Beda Squalene dan Squalane ternyata hasil dari hidrogenasi dari senyawa organik yang sering ditemukan pada tumbuhan, hewan, bahkan manusia sendiri secara .. doc HNI Pioneer.

√ Post 05-12-23 by (Id213)
√ 1377 views
√ CLOUD Minyak Ikan

Beda Squalene Dan Squalane

Squalene dan Squalane, dua istilah ini sangat mirip, sehingga orang tidak begitu peduli dengan kata squalene (dengen huruf e) atau squalane (dengan huruf a), selalu menisbahkan kepada hal yang sama.

Padahal kedua kata ini memiliki pengertian yang berbeda meskipun merujuk pada zat yang sama.

Menurut healthline.com, SQUALENE (pakai huruf e) merupakan lipid yang secara alami diproduksi oleh sel kulit dalam tubuh.

Namun demikian seiring bertambahnya usia seseorang, maka produksi squalene ini akan cenderung turun.[1]

By the way apa itu LIPID?

Lipid merupakan molekul alami yang berkelompok meliputi antara lain lemak, lilin, sterol, vitamin yang bisa larut pada lemak, monogliserida, digliserida, trigliserida, fosfolipid, dan lain-lain .

Lipid memiliki fungsi biologis untuk tempat penyimpanan energi, pemberi sinyal tertentu, serta berlaku sebagai komponen dalam membangun membran sel.[2]

Squalene

Menurut wikipedia, squalene adalah senyawa organik yang biasa dijumpai pada tumbuhan, hewan dan manusia.

Squalene disintesis secara alami di dalam organ hati, kemudian dialirkan di dalam darah. Squalene juga ditemukan pada sidik jari manusia.

Puncak produksi squalene pada tubuh manusia sebagai pelembab alami terjadi saat remaja, kemudian mulai turun pada usia 20-tahunan atau 30-an.

Pada rentang usia tersebut biasanya kulit akan menjadi lebih kering dan kasar.[1]

Squalene tidak hanya diproduksi oleh tubuh manusia, karena pelembab alami inipun bisa dihasilkan dari buah zaitun, dedak padi juga tanaman tebu.

Serta sudah tentu ditemukan dengan jumlah yang besar pada hati ikan hiu.

Squalene yang berasal dari hewan dan tumbuhan tidak stabil bila dipakai dalam produk skincare, sebab pada saat terpapar oksigen, senyawa ini bisa cepat rusak dan berubah menjadi tengik.

Oleh karena itu squalene harus dihidrogenasi terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan pada produk kecantikan dan perawatan kulit.

Squalane

Squalane terbuat dari minyak ikan hiu dengan proses hidrogenasi senyawa squalene.

Hidrogenasi Squaleneimage source istoch photo kredit zorazhuang

Wikipedia menjelaskan bahwa, squalane adalah sebuah hidrokarbon tak berwarna yang merupakan turunan terhidrogenasi dari squalene.

Squalane merupakan bahan dasar pada banyak produk skincare dan sudah dirubah menjadi bentuk yang lebih stabil dari squalene.

Sebelum aplikasi ke kulit, squalene (belum stabil) harus dihidrogenasi menjadi squalane (pakai a) menjadi molekul yang stabil.

Hidrogenasi (digabungkan dengan hidrogen) adalah proses mengubah squalene dari minyak tak jenuh menjadi minyak jenuh squalane.

Setelah melalui proses hidrogenasi, squalane oil bisa lebih stabil dan aman dioleskan ke kulit.

Proses hidrogenasi juga membantu squalane oil agar bisa disimpan dan digunakan lebih lama dalam produk skin care.

Hasil hidrogenasi inilah yang kemudian disebut dengan squalane (pakai huruf a) menjadi bentuk molekul yang lebih stabil..

Hidrogenasi sendiri merupakan proses merubah squalene dari minyak tak jenuh untuk kemudian menjadi minyak jenuh (squalane).

Adanya proses hidrogenasi akan membuat squalene menjadi minyak yang lebih ramah kulit dan membantu memperpanjang masa pakai.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan antara squalene dengan squalane, sebagai nama yang banyak digunakan pada kosmetik.