Home Join Login ☰ MENU

Asam Urat

Resep / 8 / Obat Herbal Asam Urat

Asam urat atau GOUT merupakan jenis peradangan yang menyerang persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri hebat, bengkak memerah, panas serta kaku sendi. Gout biasanya menyerang pada sendi dijempol kaki.

Obat Herbal Asam Urat

Resep HNI Asam UratImage source

Herbal HPAI yang digunakan untuk membantu mengatasi Asam Urat ini bersumber dari Resep Herba HNI-HPAI Mobile (Google Play Store):

Astigmatisme, mungkin itu penyebab Anda sering sakit kepala.

Produk HNI HPAI untuk Asam Urat

Berikut ini adalah produk herbal HNI yang digunakan dalam membantu proses pengobatan:

  1. LAURIK
  2. PEGAGAN HS
  3. DEEP SQUA
  4. MINYAK ZAITUN
  5. MINYAK HERBA SINERGI

ASAM URAT

Asam urat paling umum terjadi pada pria, sedangkan pada wanita biasanya rentan terhadap serangan ini setelah melewati masa menopause.

Asam urat dipicu oleh peningkatan kadar purin dalam darah yang berlangsung secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Endapan ini biasanya dipengaruhi oleh pola makan yang salah, kondisi kesehatan lain maupun karena faktor genetik.

Dalam kadar yang tinggi, asam urat bisa mengkristal dan menumpuk pada persendian, tendon serta jaringan sekitar, menyebabkan serangan asam urat.

Serangan ini bisa muncul secara tiba-riba dan berulang seiring waktu, pelan namun pasti endapan asam urat ini merusak jaringan sekitar dengan efek yang menyakitkan, terkadang penderitanya mengalami kesulitan tidur dimalam hari.

Asam urat atau gout lebih sering menyerang orang dengan pola makan kurang sehat seperti konsumsi alkohol, minuman manis dari gula, atau mereka yang biasa konsumsi makanan berkadar purin tinggi seperti hati, kerang-kerangan, teri, atau mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Pengobatan asam urat bisa dilakukan dengan penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), steroid , atau kolkisin untuk menurunkan gejala.

Setelah serangan akut reda, pola perawatan dalam menurunkan kadar asam urat bisa dilakukan dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat guna pencegahan jangka panjang.

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat bisa ditandai dengan beberapa indikasi, walaupun yang paling sering adalah terjadinya serangan nyeri berulang yang menimbulkan radang akut dengan ciri sendi memerah dengan rasa panas, kulit bengkak dan lunak. [1]

Lokasi peradangan sering menyerang di dasar jempol kaki. Sendi lainnya yang mungkin juga terserang adalah pada sendi tumit, lutut, pergelangan tangan dan jari-jari. Awal nyeri sendi biasanya muncul pada malam hari dan mencapai klimaknya 24 jam pasca onset.

Gejala lain mungkin muncul bersama datangnya serangan ini seperti demam tinggi dan kelelahan meskipun jarang dijumpai.

Endapan kadar asam urat yang menumpuk dalam waktu yang relatif lama atau hiperurisemia bisa menimbulkan akibat lain, termasuk pula endapan kristal asam urat yang keras namun tidak disertai rasa sakit yang lebih dikenal dengan sebutan Tophi.

Kondisi Tophi yang ekstensif bisa memicu munculnya penyakit artritis kronis karena tulang tererosi oleh endapan asam urat. Penumpukkan asam urat sangat mungkin bisa menimbulkan endapan kristal pada ginjal yang mengakibatkan pembetukan batu (nefropati urat).

Penyebab Asam Urat

Dikatakan terserang penyakit asam urat pada awalnya karena adanya kelebihan endapan asam urat dalam darah, atau sering disebut juga dengan istilah hiperurisemia.

Asam urat sendiri secara alamiah diproduksi di dalam tubuh selama berlangsungnya proses pemecahan purin, yaitu senyawa kimia yang dijumpai sangat tinggi pada makanan tertentu seperti daging, unggas, serta pada makanan hasil laut.

