Meski Rasanya Yang Pahit, Sambiloto Memiliki Segudang Manfaat

Andrographis Paniculata

Manfaat dan Efek Samping Sambiloto

Deskripsi

Sambiloto ( Andrographis paniculata Nees ) merupakan tanaman obat yang memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan, salah satunya sebagai antibakteri.

Nama daerah untuk sambiloto antara lain : sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Jika berbicara mengenai ciri-ciri, daun sambiloto memiliki batang berbentuk persegi empat, mempunyai daun tunggal maupun tepi yang rata, memiliki jumlah cabang lumayan banyak, bentuknya memanjang, memiliki bunga pada ujung tangkai berwarna ungu atau putih, dan mempunyai buah berbentuk memanjang.

Penggunaan Sambiloto di masyarakat setempat saat ini mempunyai beberapa pilihan diantaranya dijadikan sebagai rebusan langsung dari daun sambiloto ataupun dengan membeli produk herbal yang mengandung sambiloto yang dijual di pasaran.

salah satu produk herbal yang didalamnya mengandung sambiloto yaitu adalah Andrographis Centella yang disenergikan dengan alang-alang dan daun pegagan sehingga menghasilkan khasiat yang sangat banyak.

Sambiloto memiliki zat aktif bernama (andrografolida). Zat ini diambil dari batang dan daun sambiloto. Meskipun rasanya yang sangat pahit, manfaat sambiloto dalam bidang kesehatan patut diperhitungkan. Sebab, zat yang didalamnya tersebut dianggap bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah serangan berbagai penyakit.

Biasanya daun sambiloto sering dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit, sebut saja kolesterol, diare, sembelit, gas usus, kolik, nyeri perut, radang tenggorokan, batuk, bengkak amandel, bronkitis, alergi, pembesaran hati, kerusakan hati karena obat, sakit kuning, pneumonia, kusta, TBC, sifilis, gonore, kolera, malaria, rabies, leptospirosis, HIV/AIDS, hingga sinusitis.

Daun Sambiloto

image source: merdeka.com

Daftar Agen HNI Cuma 10rb

Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan tubuh

Dengan rasa yang pahit menjadikan sambiloto kaya akan khasiatnya, berikut beberapa manfaat yang dapat Anda ambil dari sambiloto :

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Ekstrak tanaman ini bersifat imunostimulan, yaitu meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun. Sifat ini terutama bekerja pada infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi HIV.

    Selain itu, sambiloto dapat digunakan untuk meredakan peradangan (antiinflamasi) dan mengurangi keluhan-keluhan penyakit yang berkaitan dengan organ hati.
  • Mencegah kanker: Hasil sebuah penelitian menunjukkan, manfaat sambiloto yang kemungkinan dapat mencegah kanker. Dalam penelitian tersebut diketahui sambiloto bisa menghambat pembelahan sel kanker.

    Namun, yang perlu diingat, ini adalah hasil penelitian yang baru dilakukan di laboratorium. Sel kanker yang ada di dalam tubuh, meskipun Anda sudah mengonsumsi ekstrak sambiloto secara teratur, kondisinya bisa berbeda. Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Meringankan gejala Flu : Sebagai bentuk pengobatan, penelitian menemukan manfaat sambiloto dalam bentuk ekstrak yang dikombinasikan dengan manfaat gingseng mungkin dapat meringankan gejala Flu seperti bersin-bersin, nyeri pada tenggorokan, hidung tersumbat kemudian beringus, dan batuk-batuk.
  • Menurunkan Demam dan Panas: Demam atau panas sering kali terjadi dan bisa membuat tubuh kita menjadi lemas tidak bertenaga, untuk mengatasin hal tersebut Anda bisa menggunakan sambiloto dengan minum air putih secukupnya dan membuat ramuan sambiloto. pasalnya daun sambiloto berguna untuk mengobati atau menurunkan demam.

