Harumi HNI HPAI

Produk Harumi

Mengatasi berbagai keluhan kaum wanita


Produk herbal kesehatan wanita luar dalam mengandung kunyit, temulawak, daun sirih, daun beluntas dan daun sirih bermanfaat untuk berbagai keluhan wanita

Produk_HNI_76 : Views 111.671
Posted 24-Jan-2020 : Updated 10-Dec-2020
22 min read

PENJELASAN SINGKAT

Harumi
Harga : Rp.70.000

6054_Rating 3/5 :
24 Reviews

Harumi

Agen Rp.55.000 (20 P)
Isi 50 kapsul @500 mg
Izin BPOM TR 113328121
Halal MUI : 00130056471010

Penjelasan label produk sesuai dengan izin edar BPOM / MUI / Dinkes atau izin penerbitan ISBN.

Kegunaan Produk Harumi HNI:

Untuk pengobatan secara tradisional dalam membantu mengurangi bau badan tidak sedap.

KOMPOSISI:

Setiap botol HARUMI berisi 50 kapsul herbal ekstrak @500 mg

Pada tiap kapsul mengandung:

  • Curcuma domestica rhizoma ekstrak : 125mg
  • Curcuma xhantoriza rhizoma ekstrak : 125mg
  • Piperis betlidis folium ekstrak : 125mg
  • Pluchea indica folium ekstrak : 75mg
  • Ocimum canum folium ekstrak : 50mg

Aturan pemakaian Harumi:

  • Dewasa : dosis 3 x 2 kapsul setiap hari
  • Sebaiknya diminum satu jam sebelum makan

Saran penyimpanan botol:

  • Letakkan botol pada area yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung
  • Simpan pada suhu kamar atau ruangan dibawah 30℃

PABRIK :

Harumi diproduksi oleh CV.TOGA NUSANTARA - Bekasi Jawa Barat

Warning Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata dan tidak ditujukan sebagai saran pengganti resep dokter / ahli kesehatan keluarga Anda.

KANDUNGAN / MATERI PRODUK

Bila melihat kandungan atau komposisi herbal yang dimilikinya, Harumi HNI merupakan produk yang kemungkinan besar memang diindikasikan untuk membantu mengurangi berbagai keluhan penyakit wabil khusus pada kaum wanita.

Lalu apa saja keluhannya?

Ayo coba dibuatkan list-nya. Berikut ini adalah beberapa keluhan yang biasanya muncul dan kerap menyerang kaum wanita antara lain sebagai berikut:

  • Bau badan tidak sedap
  • Bau pada organ intim yang berlebihan
  • Keputihan dan terkadang disertai dengan infeksi dan bau
  • Gairah menurun ketika bersama suami
  • Haid tidak lancar atau haid disertai rasa sakit yang tak tertahankan
  • Sulit mendapatkan keturunan
  • Mengidap kista ataupun miom
  • Kanker rahim dan kanker payudara
  • Hamil anggur
  • Rahim turun
  • Serta beberapa keluhan lainnya

Keluhan diatas sering muncul dan menimbulkan efek yang tidak menyenangkan bagi wanita yang mengidapnya.

Oleh karena itu perlu segera dilakukan penanganan dengan lebih serius agar tidak menimbulkan efek turunan lainnya yang kemungkinan akan lebih parah, seperti stress, merasa cemas dan terkadang berujung dengan depresi.

Ayo, mari kita kupas apa saja herbal yang terkandung dalam produk Harumi HNI ini beserta khasiat dan manfaatnya yang terdiri dari tanaman herbal / rempah berupa: kunyit atau kunir, temulawak, daun sirih, daun beluntas dan daun kemangi.

Harumi = Kunyit + Temulawak + Sirih + Beluntas + Kemangi

KUNYIT / KUNIR

Bagian tanaman kunyit yang digunakan sebagai salah satu formula pada produk Harumi adalah pada akarnya (rimpang atau rizhoma).

Pohon Kunyit

Images source: ccrc.farmasi.ugm.ac.id

Kunyit atau di Jawa lebih dikenal dengan nama KUNIR atau Kunyir (di tanah Sunda), memiliki nama latin sebagai Curcuma domestica Val atau Curcuma longa Linn. [1]

Tanaman rempah-rempah yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional ini konon asal muasalnya dari wilayah Asia Tenggara, kemudian menyebar ke Malaysia, Indonesia, Australia bahkan hingga sampai ke Afrika.

Tanaman ini cukup familiar dengan masyarakat Indonesia dan India serta bangsa Asia, mereka pada umumnya telah memakai kunyit untuk pelengkap bumbu masak, dibuat jamu atau untuk dimanfaatkan sebagai penjaga kesehatan dan kecantikan.

Ciri Morfologi Kunyit [2]

Kunyit termasuk tumbuhan herbal yang tergolong pada keluarga Zingiberaceae dengan beberapa ciri antara lain sebagai berikut :

  • Habitus: merupakan jenis tanaman semak dengan tinggi tubuhnya sekitar 70 cm.
  • Batang: bentuk batangnya semu, berdiri tegak membulat, pada pangkal bawah membentuk rimpang serta warna pada batangnya hijau kekuningan.
  • Daun: adapun bentuk daunnya adalah tunggal dengan panjang sekitar 20-40 cm dan lebarnya 8-12,5 cm. Bentuk lanset memanjang, pada setiap batang terdiri dari 3-8 daun yang ujung dan pangkal runcing. Pada tepi daun tampak rata dengan tulang menyirip dan berwarna hijau tapi agak pucat.
  • Bunga: bentuk bunga kunyit majemuk, memiliki rambut dan bersisik, dengan tinggi tangkai panjang antara 16-40 cm. Mahkota bunga memiliki panjang sekira 3 cm dengan lebar kurang lebih 1,5 cm. Warna bunga kunyit adalah kuning, bentuk kelopak nya silindris, pangkal daun pelindung pulih dan ungu.
  • Akar: bentuk akar kunyit termasuk golongan serabut, dengan warna coklat muda (Depkes RI, 2002).