Dalam kondisi normal, umumnya asam urat akan terlarut dalam darah dan dikeluarkan dari tubuh melalui pembuangan urin lewat ginjal.

Masalah akan muncul apabila produksi asam urat dalam tubuh terlalu berlebih namun pada saat yang sama proses pengeluaran terganggu sehingga menumpuk dalam tubuh.

Endapan purin ini akan membentuk kristal yang bila dilihat dengan pembesar bentuknya seperti jarum, sehingga hal ini menimbulkan rasa nyeri dan peradangan pada sendi dan jaringan sekitar.

Menurut wikipedia [1] secara garis besar penumpukkan asam urat dalam darah disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, faktor genetik, kondisi kesehatan serta efek samping dari obat-obatan.

1. Pola Makan

Pola makan yang salah telah menjadi gaya hidup seseorang memberi sumbangan sekitar 12% terhadap serangan asam urat.

Kebiasaan konsumsi minuman beralkohol memiliki kaitan yang sangat erat dengan serangan gout ini, termasuk dengan berbagai jenis minuman yang sengaja diberi pemanis gula, daging serta makanan hasil laut.

Ada beberapa makanan yang sangat tinggi kandungan purin yang seharusnya dihindari seperti teri kering , udang, jeroan , jamur kering, rumput laut , dan minuman atau makanan fermentasi (beragi). Daging ayam dengan santan dan kentang juga tampaknya juga diyakini terkait dengan penumpukkan asam urat. Sedangkan pencetus lainnya bisa karena trauma fisik dan efek pembedahan.

Riset yang telah dilakukan pada awal tahun 2000-an mengindikasikan bahwa jenis makanan lain kurang signifikan terhadap peningkatan asam urat.

Secara khusus, pola diet dengan menghindari sayuran yang mengandung purin sedang seperti kacang-kacangan, kacang polong, lentil dan bayam ternyata tidak terkait dengan asam urat. Demikian juga dengan total protein makanan yang dikonsumsi.

Konsumsi alkohol merupakan faktor pencetus utama pada peningkatan asam urat, namun pada buah anggur kadar risikonya lebih kecil bila dibandingkan setelah jadi minuman beralkohol.

Fisik yang bugar, berat badan ideal, minum produk susu rendah lemak, kopi dan konsumsi vitamin C pada tingkat yang lebih rendah, diyakini punya potensi dalam menurunkan risiko asam urat. Akan tetapi suplemen vitamin C tidak memberikan efek signifikan pada perbaikan pengidap gout.

2. Genetika

Asam urat akibat genetik (faktor keturunan) memberi sumbangan kontribusi sekitar 60% dari variabel kadar asam urat. Pada gen yang berkaitan dengan kadar asam urat seperti SLC2A9, SLC22A12, dan ABCG2 variasi di dalamnya bisa melipatgandakan risiko.

Mutasi hilangnya fungsi di SLC2A9 dan SLC22A12 mengakibatkan menurunnya absorpsi asam urat serta kemampuan sekresi asam urat yang tidak tertahan.

Adanya kelainan genetik yang cukup langka seperti familial juvenile hyperuricemic nephropathy , penyakit ginjal kistik meduler, fosforibosilpifosfat sintetase superaktif dan defisiensi fosforibosiltransferase hipoksantin-guanin seperti yang terlihat pada sindrom Lesch-Nyhan, menjadi lebih rumit dengan asam urat.

3. Kondisi medis

Penyakit asam urat sering muncul berkaitan dengan masalah kesehatan lainnya. Hampir 75% dari kasus asam urat bersamaan dengan sindrom metabolik, obesitas abdominal, hipertensi, resistensi insulin, serta kadar lipid yang tidak wajat.