    Cara pengolahan sambiloto yaitu dengan menyiapkan 1 helai daun sambiloto segar setelah itu ditumbuk.

    Masukan kedalam air setengah gelas, lalu itu saring ampasnya dan bisa meminum ramuan daun sambiloto ditambah dengan madu sebanyak 3 kali sehari.
  • Sebagai obat tifus: Tifus merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri bernama salmonella typhi. Dimana, bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi.

    Gejala tifus akan dirasakan ketika 1–3 minggu terinfeksi. Adapun gejala yang dirasakan biasanya sakit kepala, diare, demam tinggi, serta sakit perut. Untuk mengobatinya, kamu bisa memanfaatkan daun sambiloto.
  • Meringankan serta Meredakan Radang Tenggorokan: Radang tenggorokan merupakan sebuah penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, tubuh panas, sulit menelan, dan lainnya. Penyebab terjadinya penyakit radang tenggorokan ini dibagi menjadi dua golongan, yaitu karena infeksi dari bakteri dan virus. Serta non infeksi yang disebabkan oleh iritan dan alergi.

    Daun sambiloto dapat meringankan serta meredakan radang tenggorokan yang dirasakan.

    Cara mengolahnya yaitu dengan membuat daun sambiloto menjadi bentuk bubuk, lalu diseduh dengan air panas. Ketika sudah hangat, Anda bisa langsung meminumnya sebanyak 3–4 kali sehari.

Kandungan Kimia [4]

Daun sambiloto memiliki rasa pahit yang khas karena beragam zat dan senyawa kimia aktif yang dikandungnya, antara lain: lactone, diterpene, dan flavonoid. Termasuk mengandung berbagai jenis flavonoid seperti: andrographolide, alkane, aldehid, deoxy andrographolide dan keton.

Kontra Indikasi

Meskipun daun sambiloto memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun pada saat konsumsi Anda harus tetap dalam dosis yang wajar. Pernah dilaporkan daun sambiloto memiliki efek samping pada sebagian penggunanya.

Konsumsi daun sambiloto ini mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi seperti diare, pening/pusing, sakit kepala/migrain, atau mempengaruhi nafsu makan. Konsumsi dalam jangka panjang juga tidak direkomendasikan karena bisa berakibat buruk yang memicu gangguan pada kelenjar getah bening.

Oleh sebab itu biasakan konsumsi sambiloto secara bijaksana sesuai dosis dan takaran yang telah ditentukan sehingga memberikan manfaat yang lebih maksimal bagi kesehatan tanpa menimbulkan efek samping.

Meski Rasanya Yang Pahit, Sambiloto Memiliki Segudang Manfaat
Views: 4.096

Share FaceBook Share Twitter Share Pinterest Share Telegram Share Linkedin

Produk HNI Mengandung Sambiloto:

Andrographis Centella

ANDROGRAPHIS CENTELLA

Harga Konsumen : 85.000
Terjual : 324 bh


Biosir

BIOSIR

Harga Konsumen : 90.000
Terjual : 214 bh


Carnocap

CARNOCAP

Harga Konsumen : 120.000
Terjual : 292 bh


Diabextrac

DIABEXTRAC

Harga Konsumen : 130.000
Terjual : 259 bh


Madu S Jaga

MADU S JAGA

Harga Konsumen : 120.000
Terjual : 471 bh


Minyak Herba Sinergi

MINYAK HERBA SINERGI

Harga Konsumen : 45.000
Terjual : 2.919 bh


N-Green

N-GREEN

Harga Konsumen : 130.000
Terjual : 186 bh


Andrographis Centella : 85.000
Biosir : 90.000
Carnocap : 120.000
Diabextrac : 130.000
Madu S Jaga : 120.000
Minyak Herba Sinergi : 45.000
N-Green : 130.000

TOTAL : 720.000 belum termasuk ongkir ke alamat tujuan.


Disclaimer