Home Join Login + MENU

Ini Keistimewaan Buah Zaitun

Sebagai Makanan Obat Stroke Hingga Anti Depresi

KHT / 81 / Keistimewaan Buah Zaitun

buah zaitun matangImage source istock photo

Ini keistimewaan yang dimiliki buah zaitun sebagai buah yang diberkahi dalam quran sangat baik untuk kesehatan tubuh sebagai obat anti stroke hingga anti stress.

Artikel sebelumnya:

Tidak bisa diragukan lagi bagi kesehatan. Buah yang namanya telah tertulis dalam Al-Quran ini merupakan buah yang banyak sekali manfaatnya, baik dari segi kesehatan maupun dipergunakan untuk kecantikan.

Buah ini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat baik lokal ataupun internasional. Buah ini dapat digunakan saat sudah diolah menjadi minyak zaitun atau biasa disebut (Extra Virgin Olive Oil).

Zaitun adalah buah yang memilik keistimewaan karena pernah disebutkan dalam Al-Quran serta memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak bagi manusia.

Umumnya, manfaat minyak zaitun ini dipakai untuk perawatan kulit dan kecantikan, perawatan rambut rontok, minyak untuk memasak, dan masih banyak lagi.

Manfaat dari buah zaitun ini juga bisa digunakan dengan dikonsumsi secara langsung, tanpa diolah menjadi minyak zaitun terlebih dahulu.

Dengan segudang kandungan nutrisi di dalam buahnya, maka tidak diragukan lagi akan manfaat yang banyak sekali dalam buah zaitun dalam pengobatan kesehatan dan kecantikan.

Minyak zaitun juga memiliki banyak jenisnya, adapun minyak zaitun ekstra virgin olive memang lebih pahit.

Namun, rasa pahit tersebut menunjukan kualitas terbaik, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Minyak zaitun ini dikatakan minyak yang serbaguna. Karena manfaat kandungannya yang beragam, mulai dari menjaga kesehatan hingga memberikan nutrisi untuk kulit.

Buah zaitun
image source istock photo

Apakah Keistimewaan Buah Zaitun?

Ini dia penjelasannya.

Buah ini pernah disebutkan dalam Al-Quran dan diabadikan dalam QS At-Tin ayat 1-3.

"Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit Sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."

Selain itu, buah zaitun juga disebutkan dalam QS An-Nur ayat 35, QS Al-Mukminun dan hadits nabi.

Penyebutan buah zaitun dalam Al-Quran ini tentu memiliki keistimewaan tersendiri yang luar biasa.

Dan saat ini keistimewaan tersebut sudah banyak dibuktikan dengan fakta menakjubkan penggunaan buah zaitun yang diekstrak minyaknya dalam ragam pengobatan.

Manfaat Buah Zaitun

Berikut ini beberapa manfaat buah zaitun yang dinukilkan dari liputan6: [1]

Melindungi organ jantung

Organ jantung icon
image source: istock photo

Organ jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh dan merupakan organ tubuh yang penting.

Pola Diet Mediterania yang sering menambahkan minyak zaitun dalam hidangan makanannya ternyata mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Khasiat minyak zaitun dalam melindungi organ jantung dikarenakan efeknya dalam :

  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah penggumpalan pada darah
  • Menjaga dinding pembuluh darah
  • Menurunkan peradangan
  • Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal

Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat buah zaitun lainnya adalah mampu untuk menjaga dan menyehatkan sistem perncernaan.

Hal ini dikarenakan buah zaitun ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas yang menjadi penyebab terjadinya gangguan sistem pencernaan.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kanker
image source istock photo

Manfaat yang tidak kalah penting dari buah zaitun ini yaitu mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Dengan kandungan zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut lutein, membuat buah zaitun dapat menghancurkan radikal bebas didalam tubuh yang menyebabkan kanker.

Dengan mongonsumsi buah zaitun, siklus hidup sel kanker dapat terganggu. Karena itulah buah zaitun bisa mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Mencegah infeksi

Manfaat lain dari buah zaitun adalah bisa mengatasi dan mencegah infeksi yang menyerang tubuh.

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang sangat banyak dari buah zaitun ini, seperti hyroxytyrosol, tyrosol, quercetin, asam oleonalik, dan oleuropein.

Dengan kandungan-kandungannya tersebut, buah zaitun dapat mengurangi risiko kerusakan oksidatif dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Menjaga kesehatan tulang

Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, maka Anda bisa menghindari osteoporosis yang bahkan bisa berlanjut dengan risiko terjadinya patah tulang.

Mengobati asma

Asma
image source istock photo

Kandungan nutrisi yang ada dalam buah zaitun ini sudah barang tentu merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Tubuh.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun mampu membantu kamu untuk terhindar dari asma. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah zaitun secara rutin setiap harinya.

Membantu mengobati anemia

Mengonsumsi buah zaitun atau minyak zaitun mampu untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh baik untuk penderita anemia.

Hal ini terjadi karena tingginya jumlah zat besi yang ada dalam buah zaitun. Buah zaitun juga dapat mengikat oksigen di dalam darah, sehingga membuat kamu menjadi lebih sehat.

