Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang menjaga tubuh dari paparan toksik dan patogen berbahaya dari luar dan cara memperbaiki skin .. doc HNI Pioneer.

√ Post 05-12-23 by (Id131)
√ 1974 views
√ CLOUD Skincare

Skin Barrier

Dewasa ini, istilah skin barrier semakin populer dan menjadi salah satu bahan pada produk kecantikan skincare utamanya pelembab kulit.

Produk kecantikan tersebut bertujuan sebagai pelindung dan meremajakan kulit. Ada yang ditujukan untuk perawatan kulit terkelupas, membuat kenyal, glowing atau melembabkan.

Tujuan produk diatas relatif sama yaitu untuk merawat kulit lapisan terluar Anda yang disebut dengan skin barrier.

Apa itu Skin Barrier?

Skin barrier merupakan lapisan kulit paling luar yang berperan dalam menjaga kulit dan tubuh. Pelindung terdepan ini bisa mengalami kerusakan akibat sesuatu sehingga bisa menimbulkan masalah pada kulit.

HNI Body Lotion merupakan produk HNI HPAI untuk melindungi skin barrier tubuh Anda

Melihat fungsinya yang sangat vital, penjagaan kondisi skin barrier tidak bisa diabaikan begitu saja, atau masalah akan muncul.

Kulit sendiri tersusun dari beberapa lapisan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda dalam melindungi tubuh Anda, yaitu:

  • Epidermis yang merupakan lapisan paling luar.
  • Dermis
  • Hipodermis

Skin barrier atau stratum korneum sendiri terletak di lapisan paling luar epidermis yang tersusun oleh kolesterol, asam lemak, dan ceramide.

Lapisan terluar ini sering dianalogikan sebagai "dinding bata", terdiri dari sel-sel kulit keras yang disebut corneocytes, diikat bersama oleh lipid seperti mortar.

Skincare mengandung pelembab untuk merehidrasi wajah: Beauty Moisturizing Gel HNI

Dinding bata yang sangat tipis ini sangat vital dalam menjaga tubuh Anda. Tanpa itu, maka berbagai macam toksik dan patogen buruk bisa menembus kulit dan membahayakan tubuh.

Tanpa skin barrier Anda bisa mengalami dehidrasi karena semua air didalam tubuh akan keluar dan menguap begitu saja.

Oleh sebab itu, skin barrier sangat penting untuk kesehatan dan perlu dilindungi agar bisa tetap berfungsi dengan maksimal.

Skin Barrier Rusak

Dengan penjelasan diatas tentu Anda harus tahu apa saja yang bisa menyebabkan skin barrier rusak. Setiap waktu kulit menghadapi ancaman bahaya baik dari dalam maupun luar.

Beberapa penyebab eksternal dan internal mengganggu skin barrier Anda antara lain:

  • Lingkungan yang terlalu lembab atau sebaliknya terlalu kering.
  • Terpapar alergen, iritan, dan polutan.
  • Terlalu banyak terkena sinar matahari.
  • Kontak dengan deterjen dan sabun alkali.
  • Paparan bahan kimia keras.
  • Over exfoliation atau over washing dalam perawatan kulit.
  • Menggunakan obat steroid.
  • Tekanan psikologis.
  • Faktor keturunan seperti mengidap dermatitis atopik dan psoriasis.

Peran Mantel Asam (acid mantle)

Skin barrier bersifat asam yang membantu menciptakan pelindung terhadap pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur berbahaya yang bisa merusak kulit dan menyebabkan infeksi atau kondisi kulit lainnya.

Menjaga tingkat keasaman di sekitar luka sangat diperlukan untuk banyak interaksi biologis selama proses penyembuhan luka pada kulit.

Terkadang dalam kondisi tertentu seperti memiliki diabetes atau inkontinensia, berpotensi mengubah tingkat keasaman kulit Anda, hal ini melemahkan perlindungan.

Pasien dengan riwayat penyakit ini biasanya disarankan oleh ahli kesehatan menggunakan produk perawatan kulit yang sedikit lebih asam.

Ciri Skin Barrier Rusak

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri skin barrier rusak sehingga tidak berfungsi dengan baik:

  • Kulit kering bersisik.
  • Kulit terasa gatal.
  • Bekas luka menjadi kasar atau berubah warna.
  • Muncul jerawat pada kulit
  • Kulit lebih sensitif atau meradang.
  • Muncul infeksi pada kulit akibat bakteri, virus atau jamur.

Cara Memperbaiki Skin Barrier Rusak

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan untuk menjaga skin barrier dan acid mantle agar tetap berfungsi dengan baik.

Perawatan Kulit Sederhana

Apabila Anda melakukan perawatan kulit harian yang rumit dengan banyak produk skincare, Anda mungkin secara tidak sengaja tengah melemahkan skin barrier.

HNI Moisturizing Gel bisa diaplikasikan sebagai salah satu moisturizer untuk skin barrier yang rusak dengan relatif lebih aman karena berasal dari tetumbuhan.

Konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit mengenai produk mana yang penting dan paling efektif dalam perawatan kulit Anda.

Jika Anda melakukan pengelupasan kulit atau exfoliation, perhatikan bagaimana respon kulit Anda terhadap treatment yang digunakan.

Menurut American Academy of Dermatology, Anda yang memiliki kulit sensitif dan warna kulit lebih gelap mungkin harus menggunakan kain lembut dan bahan kimia pengelupasan ringan.

Aplikasi beberapa jenis lulur dan sikat mungkin dapat merusak skin barrier Anda meskipun hanya pada saat digunakan.

Perhatikan pH Kulit

Mantel asam halus kulit Anda berkisar pada angka pH 5,7. Disisi lain pH beberapa produk perawatan kulit berkisar antara 3,7 hingga 8,2.

Para peneliti memberikan rekomendasi untuk menggunakan produk perawatan kulit yang dekat dengan pH alami kulita Anda.

Menjaga tingkat pH kulit Anda pada kondisi ideal bisa membantu melindungi dari penyakit kulit seperti dermatitis, ichthyosis, jerawat dan infeksi Candida albicans.

Namun sayangnya tidak semua produk kecantikan mencantumkan kadar pH dalam kemasan mereka.

Menggunakan Herbal

Hasil sebuah riset di tahun 2018, menunjukkan bahwa minyak tumbuhan tertentu bisa membantu memperbaiki skin barrier Anda yang rusak.

Minyak ini bukan hanya membantu menjaga kelembaban kulit, termasuk juga memiliki efek antibakteri, anti-inflamasi dan antioksidan, antara lain:

Aplikasi pemakaian pada kulit menggunakan minyak nabati ini yaitu dengan mengoleskan krim atau lotion yang mengandung satu atau lebih bahan ini.

Produk untuk memperbaiki skin barrier dari HNI HPAI adalah:

Atau bisa menuangkan langsung sedikit minyak ke telapak tangan Anda, kemudian memijatnya dengan lembut pada kulit Anda hingga meresap.

Produk Mengandung Ceramides

Ceramide adalah lipid lilin yang ditemukan dalam konsentrasi sangat tinggi di skin barrier agar tetap berfungsi dengan baik.

Produk yang mengandung pseudo-ceramide bisa membantu memperbaiki kekeringan, gatal, dan penskalaan yang disebabkan oleh skin barrier yang rusak.

Produk pelembab kulit yang kaya ceramide juga bisa memperkuat integritas struktural skin barrier Anda.

Pelembap ceramide bisa sangat membantu jika Anda memiliki jerawat.

Karakter kulit rentan jerawat, skin barrier sering mengalami masalah, dan perawatan jerawat bisa menyebabkan kulit kering dan memerah.

Produk yang mengandung ceramide diyakini bisa membantu melindungi kulit yang lebih gelap.

Menggunakan Produk Mengandung Asam Hialuronat, Petrolatum, atau Gliserin

Kulit kering merupakan masalah umum yang sering terjadi dan pelembab adalah solusi yang sering direkomendasikan.

Pelembap oklusif membantu skin barrier dari dehidrasi dengan mengurangi jumlah kehilangan air dari kulit Anda.

Produk jenis ini meninggalkan lapisan tipis pada kulit Anda yang berguna untuk mempertahankan kelembapan.

Produk perawatan kecantikan untuk menjaga skin barrier HNI HPAI bisa aplikasi dengan HNI Mositurizing Gel dan HNI Body Lotion.

Salah satu pelembab oklusif yang paling sering direkomendasikan adalah petrolatum, yang bisa memblokir 99 persen kehilangan air dari kulit Anda.

Seperti pelembab oklusif, humektan juga bisa meningkatkan fungsi penghalang. Humektan bekerja dengan menarik air, baik dari lingkungan atau dari dalam tubuh Anda dan mengikatnya di skin barrier.

Skincare Untuk Skin Barrier

Produk perawatan kecantikan skincare untuk mengatasi skin barrier rusak saat ini bisa dengan mudah dibeli baik yang lokal maupun import.

Salah satu produk yang layak Anda jadi pilihan adalah skincare dari HNI HPAI berikut ini:

Beauty Moisturizing Gel HNI

Moisturizing Gel HNI merupakan produk perawatan wajah, berfungsi untuk membantu melembabkan dan melembutkan kulit wajah, membantu mengurangi iritasi kulit juga ruam kemerahan.

Membantu menjaga kesehatan skin barrier Anda agar tetap bisa berperan sebagaimana mestinya.

HNI Body Lotion

Secara fungsi Body Lotion HPAI ini hampir sama dengan Moisturizing Gel HNI, hanya saja untuk digunakan pada anggota tubuh lainnya seperti tangan, leher, kaki dan anggota tubuh lainnya.

Kedua produk tersebut bersumber dari herbal alamiah sehingga lebih aman dan efek samping yang minimal.