Cabai jawa dan 11 manfaatnya untuk vitalitas, mengatasi gangguan kesehatan seperti sakit perut, masuk angin, ber-beri, rematik, kolera, darah rendah, influensa dll

Manfaat Cabai Jawa Bagi Kesehatan

Id59 Postby Admin 30-09-23 2110 Cabe Jawa

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa tanaman ini adalah Cabai Jawa. Ya, karena memang bentuknya beda dengan cabe yang biasa digunakan oleh masyarakat.

Meskipun namanya CABE, tapi cabai Jawa bukanlah cabai yang biasa dipakai untuk membuat sambal atau bumbu masakan.

Tanaman Cabai Jawa ternyata tumbuhnya memanjat, daunnya seperti sirih namun agak panjang. Buahnya lonjong dengan panjang antara 3-6 cm.

Baca juga: Apa itu propolis dan manfaatnya bagi kesehatan Anda pada link ini.

Ketika masih muda buah ini berwarna hijau, lama kelamaan berubah kuning dan ketika masak warnanya menjadi merah. Ketika sudah mulai dikeringkan warnanya berubah coklat kehitaman dengan berbintil-bintil.

Tanaman Cabai Jawa atau dalam bahasa latin disebut dengan Piper retrofractum Vahl merupakan sejenis rempah yang masih memiliki kekerabatan dengan lada dan kemukus. [1]

Cabai Jawa termasuk dalam suku sirih-sirihan atau Piperaceae.

Nama lainnya adalah cabai jamu, cabe jawa atau cabai saja, meskipun penyebutan terakhir ini akan rancu dengan cabai yang sekarang lebih populer, Capsicum annuum.

Baca juga: manfaat Minyak Herba Sinergi untuk jerawat, ternyata ini...

Nama daerah lain adalah cabbhi solak atau cabbhi alas (Madura) dan cabia (Sulawesi).

Cabai Jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia ini pada saat ini lebih populer sebagai tanaman obat.

Biasa tumbuh dipekarangan rumah dan di hutan-hutan sekunder dataran rendah (hingga 600m di atas permukaan laut).

Cabai Jawa
images source: republika.co.id

Kandungan Zat Aktif Cabai Jawa

Cabai jawa / Cabe jawa merupakan salah satu tanaman yang diketahui memiliki efek stimulan terhadap sel saraf sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh. [2]

Bagian yang dimanfaatkan sebagai afrodisiaka adalah buahnya dan diduga senyawa aktif yang berkhasiat afrodisiaka di dalam buah nya adalah senyawa piperine.

Truson HNI HPAI mengandung cabai jawa untuk membantu meningkatkan vitalitas pria dewasa.

Efek hormonal dari tanaman Cabe Jawa ini dikenal sebagai afrodisiaka.

Berdasarkan penelitian secara ilmiah, cabe jawa digunakan sebagai afrodisiaka karena mempunyai efek androgenik, untuk anabolik, dan sebagai antivirus.

Dari suatu tinjauan pustaka dikatakan bahwa secara umum kandungan kimia atau senyawa kimia yang berperan sebagai afrodisiaka adalah turunan steroid, saponin, alkaloid, tannin dan senyawa lain yang dapat melancarkan peredaran darah.

Cabe jawa (Piper retrofractum Vahl) cukup aman, mempunyai efek androgenik dan meningkatkan kadar hormon testosteron.

Ekstrak cabe jawa ini mempunyai prospek positif untuk dapat dikembangkan menjadi fitofarmaka androgenik melalui berbagai aspek penelitian secara klinik.

Cabe jawa memiliki khasiat yang memberikan memberikan stimulant energy dalam aktivitas fisik.

Hal tersebut terbukti bahwa atlet yang meminum ekstrak cabe jawa memiliki energy lebih dibandingkan atlet yang tidak meminum ekstrak cabe jawa dalam aktivitas olahraga, setelah dilakukan tes dengan aktivitas fisik olahraga tredmill.

Khasiat dan manfaat Cabai Jawa sbb :

Fakta Unik Cabai Jawa

Selain bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai obat herbal oleh manusia, ternyata tanaman Cabai jawa bermanfaat juga untuk ekosistem.

Mau tahu?

Berkhasiat sebagai Insektisida:

Cabai Jawa bisa dijadikan sebagai bahan insektisida nabati yang bersifat racum bagi serangga pengganggu:

  • Formula insektisida nabati berasal dari campuran Cabai Jawa atau P. Retrofractum yang diekstrak ditambah dengan Srikaya (Annona squamosa) diklaim cukup efektif dalam upaya menekan persentase kehilangan hasil tomat dan juga serangan Helicoverpa armigera.
  • Fraksi heksana cair, fraksi III VLC-EtOAc, dan ekstrak metanol langsung Cabai Jawa aktif sebagai racun perut terhadap larva Crocidolomia pavonana.
  • Ekstrak Aglaia odorata dan P. retrofractum pada konsentrasi 0,5% dan 1% dapat mematikan rayap tanah hingga lebih dari 80% dan menunjukkan kamampuan penetrasi lapisan tanah oleh rayap sebesar 0%.
  • Cabai Jawa memiliki keaktifan juga dalam perlakuan benih. Perlakuan serbuk cabai jawa dan penjemuran terbukti efektif dalam menghambat perkembangan Callosobruchus maculatus serta tidak menurunkan daya kecambah benih kacang hijau.
  • Serbuk cabe jawa dan merica serta penjemuran selama satu minggu, yaitu dapat menghambat perkembangan hingga lebih dari 90%.

Berkhasiat sebagai Fungisida:

Fungsi lainnya adalah sebagai penghambat tumbuhnya jamur. Piper retrofractum secara in vitro dan in vivo dapat menekan perkembangan cendawan terbawa benih padi dan kedelai.

IN VITRO : berada diluar sel hidup (lingkungan) sedangkan IN VIVO berada dalam sel atau jaringan hidup [3]