Kondisi kesehatan lain yang biasanya semakin rumit dengan serangan asam urat adalah seperti pada keracunan timbal, gagal ginjal, anemia hemolitik, psoriasis, transplantasi organ tubuh, serta pada kelainan myeloproliferative seperti polycythemia.

Indeks massa tubuh (BMI) yang angkanya lebih besar atau sama dengan 35 mempunyai potensi meningkatkan risiko asam urat tiga kali lipat khususnya pada kaum pria.

Kontaminasi dari timbal kronis atau alkohol yang terpapar dengan timbal juga menjadi pemicu asam urat karena timbal memberikan efek buruk pada fungsi ginjal.

4. Obat

Obat yang diberikan dalam rencana penyembuhan terhadap penyakit lain, bisa menjadi salah satu faktor pencetus lahirnya serangan asam urat.

Penanganan secara diuretik memiliki peran penting yang terkait dengan kambuhan asam urat, meskipun hidroklorotiazid dalam dosis yang rendah tampaknya tidak meningkatkan risiko.

Obat lain yang dipakai serta meningkatkan risiko serangan asam urat antara lain niacin, aspirin (asam asetilsalisilat), inhibitor ACE , angiotensin receptor blocker, beta blocker, ritonavir serta obat pirazinamid.

Adapun obat lainnya seperti imunosupresif siklosporin dan tacrolimus juga pernah dilaporkan mempengaruhi asam urat, utamanya bila imunosupresif siklosporin digunakan bersamaan dengan hydrochlorothiazide.

Ringkasan:
Asam urat ternyata tidak hanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, tapi bisa juga diakibatkan karena faktor keturunan, kondisi kesehatan seseorang dan efek samping dari proses pengobatan penyakit lain.

Jenis Asam Urat

Dalam proses perjalanannya asam urat memiliki beberapa tahap perkembangan, tahapan ini kadang menjadi pembeda bagi dokter dalam mengklasifikasikan jenis atau type asam urat (GOUT). [2]

Hiperurisemia asimtomatik

Ada kalanya seorang pengidap mengalami peningkatan kadar asam urat namun tanpa diikuti gejala secara lahiriah. Pada kondisi ini, pengobatan masih belum perlu dilakukan, meskipun endapan kristal tajam asam urat bisa menyebabkan kerusakan ringan pda jaringan.

Orang dengan gejala ini mungkin diarahkan untuk melakukan penanganan pada faktor pencetus yang punya andil dalam pembentukan asam urat.

Gout akut

Asam urat pada tahap ini terjadi saat endapan kristal purin yang menumpuk tiba-tiba menimbulkan radang akut serta nyeri hebat. Serangan tiba-tiba type ini kerap dikenal dengan sebutan flare dan biasanya akan mereda dalam tempo sekitar 3 hingga 10 hari.

Serangan flare kadang-kadang pemicunya berasal dari kondisi fsikis yang membuat stres, kecanduan alkohol, efek obat-obatan atau berada pada cuaca dingin.

Gout Interval atau Interkritis

Pada asam urat tahapan ini adalah fase di antara serangan gout akut. Serangan flare selanjutnya kemungkinan tidak terjadi pada bulan-bulan atau tahun-tahun mendatang, meskipun bila tidak dilakukan penanganan, endapan asam urat bisa bertahan dalam tubuh lebih lama dan kemungkinan akan lebih sering kumat.

Selama berada pada interval ini, kristal asam urat selanjutnya disimpan dalam jaringan tubuh.

Gout Tophaceous Kronis

Gout tophaceous kronis merupakan type asam urat yang paling parah. Jika berlanjut pada fase ini, kemungkinan akan terjadi kerusakan yang permanen pada sendi dan ginjal.

Penderita bisa mengidap artritis kronis dan berkembang menjadi Tophi, gumpalan kristal asam urat yang membesar bisa terbentuk pada area tubuh yang lebih dingin seperti sendi jari.