Kandungan Senyawa Aktif Pada Kunyit [2]

Akar rimpang tanaman kunyit diklaim memiliki berbagai senyawa aktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pengobatan antara lain sebagai berikut :

  • Kurkuminoid : sebagai zat pemberi warna kuning pada kunyit, yaitu merupakan senyawa diarilheptanoid 3-4% (Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin serta kandungan bisdesmetoksikurkumin)
  • Memiliki kandungan minyak atsiri sebesar 2 hingga 5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron, kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  • Pada rimpang kunyit juga terkandung zat Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin serta dammar
  • Mineral : kandungan mineral pada kunyit yaitu antara lain magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium serta bismuth (Sudarsono et.al, 1996).

Manfaat Kunyit

Bagian tanaman kunyit yang sering digunakan untuk tujuan pengobatan adalah pada rimpang / akar kunyit. Pada bagian ini memiliki banyak kandungan zat aktif yang membantu proses kesehatan.

Rimpang kunyit telah digunakan sejak lama untuk menangani antikoagulan (mencegah darah menggumpal), antiedemik, membantu menurunkan tekanan darah, sebagai obat untuk penyakit malaria, mengatasi cacing diperut, memperbanyak produksi ASI, sebagai stimulan, mengobati keseleo, memar serta gejala rematik.

Senyawa kurkuminoid yang terkandung pada kunyit bisa digunakan manfaatnya sebagai antihepatotoksik atau berperan sebagai pelindung hati dari racun (Kiso et al., 1983), enthelmintik (membunuh cacing pada usus manusia atau hewan), antiedemik, serta analgesic (penghilang rasa sakit).

Disamping hal tersebut diatas, menurut (Masuda et al., 1993), kurkumin juga bisa mengambil peran sebagai antiinflamasi atau anti peradangan dan antioksidan.

Adapun menurut Supriadi, kandungan kurkumin pada kunyit memiliki khasiat untuk mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung.

Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa digunakan untuk mengurangi kontraksi usus yang kuat dalam pengobatan diare, meredakan batuk serta antikejang.

Kunyit Sebagai Anti Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mengerikan, hal ini biasanya ditandai dengan adanya pertumbuhan jaringan sel yang tidak normal.

Dari data yang ada ditemukan beberapa jenis kanker yang masih memiliki sejumlah kemiripan. Diantara jenis kanker tersebut tampaknya memiliki hubungan yang erat dengan suplemen kurkumin.

Telah banyak penelitian terhadap kurkumin sebagai pengobatan alternatif dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, faktanya memang cukup mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker pada tingkat molekul.

Riset yang telah dilakukan oleh para ahli dalam memantau aktivitas antikanker curcumin pada berbagai jenis kanker baik yang dilakukan secara in vitro maupun in vivo. Curcumin diyakini bisa dikembangkan sebagai obat alternatif antikanker yang cukup potensial.

Hal ini berkaitan dengan aktivitas antikanker curcumin manakala dihubungkan dengan kemampuannya dalam menghambat COX maupun pada jalur signaling sel (Meiyanto, 1999).

Disamping itu, curcumin juga dihubungkan dengan kemampuan sifatnya sebagai salah satu sumber antioksidan kuat, menghambat terjadinya karsinogenesis, penghambatan proliferasi sel, antiestrogen, serta antiangiogenesis yaitu perannya terhadap penghambatan pembuluh darah yang diperlukan sel kanker agar bisa berkembang.

Ringkasan
KUNYIT bersifat sebagai anti-koagulan, anti-hepatotoksik, enthelmintik, anti-edemik, anti-inflamasi, anti-kanker, anti-kejang, analgesic. Mengobati hipertensi, malaria, cacingan, meningkatkan ASI, keseleo, memar, rematik, kembung, diare, batuk

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Wanita

Sebagai salah satu herbal wanita keraton, kunyit menghadirkan fungsi perawatan, perlindungan dan penyembuhan terhadap kesehatan kaum wanita jaman modern. [3]

Kunyit Tumeric

Images source: wildnutrition.com

Berikut ini adalah fungsi dan kegunaan kunyit khususnya terkait dengan masalah wanita:

1. Menormalkan Siklus Haid

Hormon estrogen yang menumpuk bisa mengakibatkan proses atau siklus mens menjadi tidak lancar seperti rentang haid yang panjang lebih dari 36 hari, sakit tak tertahankan, haid yang berat, PMS, berat badan naik dan timbul masalah pada jerawat.

Bila terjadi dalam durasi panjang, hormon yang tidak seimbang ini bisa mempengaruhi hormon lainnya, misal pada tiroid yang berefek pada masalah kesuburan.

Terjadinya surplus hormon estrogen ini sangat dipengaruhi oleh efisiensi hati dalam memecah atau menghilangkan penumpukan. Sifat yang dipunyai kunyit sebagai anti-hepatotoksik (pelindung hati) diyakini bisa membantu kondisi seperti ini.

2. PCOS dan Endometriosis

PCOS (sindrom ovarium polikistik) dan endometriosis merupakan keadaan yang berkaitan dengan imunitas seseorang yang terganggu akibat berkurangnya kemampuan dalam mereduksi inflamasi terhadap zat yang disebut dengan sitokin.

Pada saat sitokin pro-inflamasi kadarnya meningkat, maka akan menimbulkan efek peradangan yang lebih besar pada tubuh.

Efek ikutannya bisa berpengaruh pada keluhan lain seperti haid yang berat dengan rasa sakit, siklus tidak teratur, sulit ovulasi (berkaitan dengan kesuburan), mulai timbul jerawat, tubuh rasa nyeri, lemah tanpa tenaga, perasaan yang buruk (bad mood) , serta penambahan berat badan.

Hasil riset telah memperlihatkan bahwa kandungan biokimia pada kunyit sanggup mengurangi produksi sitokin inflamasi yang berlebihan ini.

3. Kesuburan

Laki-laki sepanjang hidupnya tetap menghasilkan sperma, sementara pada wanita tidak demikian. Kaum wanita diprediksi memiliki sejumlah sel telur hingga sekitar 7 juta sel telur yang belum matang (immature eggs) yang biasa disebut oosit (oocytes).

Menjaga kualitas oosit menjadi sebuah keharusan dengan mengatur pola makan dan gaya hidup sehat serta asupan antioksidan untuk tubuh.

