Home Join Login + MENU

Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Kulit

Mengatasi Jerawat Hingga Peradangan

KHT / 122 / Manfaat Vco Untuk Kulit

manfaat vco untuk kulitImage source istock photo

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk kulit membantu menyembuhkan luka, membasmi mikro organisme berbahaya, mengatasi jerawat dan peradangan, menjaga kelembaban kulit.

Artikel sebelumnya:

Apakah Anda ingin mencari cara alami untuk mendapatkan kulit yang sehat?

Ternyata bahan rahasianya mungkin sudah ada di dapur Anda sendiri, yaitu minyak kelapa.

Tapi, sebelum Anda menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kulit, sebaiknya kenali dulu jenis minyak kelapa yang tepat untuk digunakan.

Menurut para ahli, ada beberapa jenis minyak yang dihasilkan dari buah kelapa berdasarkan cara pemrosesannya.

Namun hanya dua jenis utama yang paling umum beredar dipasaran, yaitu minyak kelapa industri (refined coconut oil) dan minyak kelapa murni (virgin coconut oil).

Minyak kelapa industri melalui berbagai langkah pemrosesan, yang disebut RBD (Refined, Bleached and Deodorized).

Dalam proses ini bahan minyak kelapa melalui proses pemanasan, penyaringan dan penambahan bahan lain, beberapa produsen mungkin menggunakan pelarut kimia, penghilang bau, dan pemutihan.

Minyak jenis ini biasanya digunakan sebagai minyak goreng, harganya pun relatif murah dan mudah didapat.

Namun minyak jenis ini bukanlah minyak yang tepat untuk Anda gunakan dalam perawatan kulit anda, karena selama proses pembuatan, minyak jenis ini telah kehilangan banyak nutrisi.

Apalagi jika produsen menambahkan bahan kimia sebagai pengawet atau penghilang bau, hal ini justru berpotensi merugikan bagi kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Sedangkan VCO diproses dengan metode cold-pressed , hal ini menjadikan VCO mengalami proses yang jauh lebih sedikit dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Oleh karena itu minyak kelapa murni (VCO) merupakan jenis minyak kelapa yang tepat untuk Anda gunakan dalam perawatan tubuh dan kulit Anda.

Manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan kulit

Minyak kelapa kaya akan asam lemak rantai sedang (MCT), yang merupakan bentuk lemak jenuh.

Asam lemak rantai sedang ini membentuk sekitar 65% dari total komposisi minyak kelapa (VCO).

Asam lemak yang terdapat dalam VCO meliputi:

  • Asam laurat: 49%
  • Asam miristat: 18%
  • Asam kaprilat: 8%
  • Asam palmitat: 8%
  • Asam kaprat: 7%
  • Asam oleat: 6%
  • Asam linoleat: 2%
  • Asam stearat: 2%

Meskipun didominasi oleh lemak jenuh, VCO juga mengandung sejumlah kecil lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Dalam satu sendok makan VCO terkandung sekitar 12 gram lemak jenuh dan 1 gram lemak tak jenuh.

Karena kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, minyak kelapa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit Anda.

Khasiat virgin coconut oil untuk kulit dalam membantu penyembuhan luka

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu penyembuhan luka.

Mengobati luka dengan minyak kelapa murni (VCO) dapat mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen (protein penting yang membantu penyembuhan luka).

Selain mempercepat proses penyembuhan luka, sifat antimikroba pada minyak kelapa murni VCO bermanfaat untuk mencegah infeksi, salah satu faktor yang dapat mempersulit proses penyembuhan luka.

Membasmi mikroorganisme berbahaya

Asam lemak rantai sedang (MCT) yang terdapat dalam minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya.

Hal ini sangat penting bagi kesehatan kulit, karena banyak dari jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, seperti jerawat, selulitis, folikulitis, dan kutu air.

Pengaplikasian minyak kelapa murni (VCO) secara langsung pada kulit, dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme berbahaya.

Karena hampir 50% dari asam lemak dalam minyak kelapa murni (VCO) adalah asam laurat, yang efektif untuk melawan mikroorganisme berbahaya pada kulit anda.

Dalam sebuah penelitian yang menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 jenis bakteri yang berbeda, menunjukkan bahwa asam laurat merupakan asam lemak paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

Selanjutnya adalah asam kaprat, yaitu asam lemak rantai sedang (MCT) lainnya yang terdapat dalam minyak kelapa murni (VCO),

Meskipun kadarnya lebih rendah, namun asam kaprat juga terbukti memiliki sifat antimikroba yang kuat.

Selain itu, asam kaprat juga memiliki sifat anti-jamur yang mampu menghambat pertumbuhan jenis jamur tertentu.

Manfaat VCO untuk jerawat

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa juga dapat membantu mengobati jerawat.

Jerawat adalah suatu kondisi peradangan, dan banyak diantara obat jerawat yang sering digunakan, bekerja dengan cara mengurangi peradangan.

