Manfaat daun meniran dengan kandungan anti oksidan yang tinggi baik untuk mengobati asam lambung, kanker, kesehatan hati, hipertensi, batu ginjal, gula .. doc HNI Pioneer.

√ Post 02-09-23 by (Id106)
√ 2386 views
√ CLOUD Daun Meniran

Manfaat Daun Meniran

Manfaat daun meniran untuk asam lambung.

Salah satu manfaat yang paling menonjol dari tumbuhan herbal daun meniran adalah kemampuannya untuk mengobati asam lambung.

Meniran mampu mencegah sekresi asam lambung sekaligus memberikan rasa nyaman pada perut dan lambung.

Cek detil manfaat daun meniran untuk asam lambung pada link berikut ini.

Sebenarnya apa saja manfaat lainnya untuk kesehatan?

Ayo kupas tuntas.

Meniran merupakan sejenis tanaman liar yang banyak tumbuh di sekitar masyarakat. Sudah sejak dulu tanaman ini digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif karena begitu banyak manfaat meniran yang didapatkan.

Oleh karena itu menjadi tidak mengherankan apabila meniran dinobatkan menjadi tumbuhan kaya khasiat.

Meskipun mempunyai sebutan yang sama namun sebenarnya meniran mempunyai dua spesies berbeda, yaitu :

  • Meniran Hijau atau phyllantus Niruri L.
  • dan Meniran Merah atau phyllantus Urinaria L.

Untuk pengobatan biasanya masyarakat lebih memilih menggunakna meniran hijau.

Manfaat Daun Meniran

Daun meniran mempunyai bentuk bulat kecil, persis dengan daun putri malu.

Namun tidak ada yang menyangka bahwa manfaat meniran begitu besar untuk kesehatan terutama dalam mengobati berbagai jenis penyakit sekaligus.

Hanya saja untuk mengkonsumsinya harus ada persetujuan dokter karena bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Manfaat daun meniran mencegah penyakit kanker

Dalam tubuh semua manusia sudah terdapat sel kanker yang dibawanya sejak lahir. Namun tergantung ada sel yang aktif dan ada yang tidak.

Apabila sel kanker aktif maka akan menimbulkan penyakit mematikan seperti kanker. Oleh karenanya dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan alami seperti daun meniran. Sifat antikanker meniran dapat mencegah pertumbuhan sel baru dan bertindak sebagai sel mati yang mirip dengan kanker.

Dengan begitu sel kanker yang baru tidak akan terpicu untuk muncul atau tumbuh kembali. Hanya saja untuk manfaat ini masih dalam tahap penelitian lanjutan dan belum bisa divalidkan.

Jadi harus hati-hati ya.

Khasiat daun meniran menjaga kesehatan organ hati

Manfaat meniran yang kedua adalah dapat menjaga kesehatan hati. Daun ini mempunyai kandungan yang bernama Phyllantin.

Kandungan ini dapat menstabilkan produksi enzim dalam hati, sehingga membantu mengurangi potensi kerusakan hati.

Selain itu daun meniran juga mempunyai manfaat dapat melindungi sel-sel yang ada di dalam hati dari stress oksidatif.

Ini menjadi bukti bahwa ukuran tidak menjamin bahwa tanaman itu kaya akan khasiat dan manfaat.

Fungsi daun meniran mengobati hipertensi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 silam, daun meniran terbukti dapat meningkatkan ekskresi natrium yang ada dalam urin tikus.

Hal ini menyebabkan munculnya efek diuretic yang akan membuang kelebihan air serta garam dalam tubuh. Efek inilah yang akan membantu pengobatan hipertensi dan penyakit-penyakit lainnya.

Daun meniran kaya akan antioksidan

Antioksidan mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tubuh manusia, terutama dalam melawan radikan bebas yang menyerang. Apabila tubuh tidak kuat dengan radikal ini maka rawan terserang penyakit lain.

Untuk itulah mengkonsumsi daun meniran disarankan.

Hal ini dikarenakan meniran mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan dalam sel.

Bahkan terdapat sebuah riset yang membuktikan bahwa ekstrak dari daun meniran hijau menunjukkan adanya antioksidan yang sangat kuat.

Kegunaan daun meniran meningkatkan daya tahan tubuh

Treadmill sehat
Image source istock photo

Untuk manfaat meniran yang kelima adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada manusia. Kandungan imunomodulotor yang ada di dalam daun ini dapat membuat badan semakin sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk memperkuat informasi ini Kementerian Kesehatan Indonesia pun menganjurkan untuk menjadikan meniran sebagai salah satu obat herbal yang dikonsumsi berupa ramuan atau jamu.