Untuk sampai pada tahap yang parah ini, bisa berlangsung sekitar 10 tahun dengan tanpa perawatan apapun. Dengan demikian sangat jarang penderita yang ditangani dengan baik dan benar akan sampai pada tahap ini.

Pseudogout

Ada satu kondisi yang mungkin bagi sebagian orang cukup membingungkan antara asam urat dan pseudogout. Gejala yang nampak ke permukaan pseudogout boleh dikatakan sangat mirip dengan asam urat, meskipun pada saat kambuh biasanya tidak terlalu parah.

Perbedaan utama antara asam urat / gout dan pseudogout adalah bahwa pada keluhan pseudogout persendian diiritasi oleh kristal kalsium pirofosfat dan bukan kristal urat.

Dengan demikian pola perawatan atau pengobatan pseudogout sedikit berbeda dengan penanganan untuk asam urat.

Kadar Normal Asam Urat

Untuk mengetahui kadar asam urat seseorang perlu dilakukan test darah untuk mengetahui berapa besar kandungan asam uratnya.

Test darah yang dilakukan bisa mengukur asam urat dalam miligram (mg) serta darah dalam desiliter (dL), jadi hasilnya akan terlihat dengan menggunakan satuan mg / dL.

Kisaran normal angka asam urat mungkin bervariasi sesuai jenis kelamin, jadi untuk memastikan hal ini bisa ditanyakan pada dokter Anda. Hasil bisa keluar dalam rentang satu-dua hari tergantung lab yang digunakan.

Menurut healthline.com [3], secara umum kadar asam urat yang normal adalah sebagai berikut :

  • Wanita : 1,5 - 6,0 mg / dL
  • Pria : 2,5 - 7,0 mg / dL

Dengan mengacu pada angka diatas, maka ada kesimpulan yang menyatakan bahwa baru bisa disebut hiperglikemia ketika kadar asam urat lebih dari 6,0 mg / dL pada wanita dan i 7,0 mg / dL pada pria.

Yang menarik adalah ternyata kadar asam urat yang rendah sangat jarang jadi perhatian bila dibandingkan dengan kadar yang tinggi

Mengatasi Asam Urat Dengan Herbal

Penderita asam urat kemungkinan membutuhkan bantuan pengobatan untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang tak tertahankan dan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Selain dengan penggunaan obat, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan dalam menangani gejala asam urat ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan herbal.

Beberapa jenis tanaman herbal yang bisa diyakini memiliki manfaat dalam mengatasi asam urat seperti : sidaguri, kumis kucing, jahe merah, brotowali, daun salam, legundi, habbats, teh hijau dan beberapa jenis lainnya.

Berbeda dengan pola pengobatan secara tradisional jaman dulu yang masih butuh pengolahan secara manual untuk mengambil manfaat dari tumbuhan herbal tersebut.

Saat ini beragan tanaman herbal tersebut yang dibutuhkan dalam pengobatan penyakit asam urat sudah tersedia dalam kemasan kapsul yang lebih modern dan praktis.

Laurik

Salah satu produk HNI yang mengandung komponen herbal dalam membantu mengatasi keluhan asam urat adalah LAURIK. Mengurangi rasa nyeri pada sendi, pegal-pegal, ngilu sendi, encok serta keluhan umum yang menyertai asam urat.

Kandungan tumbuhan herbal pada Laurik HNI yaitu Sidaguri, rimpang Jahe, Pegagan dan Kumis Kucing dipercaya sejak dulu bisa membantu permasalahan yang berkaitan dengan kelebihan asam urat.

Produk HNI Untuk Asam Urat :
Laurik + Pegagan HS + Deep Squa + MHS

Pola penanganan asam urat dengan herbal ini akan lebih maksimal bila dikombinasikan / disinergikan dengan herbal lainnya yaitu : Deep Squa, Minyak Zaitun serta Minyak Herba Sinergi untuk membantu pengobatan topikal dari luar.