Pada saat sel telur akan ber-ovulasi (melapaskan diri), kondisi oosit yang masih belum matang harus berkembang terlebih dulu agar menjadi matang.

Aktifitas tersebut memerlukan lonjakan kadar hormon, adapun efek samping yang ditimbulkannya adalah produksi molekul yang lebih besar yang disebut dengan ROS (spesies oksigen reaktif).

Sel telur oosit sangat sensitif pada jenis stres oksidatif yang dipicu oleh ROS. Pada kondisi umum, oosit bisa melindungi diri sendiri jika kadar ROS seimbang, tetapi jika berlebihan maka oosit punya potensi akan rusak.

Kerusakan pada oosit bisa mengakibatkan anovulasi, yaitu suatu kondisi saat ovarium tidak mampu melepaskan oosit dalam siklus haid.

Oleh karena itu bagi kaum wanita yang ingin menjaga sel telurnya aman dan matang agar kesuburannya tidak terganggu, sangat penting menjaga asupan nutrisi dan gizi yang mendukung akan hal tersebut, salah satunya dari manfaat kunyit.

Pada pengobatan tradisional ala Timur, kunyit telah dimanfaatkan sebagai ramuan atau bumbu penghangat, sering dimanfaatkan dalam menambah kehangatan dan kelancaran aliran darah ke daerah panggul.

Hasil akhirnya adalah mendukung nutrisi penting bagi tubuh bisa terserap oleh tubuh bagian bawah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rahim.

4. Perimenopause dan Menopause

Perimenopause merupakan saat transisi dimana seorang wanita akan mengakhiri masa haid. Pada periode ini mungkin timbul gejala antara lain seperti siklus haid tidak teratur dan hot flashes (rasa hangat secara tiba-tiba).

Ketika seorang wanita tengah memasuki masa ini sampai pada siklus menopause penuh, akan terjadi perubahan hormonal yang berpotensi meningkatkan gejala peradangan, seperti tubuh terasa kaku atau nyeri seluruh badan.

Meningkatnya level peradangan juga bisa terpengaruh gejala menopause seperti hot flushes. Peradangan yang berkepanjangan ini bisa membebani tubuh, sehingga dibutuhkan nutrisi tambahan supaya skala peradangan menjadi terkendali.

Tahukah Anda bahwa ternyata peradangan bisa membantu proses penuaan dini, terjadi bukan hanya secara estetika tampak dari luar, akan tetapi penuaan di dalam organ dan jaringan internal tubuh.

Oleh karena itulah mengapa kadar stres harus direduksi, dengan makan yang baik dan bernutrisi tinggi, rajin olahraga serta cukup istirahat dan tidur.

Kunyit diyakini bisa membantu meminimalkan efek samping masa transisi tersebut dengan mengurangi rasa kesakitan, nyeri sendi serta memulihkan kesehatan tulang akibat peradangan.

5. Kesehatan Tiroid

Dari data statistik yang ada, keluhan autoimun tiroid seperti tiroiditis Hashimoto lebih sering terjadi pada kaum wanita. Pada banyak kejadian, didapatkan hasil bahwa ternyata bukan tiroid itu sendiri yang menjadi sumber pencetusnya, tetapi lebih pada perubahan system imunitas.

Pada penyakit tiroiditis Hashimoto, sistem kekebalan tubuh justru menyerang kelenjar tiroid itu sendiri. Efek negatif dari salah serangan ini menyebabkan beberapa keluhan semisal kelelahan, berat badan naik, bad mood, haid tidak teratur, keluhan pencernaan, kesuburan yang lamban, dan masalah lainnya.

Seperti sudah diketahui bahwa 70% dari sistem kekebalan manusia bermuara dari usus, kunyit merupakan pilihan terbaik yang bisa berperan selaku antioksidan dalam melindungi tiroid, meningkatkan imunitas serta menyembuhkan pencernaan yang buruk.

Ringkasan
Kunyit memiliki manfaat khusus untuk kewanitaan seperti : menormalkan siklus menstruasi, perimenopause dan menopause, meringaknan PCOS dan Endometriosis, serta meningkatkan kesuburan.

TEMULAWAK

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) atau biasa disebut dengan nama jahe jawa /kunyit jawa merupakan jenis tanaman herba dalam keluarga jahe. [4]

Temulawak

Images source: en.wikipedia.org

Temulawak aslinya berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa, kemudian menyebar ke berbagai wilayah di kawasan bio-geografi Malesia.

Tumbuhan herbal ini sejak dahulu telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit perut, gangguan pada hati, sembelit (sulit buang air), diare berdarah, disentri, demam anak-anak, wasir, serta erupsi kulit.

Hasil penelitian terhadap temulawak menunjukkan bahwa tumbuhan herbal ini memiliki senyawa aktif paling dominan yang sangat bermanfaat bagi manusia yaitu Curcumin dan Xanthorrhizol.

Curcumin mempunyai keunggulan dalam membantu regenerasi sel hati, bersifat antioksidan tinggi, meningkatkan imunitas, serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Sedangkan pada senyawa Xanthorrhizol memiliki peran sebagai agen anti inflamasi, antibakteri alami, antikanker dan antijamur. Xanthorrhizol merupakan zat kuat yang hanya bisa ditemukan pada temulawak.

Pengambilan kedua senyawa Curcumin dan Xanthorrhizol ini diyakini akan melahirkan efek sinergis bagi tubuh, semisal dalam mengatispiasi pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tumbuhan obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan umum antara lain sebagai berikut : [4]

  • Mengatasi gangguan fungsi pencernaan yang buruk
  • Membantu meningkatkan nafsu makan baik untuk anak-anak maupun dewasa
  • Mengobati kanker atau tumor karena salah satu sifat senyawa dari temulawak adalah sebagai agen anti-kanker, menghalangi kerja enzim penyebab munculnya sel-sel tumor
  • Kandungan minyak astiri pada temulawak diyakini bisa meningkatkan daya tahan atau stamina.
  • Astrigent temulawak berperan dalam mencegah sekaligus menyembuhkan jerawat
  • Sebagai obat alternatif dalam memperbaiki fungsi hati yang mengalami gangguan
  • Digunakan sebagai obat untuk penyembuhan hepatitis
  • Meringankan gejala pada penderita asma
  • Meringankan gejala nyeri sendi dan osteoartritis
  • Membantu untuk pengobatan pada penderita sakit ginjal

Manfaat Temulawak Untuk Wanita

Temulawak / kunyit jawa memiliki kandungan minyak atsiri, cinnamic aldehyde serta pati. Memiliki sifat sebagai antiviral / antivirus dan anti-inflamasi, termasuk pengobatan terhadap penyakit hepatitis B dan C.

