All News / Ini Ketentuan Dan Tatacaranya

Pembayaran Bonus HNI

Ini Ketentuan Dan Tatacaranya

Sudah punya bonus dari HNI dan ingin tahu kapan bonus tersebut bisa dinikmati? Cekidot. Berikut ini adalah ketentuan dan tata cara transfer BONUS bulanan yang dibayarkan kepada Agen baik melalui pemindahbukuan maupun transfer via bank. Berlaku hingga saat ini.

Tatacara Pembayaran Bonus HNI Setiap Bulan

#Article_81
Views: 38.325
Posted 24-Jan-2020 : Updated 03-Apr-2021
6 min read

Untuk saat ini cara pembayaran bonus agen HNI bisa dilakukan dengan beberapa pilihan:

  • Transfer bank : ini bagi agen yang sudah memiliki rek bank atas nama sendiri atau atas nama orang lain yang diwakilkan secara tertulis
  • HNI cash : agen yang belum atau tidak memiliki rekening bank, bonus ditransfer ke HNI cash yang bersangkutan
  • eWallet : hanya bagi agen HNI yang sudah menjadi LED (Loyal Executive Director) atau Kantor Cabang (BC)

Cara pembayaran bonus ini bisa dirubah dengan mudah melalui AVO masing-masing sesuai kebutuhan agen. Misal agen yang bonusnya dibayarkan ke HNI cash, bisa melakukan perubahan data nomor rekening pada profile di AVO. Dengan demikian bonusnya akan masuk ke rekening tersebut.


Lembaga perbankan yang direkomendasikan oleh HNI adalah bank dengan system syariah, seperti Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan leburan dari tiga bank syariah yang ada sebelumnya yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah. Atau bisa juga menggunakan bank syariah lainnya diluar bank himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Meskipun demikian bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki rekening dari salah satu bank konvensional tanah air, rekening bank daerah atau bahkan rekening di BPR, rekening tersebut masih bisa digunakan untuk mendaftar di HNI. Artinya bonus tetap bisa dibayarkan melalui bank-bank konvensional tersebut.

Salah satu keuntungan bila Anda menggunakan bank syariah adalah tanggal pembayaran bonus akan lebih cepat masuk, dibandingkan dengan bank non-syariah.

Tanggal Statement Bonus

Prestasi raihan Total Poin Group (TPG) seorang agen dihitung dalam periode satu bulan dan ditutup setiap tanggal akhir bulan pukul 24.00 WIB. Raihan TPG tersebut menjadi dasar dari kenaikan level atau pangkat agen yang berimbas secara langsung pada raihan bonus yang akan dibayarkan awal bulan berikutnya.

Perhitungan bonus mengacu pada skema Success Plan HNI Terbaru dimulai tanggal 1 bulan selanjutnya. Misal TPG yang berhasil diraih oleh agen periode bulan Maret 2021 (dari tanggal 1 hingga 31 Maret), akan mulai dikalkulasikan perhitungan bonusnya tanggal 1 bulan April 2021.

Berdasarkan pengalaman selama ini, rekalkulasi atau hitung bonus tersebut tidak lebih dari 5 hari. Dengan demikian besaran bonus agen bisa segera diketahui sebelum tanggal 5, bahkan biasanya antara tanggal 3 atau tanggal 4 statement bonus atas TPG bulan lalu sudah keluar hilalnya di AVO.

Tanggal Pembayaran Bonus HNI

Berdasarkan SOP perusahaan, dinyatakan bahwa pembayaran bonus kepada Agen akan dilakukan tanggal 10 setiap bulannya. Meskipun demikian, pada realitanya bonus sudah masuk ke rekening agen sebelum tanggal deadline tersebut.

Alhamdulillah, HNI emang keren, meskipun jumlah agen sudah lebih dari 4juta orang, bisa melakukan rekalkulasi perhitungan bonus dengan sangat cepat.

Ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Selamat untuk HNI sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada team IT HNI yang sudah secara istiqomah sukses melakukan proses ini melebihi standar SOP seharusnya.

Berikut ini adalah estimasi tanggal pembayaran bonus HNI kepada agen: [1]

  1. Transfer ke eWallet atau HNI Cash : sebelum tanggal 5
  2. Transfer ke bank syariah : sebelum tanggal 7
  3. Transfer ke bank non syariah, BPR atau BPD : sebelum tanggal 10

Disclaimer :
[1] Harap diperhatikan bahwa estimasti tenggat waktu diatas adalah berdasarkan pengalaman yang terjadi selama ini. Boleh jadi bisa mengalami perubahan karena kondisi tertentu.

Cara Cek Bonus di AVO

Dibawah ini adalah cara untuk mengetahui bonus melalui AVO masing-masing:

  1. Akses web HNI pusat pada link ini: https://hni.net
  2. Silahkan masukkan no ID Anda beserta passwordnya
  3. Khusus bagi member HNIPioneer, akses AVO bisa juga langsung dari : Member Area area masing-masing, tinggal klik tanpa perlu menginputkan no ID dan password lagi
  4. Dari beranda AVO pilih menu Statement Bonus
  5. Pilih bulan yang ingin dilihat bonusnya
  6. Lanjut dengan klik tombol LANJUTKAN
  7. Maka data bonus akan muncul dengan segera

Batas Minimal Transfer Bonus HNI

Menukil informasi dari CRM HNI, dibawah ini adalah batas minimal transfer bonus HNI sesuai dengan bank :

  1. SYARIAH MANDIRI, MUAMALAT, MANDIRI, BRI Syariah = Rp.10.000.
  2. BCA = Rp.11.000
  3. BRI, BNI, BNI Syariah = Rp.15.000
  4. Selain bank yang disebut diatas = RP.50.000

Artinya apa?