Jadi memang meniran ini telah diteliti sebelumnya, oleh sebabnya pihak Kemenkes pun mengkonfirmasi.

Manfaat meniran hijau menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

Selain kegunaan diatas ternyata ada satu manfaat meniran yang sangat membantu orang yakni menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Seperti yang diketahui selain penyakit jantung dan obesitas, diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan pola hidup yang kurang sehat dan terlalu sembarangan dalam mengkonsumsi makanan membuat kada gula mereka naik. Penyakit ini sendiri dapat menyebabkan akibat yang fatal jika terlambat diketahui dan diobati.

Untuk itulah ada salah satu pengobatan alternatif alami menggunakan daun meniran.

Tanaman ini mempunyai senyawa hypophyllanthin dan phyllanthin yang dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian pun pernah dilakukan dengan eksperimen hewan.

Saat itu hewan diberikan ekstrak daun meniran. Kemudian hasil menunjukkan bahwa senyawa dan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya terbukti mampu menjaga kestabilan gula darah pengidap diabetes.

Hanya saja untuk manusia memang belum terbukti 100% jadi perlu diimbangi dengan pola hidup sehat.

Khasiat meniran hijau menyembuhkan penyakit batu ginjal

Manfaat meniran yang berikutnya adalah mampu menyembuhkan dan mengatasi penyakit batu ginjal. Khasiat yang satu ini dapat kamu peroleh dengan memakai ekstrak daun meniran lewat infus. Jadi bukan dikonsumsi secara langsung.

Menurut beberapa studi mereka yang rutin melakukan infus dengan daun menirian selama 12 minggu dapat meluruhkan batu ginjal. Bahkan batu ginjal dapat dicegah untuk kembali karena kadar asam urik dan oksalat dalam urin berkurang.

Namun tetap saja penggunaan daun meniran untuk pengobatan batu ginjal harus disertai dengan pengawasan dokter. Pasalnya jika salah perkiraan akan timbul alergi yang berakibat fatal. Oleh karenanya lakukan konsultasi terlebih dahulu.

Mampu mencegah peradangan

Daun meniran mempunyak efek seperti ibuprofen sehingga dapat membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Untuk manfaat meniran yang satu ini dapat dicoba apabila terjadi nyerti, flu, atau gangguan pada kulit yang tergolong ringan.

Manfaat daun meniran untuk asam lambung

Asam lambung
Image source istock photo

Daun meniran diklaim mampu mengurangi sekresi pada asam lambung. Kandungan efek anti inflamasi yang terdapat pada daun meniran membantu mereduksi sekresi asam lambung.

Bahkan mengonsumsi daun ini juga dapat melindungi perut dari rasa kurang nyaman akibat sekresi asam lambung.

Khasiat daun meniran dalam mencegah masuknya virus

Manfaat meniran yang terakhir adalah mampu mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menyebutkan bahwa ada empat spesies daun meniran yang dapat memerangi virus herpes dalam kultur sel.

Sementara untuk jenis infeksi yang lain seperti hepatitis B dapat diperangi oleh meniran hijau. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua jenis meniran memang terbukti ampuh dalam menangkal adanya virus berbahaya dalam tubuh manusia.

Cara Mengolah Daun Meniran

Gelas daun meniran
Image source istock photo

Pengolahan daun meniran dapat dilakukan dengan beragam cara. Tergantung dari manfaat yang ingin Anda dapatkan.

Contohnya Anda ingin menjaga kekebalan tubuh maka daun meniran dapat direbus kemudian dikonsumsi air rebusannya.

Efek samping daun meniran

Daun meniran memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun tidak disarankan dikonsumsi setiap hari cukup sekali dalam dua minggu.

Sementara itu mengkonsumsi daun ini juga dapat menimbulkan efek samping seperti:

  • Sakit perut.
  • Diare atau buang-buang air
  • Bahkan keguguran.

Oleh sebabnya daun ini tidak dianjurkan dikonsumsi untuk:

Meniran kapsul

Anda yang membutuhkan daun meniran ekstrak untuk pengobatan, bisa menggunakan salah satu produk HNI HPAI yaitu Ginextrac.

Ginextrac secara tradisional dimanfaatkan dalam membantu meluruhkan batu urin pada saluran berkemih serta melancarkan buang air kecil (BAK).

Demikian penjelasan mengenai manfaat meniran dan cara pengolahannya yang dapat Anda ketahui. Meskipun tanaman ini bukanlah tumbuhan budidaya namun tetap saja terdapat manfaat yang besar untuk kesehatan.

Hanya saja sebelum mengkonsumsi daun ini disarankan melakukan konsultasi dengan dokter.