Manfaat buah bilberry dikenal sebagai salah satu herbal untuk kesehatan mata, tapi tahukan Anda bahwa ternyata bilberry memiliki manfaat lain yang .. doc HNI Pioneer.

√ Post 29-10-23 by (Id65)
√ 4546 views
√ CLOUD Buah Bilberry

Manfaat Buah Bilberry

Apakah Anda pernah mendengar buah Bilberry dan manfaatnya?

Buah bilberry merupakan buah yang di kelompokkan ke dalam beri-berian yang berasal dari Eropa Utara, umumnya dikenal dengan nama:

  • Airelle
  • Arandano
  • Black Whortles
  • Bleaberry
  • Blueberry
  • Brimbelle
  • Burren Myrtle
  • Hurtleberry
  • Vacinium myrtillus
  • Whortleberry
  • Wineberry
  • dan masih banyak lagi sebutan pada buah ini.

Sekilas buah ini mirip seperti blueberry. Hanya saja, bilberry tidak memiliki bentukan mahkota pada ujungnya dan memiliki diameter yang lebih kecil daripada buah blueberry.

Buah ini telah lama dimanfaatkan sebagai terapi pengobatan dan kesehatan sejak 5 abad yang lalu di kawasan eropa.

Kaya akan kandungan zat aktif antioksidan tinggi yang memiliki manfaat mengamankan tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Buah Bilberry images source istock photo

Manfaat dan Khasiat Bilberry:

Antioksidan yang tinggi pada buah bilberry dapat menangkal radikal bebas supaya tidak merusak ion ion di permukaan kulit sehingga dapat mencegah kulit kering dan berkerut, pemakaian teratur bisa membuat kulit kencang dan elastis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bilberry bagi kesehatan manusia:

Mempertajam penglihatan mata

Buah Billberry mungkin telah dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan fungsi penglihatan serta dapat mencegah timbulnya masalah pada mata.

Selain untuk mata minus, buah bilberry ini juga terbukti untuk mencegah karatarak, penglihatan buram dan rabun senja

Bilberry memiliki kandungan senyawa aktif yang disebut anthocyanosides yang membantu mencegah berbagai masalah mata seperti:

  • Penyakit katarak
  • Rabun senja
  • dan juga glaukoma.

Senyawa aktif ini juga mampu untuk mengurangi tingkat degenerasi makula, sehingga membuat mata tetap sehat dan berfungsi normal.

Meredakan peradangan

Manfaat buah bilberry berikutnya adalah, dapat membantu melawan peradangan pada tenggorokan, yang diyakini menjadi akar penyebab munculnya beragam penyakit.

Efek ini disebabkan karena adanya kandungan antosianin yang ada di dalam buah bilberry.

Menurut studi yang dipublikasikan J Nutr , mengonsumsi 330 ml jus bilberry setiap hari secara signifikan bisa mengurangi tanda-tanda peradangan pada tenggorokan.

Memperkuat kekebalan tubuh

Bilberry kaya akan antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas juga bermanfaat dalam melindungi tubuh dari kerusakan dan penyakit.

Radikal bebas yang terkendali pada gilirannya akan memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Kekebalam tubuh yang prima berarti akan membuat seseorang lebih jarang terkena flu pilek, batuk, atau infeksi.

Menurunkan kadar gula darah

Umumnya, penyakit diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Sekitar 90 persen dari kasus diabetes yang didiagnosis di seluruh dunia adalah tipe 2.

Para ahli telah sepakat bahwa bauh bilberry ini dapat mencegah kerusakan dan penyerapan karbohidrat dalam usus.

Efek ini mirip seperti obat penurun gula darah. Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam J Nutr Sci menyebut ekstrak bilberry bisa mengurangi kadar gula darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe-2.

Adapun penelitian yang dilakukan selainnya juga menyebutkan bahwa antosianin dalam bilberry bisa merangsang sekresi insulin, hormon yang diperlukan untuk membantu memindahkan gula dari darah ke dalam sel.

Merawat sistem pencernaan

Manfaat buah bilberry lainnya adalah membantu memerangi berbagai macam masalah pencernaan sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara umum.

Konsumsi buah bilberry ataupun hebal yang mengandung bilberry efektif untuk memerangi masalah diare, gangguan pencernaan dan disentri, infeksi perut, bersama dengan berbagai macam masalah pada pencernaan lainnya. [1]

Kaya akan antioksidan

Buah blueberry telah diakui sebagai buah yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dari buah dan sayuran lainnya.

Antioksidan sangatlah penting untuk menanggulangi radikal bebas dan mengurangi kerusakan pada DNA.

Kerusakan pada DNA dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker dan mengalami penuaan dini.

Memperkuat persendian dan tulang

Kandungan kalsium, fosfor, zat besi, mangan, vitamin K, zinc , dan magnesium dalam buah blueberry sangat penting untuk struktur dan kekuatan tulang.

Buah ini dapat membantu menjaga kelenturan dan kekuatan persendian serta tulang, dan mengurangi risiko retak tulang. [3]

Manfaat Buah Bilberry Untuk Kecantikan Kulit

Selain untuk kesehatan mata dan tubuh secara umum, ternyata bilberry juga sangat bagus untuk perawatan kulit.[4]

Mencegah munculnya jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang paling ditakuti juga sering dialami. Dengan memanfaatkan buah bilberry ini Anda bisa mencegah jerawat, hal ini disebabkan karena konsentrasi salisilat yang tinggi.

Tapi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya jangan menggunakannya.

Sebagai anti aging

Manfaat lainnya yang terdapat dalam buah bilberry untuk kecantikan wajah adalah sebagai anti aging, dengan begitu hal ini dapat mencegah penuaan dini.

Apabila Anda tidak ingin repot untuk membuat maskernya, bisa mencari produk yang memiliki kandungan bilberry di dalamnya.

Efek Samping Bilberry

Meskipun jarang terjadi, tidak semua orang bisa menikmati manfaat bilberry ini, reaksi alergi terhadap buah bilberry mungkin bisa terjadi.[2]

Hentikan konsumsi billberry dan segera hubungi gawat darurat apabila Anda mengalami reaksi alergi serius seperti:

  • Kesulitan bernafas
  • Tenggorokan rasa tersumbat
  • Pembengkakan pada wajah, lidah atau bibir
  • atau muncul bintik-bintik merah.¬†

Adapun efek samping yang serius masih belum terdapat laporan meskipun mungkin terjadi.

Segera periksakan ke dokter dan konsultasikan mengenai efek samping yang aneh atau mengganggu Anda.