Andrographis HPAI kandungannya bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam mengurangi sakit kepala atau migrain dengan cara melancarkan peredaran darah dan relaksasi.

Andrographis HPAI Untuk Sakit Kepala

Id271 Postby Admin 10-12-23 670 Penyakit

Andrographis Centella HPAI merupakan herbal yang bersumber dari bahan-bahan alami memiliki peran sebagai pelindung lever.

Disamping itu juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan panas, serta penghilang rasa nyeri alami.

Andrographis HPAI Untuk Membantu Meringankan Sakit Kepala

Pada artikel kali ini saya hanya akan mengupas tentang manfaat kandungan yang ada pada Andrographis HPAI terkait dengan masalah sakit kepala.

Benarkah Andrographis HPAI dengan isi kandungannya mampu mengobati atau minimal meringankan gejala sakit kepala.

Dinukilkan dari laman nih.gov dan verywellhealth.com berikut cuplikannya.

Manfaat Daun Sambiloto (Andrographis paniculata) untuk Mengobati Sakit Kepala:

Daun sambiloto, juga dikenal dengan nama "sambilata" atau "sambilata" dalam bahasa Indonesia, merupakan salah satu tumbuhan herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa manfaat daun sambiloto untuk mengobati sakit kepala adalah:

Menguatkan sistem kekebalan tubuh:

Sambiloto mengandung senyawa aktif seperti andrografolida, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengatasi infeksi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala.

Sifat antiinflamasi:

Daun sambiloto memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di sekitar area kepala dan meredakan nyeri kepala yang disebabkan oleh peradangan.

Melancarkan peredaran darah:

Kandungan flavonoid dalam sambiloto dapat membantu meningkatkan peredaran darah di kepala dan otak, sehingga membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi.

Mengurangi stres dan cemas:

Sambiloto memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi gejala stres dan cemas, yang seringkali dapat menjadi pemicu sakit kepala.

Manfaat Daun Pegagan (Centella asiatica) untuk Mengobati Sakit Kepala:

Daun pegagan, yang juga dikenal sebagai "gotu kola," adalah tumbuhan herbal lainnya yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa manfaat daun pegagan untuk mengobati sakit kepala adalah:

Mengurangi ketegangan otot:

Pegagan memiliki sifat relaksan otot, sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot leher dan kepala yang seringkali menjadi penyebab sakit kepala tegang.

Meningkatkan sirkulasi darah:

Kandungan asiaticoside dalam pegagan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, termasuk di area kepala dan otak, sehingga membantu mengurangi intensitas sakit kepala.

Efek anti-stres:

Pegagan memiliki sifat adaptogen, yang berarti dapat membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan mengurangi dampak negatifnya, termasuk sakit kepala yang berhubungan dengan stres.

Meningkatkan fungsi otak:

Pegagan telah diteliti untuk potensinya dalam meningkatkan fungsi kognitif dan memori, sehingga dapat membantu mengurangi sakit kepala yang terkait dengan gangguan kognitif.

Dosis Minum Andrographis untuk sakit kepala

Untuk meringankan gejala sakit kepala gunakan dengan anjuran sbb:

  • Dosis: 2 x 2 kapsul
  • Tidak boleh diminum secara terus menerus lebih dari 2 pekan
  • Perbanyak minum air putih hangat
  • Cukup istirahan dan tidur pada kamar yang gelap.

Untuk hasil yang lebih baik bisa tambah dengan Gamat Kapsul dan Deep Squa 2 x 3 kapsul.

Penutup

Penting juga untuk diingat bahwa obat herbal, termasuk daun sambiloto dan daun pegagan, tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan medis yang sudah ada.

Terlbih lagi bila sakit kepala Anda adalah gejala dari kondisi medis yang lebih serius.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala atau gejala lain yang mengganggu, selalu konsultasikan dengan tenaga medis terampil untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.