadaan neurodegeneratif seperti pada pasien Alzheimer.

Disampaing itu, teripang juga kaya akan senyawa lain yaitu glikosida triterpen, senyawa ini diindikasikan mempunyai sifat antijamur, antikanker serta meningkatkan imunitas.

Juga jangan dilupakan bahwa hewan laut ini sangat tinggi mengandung senyawa kondroitin sulfat, merupakan zat penting dari jaringan ikat manusia. Zat ini secara alami juga terdapat di tulang rawan dan tulang biasa.

Jadi dengan kandungan kondroitin sulfat merupakan sumber makanan yang sangat berguna khususnya bagi pengidap penyakit sendi seperti osteoartritis.

Melihat kandungan senyawanya yang demikian, teripang menjadi salah satu sumber nutrisi, plus berbagai senyawa bermanfaat, termasuk protein, antioksidan, dan vitamin B yang bagus untuk tubuh.

Manfaat Gamat Emas

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama teripang bagi kesehatan, antara lain:

  • Membantu melawan sel kanker

    Sifat antikanker ini didasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan pad tabung reaksi memberikan hasil bahwa diglikosida triterpen yang terdapat pada gamat Vietnam mengandung efek racun yang mematikan pada lima jenis sel kanker, termasuk sel kanker payudara, sel kanker kulit dan prostat.

    Studi kasus lainnya menemukan bahwa zat sejenis triterpen teripang, diklaim mampu mengurangi tingkat sebaran dan perkembangan sel kanker hati manusia.

    Walaupun hasil ini cukup menggembirakan, untuk kepastiannya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut agar bisa mengukur tingkat akurasi dan keamanan pengobatan melawan sel kanker dengan teripang.

  • AntiMikroba

    Ada sejumlah penelitian tabung reaksi yang berhasil menunjukkan bahwa ekstrak teripang hitam ternyata sanggup menghambat perkembangan bakteri sumber berbagai penyakit seperti: bakteri E-coli, S.aureus dan S.typhi.

    Penelitian lain membuktikan teripang bisa melawan Candida albicans, ragi oportunistik yang bisa mengakibatkan infeksi bila levelnya diluar kendalii, utamanya bagi pengidap immunocompromised.

    Pada studi yang dilakukan selama satu pekan pada 17 penduduk dengan pertumbuhan berlebih Candida oral, ditemukan bahwa mereka yang minum jelly dengan ekstrak teripang Jepang mengalami penurunan pertumbuhan Candida, dibandingkan yang tidak makan jelly gamat.

  • Sariawan Mulut

    Hal senada juga diamini oleh verywellhealth, teripang diyakini memiliki sifat antimikroba yang cukup ampuh sehingga dapat mencegah atau mengatasi infeksi umum dengan cara menetralkan bakteri, jamur, dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya.

    Pada sebuah penelitian tahun 2013 yang diterbitkan oleh Marine Drugs menjelaskan bahwa teripang boleh jadi cukup efektif dalam mencegah datangnya sariawan, ini merupakan infeksi umum yang diakibatkan oleh jamur Candida albicans .

    Umumnya sariawan terjadi pada orang dengan imunitas rendah contohnya pada orang tua, orang dengan HIV, dan orang yang sedang menjalani terapi penyinaran kemo.

    Selanjutnya para peneliti melakukan ujicoba pada delapan orang dewasa diberi jelly yang mengandung ekstrak teripang Jepang ( Stichopus japonicus ) dan sembilan orang lainnya diberi jelly plasebo .

    Hasilnya setelah mengonsumsi jeli selama satu pekan, kelompok yang diresepkan S. japonica memiliki lebih sedikit bukti C. albicans pada lidah dibandingkan yang diberi plasebo.

    Namun demikian penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah bahan aktif, yang disebut holotoxins, memang dapat melakukan aktivitas serupa melawan infeksi kulit atau infeksi mulut secara umum.

  • Kesehatan jantung dan hati

    Kesimpulan ini didapatkan setelah melakukan percobaan terhadap hewan, sukses memberikan gambaran bahwa pemberian teripang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan hati.

    Contoh kasus pada tikus dengan tekanan darah tinggi, setelah diberikan makanan ekstrak teripang putih memunculkan level penurunan tekanan darah yang signifikan, bila dibandingkan dengan tikus tanpa diberi ekstrak.

    Uji coba lainnya dengan tikus muda mengindikasikan bahwa diet kaya teripang coklat cukup signifikan dalam mengurangi kadar kolesterol total, lipoprotein densitas rendah, dan trigliserida.

    Penelitian pada tikus dengan riwayat penyakit hepatorenal menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa dosis tunggal ekstrak teripang hitam bisa secara jelas menurunkan stres oksidatif serta kerusakan hati, sekaligus meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

  • Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

    Teripang emas memiliki kandungan zat antikoagulan dan fucosylated chondroitin sulfate (FCS). Zat atau senyawa tersebut memiliki sifat antibeku darah sekaligus untuk memelihara kesehatan pembuluh darah jantung sehingga bisa meminimalkan resiko kerusakkan jantung karena ada efek antiradang.

  • Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

    Seperti sudah diketahui bahwa teripang emas merupakan salah sumber makanan kesehatan dengan kandungan lemak sehat, oleh karena itu teripang diyakini bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol berlebih merupakan salah satu sumber pencetus munculnya berbagai macam penyakit.

  • Mengurangi Sakit Pada Persendian

    Kandungan kondoritin sulfat pada teripang bisa memperbaiki fungsi pelumas sendi, sehingga rasa nyeri yang muncul pada persendian bisa diminimalisir.

  • Memperbaharui Kinerja Ginjal

    Sebagaimana penelitian diatas, terbukti bahwa teripang emas bisa mengendalikan tingkat oksidan yang mungkin mengganggu kerja ginjal. Dengan konsumsi teripang, ginjal akan lebih ringan dalam menjalankan fungsinya.

  • Bagus Untuk Luka Agar Cepat Sembuh

    Dalam tubuh teripang emas ada terdapat senyawa kolagen yang diklaim merupakan salah satu zat pembaharu lapisan kulit. Disamping itu teripang mengandung asam lemak tak jenuh yang juga punya khasiat untuk menumbuhkan jaringan baru pada luka sehingga cepat sembuh.

    Proses recovery pertumbuhan kulit baru bukan hanya pada luka luar saja, tapi juga pada luka dalam, sehingga baik juga diminum bagi mereka yang mengalami luka dalam seperti luka di lambung atau infeksi diusus. Bisa digunakan secara oral. Sedangkan luka luar bisa dioleskan / ditaburkan sebagai salep.

Kesimpulan manfaat : teripang sesuai hasil uji coba tersebut dihasilkan report bisa untuk melawan sel kanker, menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya serta meningkatkan kesehatan jantung.

Namun demikian untuk memastikan kembali kebenaran hasil riset tersebut masih diperlukan penelitian yang lebih banyak pada manusia sebelum membuat kesimpulan tentang kegunaan teripang bagi kesehatan manusia

Efek Samping

Walaupun selama beradab-abad teripang bisa dikonsumsi secara aman di seluruh belahan dunia, namun ada beberapa kekhawatiran yang harus dipastikan terlebih dahulu.

Yang pertama, ada spesies tertentu dari teripang yang memiliki sifat antikoagulan yaitu memiliki fungsi bisa menyebabkan darah encer.

Bagi mereka yang sedang minum obat pengencer darah misal: warfarin, maka sebisa mungkin harus dicegah konsumsi teripang, terutama dalam bentuk suplemen ekstrak karena hal tersebut bisa jadi faktor yang memicu peningkatan pendarahan.

Yang kedua adalah kerana teripang bisa meningkatkan risiko bagi penderita alergi kerang-kerangan. Ya, walaupun tidak terkait secara langsung dengan kerang, mungkin saja teripang bisa terkontaminasi silang di restoran makanan laut atau pada saat pengolahannya.

Adapun beberapa uji coba yang telah dilakukan pada hewan meskipun ada indikasi bisa untuk mengobati tumor / kanker, jantung, dan infeksi karena bakteri, namun penelitian yang dilakukan masih terbatas.

Pengujian pada manusia masih sangat dibutuhkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih pasti mengenai keamanan dan kemanjuran teripang.

Selain itu, permintaan produk olahan teripang terus meningkat sepanjang tahun di seluruh dunia telah mengakibatkan penurunan populasi teripang secara global.

Teripang merupakan salah satu spesies penting yang berperan dalam ekosistem terumbu laut dan sangat terpengaruh oleh metode penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan.

Untuk memastikan populasi teripang tetap terjaga pada tingkat yang sehat dan layak, maka pilihlah jenis yang dipelihara melalui budidaya. Agar hewan ini tetap bisa dikonsumsi hingga anak cucu.

Anjuran Penggunaan

3 x 2 kapsul sehari

Simpan ditempat yang kering dan sejuk pada suhu 28-32 derajat celcius terhindar dari sinar matahari langsung

Referensi :
https://www.healthline.com/nutrition/sea-cucumber
https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-sea-cucumber-89613

Disclaimer

Produk Lain

Setelah melihat produk Gamat Kapsul, konsumen juga biasanya melihat produk dibawah ini:

KelosinRosella HSZaitun SoftgelSienaProcumin Habbatus SaudaHabbatus Sauda SoftgelProcumin PropolisPegagan HSCarnocapMagafit

Testimoni Gamat Kapsul

Untuk lihat semua testimoni Gamat Kapsul silahkan klik disini

Cara Order

Order Gamat Kapsul cukup via WA saja.

Order via WA

Garansi Uang Kembali

Order Gamat Kapsul via WA

GARANSI 100% produk ASLI dan TERKIRIM


Warning Mohon MAAF
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan, tanpa menyertakan link sumber kami https://hnipioneer.com/produk/gamat, baik untuk konten di marketplace maupun website lain.

DMCA.com Protection Status

Share FaceBook

Share Twitter

Share Pinterest

Share Telegram

Share Linkedin