Temulawak telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai pengobatan seperti sakit perut dan pada penyakit hati.

Akar atau rimpang temulawak menjadi sangat terkenal di kalangan wanita karena ada manfaat khusus bagi mereka.

Para wanita di Asia biasanya mengonsumsi temulawak guna mempercepat proses pemulihan tubuh pasca melahirkan, meningkatkan laktasi, memperbanyak ASI dan meningkatkan kualitas susu, membantu redakan sindrom nyeri, mengobati penyakit pada ovarium, perlengketan, keputihan parah dan infeksi jamur, masalah seputar haid / menstruasi, mengoreksi prolaps uterus (memperkuat otot), prolaps rektum, mastitis, dan fibroid (daging yang tumbuh dalam rahim namun bukan kanker).

DAUN SIRIH

Sirih merupakan tanaman lokal asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pertumbuhan tanaman ini dengan cara merambat dan menempel pada media atau batang pohon lainnya.

Daun Sirih Hijau

Images source: wikimedia.org

Hampir semua bagian tumbuhan merambat ini (seperti akar, batang, daun) bisa dimanfaatkan untuk pengobatan namun yang paling banyak dipakai adalah daunnya. Demikian juga pada produk Harumi HNI, komponen pohon sirih yang dipakai adalah pada daunnya.

Daun sirih memiliki nama panggilan ilmiah piperis betlidis folium, nama pada literatur pencarian online lebih populer dengan sebutan Piper Betle sebagai nama binomial nya, berasal dari keluarga Piperaceae dan Genus Piper, adalah jenis daun sirih hijau.

Abstrak

Berdasarkan riset etnobotani, daun sirih telah dimanfaatkan dalam pengobatan terhadap penyakit atau keluhan deman, luka, infeksi mata, bersifat sebagai antiproliferatif, antimutagenik, antibakterial dan antioksidan. [5]

Daun sirih diyakini mempunyai bioaktivitas yang berperan sebagai anti-mikroba atau agen anti-bakteri yang mematikan dan menghentikan pertumbuhan mikro organisme, anti-oksidan, anti inflamasi (obat peradangan), anti kanker, anti kolesterol, analgesik (penghilang sakit), imunomodulator serta hepatoprotektor (pelindung hati).

Aktivitas biologis daun sirih dipengaruhi oleh kandungan metabolit sekundernya terutama minyak esensial baik secara langsung maupun tidak langsung.

Essential oil daun sirih memiliki aktivitas yang bersifat sebagai stimulan, antiplatelet (pengencer darah), antiinflamasi (penghilang radang), imunomodulator (memperbaiki imunitas), gastroprotektif (ketahanan mukosa lambung), serta antidiabetes.

Daun sirih memiliki potensi yang sangat besar bisa digunakan sebagai salah satu bahan pengawet makanan karena memiliki sifat antimikroba (menghambat pertumbuhan dan membunuh mikroba). Namun untuk meningkatkan cita rasa makanan dan daya tahannya, masih perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang manfaat ini.

Manfaat Daun Sirih [6]

Kandungan berbagai zat aktif pada minyak atsiri daun sirih memiliki kegunaan untuk membunuh kuman-kuman, bersifat antioksidasi dan anti jamur. Sirih juga berkhasiat dalam mengurangi bau badan akibat bakteri atau cendawan.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan secara umum:

  • Batuk : sirih mengadung Vit B dan Vit C serta senyawa alkaloid yang berperan dalam mengatasi radang pencetus timbulnya batuk
  • Sariawan : sifat antioksidan, antiradang, serta antibakteri yang dimiliki daun sirih dipercaya mampu mengobati perlukaan termasuk juga sariawan
  • Sakit gusi (gusi bengkak) atau sakit gigi : khususnya akibat ada lubang pada gigi, sirih membantu mengurangi rasa sakit dan mematikan bakteri dalam mulut
  • Radang tenggorok : karena salah satu sifatnya yang mengobati peradangan, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini
  • Bronchitis : penggunaan daun sirih bisa membantu memperbaiki fungsi saluran nafas penderita bronchitis
  • Asma : sifat antioksidan dan antiinflamasi pada daun sirih kemungkinan bisa membantu mengobati dan mencegah sakit asma kambuhan
  • Membersihkan mata : senyawa antibakterial daun sirih bermanfaat dalam mengobati mata merah dan mata iritasi
  • Demam berdarah : ada kandungan pada daun sirih yakni alkaloid, fenol serta kavikol bisa berguna sebagai obat pestisida nabati dalam mengendalikan nyamuk, termasuk penyebab demam berdarah

Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

Sejak jaman dahulu secara turun temurun daun sirih telah dipercaya sebagai salah satu tumbuhan yang akrab dengan kesehatan alat reproduksi kaum wanita. Hingga kinipun daun sirih masih dipercaya untuk membantu mengatasi berbagai keluhan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat daun sirih, khususnya bagi wanita:

1. Keputihan [7]

Keputihan atau keluar cairan dari area genital wanita oleh para ahli dinilai sesuatu yang wajar dan hampir terjadi pada kebanyakan wanita.

Namun akan menjadi tidak wajar bila intensitasnya berlebihan dengan beberapa gejala ikutannya seperti baunya sangat menyengat, secara kasat mata warnanya tidak lagi keputihan tapi berwarna kehijauan, kuning atau kecoklatan.

Senyawa aktif yang terkandung pada daun sirih dipercaya cukup efektif dalam mengusir bakteri dan jamur. Jangan lupa juga bahwa pada daun sirih memiliki sifat antioksidan serta kemampuannya dalam mencegah inflamasi.

