Dalam era digital yang terus berkembang, teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa dampak besar pada berbagai industri, termasuk dunia copywriting.

Id540 3 min read 02-07-23 2336

5 Tools Artificial Intelligence Paling Populer Untuk Copywriting

Copywriter expert harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ini dan menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan mereka.

Berikut adalah lima tools AI yang paling populer di dunia, yang membantu copywriter expert mencapai hasil yang luar biasa dalam digital marketing:

1. ChatGPT (Generative Pre-trained Transformer)

ChatGPT Icon

ChatGPT adalah salah satu tools AI terkini yang menawarkan kemampuan generasi teks yang luar biasa.

Dikembangkan oleh OpenAI, GPT menggunakan deep learning dan transfer learning untuk menghasilkan teks yang sangat berkualitas dan seringkali tak terkalahkan dalam meniru gaya penulisan manusia.

Copywriter expert dapat memanfaatkan GPT untuk menghasilkan ringkasan, menulis artikel blog, atau bahkan menciptakan iklan yang menarik dengan cepat dan efisien.

Untuk saat ini GPT sudah mengeluarkan versi terbarunya yaitu GPT-4 yang lebih powerful.

Website: OpenAI

2. Grammarly

Grammarly Icon

Grammarly telah menjadi pilihan utama bagi banyak copywriter expert untuk memastikan tulisan mereka bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Grammarly menggunakan AI untuk menganalisis teks dan menyarankan koreksi tata bahasa serta memberikan alternatif kata yang lebih tepat.

Selain itu, Grammarly juga mampu mengidentifikasi gaya penulisan yang tidak konsisten, membantu copywriter mempertahankan kesatuan gaya dalam konten mereka.

Website: OpenAI

3. WordAI

WordAI Icon

WordAI adalah salah satu tools AI yang sangat populer di kalangan copywriter expert karena kemampuannya menghasilkan konten unik dan orisinal.

Dengan teknologi penggabungan ulang (rewriting), WordAI mampu membuat versi baru dari teks yang sudah ada tanpa mengorbankan makna aslinya.

Hal ini sangat berguna ketika copywriter perlu menyusun konten serupa untuk beberapa platform atau mengoptimalkan SEO dengan menghindari konten duplikat.

Website: WordAI

4. BuzzSumo

BuzzSumo Icon

BuzzSumo bukan hanya tools AI yang membantu copywriter expert menemukan topik yang sedang tren dan mendapatkan ide-ide untuk konten.

Kelebihan lain dari tool ini adalah:

  • Memberikan wawasan tentang kinerja konten yang sudah ada.
  • Menunjukkan berapa banyak interaksi sosial yang telah diterima suatu konten
  • Memberikan gambaran tentang tren yang sedang berkembang
  • Membantu copywriter memahami apa yang sedang diminati oleh audiens mereka.

Website: BuzzSumo

5. Peppertype.ai

Peppertype Icon

Peppertype.ai adalah tools AI yang menghadirkan kecerdasan buatan dalam proses kreatif copywriting.

Dengan menganalisis data dan mengenali preferensi audiens, Peppertype.ai membantu copywriter expert menciptakan konten yang lebih relevan dan menarik.

Tools ini dapat menyusun kalimat, mengidentifikasi kata kunci potensial, dan memberikan saran kreatif untuk meningkatkan kualitas konten secara keseluruhan.

Website: Peppertype.ai

Kesimpulan

Dalam dunia copywriting, teknologi AI telah membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pekerjaan.

Dari GPT-3 yang mampu menghasilkan teks berkualitas tinggi hingga Grammarly yang membantu memperbaiki kesalahan tata bahasa, ada banyak tools AI yang dapat digunakan oleh copywriter expert.

WordAI membantu menghasilkan konten unik, sementara BuzzSumo memberikan wawasan tentang tren yang sedang berkembang.

Peppertype.ai, di sisi lain, membantu copywriter menciptakan konten yang lebih relevan dan menarik.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan ini, copywriter expert dapat mengoptimalkan pekerjaan mereka dan menghasilkan konten yang lebih baik.

Ref: ChatGPT Open AI