KHT Lain / 5 Manfaat Tanaman Jombang Untuk Kesehatan

5 Manfaat Tanaman Jombang Untuk Kesehatan

Posted 07-Jun-2020 : Updated 11-Sep-2021

Tanaman Jombang

Manfaat dan Efek Samping Tanaman Jombang

Di Indonesia ini sangatlah kaya akan ragam tumbuhan yang bermacam-macam memiliki banyak manfaat juga khasiat, karenanya dapat dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat.

Tanahnya yang subur hutan yang kaya menjadikan Indonesia ini sebagai negara tropis yang sarat dengan tetumbuhan yang dapat digunakan juga dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan berbagai macam penyakit, mulai dari ringan ataupun berat sekalipun.

Tanaman jombang misalnya, jombang adalah tanaman herba pendek berbunga kuning dengan daun yang lebar mendatar dan tepinya berlekuk-lekuk.

Tumbuhan ini masuk dalam tanaman semak berumpun, berbatang semu atau tidak berbatang, akar tunggang, berwarna kuning kecoklatan.

Tanaman dengan memiliki ketinggian antara 10-25 cm ini disinyalir memiliki kandungan yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Seluruh bagian pada tanaman jombang ini bermanfaat, mulai dari daun, batang hingga akarnya. Tanaman jombang memiliki rasa yang manis dan terasa sedikit ada rasa pahitnya.[2]

Tanaman Jombangimage source: istockphoto.com

Manfaat Tanaman Jombang :

Berikut ini adalah manfaat Tanaman Jombang untuk kesehatan, antara lain:

1. Membantu Mengatasi Kanker

Mungkin salah satu khasiat yang paling menarik terkandung dalam tumbuhan jombang ini adalah potensinya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada seluruh sistem organ tubuh yang berbeda.

Sebuah peneliti telah mengungkapkan bahwa salah satu khasiat jombang yaitu mampu mengurangi pertumbuhan jumlah sel kanker yang diobati dengan ekstrak daunnya.

Namun demikian, tidak selalu ekstrak dari bunga atau akar jombang mengarah ke hasil yang sama.

Penelitian dengan media tabung reaksi yang dilakukan lainnya menunjukkan bahwa ekstrak akar tanaman jombang ini memiliki kapasitas secara dramatis untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker di hati, usus besar dan jaringan pankreas.

2. Mengobati Peradangan Hati

Manfaat beikiutnya dari tanaman jombang ini adalah sebagai anti-inflamasi pada penyakit peradangan hati yang dikenal sebagai hepatitis.

Tanaman ini dapat digunakan sebagai hepatoprotektor yang berperan dalam membantu proses detoksifikasi hati dan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel hati.

Taraxacum officinale (jombang) merupakan salah satu tanaman obat yang dapat digunakan sebagai hepatoprotektor.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tanaman jombang mengandung senyawa bioaktif, yakni asam chicoric dan chlorogenic di seluruh bagian tanamannya.

Menurunkan kadar gulaimage source: pixels.com

Senyawa ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Menurut hasil penelitian, kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sekresi insulin pada pankreas dan membantu melancarkan proses penyerapan glukosa dalam darah hewan.

Namun tentu saja, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjutan untuk benar-benar membuktikan keampuhan khasiat jombang ini pada tubuh manusia.

4. Meningkatkan Imutitas Tubuh

Tanaman jombang juga memilki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat memperbaiki kemampuan tubuh dalam melawan serangan infeksi dan virus.

Menurut beberapa penelitian pun turut menemukan bahwa ekstrak tanaman dandelion (jombang) memang mampu mengurangi kemampuan dan kekuatan virus untuk bereplikasi, alias memperbanyak jumlah dirinya.

Meskipun demikian, sejauh ini masih diperlukan penelitian yang lebih jauh untuk menarik kesimpulan pasti mengenai manfaat tumbuhan jombang.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat

Beberapa senyawa bioaktif dalam jombang dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini sangat baik karena bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian telah melakukan uji coba pada hewan dan menghasilkan penurunan kadar kolesterol juga trigliserida secara dramatis pada tikus yang diobati dengan ekstrak tanaman jombang ini.

