Daun Mimba memang kurang populer dalam pengobatan tradisional tanah air, namun faktanya tumbuhan ini sudah sejak lama diambil manfaatnya dalam terapi .. doc HNI Pioneer.

√ Post 04-12-23 by (Id84)
√ 1891 views
√ CLOUD Daun Mimba

Manfaat Daun Mimba

Mungkin nama dari daun yang satu ini masih janggal di telinga Anda atau baru mendengar saat ini.

Namun khasiat dari daun sehat yang dikenal dengan sebutan Neem atau Mimba ini memiliki beragam manfaat sehat yang menguntungkan tubuh.

Tumbuhan Mimba atau dengan nama latinnya (Azadirachta indica) ini adalah tanaman asli yang berasal dari negara yang memiliki Taj Mahal.

Tanaman ini sering dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sejak dahulu kala, ekstrak daun mimba sudah digunakan dalam dunia medis tradisional.

Meski rasanya yang sangat pahit dan sulit dihilangkan setelah dikonsumsi, daun mimba kaya akan manfaat yang dapat kamu jadikan obat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit di tubuh.

Daun sehat ini mengandung zat azadirachtin, yang bersifat anti-mikroba serta berkualitas antiseptik.

Zat tersebut dapat mencegah pertumbuhan mikroba dan juga bersifat anti-inflamasi yang efektif mengatasi rasa sakit pada sendi.

Bahkan sebuah studi ilmiah mengungkap kemampuan daun mimba ini untuk mengurangi iritasi dan menurunkan rasa sakit pada saluran usus.

Kandungan polisakarida dalam daun mimba juga dijadikan sebagai bahan perawatan kebersihan gigi dan mulut untuk mencegah infeksi di rongga mulut.

Manfaat Daun Mimba

Berikut ini adalah beberapa macam manfaat dari tumbuhan mimba ini yang baik untuk kesehatan [1]

Menjaga Kesehatan Gigi

Dalam sebuah studi, sekitar 20 partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok, diminta untuk menggunakan daun mimba dan chlorhexidine gluconate untuk meningkatkan kesehatan giginya.

Catatan: Chlorhexidine gluconate adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mencegah penyakit gusi.

Hasil riset ini telah membuktikan bahwa efektivitas daun mimba dalam meningkatkan kesehatan gigi, seimbang dengan chlorhexidine gluconate.

Itulah mengapa para peneliti dalam riset tersebut merekomendasikan daun mimba sebagai obat perawatan kesehatan gigi yang lebih ekonomis.

Mencegah Sel Kanker

Sebuah riset selanjutnya yang telah diterbitkan dalam jurnal Cancer Biology and Therapy pada 2011 mengindikasikan bahwa manfaat dari daun mimba mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Untuk mencegah kanker, para peneliti percaya bahwa daun mimba bekerja dengan menghambat pertumbuhan tumor dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Umumnya, ekstrak daun mimba lah yang dikonsumsi untuk menangani kanker.

Namun perlu diingat, belum ada penelitian kuat yang mampu membuktikan kemampuan daun mimba dalam mencegah apalagi mengobati kanker.

Menghilangkan Ketombe

Manfaat selanjutnya dari daun mimba ialah mampu untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut.

Daun mimba ini menjadi bahan populer yang seringkali digunakan dalam produk sampo.

Mengapa demikian? Ya, karena daun mimba dianggap ampuh menghilangkan ketombe.

Walaupun tidak banyak penelitian yang dapat membuktikannya, tapi daun mimba memang memiliki efek anti peradangan dan antimikroba, yang membuatnya bisa mengusir ketombe.

Meningkatkan Nafsu Makan

Bukan hanya tanaman temulawak, salah satu khasiat daun mimba ini juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Anda bisa mengonsumsinya tiap hari secara rutin dengan cara direbus. Dengan begitu, nafsu makan Anda akan meningkat secara perlahan dan alami.

Mengusir Hama

Daun mimba yang sudah disulap ke dalam bentuk minyak, biasanya digunakan sebagai pengusir hama.

Biasanya, nyamuk dan kutu pasir langsung kabur setelah mencium bau minyak daun mimba.

Bahkan, beberapa produk sampo hewan, menambahkan ekstrak daun mimba ke dalam produknya, guna mengusir kutu yang biasanya hinggap di bulu hewan.

Malahan, para peternak juga meletakkan daun mimba di tempat makan hewan-hewan ternak mereka, supaya tidak ada hama dan parasit yang datang.

Mengobati Tukak Lambung

Dalam sebuah studi lainnya mengemukakan bahwa, daun mimba menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengobati tukak lambung.

Para peneliti yang terjun langsung dalam riset itu menjelaskan, ekstrak daun mimba dapat menghambat sekresi asam lambung, sehingga tukak lambung dapat dicegah.

Biasanya, daun mimba dalam bentuk ekstrak lah yang digunakan sebagai pengobatan tukak lambung.

Membasmi Kutu Rambut

Sebuah riset kecil-kecilan membuktikan kalau daun mimba bisa mengusir kutu rambut.

Dalam riset itu, anak-anak diminta untuk mandi dengan sampo berbasis daun mimba.

Hasilnya, setelah 7-10 hari, tidak ada lagi kutu pada rambut mereka.

Sayangnya, penelitian ini hanya mengikutsertakan 12 anak-anak, sehingga masih dibutuhkan penelitian dengan partisipan lebih banyak.

Kandungan Zat Aktif Daun Mimba

Daun mimba mengandung senyawa-senyawa diantaranya adalah β-sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine. [2]

Beberapa diantaranya diungkapkan memiliki aktivitas antikanker (Duke, 1992).

Daun mimba mengandung nimbin, nimbine, 6-desacetylbimbine, nimbolide dan quercetin (Neem Foundation, 1997).

Efek Samping Daun Mimba

Kendati para ahli menyatakan daun mimba aman digunakanatau dikonsumsi, ada kemungkinan reaksi alergi yang muncul, terutama kalau Anda memiliki alergi terhadapnya.

Sebelum menggunakannya, cobalah Anda mengoleskan di bagian kulit. Kemudian, tunggulah sekitar 24 jam.

Apabila ada reaksi alergi yang muncul, seperti pembengkakan, warna kulit berubah (di area yang terdampak), gatal-gatal, atau rasa tidak nyaman, bisa jadi Anda memiliki alergi terhadap daun mimba.

Para ahli menyebutkan, anak-anak disarankan untuk tidak menggunakan daun mimba, karena mereka masih sangat sensitif terhadapnya.

Kemudian, orang-orang dengan penyakit autoimun seperti lupus, disarankan untuk tidak menggunakan daun mimba, terutama mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan lithium ataupun imunosupresan.

Sebab, daun mimba berperan dalam aktivitas sistem imun di dalam tubuh, itulah mengapa orang dengan penyakit autoimun disarankan untuk tidak menggunakannya.