Manfaat Deep Squa HNI HPAI berasal dari kandungan squalene yang berguna untuk mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Deep Squa HPAI

Id199 Postby Admin 05-12-23 1598 Minyak Ikan

Squalene sendiri merupakan senyawa golongan Triterpenoid yang dihasilkan secara in vivo oleh hati manusia sebagai prekursor sintesis kolesterol.

Seperti kebanyakan senyawa terpene lainnya, squalene bisa terlarut dalam lemak.

Mirip sebagaimana kolesterol, squalene disekresikan melalui kulit serta berperan penting sebagai Skin Surface Lipid (SSL) dalam menjaga tubuh dari lingkungan luar.

Kandungan squalene bisa dengan mudah ditemukan secara alami, namun paling banyak dijumpai antara lain pada:

Pada minyak zaitun terdapat kandungan squalene sekitar 3,6 mg hingga 9,6 mg, dimana angka kandungan ini kemungkinan tidak terpengaruh dalam pemrosesan minyak zaitun extra virgin.

Adapun pada minyak hati ikan hiu, menurut Mathews J  dipercaya memiliki kandungan sebesar 40% dari beratnya.[1]

Antioksidasi Squalene

Para ahli meyakini bahwa squalene memiliki sifat sebagai antioksidan.

Pada riset eksperimental in vitro memberikan bukti bahwa squalene merupakan agen yang mampu membersihkan oksigen sangat efektif.

Pasca pengkondisian stres oksidatif seperti terkena paparan sinar matahari langsung.

Squalene berfungsi sebagai pemadam oksigen singlet yang cukup efisien serta mampu mencegah peroksidasi lipid pada permukaan kulit manusia.

Kohno et al dalam penelitiannya menemukan bahwa konstanta laju memadamkan oksigen tunggal pada permukaan kulit manusia oleh squalene ternyata jauh lebih besar daripada lipid lainnya.

Squalene juga tidak terlalu rentan terhadap peroksidasi serta cukup stabil dari serangan radikal peroksida, menurut Kohno.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa keberadaan squalene yang memadai pada kulit manusia bisa menghambat reaksi berantai peroksidasi lipid.

Hasil ini menjadi rujukan bahwa boleh jadi fungsi squalene dalam meminimalkan iritasi pada kulit adalah dengan menekan produksi O2 yang bergantung pada perbedaan tindakan superoksida dismutase.

Aktivitas Antikanker

Para peneliti pada awalnya tertarik meneliti squalene karena menemukan bahwa pada ikan hiu tidak terpapar kanker karena adanya jumlah squalene yang tinggi pada jaringan lemaknya.

Kemungkinan hal inipun memiliki peran penting dalam menurunkan tingkat kanker pada mereka yang melakukan diet Mediterania.

Mediterranean Diet merupakan satu jenis diet modern yang digunakan untuk menggantikan cara diet tradisional karena dinilai membawa dampak negatif bagi pelaku.id.wikipedia.org

Ada teori yang mengatakan bahwa mekanisme aksi squalene sebagai anti-karsinogenik adalah dengan melakukan penurunan level farnesyl pirofosfat didalam sel, di mana prenilasi FPP diperlukan untuk aktivasi onkogen.

Sebuah konsep yang direkomendasikan dalam mengurangi risiko kanker tanpa merubah jalur biochemicular normal secara drastis.

Mekanisme anti kanker yang sudah disimpulkan agar efektif adalah dengan meningkatkan kadar squalene dalam tubuh, mengirimkan hambatan melalui negative feedback ke enzim HMG-CoA, dengan kondisi tersebut sintesis FPP akan lebih sedikit.

Model mekanisme atau teori tersebut diatas berarti bisa untuk perlindungan pada payudara, pankreas, karsinoma usus besar, serta tumor serupa yang berkaitan dengan proses mutasi onkogen.

Selain mekanisme utama diatas, squalene juga bisa bersifat sebagai penangkal radikal bebas, kemungkinan bisa meningkatkan efek anti-karsinogenik dari obat yang dikonsumsi selama perawatan kanker.

Serta mengindikasikan adanya sinergi dalam melawan kanker dengan asam oleat (unsur lain minyak zaitun).

Squalene melalui pengujian metabolit toksis beracun memberikan harapan bisa mengurangi efek samping yang diinduksi kemoterapi, walaupun belum ada penelitian secara langsung untuk hal ini.

Manfaat Deep Squa HPAI

Ikan hiu botol deep squaImage source istock photo kredit Istock

Berikut ini adalah manfaat Deep Squa HPAI yang dinukilkan dari Open AI terkait dengan kandungan Squalene antara lain:

Bersifat Antioksidan

Squalene adalah antioksidan yang kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan berperan dalam membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Antiinflamasi

Squalene juga memiliki sifat sebagai agen antiinflamasi, yang membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Ini bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kronis, seperti arthritis, asma, dan penyakit autoimun.

Menjaga kesehatan kulit

Squalene ditemukan di dalam minyak alami di kulit manusia dan membantu menjaga kelembaban kulit.

Hal ini membantu menjaga kulit tetap lembut dan sehat, dan juga membantu mencegah penuaan dini.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Squalene bisa digunakan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat produksi antibodi.

Ini membantu melawan infeksi dan penyakit, serta membantu meningkatkan respons tubuh terhadap vaksin.

Menjaga kesehatan jantung

Para ahli juga percaya bahwa squalene telah dikaitkan dengan meningkatkan kesehatan jantung.

Klaim teori ini bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Squalene dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh sehingga baik untuk penderita gangguan pencernaan atau kesulitan dalam menyerap nutrisi dari makanan.

Penutup

Demikian penjelasan manfaat Deep Squa HPAI yang diambil dari kandungan squalene.

Sebelum menggunakan squalene untuk program pengobatan Anda, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau terapist.