Penggunaan daun sirih untuk keluhan ini adalah sebagai berikut :

  • Oral : Ini cara yang paling sering dilakukan, siapkan 3 lembar daun sirih dan 2 gelas air. Rebus pada api kecil hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin minum segera. Untuk rasa memang agak pahit. Tapi saat ini sudah ada kapsul daun sirih sehingga lebih mudah dikonsumsi.
  • Topikal : yaitu dengan cara membasuh bekas rendamanan daun sirih secara langsung ke area vulva dan belakang (anus).
2. Haid Tidak Teratur

Daun sirih sebagaimana KUNYIT, memiliki sifat sebagai pelindung hati atau hepatoprotektor dan penghilang rasa sakit (analgesik).

Kedua senyawa tersebut kemungkinan memiliki peran cukup potensial dalam mengatasi keluhan yang terjadi pada fase menstruasi wanita, seperti haid tidak teratur, tidak lancar dan disertai rasa sakit.

Konsumsi kunyit bisa mempengaruhi stabiltas hormon estrogen yang cenderung meningkat saat sedang haid.

3. Jerawat

Pada beberapa wanita saat akan datangnya haid merupakan fase yang memberikan perubahan baik fisik maupun psikis akibat keadaan hormon dalam tubuh tidak stabil.

Jerawat adalah salah satu efek yang bisa secara jelas terlihat di permukaan.

Normalnya seorang wanita memiliki siklus haid antara 21 hari sampai 35 hari. Kondisi menjelang haid akan terjadi peningkatan produk hormon estrogen dan progesteron sebagai bentuk persiapan tubuh ber-ovulasi.

Peningkatan kedua jenis hormon ini ternyata juga memicu tingginya produksi sebum pada kulit. Ini memudahkan pori-pori menjadi tersumbat karena berpadunya sebum, kulit mati dan bakteri atau kuman-kuman.

Daun sirih diyakini memiliki kemampuan untuk mengontrol keadaan ini, bukan hanya dari luar sebagai pembersih antiseptik untuk membunuh bakteri, namun juga bermanfaat secara oral dari dalam untuk membantu menstabilkan kadar hormon yang cenderung meningkat.

4. Bau Mulut dan Bau Ketiak

Ini masalah klasik kaum wanita yang sangat mengganggu. Meskipun terlihat sebagai hal kecil, tapi bisa berpengaruh besar secara psikologis.

Bau mulut bisa berasal dari penumpukkan bakteri dalam mulut akibat adanya lubang pada gigi, gusi mengalami pembengkakan atau sebab penyakit tertentu seperti kanker, alergi, diabetes, ginjal, asam lambung dan beberapa penyakit lainnya.

Kandungan minyak atsiri pada daun sirih memiliki bau yang khas beraroma segar dan wangi bisa membantu mengusir bau tak sedap pada lingkungan mulut.

Sekaligus daun sirih bisa mengusir bakteri dalam mulut sebab sifat antibakterinya, meredakan sakit pada gigi (analgesik) juga mengurangi peradangan atau bengkak gusi (anti inflamasi)

Sedangkan untuk bau ketiak, daun sirih bisa diaplikasikan dengan cara diminum (berupa rebusan daun sirih) atau dalam kemasan kapsul yang lebih praktis.

Secara topikal pada kulit ketiak bisa dioleskan tumbukan daun sirih yang akan memberikan efek segar. Kandungan senyawa klavikula dan estradiol yang dimiliki daun sirih dipercaya memiliki efek dalam mengontrol peningkatan produksi hormon dan keringat.

Selain untuk mengusir bau ketiak, daun sirih juga sangat efektif untuk mengatasi bau badan secara keseluruhan. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan bau kurang sedap.

DAUN BELUNTAS

Beluntas atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Pluchea indica L. merupakan tanaman yang berasal dari suku Asteraceae, sejak dulu sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat. [8]

Daun Beluntas

Images source: id.wikipedia.org

Elemen penting tumbuhan beluntas yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional antara lain adalah pada bagian daun, bunga, batang dan akarnya. Produk HARUMI HNI mengandung salah satu komponen daun beluntas.

Pluchea indica L secara empiris dipakai dalam pengobatan inflamasi, antidiuretik, antibakteri, dan analgesik. Adapun kandungan senyawa kimia yang dimiliki beluntas antara lain alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, asam klorogenik, natrium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Berdasarkan hasil riset para ahli yang telah dilakukan terhadap tumbuhan ini, didapatkan tanaman beluntas mempunyai aktivitas farmakologi semisal anti-oksidan, anti-inflamasi dan analgesik.

Pemanfaatan beluntas sebagai obat tradisional biasa digunakan dalam mengatasi keputihan, haid tidak lancar, obat demam, menghilangkan bau badan dan mulut, meningkatkan nafsu makan, mengatasi pencernaan yang buruk pada anak, nyeri rematik, nyeri tulang dan sakit pinggang, sebab kandungan senyawa fitokimia yang terdapat pada daun beluntas (Halim 2015).

Efek Farmakologi Beluntas

Berdasarkan hasil penelitian para pakar, daun beluntas memiliki beberapa aktivitas yang bisa digunakan sebagai solusi untuk pengobatan antara lain : anti-oksidan, anti-kolinesterase, bersifat diuretik, anti-inflamasi dan beberapa peran lainnya, seperti dibawah ini:

1. Anti-oksidan

Minhatun Nafisah dan Tukiran (2017) dalam makalah penelitiannya dengan metode scavenging DPPH, mendapatkan bahwa kandungan ekstrak kloroform pada daun beluntas mempunyai aktifitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 107 ppm.

Catatan : DPPH merupakan kebalikan dari radikal bebas, karena memiliki sifat yang stabil, radikal stabil ini memiliki warna violet, setelah bereaksi dengan antioksidan warnanya akan berubah yang bisa menjadi ukuran kekuatan anti-oksidan zat yang diuji.

2. Anti-kolinesterase

Ekstrak metanol batang dan daun beluntas pada hasil riset mengindikasikan adanya aktivitas antioksidan relatif, diyakini hal ini memiliki hubungan linear antara aktivitas antioksidan dan isi fenolik total. Noridayu et al., (2011)

Dengan melihat kondisi tersebut, maka bisa dikatakan bahwa daun beluntas memiliki aktivitas antikolinesterase sebab semua ekstrak bisa menghambat aktivitas dari enzim AchE.