Karena kandungan dalam minyak kelapa murni (VCO) dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, maka minyak kelapa juga dapat membantu dalam proses pengobatan jerawat.

  • Kandungan VCO pada MHS juga sangat bermanfaat untuk berbagai keluhan seperti gatal, jerawat, kanker hingga kejantanan. Cek pada: Manfaat Minyak Herba Sinergi.

Selain itu, sifat antibakteri dari asam lemak rantai sedang (MCT) dalam minyak kelapa juga dapat membantu mengobati jerawat.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asam laurat, yang menyusun hampir setengah dari asam lemak pada VCO, terbukti dapat membunuh strain bakteri yang yang berkaitan dengan tumbuhnya jerawat.

  • List testimoni produk HNI HPAI terkait dengan pengobatan jerawat dan masalahnya.

Uji laboratorium menunjukkan bahwa asam laurat lebih efektif daripada benzoil peroksida dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, asam kaprat juga terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang berperan mengurangi peradangan dan mencegah jerawat dengan membunuh bakteri.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, VCO harus dioleskan langsung pada area kulit yang terdapat jerawat.

Manfaat VCO untuk mengurangi peradangan

Peradangan kronis merupakan faktor utama dari berbagai jenis gangguan kulit, termasuk psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim.

Menariknya, minyak kelapa murni (VCO) terbukti memiliki sifat anti-inflamasi.

Tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, VCO juga dapat meredakan rasa sakit sehingga baik untuk penderita penyakit eksim.

Terlebih lagi, minyak kelapa murni (VCO) dapat meredakan peradangan dengan cara meningkatkan status antioksidan.

Antioksidan bekerja dengan cara menstabilkan radikal bebas, menetralkan atom reaktif yang dapat berperan pada timbulnya peradangan.

Penting untuk diingat bahwa penelitian mengenai efek minyak kelapa murni (VCO) terhadap peradangan sebagian besar dilakukan terbatas pada penelitian pada hewan dan uji laboratorium.

Namun, berdasarkan penelitian tersebut, minyak kelapa menunjukkan potensi yang besar mengenai kemampuannya dalam mengurangi peradangan, baik saat dikonsumsi atau dioleskan pada kulit.

Manfaat VCO untuk kulit kering membantu kelembaban kulit

Selain efeknya pada jerawat dan peradangan, mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit Anda juga dapat membantu menjaganya tetap terhidrasi.

Sebuah penelitian pada pasien dengan kulit kering ringan hingga sedang dengan membandingkan efek antara minyak kelapa dengan minyak mineral yang sering digunakan untuk merawat kulit kering.

Setelah dua pekan, didapati bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit secara signifikan dan sama efektifnya dengan minyak mineral.

Minyak kelapa juga terbukti dapat membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 52 orang dewasa yang memiliki penyakit eksim mengungkapkan bahwa mengoleskan minyak kelapa dapat membantu mengurangi kulit kering, selain membantu mengobati eksim.

Penelitian lainnya juga menemukan hasil yang serupa, dan menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan tingkat keparahan eksim hingga 68%.

Ini berarti secara signifikan lebih efektif daripada minyak mineral dalam pengobatan eksim.

Menjaga hidrasi kulit dengan menggunakan minyak kelapa murni dapat membantu mempertahankan fungsi kulit, menjadi barrier untuk mencegah bakteri, mempercepat proses penyembuhan bekas luka dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Penggunaan Minyak Kelapa Untuk Kulit Berminyak

Manfaat virgin coconut oil untuk kulit wajah memang sangat baik, termasuk mengobati jerawat.

Namun, bagi anda yang memiliki tipe kulit berminyak, tidak disarankan untuk menggunakan minyak kelapa secara langsung, terutama jika diaplikasikan pada bagian wajah.

Apalagi jika Anda pakai sebagai masker dan mendiamkannya semalaman pada kulit wajah Anda.

Karena minyak kelapa memiliki sifat komedogenik, minyak kelapa memiliki potensi untuk menyumbat pori-pori, terutama pada jenis kulit berminyak.

Hal ini mungkin dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah anda, seperti timbulnya komedo dan jerawat.

Oleh karena itu, penggunaan minyak kelapa lebih cocok bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering atau kulit normal-kering.

√ Manfaat VCO Untuk Kulit
√ Views 162 / Article 122 / Posted 14-Jun-2022 / Updated 15-Jun-2022

Sumber referensi:

[1] www.healthline.com/.../coconut-oil-on-face-overnight

[2] www.healthline.com/.../coconut-oil-and-skin

[3] www.medicalnewstoday.com/.../coconut-oil-good-for-skin

Warning Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata, tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau ahli kesehatan keluarga Anda.

KHT Terkait

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Warning Copyright Disclaimer:

Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan tanpa menyertakan link sumber kami.

Pelanggaran terhadap hal diatas akan mendapat pengaduan ke layanan Google DMCA