Sebuah studi kelinci mengevaluasi dampak penambahan akar dan daun jombang pada diet kolesterol tinggi.

Kelinci yang menerima jombang secara nyata mengurangi kadar kolesterol (10 sumber tepercaya).

Meskipun hasil ini menarik, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek potensial jombang pada kolesterol pada manusia

Kandungan Kimia Tanaman Jombang

Herba yang mengandung taraxacum officinale mengandung polisakarida dalam jumlah banyak utamanya fruktosa dan inulin, dalam jumlah sedikit pektin, peptin, resin dan musilago, dan berbgai flavonoid.

Tiga jenis glikosida flovonoid yaitu luteolin 7-glukosida dan luteolin 7-diglukosida disolasi dari daun dan bunga daun jombang (Cordatos, 1992).

Tanaman jombang juga mengandung asam kafeat, asam kicorat, pollinastanol, taraksasterol, tarakserol, flavosanthin, lutein 5,6-epoksida, isorhamnetin 3,7-diglukosida, ixerin D, deepoksineosanthin, 11-beta,13-dihidrolaktusin (Taylor and Francais, 1999). [3]

Efek Samping Tanaman Jombang

Menurut webmd.com [4], saat dikonsumsi secara oral, bagi kebanyakan orang masih relatif aman meskipun dalam porsi yang besar.

Ini juga menimbulkan perkiraan akan tetap aman bila dimakan dalam jumlah yang lebih besar lagi.

Namun demikian tanaman jombang mungkin saja bisa menimbulkan efek buruk yang tidak diinginkan bagi sebagian pengguna, antara lain :

Perhatian Khusus

Bagi Anda yang ingin mengosumsi tananam jombang, perhatikan bagi yang berada pada kondisi sebagai berikut ini:

  • Ibu hamil dan ibu menyusui : tidak cukup informasi efek buruk yang terjadi pada ibu hamil dan menyusui, namun demi keamanan sebaiknya hindari.
  • Pengidap eksim : Anda yang tengah menderita eksim dikhawatirkan akan semakin buruk akibat adanya reaksi alergi terhadap tanaman jombang.
  • Gangguan pendarahan : tanaman jombang punya potensi memperlambat pembekuan darah, bisa memicu memar atau pendarahan bagi mereka yang peka.
  • Alergi ragweed: mereka yang alergi terhadap ragweed dan tanaman terkait (aster, krisan, marigold) diprediksi juga alergi terhadap jombang. Tapi ada data yang saling bertentangan
  • Pembedahan : jombang atau dandelion bisa memperlambat proses pembekuan darah dan menurunkan gula darah . Mungkin mencetus terjadinya pendarahan ekstra. Berhenti konsumsi dandelion setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi.
  • Pengidap gagal ginjal : Dandelion mungkin bisa mengurangi penguraian oksalat diginjal lewat urin, secara teori bisa meningkatkan risiko komplikasi ginjal.

Butuh tanaman jombang untuk pengobatan penyakit Anda? Silahkan order Carnocap HNI HPAI. Produk tersebut mengandung ekstrak daun jombang dikemas dalam bentuk kapsul yang praktis.

Title: 5 Manfaat Tanaman Jombang Untuk Kesehatan
Views_1.378
#Article71

Referensi

[1] https://id.wikipedia.org/.../tanaman jombang

[2] https://www.jitunews.com

[3] https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=2381

[4] https://www.webmd.com/.../dandelion

Warning Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata, tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau ahli kesehatan keluarga Anda.

Produk HNI Mengandung Tanaman Jombang:

Carnocap

CARNOCAP

Harga Konsumen : 120.000
Carnocap Dikenal Sebagai Obat Anti Kanker. Benarkah? Cek Faktanya


Carnocap : 120.000

TOTAL : 120.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


KHT Terkait

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Warning Copyright Disclaimer:
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan tanpa menyertakan link sumber kami berikut ini : https://hnipioneer.com/kht/online/beragam-khasiat-dan-manfaat-tanaman-jombang/

Home
Product
Testimoni HNI
Resep HNI
News HNI
Halal Mart HNI
Cek Ongkir JNE