3. Analgesik

Daun beluntas memiliki potensi farmakologis sebagai salah satu agen analgesik saat diujikan pada berbagai hewan percobaan dengan pemberian asupan 200mg/kg bb. Indikasi ini didapatkan dalam penelitian Sibarani (2013).

4. Diuretik

Hasil riset terhadap efek diuretik yang ditunjukkan oleh daun beluntas tergolong sangat efektif. Pramanik et al., (2007)

Pemberian ekstrak daun beluntas pada tikus / mencit percobaan dengan dosis 100, 200 dan 300 (mg/kg, p.o) hasilnya terjadi peningkatan yang material pada ekskresi Na+, K+ dan Cl-. Urin juga mengalami peningkatan pada pemberian disemua dosis.

5. Anti-inflamasi

Ekstrak daun beluntas ditemukan bisa mempengaruhi agregasi platelet melalui penghambatan tromboksan yang terbentuk mampu menghambat aktivitas PGH-synthase. Sudirman et al., (2017)

6. Anti-bakteri

Ekstrak daun beluntas diyakini punya potensi dalam menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhimurium, pada kosentrasi minimal 5% dan paling efektif pada level konsentrasi 15%. Nurhalimah dkk (2015)

Hasil riset Pargaputri et al., (2016) dan Pargaputri et al., (2016) : ekstrak daun beluntas bisa menghambat pertumbuhan secara nyata bakteri Enterococcus faecalis dan Fusobacterium nucleatum.

Sedangkan peneliti lain yaitu Amilah dan Ajiningrum (2015), memberikan hasil bahwa daun beluntas berpengaruh terhadap pertumbuhan bakteri Mycrobacterium tuberculosis.

7. Diabetes Melitus

Kandungan zat aktif flavonoid pada daun beluntas, diyakini mempunyai peran yang efektif dalam penghambatan aktivitas enzim αglukosidase sehingga dapat menurunkan kadar glukosa darah serta sanggup memperbaiki kondisi sel-sel β-pankreas yang rusak agar mampu memproduksi insulin. Yesiana Dwi Wahyu Werdani dan Paini Sri Widyawati (2017)

Manfaat Daun Beluntas

Kandungan senyawa aktif pada daun beluntas seperti alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor sangat bermanfaat bagi tujuan kesehatan manusia. [9]

Daun beluntas memiliki bau yang sangat khas aromatis sedangkan bila dikecap rasanya getir namun segar. Beberapa manfaat daun beluntas yang dinukil dari wikipedia adalah sebagai berikut :

  • Membantu meningkatkan nafsu makan
  • Memperbaiki dan melancarkan fungsi pencernaan
  • Meluruhkan keringat
  • Menghilangkan bau badan
  • Melenyapkan bau pada rongga mulut
  • Redakan demam
  • Mengobati nyeri tulang
  • Berkhasiat untuk sakit pinggang
  • Mengatasi keputihan

Kegunaan secara oral daun beluntas (Pluchea indica) bisa dalam aplikasi sebagai lalaban atau dengan dikukus. Saat ini konsumsi Pluchea indica menjadi lebih mudah karena sudah ada dalam bentuk kapsul beluntas yang praktis dan ekonomis.

Ringkasan :
Beluntas mengandung senyawa golongan flavonoid, alkaloid, dan fenolik. Memiliki aktivitas farmakologi sebagai anti-oksidan, analgesik, anti-inflamasi, anti-larvasida, anti-bakteri, aktivitas-diuretik, serta mengobati DM

DAUN KEMANGI

Tanaman ini sudah sangat familiar khususnya bagi mereka penyuka lalapan pada menu pecel lele atau nasi timbel. Kemangi sepertinya telah menjadi sebuah komponen wajib sebagai teman sambal selain mentimun, kol, dan daun kubis.

Daun Kemangi

Images source: www.medicalnewstoday.com

Juga bagi mereka yang hobby makan pepes (pepes ayam, pepes ikan, pepes tahu, pepes jamur dll), kemangi jadi sumber penyedap rasa dan aroma pada hidangan tersebut. Tanpa kemangi apa kabar aroma pepes? Pasti kurang sedap.

Daun kemangi memiliki bau harum yang sangat khas, bau ini menurut para ahli karena kandungan senyawa sitral yang dimilikinya. Adapaun rasanya sangat segar mengundang selera.

Kebanyakan orang tahu manfaat daun kemangi sebatas untuk melancarkan darah dan meningkatkan libido saja, tapi ternyata selain itu masih banyak manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Kemangi yang digunakan sebagai salah satu herbal sinergi pada Harumi HNI kemungkian berasal dari spesies ocimum canum. Berasal dari keluraga Lamiaceae dengan genus Ocimum.

Pada genus ocimum sebagai jenis tumbuhan dalam klasifikasi yang memiliki aroma setidaknya ada 35 tanaman. Sedangkan kemangi sendiri merupakan hibrida antarspesies dari dua tanaman selasih yaitu Ocimum basilicum dan O. americanum. [10]

Nama Lain Kemangi

Secara literatur daun kemangi dalam kandungan HARUMI HNI ini (Ocimum canum) memiliki beberapa nama sinonim heterotipik antara lain : Ocimum africanum, Ocimum americanum var. pilosum (Willd.) A.J.Paton, Ocimum americanum × Ocimum basilicum, Ocimum basilicum var. pilosum (Willd.) Benth, Ocimum basilicum × Ocimum americanum, Ocimum basilicum, Ocimum citriodorum, dan Ocimum × citriodorum Vis. [11]

Namun demikian nama yang dikenal secara umum adalah dengan sebutan LEMON BASIL. [10]

Kandungan Nutrisi

Berikut dibawah ini adalah tabel nilai gizi pada satu sendok makan daun kemangi segar (berat sekitar 2.6 gram) : [12]

Kalsium (mg)4.6
Vitamin A (mcg, RAE)6.9
Beta karoten (mcg)81.7
Beta cryptoxanthin (mcg)1.2
Lutein dan zeaxanthin (mcg)147.0
Vitamin K (mcg)10.8

Selain diatas, daun kemangi juga diyakini memiliki kandungan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B, Vit C, protein, karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan folat, serta berbagai senyawa lainnya yang bersifat sebagai antioksidan.

