Tahun pertama di bisnis network marketing kadangkala merupakan saat yang sangat menjemukan. Orang yang sukses di bisnis ini adalah mereka yang survive tetap bertahan ketika orang lain meninggalkan bisnis network marketing.

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Id418 4 min read 16-04-22 8109

Ini Ciri Mereka Yang Akan Sukses di Jaringan HNI

Orang yang survive dimasa pertama ini akan membawa mereka pada kesukesan yang lebih menakjubkan.

Mundur adalah hal yang banyak terjadi dalam bisnis jaringan. Tetapi jarang ditemukan orang yang terus menerus bekerja dalam bisnis network ini, yang akhirnya tidak mencapai KESUKSESAN.

Jadi bila Anda terus menerus berjalan dalam bisnis jaringan, maka ujungnya akan ditemukan kesuksesan. Ini fakta yang tidak terbantahkan.

Para LEADER yang saat ini duduk di puncak singgasana menjadi saksi hidup akan kebenaran teori ini. Mereka tidak berhenti ditengah jalan. Terus bekerja secara istiqomah.

Dalam bisnis jaringan ini, termasuk bisnis HNI, Anda gigih atau Anda binasa. Berhenti adalah cara yang pasti untuk gagal total. Bertahan dalam 1 tahun pertama memberi Agen baru dasar yang kokoh untuk sukses.

Analisis kami memperlihatkan bahwa 95% dari mereka yang bertahan selama 10 tahun dalam bisnis networking menjadi kaya melebihi harapan terliar mereka.

Mereka yang bertahan dan gigih ini telah memperoleh balasan antara lain sebagai berikut:

  • Kebebasan finansial (financial freedom): memiliki kemampuan secara keuangan untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat.
  • Kebebasan waktu luang, yaitu memiliki seluruh waktu bebas untuk melakukan hal-hal yang penting bersama orang-orang tercinta.

Financial freedom
Image source istock photo

Tahun Pertama Sering Bertemu Jalan Buntu

Bukan hanya agen baru, orang-orang yang sukses dalam bisnis networking pada tahun pertama seringkali menemui jalan buntu dan mempertimbangkan untuk berhenti.

Sebagian mereka kehilangan antusiasme yang sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan.

Sekali orang kehilangan rasa antusiasme, maka segera kegembiraan dalam berbisnis ini akan sirna dan akan mengalami bulan-bulan yang berat.

Dan segera jaringan dibawahnya akan kehilangan energi untuk bergerak. Kondisi ini sangat membahayakan hingga muncul pepatah: "Lebih mudah melahirkan agen baru daripada menghidupkan jaringan yang sudah ada".

Maka hati-hatilah jika Anda melemah atau kehilangan antusiasme. Deteksilah kedatangan virus ini sebelum menjadi lebih parah.

Menikmati Proses Bisnis Network Tanda Akan Sukses

Upline saya mengatakan sebuah petuah yang tidak pernah saya lupakan hingga hari ini:

"Jika Anda menikmati menjalankan bisnis ini, berarti Anda sudah berada pada jalur yang benar".

"Jika Anda menjalankannya dengan senang dan selalu tersenyum, walaupun mengalami keletihan fisik, itu tandanya kesuksesan sudah bersiap menyambut Anda dengan tangan terbuka".

Sebaliknya jika Anda menjalankan bisnis ini dengan rasa berat, menderita, terpaksa, maka Anda tidak akan sukses. Jika masih mengalami hal ini, segera datangi upline leader Anda.

Tanyakan hal-hal yang masih membuat Anda ragu. Selesaikan masalah-masalah Anda dan serap antusiasme dari dirinya.

Down -> UP atau

Up -> DOWN

Ada pepatah bagus dalam bisnis ini:

  • Kalau Anda sedang Down: UP.
  • Dan kalau Anda sedang Up: DOWN.

Maksud singkatnya seperti ini, ketika Anda sedang melemah (down), maka datangilah UP-line Anda untuk menyembuhkan virus berbahaya ini.

Tapi ketika Anda sedang antusias semangat (up) maka datangilah DOWN-line Anda untuk menularkan semangat Anda kepada merea semua.

Tahun Pertama Yang Penuh Tantangan

Naik eskalator
Image source istock photo

Tahun pertama dalam bisnis network marketing ini bukan saja penuh tantangan, tapi lebih menyerupai medan perang.

Semua ini adalah tentang bagaimana untuk tetap bertahan hidup (survive) di tengah-tengah mayoritas mengalami kegagalan yang menyebar.

Seorang Agen bahkan tidak merasakan bahaya yang akan terjadi, dan kemudian tiba-tiba disergap dan kehilangan seluruh aset jaringan downline.

Dengan memahami karakter bisnis network di tahun pertama, berarti Anda sudah dapat melihat musuh sejak awal dan tidak akan membiarkannya mengendap-endap untuk menyerang saat Anda lemah.

Yang lebih penting saat pertempuram ini berlangsung Anda sudah dibekali dengan keterampilan dan perlengkapan yang diperlukan untuk memenangkan setiap pertempuran dan tetap bisa bertahan di tahun pertama.

Dalam kaitan dengan Bisnis HNI sebagai salah satu bisnis jaringan, keterampilan dan perlengkapan apa yang Anda perlukan?

Minimal Anda harus menguasai hal-hal dasar berikut:

Apa itu CaKeB HNI HPAI? CaKeB merupakan akronim dari Cara Kerja Benar. Ini salah satu idiom yang sangat mashur di HNI HPAI. Baca penjelasannya pada link berikut ini ya.

Beratnya pertempuran ditahun pertama bisa diibaratkan menaiki escalator yang menurun. Anda harus berlari kencang lebih kuat dari menurunnya escalator tersebut.

Jika Anda berhenti maka Anda akan segera meluncur ke bawah. Tapi jika Anda sudah bisa selamat dalam tahun pertama ini, segala sesuatunya akan terasa lebih ringan.

Dorong mobil mogok
Image source istock photo

Atau bisa diibartkan seperti mendorong mobil mogok.

Anda akan merasakan beban yang berat ketika mobil masih dalam kondisi berhenti. Dan berangsur semakin ringan ketika mobil mogok mulai berjalan.

Namun hati-hati, jika mobil kembali berhenti Anda akan mengalami beban berat kembali seperti semula. Mobil yang Anda dorong semakin kencang akan terasa semakin ringan.

Dan pada akhirnya ketika mobil sudah bisa hidup dan melaju sendiri, Anda bisa bebas beristirahat.

  • Disarikan ulang dari Info HPAI Edisi 19 Oktober 2014
  • Ditulis oleh: H.Agung Yulianto, SE, Ak, M.Kom
  • Presdir PT.HPAI

Potensi bisnis networking sangat luar biasa, sehingga ini merupakan model bisnis yang benar-benar harus Anda perjuangkan untuk masa depan Anda dan keluarga tercinta.

Ayo mulai bergerak dan terus bergerak. Menghidupkan bisnis HNI sangat mudah, cukup lakukan PCA setiap hari minimal 20kali.

Mau sukses di bisnis networking?