√ Obat Herbal Asam Urat
√ Posted 24-Jan-2020 : Updated 30-Aug-2021
√ 8 Min Read : 28459 Views

Warning Fair Use Disclaimer:
Untuk menghindari salah kutip atau salah tafsir, validitas artikel tetap mengacu pada sumber rujukan seperti pada referensi dibawah ini:

[1] https://en.wikipedia.org/wiki/Gout
GOUT : akses tgl 27-12-2020;20:07

[2] https://www.medicalnewstoday.com/articles/144827
Everything you need to know about gout : akses tgl 27-12-2020;20:18

[3] https://www.healthline.com/health/uric-acid-blood
Uric Acid Test (Blood Analysis) : akses tgl 28-12-2020;11:27

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Resep HNI Asam Urat

Isi Paket Asam Urat HNI

HARGA KONSUMEN:
- Laurik Rp.65.000
- Pegagan HS Rp.90.000
- Deep Squa Rp.250.000
- Minyak Zaitun Rp.35.000
- Minyak Herba Sinergi Rp.45.000
TOTAL : 485.000 (belum termasuk ongkir).

Mau harga lebih MURAH? Cek dibawah ya...

Saran Pemakaian

Berikut ini adalah dosis minum pemakaian paket Asam Urat sesuai dengan Resep HNI HPAI V.2.1.3.

- Laurik : 3 x 2 kapsul
- Pegagan HS : 3 x 2 kapsul
- Deep Squa : 3 x 2 softgel
- Minyak Zaitun : 3 x 1 sdm sehari
- Minyak Herba Sinergi : Oleskan

Warning Content Disclaimer:
Artikel ini hanya sebagai informasi semata, tidak ditujukan sebagai saran pengganti resep dokter / ahli kesehatan keluarga Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum melakukan pengobatan dengan artikel ini.

CARA ORDER Paket Asam Urat

Tertarik membeli Paket Asam Urat ini? Cukup klik tombol WA dibawah. Simple tanpa ribet.

Order via WA

HARGA PAKET LEBIH MURAH

Mau harga lebih MURAH? Ayo daftar dulu jadi member/agen disini. Cek harga konsumen (Cust) dan harga member (Agen):

ProdukCustAgenSave
Laurik65rb55rb10rb
Pegagan HS90rb75rb15rb
Deep Squa250rb200rb50rb
Minyak Zaitun35rb30rb5rb
Minyak Herba Sinergi45rb30rb15rb
TOTAL485rb390rb95rb

Hemat kan?

Modal_10rb_bisa_hemat_95rb_rupiah. Order_paket_Asam Urat, tidak_perlu_bayar_485rb tapi_cukup_390rb_saja.

Tak_usah_bayar_485000
Cukup_390000

Mau harga lebih murah? Pastikan Anda jadi member dulu ya...

PAKET ASAM URAT HARGA MEMBER/AGEN:
- Laurik Rp.55.000
- Pegagan HS Rp.75.000
- Deep Squa Rp.200.000
- Minyak Zaitun Rp.30.000
- Minyak Herba Sinergi Rp.30.000
TOTAL : 390.000 (belum ongkir). Lebih hemat 95.000

Jenis Penyakit Lainnya

Kenali gejala dan cara pengobatan penyakit lainnya terkait dengan ASAM URAT:

Atau silahkan klik link resep herba HNI Lengkap


#Resep_HNI_8 : Views 28.459
Posted 24-Jan-2020 : Updated 30-Aug-2021
8 min read

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Warning Copyright Disclaimer:
Mohon maaf, dilarang copy paste artikel obat herbal Asam Urat pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan, baik untuk marketplace ataupun website lain tanpa mencantumkan link sumber kami.

Pelanggaran terhadap hal diatas akan mendapat pengaduan ke layanan Google DMCA.

Link sumber:
hnipioneer.com/resep-herba-hni/asam-urat/

Icon Wa

Order via WA

Untuk order paket Asam Urat via WA cukup isi nama dan alamat dibawah, lalu klik tombol KLIKORDER.