Manfaat Daun Kemangi [12]

Dengan kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang dimilikinya, kemangi memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun kemangi yang di nukil dari laman Medicalnewstoday sebagai berikut :

1. Mengatasi Stres

Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam menghalau radikal bebas yang menyerang tubuh, baik yang berasal dari dalam maupun luar.

Apa itu radikal bebas?

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dihasilkan dalam proses metabolisme tubuh (dari dalam) atau bisa berasal dari kebiasaan hidup tidak sehat seperti rokok dan makanan yang mengandung 5P (pengawet, penyedap, pengenyal, pewarna, pemanis sintetis).

Hadirnya senyawa antioksidan memiliki peran dalam membantu menghilangkan atau mengurai molekul radikal bebas dari tubuh.

Bagaimana bila radikal bebas menumpuk dalam tubuh?

Kemungkinan besar akan menimbulkan masalah serius dalam tubuh, seperti stres oksidatif yang bisa berakibat pada kerusakan sel dan timbulnya penyakit.

Para ahli telah menemukan bahwa stres oksidatif ini memiliki kaitan erat dengan munculnya penyakit seperti kanker, penyakit jantung , rheumatoid arthritis , diabetes, serta masalah kesehatan lainnya.

Meskipun tubuh bisa memproduksi antioksidan sendiri, namun tetap butuh asupan lain dari makanan, salah satu sumber yang bisa digunakan adalah daun kemangi karena mengandung antioksidan yaitu antosianin dan beta karoten .

2. Menghambat Penuaan Dini

Efek dari kandungan antioksidan daun kemangi (antosianin dan beta karoten) adalah kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Akibat buruk dari menumpuknya radikal bebas adalah terjadinya proses penuaan dini baik secara fisik maupun pada organ. Dengan konsumsi daun kemangi, diklaim memiliki potensi dalam menghambat terjadinya proses penuaan dini.

Menurut riset yang dipublikasikan sekitar pada tahun 2011, jenis daun selasih ini mempunyai manfaat yang bisa membantu melindungi kulit dari beberapa efek penuaan.

Pada riset tersebut, para peneliti mengaplikasikan ekstrak basil ke kulit percobaan laboratorium. Hasil yang didapat mengindikasikan bahwa pemberian topikal ekstrak basil dalam krim kulit bisa meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan.

Walaupun cara topikal ekstrak kemangi ini pada dosis tertentu kemungkinan memiliki manfaat yang baik bagi kulit, namun para ahli berkesimpulan (kemungkinan) efek yang sama tidak akan terjadi bila daun kemangi diberikan secara oral.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Stres mental pada seseorang memiliki hubungan yang sangat erat dengan peningkatan produksi radikal bebas dalam tubuh.

Dalam ulasan pengobatan Ayurveda yang dirilis tahun 2014, tanaman ini memiliki manfaat dalam mendukung kondisi antara lain :

  • Membantu redakan stres, cemas dan depresi
  • Meningkatkan kemampuan koognitif
  • Mencegah hilangnya memori terkait usia
  • Memperbaiki kualitas tidur

Pada beberapa penelitian yang dilakukan, dilaporkan efek penggunaanya diyakini sepadan dengan obat diazepam dan antidepresan. Namun demikian untuk memkonfirmasi teori ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Mengurangi Radang dan Bengkak

Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh stres oksidatif antara lain bisa menimbulkan radang yang menjadi pemicu awal pada penyakit kanker, diabetes tipe 2, serta artritis reumatoid.

Pada tahun 2017, para peneliti melakukan riset terhadap sifat anti-inflamasi dari dua olahan minyak esensial selasih. Hasilnya menurut mereka, bisa membantu mengobati beberapa penyakit yang melibatkan peradangan yang dicetus oleh stres oksidatif.

Namun belum jelas informasi terkait hasil ini, apakah makan kemangi bisa memiliki efek yang sama dalam mengurangi radang.

5. Mengatasi Infeksi

Banyak praktisi pengobatan tradisional telah lama memanfaatkan kemangi sebagai agen antimikroba. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian akan manfaat tersebut.

Uji lab di tahun 2013, peneliti melakukan test oles minyak selasih pada berbagai strain Escherichia coli atau E. coli .

Sampel bakteri tersebut diambil dari pengidap infeksi saluran pernapasan, perut, kencing, atau kulit, juga contoh pada peralatan rumah sakit.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa minyak selasih cukup aktif dalam melawan bakteri. Kesimpulan para peneliti, olahan tertentu dari minyak kemangi bisa membantu mencegah beberapa jenis infeksi sekaligus mengobatinya.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Pada daun kemangi terkandung beta-karoten dan magnesium yang diduga cukup efektif dalam memelihara kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin diyakini bisa memelihara jantung tetap sehat. Tentunya juga harus ditunjang dengan aktifitas olahraga dan pola makan sehat.

Ada sebuah jurnal kesehatan di tahun 2011, mengatakan bahwa ekstrak selasih bisa mengurangi darah tinggi dalam waktu singkat. Ini diperkirakan adanay senyawa eugenol yag terkandung pada ekstrak tersebut.

Eugenol kemungkinan berperan aktif memblokir saluran kalsium dalam tubuh, sehingga efeknya menurunkan tekanan darah tinggi, namun sayangnya dua menit setelahnya tekanan darah kembali ke level tinggi.

Sedangkan pada riset lainnya dengan melibatkan 24 relawan sehat diberikan asupan plasebo atau kapsul dengan dosis 300 miligram ekstrak daun tulsi kering sekali dalam satu hari.

Hasilnya dicek setelah empat pekan rutin mengonsumsi ekstrak ini, didapatkan kadar kolesterol dan trigliserida relawan menjadi lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Kesimpulan dari para penulis menyakini bahwa pemberian dosis ekstrak tersebut bisa membantu mengurangi beberapa faktor risiko pencetus munculnya penyakit kardiovaskular.

7. Potensial Untuk Melawan Kanker

Manfaat lainnya dari daun kemangi menurut medicalnewstoday adalah kemampuannya yang dalam mencegah kanker sesuai ulasan yang diterbitkan pada tahun 2013.