Mencegah penuaan dini

Minyak zaitun ternyata bisa juga untuk menghambat proses penuaan dini lho, atau berperan sebagai agen antiaging.

Anti oksidan yang terkandung dalam buah zaitun tidak hanya bisa mencegah kanker, namun juga bisa mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat minyak zaitun yang satu ini tentunya sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat. Minyak zaitun adalah salah satu daftar makanan sehat yang boleh dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Mengurangi resiko depresi

Depresi
image source istock photo

Sebuah penelitian telah mengemukakan bahwa salah satu manfaat dari mengonsumsi minyak zaitun mampu untuk menurunkan risiko depresi.

Lemak trans ini yang diyakini sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami depresi atau stress.

Kandungan Zat Aktif Buah Zaitun

Buah Zaitun yang kondisinya telah matang biasanya akan memiliki kandungan: 80% air 15% minyak 1% protein 1% karbohidrat 1% serat.[2]

Untuk menghasilkan buah yang bisa diproduksi menjadi minyak, pohon zaitun setidaknya sudah harus berumur antara 15 hingga 20 tahun.

Buah zaitun telah diolah menjadi minyak, akan menghasilkan kandungan asam lemak sbb:

  • Omega 9 sebanyak 79%
  • Asam palmitrat / asam lemak jenuh 11%
  • Asam linoleat atau omega 6 sebanyak 7%
  • Asam stearat 2%
  • Lain-lainl sebanyak 1%

Dalam setiap 1 sendok minyak zaitun memiliki kandungan Lemak jenuh dan Asam lemak tak jenuh. Adapun Asam lemak tak jenuh yang paling banyak dikandung berupa asam oleat yaitu sebanyak 55-83%

Konsumsi minyak zaitun beberapa negara didunia:

  • Yunani 23,7 kg
  • Spanyol 13,62kg
  • Italia 12,35kg
  • Tunisia 11,1 kg
  • Portugal 7,1 kg
  • Syiria 7 kg
  • Maroko 1,8 kg
  • Perancis 1,34kg
  • Turki 1,2kg
  • dan Amerika 0,56kg

Mereka para penikmat minyak zaitun biasanya mengonsumsi dengan cara dicelupkan pada roti, atau nasi sebelum dimakan.

Lalu ada pertanyaan, mengapa orang Indonesia banyak yang mengidap penyakit stroke?

Salah satu sebabnya karena budaya konsumsi minyak zaitun sangat jarang atau tidak ada.

Di negara Turki mereka juga jarang melakukan olahraga dan banyak yang gemuk atau obesitas. Namun faktanya mereka jarang yang terserang stroke.

Kuncinya apa?

Sebab disana sudah membudaya konsumsi zaitun dalam menu sehari-hari, biasanya sebanyak 2-3 sendok sekali makan.

Efek Samping Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat aman bila diminum dengan tepat atau dioleskan ke kulit. [3]

Minyak zaitun dapat digunakan dengan aman sebagai 14% dari total kalori harian (sekitar 2 sendok makan / 28 gram setiap hari).

Minyak zaitun yang diminum dapat ditoleransi dengan baik meskipun dapat menyebabkan mual pada sejumlah kecil orang.

Ketika dioleskan pada kulit, pernah ada laporan terjadi respon alergi yang tertunda dan dermatitis kontak. Ketika digunakan di dalam mulut setelah perawatan gigi, mulut mungkin terasa lebih sensitif.

Tidak ada informasi yang dapat dipercaya yang cukup tentang keamanan penggunaan minyak zaitun. Hingga saat ini belum ada efek samping yang signifikan dalam studi klinis.

Produk Minyak Zaitun HNI

Minyak Zaitun HNI
property HNI pioneer

Ada berapa produk HNI dengan bahan dasar buah zaitun?

Saat ini HNI HPAI telah menyediakan beberapa jenis minyak zaitun yang bisa dipilih oleh pengguna. Produk Minyak Zaitun cair dan minyak Zaitun Softgel.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan rasa minyak zaitun cair bisa beralih dengan mengonsumsi dalam bentuk kapsul softgel.

Dari segi khasiat dan manfaat relatif sama. Zaitun Softgel menjadi lebih menarik karena praktis saat dikonsumsi tanpa efek eneg.

Berikut 4 jenis produk HNI yang mengandung minyak zaitun :

Empat jenis produk minyak zaitun HNI memiliki kualitas Grade A (terbaik) sehingga in syaa Allah akan memberikan kesan pengobatan yang lebih maksimal.

Dengan kualitas terbaik, minyak zaitun HNI tetap dijual dengan harga yang wajar, murah dan terjangkau untuk banyak kalangan.

√ Keistimewaan Buah Zaitun
√ Views 742 / Article 81 / Posted 13-Aug-2020 / Updated 24-Jun-2022

Sumber referensi:

[1] https://hot.liputan6.com
[2] https://mesjidui.ui.ac.id
[3] https://www.honestdocs.id

Warning Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata, tidak ditujukan sebagai saran pengganti dokter atau ahli kesehatan keluarga Anda.

KHT Terkait

Share With Friends:
Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram

Warning Copyright Disclaimer:

Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan tanpa menyertakan link sumber kami.

Pelanggaran terhadap hal diatas akan mendapat pengaduan ke layanan Google DMCA