Sebagai contoh Anda memiliki rekening BSM, maka bila bonus sudah melebihi minimal 10.000, maka secara otomatis bonus tersebut akan ditransfer ke rekening. Tapi bila kurang, bonus akan ditampung sementara di eWallet. [2]

Bonus yang ditampung atau ditangguhkan tanggal transfernya ini akan tetap mengendap dan bisa dicek pada AVO agen yang bersangkutan, tidak akan hangus atau hilang. Dijamin 100%.

Bonus Tidak Cair?

Kasus ini sangat jarang terjadi. Alhamdulillah dengan teknologi yang dimiliki, HNI sudah bisa melayani pembayaran bonus agen dalam tempo yang relatif singkat dan akurat.

Namun demikian apabila Anda merasa bahwa bonus belum di transfer, silahkan croscek dengan hal-hal dibawah ini:

  • Pastikan nama dan nomor rekening benar dan valid
  • Lihat data mutasi direkening bank Anda, mungkin ada transfer bonus yang luput dari penglihatan
  • Cek nominal bonus, pastikan melebihi batas minimal transfer

Jika poin-poin diatas sudah yakin benar, Anda bisa mengajukan klaim ke CRM melalui email crm@hpaindonesia.net atau Telegram : hnihpaibot.

Kasus Bonus Tidak Cair

Bonus HNI tidak cair? Rasanya itu sangat tidak mungkin.

Karena untuk masalah hak agen, HNI sangat konsen sekali. Ini yang saya bangga dengan HNI. Bila ada bonus, reward atau hadiah apapun yang sudah menjadi ketetapan diberikan kepada agen, HNI paling sigap. Tanpa pake lama dan tanpa bertele-tele. Langsung wuzzz dikirim ke agen yang berhak menerimanya.

Tapi dalam kasus bonus tidak masuk ke rekening agen, berdasarkan pengalaman saya selama ini ditemukan kesamaan motif bahwa bonus yang diraih oleh agen kurang dari batas minimal transfer.

Untuk mempermudah pemahaman Anda terhadap perkara ini saya ilustrasikan sebagai berikut:

  • Agen A : memiliki rek BSM
  • Batas min transfer BSM : 10.000
  • Bonus bulan Oktober: 9.000
  • Bonus bulan Nopember : 7.500
  • Bonus bulan Desember : 50.000

Pada awal bulan berikutnya yaitu Januari, saat dilakukan pembayaran bonus ke seluruh agen, maka bonus Agen A hanya akan menerima di rekening banknya sebesar 50.000 (bonus bulan Desember) saja.

Lalu bonus bulan sebelumnya kemana?

Tenang ya. Karena bonus bulan Oktober dan Nopember kurang dari batas minimal transfer, maka bonus tersebut tidak ditransfer tapi tetap mengendap di eWallet [2]. Bonus dua bulan tersebut tidak akan hilang 1 rupiah pun, tetap utuh dan bisa dibayarkan.

Hanya saja karena bonus bulan Oktober dan Nopember angkanya dibawah minimal, maka cara pencairannya bisa dibantu dengan mengajukan permohonan secara tertulis ke CRM, tidak bisa dilakukan secara otomatis.

Catatan:
[2] eWallet tampungan ini beda dengan yang dimiliki oleh LED/BC karena berupa saldo mengendap saja, tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Bingung cara buat surat pengajuannya? Silahkan copas contohnya dibawah ini.

Contoh Permohonan Pencairan Bonus HNI

Kepada Yth : Managemen PT.HPAI
UP : Bagian Layanan Bonus

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya salah satu agen HNI dengan data sebagai berikut :

  • Nama : ?
  • Nomor ID : ?
  • Pangkat : ?

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pencairan Bonus HNI yang sudah terkumpul dengan data sebagai berikut :

  • Bonus Bulan Oktober 2020: Rp. ???
  • Bonus Bulan Nopember 2020 : Rp. ???

Total bonus Rp. ???

Mohon Bonus tersebut bisa ditransfer ke nomor rekening saya sbb :

  • Nama Bank : ?
  • Atas Nama : ?
  • Nomor Rekening : ?

Demikian permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

TTD
Nama? Nomor ID?

Mau copy contoh surat pengajuan permohonan ini? silahkan klik link COPY INI


Silahkan ajukan permohonan seperti contoh diatas, kirim via email atau telegram. CRM akan segera merespon permohonan tersebut dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Untuk nomimal tertentu mungkin Anda diharuskan menyertakan materai 6000 dalam surat pernyataan.

Saran saya, cek semua bonus di AVO, telusuri bulan-bulan apa saja yang bonusnya dibawah ambang batas. Lalu sertakan pula dalam surat permohonan agar bisa dicairkan sekaligus.

Gampangkan?

Article #81
Posted :
Views: 38.325

Mau jadi agen HNI HPAI?

Ayo, segera daftar disini, cuma 10rb saja...

Join HNI HPAI

Artikel Terkait:

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Warning Copyright Disclaimer:
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan tanpa menyertakan link sumber kami berikut ini : https://hnipioneer.com/page/news/penetapan-dan-transfer-bonus/

DMCA.com Protection Status

Home
Product
Testimoni HNI
Resep HNI
News HNI
Halal Mart HNI
Cek Ongkir JNE