Ada klaim salah satu manfaat kopi pahit bisa untuk mengatasi masalah lambung seperti asam tinggi, namun tidak semua aplikasi kopi bisa demikian, ini penjelasannya.

Manfaat Kopi Pahit Untuk Lambung

Id521 Postby Admin 25-09-23 723 Kopi Hitam

Kopi hitam sudah menjadi bagian dari kehidupan sebagian orang dan tidak bisa dipisahkan, memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya bagi pengguna.

Menurut PharmEasy, kopi kaya akan vitamin B2, vitamin B3, magnesium, potasium dan banyak senyawa fenolik lainnya.

Tidak hanya menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi, minum kopi tanpa pemanis juga membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko kardiovaskular, dan mencegah penyakit Alzheimer.

Selain itu, kopi hitam juga disarankan untuk menurunkan asam lambung sehingga aman dikonsumsi.

Kopi Hitam dan Asam Lambung

Refluks asam terjadi ketika cairan lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan menimbulkan gejala seperti sakit perut dan rasa terbakar di dada.

Gagasan bahwa kopi hitam menurunkan asam lambung memerlukan penelitian lebih lanjut.

Pasalnya, minuman berkafein tersebut kerap dianggap menjadi penyebab naiknya asam lambung.

Menurut Klinik Cleveland, ahli diet terdaftar Andrea Dunn, RD, menjelaskan bahwa kandungan asam atau lemak pada kopi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas, refluks asam, dan kembung.

Minuman berkafein meningkatkan jumlah asam di lambung sehingga meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Menurut Dunn, Kafein adalah stimulan alami, tetapi juga meningkatkan kontraksi saluran cerna serta produksi asam lambung.

Namun perlu diingat bahwa risiko kambuhnya penyakit ini meningkat jika Anda mengonsumsi kopi dengan keasaman tinggi, seperti kopi yang terbuat dari biji arabika atau sangrai ringan (light roast).

Bagi orang yang menderita asam lambung namun tidak bisa berhenti minum kopi, kopi rendah asam bisa menjadi pilihan.

Misalnya saja kopi dark roast yang rendah asam dan hanya mengandung sedikit senyawa yang merangsang sel-sel lambung untuk memproduksi asam.

Anda juga bisa memilih biji espresso karena proses penyeduhannya akan lebih singkat. Hal ini mengurangi jumlah asam yang masuk ke dalam gelas kimia.

Ada juga metode cold brew, yaitu kopi bubuk direndam dalam air dingin atau bersuhu ruangan selama 12 hingga 24 jam.

Proses perendaman yang lama dipadukan dengan suhu minuman yang lebih dingin membuatnya tidak terlalu pahit sehingga kurang asam.

Minum Kopi Tanpa Takut Asam Lambung Kambuh

Berikut beberapa cara mengurangi gejala asam lambung sambil tetap menikmati manfaat kopi bagi kesehatan.

  • Jangan minum kopi ketika perut Anda kosong
  • Batasi asupan kopi tidak lebih dari 3 hingga 4 cangkir per hari
  • Sebaiknya ganti krim dengan susu rendah lemak atau gunakan susu almond, kedelai, atau oat rendah gula.
  • Jika Anda membuat kopi sendiri, gunakan penyaring kertas daripada penyaring logam, karena kertas akan menahan lebih banyak asam, yang jika tidak akan bocor ke dalam cangkir.

Kesimpulan

Meskipun ada manfaat potensial dari kopi pahit untuk penderita asam lambung, penting untuk diingat bahwa setiap orang merespons kopi dengan cara yang berbeda.

Beberapa orang dengan asam lambung mungkin tetap mengalami gejala jika mereka minum kopi, bahkan dalam jumlah kecil.

Oleh karena itu, penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan berbicara dengan dokter Anda sebelum memutuskan apakah kopi cocok untuk Anda.

Jika Anda ingin mencoba minum kopi pahit sebagai bagian dari pengelolaan asam lambung Anda, pastikan untuk melakukannya dengan bijak.

Konsumsi dalam jumlah sedang dan hindari minum kopi di malam hari, karena bisa mengganggu tidur Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba jenis kopi rendah asam, seperti kopi dengan tingkat asam yang lebih rendah, yang mungkin lebih baik ditoleransi oleh lambung Anda.

Terakhir, perhatikan gejala Anda dan berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda mengalami perubahan dalam gejala asam lambung Anda setelah mengonsumsi kopi.