Kemampuan atau potensi anti kanker pada daun kemangi disinyalir karena kandungan fitokimianya yang menurut para penulis tersebut bisa dipakai untuk pencegahan terhadap beberapa jenis kanker semisal kanker paru-paru, kanker mulut, kanker hati dan kanker kulit.

Proses kerja enzim fitokimia ini diyakini dengan meningkatkan aktivitas antioksidan, memanipulasi ekspresi gen, pemicu kematian sel, serta dengan memperlambat proses pembelahan sel kanker.

Meskipun hasil uji ini cukup positif, riset ini masih bersifat praklinis atau dilakukan uji coba dengan media hewan, sehingga untuk memastikan akurasi efek yang sama pada manusia masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Efek Samping Kemangi

Sejauh ini belum ditemukan ada informasi yang terpercaya mengenai efek buruk penggunaan kemangi pada manusia.

Hanya saja bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dari dokter, sebaiknya menghindari kemangi karena dikhawatirkan memiliki dampak yang bertentangan.

Sebabnya adalah kandungan vitamin K pada kemangi mungkin bisa berinteraksi dengan obat pengencer darah.

Selain hal tersebut, kemangi mungkin bisa jadi salah satu sumber pencetus bagi pengidap alergi yang sensitif. Ada beberapa orang yang bila makan kemangi atau bersentuhan secara fisik dengan daun kemangi akan bereaksi berlebihan, oleh karena itu sebaiknya hindari kemangi.

WarningFair Use Disclaimer :
Untuk menghindari kesalahan kutip atau terjemah, validitas dan kebenaran artikel tetap merujuk pada sumber referensi dibawah ini:

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit
KUNYIT : 30-11-2020 ; 10:14 wib

[2] https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=345
Kunyit (Curcuma longa Linn.) : 30-11-2020 ; 10:44 wib

[3] https://www.wildnutrition.com/blogs/our-blog/nurturing-female-health-with-turmeric
Nurturing female health with turmeric : 01-12-2020 ; 08:44 wib

[4] https://www.healthbenefitstimes.com/javanese-turmeric
Health benefits of Javanese Turmeric : 01-12-2020 ; 22:14 wib

[5] https://cjp.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/cjp/article/view/58
Manfaat dan Bioaktivitas Piper Betle L. : 02-12-2020 ; 20:14 wib

[6] https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih
Sirih : diakses pada tanggal 04-12-2020 ; 08:14 wib

[7] https://www.sehatq.com/artikel/populernya-penggunaan-daun-sirih-untuk-keputihan-namun-benarkah-steril
Populernya Penggunaan Daun Sirih untuk Keputihan, Namun Benarkah Steril? : diakses pada tanggal 04-12-2020 ; 08:40 wib

[8] http://jurnal.unpad.ac.id/farmaka/article/download/17554/pdf
REVIEW: PROFIL FITOKIMIA DAN AKTIVITAS FARMAKOLOGI BALUNTAS (Pluchea indica L.) : diakses pada tanggal 04-12-2020 ; 10:54 wib

[9] https://id.wikipedia.org/wiki/Beluntas
Beluntas : tanggal 04-12-2020 ; 14:28 wib

[10] https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi
Kemangi : diakses tanggal 06-12-2020 ; 08:28 wib

[11] https://www.ncbi.nlm.nih.gov/Taxonomy/Browser/wwwtax.cgi?mode=Info&id=204098
Ocimum x africanum : diakses tanggal 08-12-2020 ; 16:01 wib

[12] https://www.medicalnewstoday.com/articles/266425
Health benefits of basil : diakses tanggal 10-12-2020 ; 07:40 wib

Disclaimer

Produk Lain

Setelah melihat produk Harumi, konsumen juga biasanya melihat produk dibawah ini:

Kelosin Rosella HS Zaitun Softgel Siena Procumin Habbatus Sauda Habbatus Sauda Softgel Procumin Propolis Pegagan HS Carnocap Magafit Ginextrac Diabextrac

Tertarik membeli produk Harumi HNI ini?

Sekarang order produk HNI jadi lebih mudah. Cukup isi kolom dibawah (nama dan alamat) langsung melalui WA Anda. Simple tanpa ribet.

Cara Order

Order Harumi cukup via WA saja.

Order via WA

Garansi Uang Kembali

Order Harumi via WA

GARANSI 100% produk ASLI dan TERKIRIM


Reviews / Testimoni Pengguna

Sembilan reviews pilihan dari 24 reviews produk Harumi. Cek detil review atau testimoni silahkan klik pada judul reviewnya.

Derita Nyeri Haid Selama 3 Tahun Hilang Sebab Harumi

by Dina Anwar - Cipayung Depok
2318 Views

Bila Terapi Kanker Tidak Ada Kemajuan, Mungkin Sebab Ini

by Dr. Wiwid Wardiyah
6432 Views

Obati Kista Selama 6 Hari, Keluar Gumpalan Berpasir

by Arifin Lubis
5549 Views

Idap PCOS dan Ingin Punya Anak, Ikhtiarkan Dengan Ini

by Sri Widarti
8801 Views

Miom dioperasi Mucul Lagi, Tuntas Pakai Terapi Herbal

by Arifin Lubis
5056 Views

Hampir 1 Tahun Tidak Haid Dapat Resep Tokcer Dari USB

by Anna Banjarmasin
3189 Views

Usaha Obati Kista 6cm Sebelum Hari Pernikahan, Hasilnya

by JARMIASIH
5997 Views

Sembuh Dari Kanker Payudara Stadium 4 Tanpa Operasi

by Ummu Nadia
3129 Views

Minum Herbal Untuk Keputihan, Hari ke-2 Ada Keajaiban

by Iffah Agenstoke hpai
2288 Views

Testimoni lengkap produk Harumi HNI bisa cek pada link berikut ini...

Warning Copyright Disclaimer:
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan, baik untuk konten di marketplace maupun website lain, tanpa menyertakan link sumber kami berikut ini : https://hnipioneer.com/produk/harumi

DMCA.com Protection Status

Share FaceBook

Share Twitter

Share Pinterest

Share Telegram

Share Linkedin