7 Khasiat Bilberry untuk kesehatan mata mulai sebagai penangkal radikal bebas, meningkatkan sirkulasi darah, mendukung fungsi retina hingga menurunkan glaukoma.

Khasiat Bilberry Untuk Mata

Id884 Postby admin2 29-10-23 696 Buah Bilberry

Bilberry, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Vaccinium myrtillus, merupakan jenis buah beri kecil yang sering diabaikan namun kaya akan manfaat kesehatan, khususnya dalam merawat kesehatan mata.

Buah kecil yang serupa dengan blueberry ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah mata.

Khasiat Bilberry Untuk Kesehatan Mata

Artikel ini akan membahas berbagai khasiat bilberry untuk mata, serta dukungan ilmiah yang melatarbelakangi klaim tersebut.

1. Antioksidan Tinggi Melindungi Mata

Bilberry kaya akan antioksidan, terutama anthocyanins yang memberikan warna khas pada buah tersebut.

Antioksidan ini memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel mata dan menyebabkan degenerasi makula serta katarak.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa anthocyanins dalam bilberry memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi daripada beberapa buah dan sayuran lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah Mata

Bilberry diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, termasuk di area mata.

Flavonoid dalam bilberry dapat membantu menguatkan dinding pembuluh darah kecil di mata, sehingga dapat membantu mencegah masalah pembuluh darah yang dapat merugikan penglihatan, seperti retinopati diabetik.

3. Mendukung Kesehatan Retina

Retina merupakan bagian mata yang sangat penting dalam proses penglihatan.

Kandungan anthocyanins dalam bilberry diyakini dapat mendukung kesehatan retina dengan melindungi sel-sel saraf mata dari kerusakan oksidatif dan peradangan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menunjukkan bahwa konsumsi bilberry dapat membantu melindungi retina dari efek buruk sinar UV.

4. Menurunkan Risiko Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah masalah mata umum yang terkait dengan penuaan dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Bilberry telah dikaitkan dengan pengurangan risiko degenerasi makula.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi rutin anthocyanins dapat membantu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula terkait usia.

5. Mengurangi Kelelahan Mata

Bilberry juga dikenal dapat membantu mengurangi kelelahan mata, terutama bagi mereka yang sering bekerja di depan layar komputer atau ponsel.

Ekstrak bilberry telah digunakan dalam beberapa suplemen untuk membantu meredakan mata kering dan lelah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa suplemen bilberry dapat membantu mengurangi gejala kelelahan mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer.

6. Menjaga Kesehatan Lensa Mata

Kesehatan lensa mata juga dapat dipengaruhi oleh konsumsi bilberry.

Flavonoid dalam buah ini dapat membantu melindungi lensa mata dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan pembentukan katarak.

Studi yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan dalam jurnal Molecular Vision menunjukkan bahwa ekstrak bilberry dapat memberikan perlindungan terhadap pembentukan katarak.

7. Menurunkan Tekanan Mata

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa bilberry juga dapat membantu menurunkan tekanan mata, yang merupakan faktor risiko untuk glaukoma.

Meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami mekanisme persisnya, potensi ini menunjukkan bahwa bilberry dapat memberikan manfaat tambahan dalam menjaga kesehatan mata secara menyeluruh.

Kesimpulan

Bilberry bukan hanya sekadar buah yang lezat, tetapi juga merupakan sekutu kuat dalam menjaga kesehatan mata.

Dengan kandungan antioksidan, flavonoid, dan anthocyanins yang tinggi, buah ini memiliki berbagai manfaat yang dapat mendukung fungsi mata secara menyeluruh.

Meskipun bukan pengganti perawatan medis, mengintegrasikan bilberry ke dalam pola makan sehat dapat menjadi langkah sederhana namun bermakna untuk merawat dan melindungi kesehatan mata Anda.