Manfaat blueberry sebagai superfod ternyata sangat berlimpah. Bisa digunakan sebagai antioksidan, menurunkan gula darah dan diabetes, kesehatan kulit, jantung hingga kolesterol.

Manfaat Blueberry

Id103 Postby Admin 04-10-23 1193 Buah Blueberry

Blueberry merupakan buah kecil yang mempunyai cita rasa khas asam dan agak manis. Rasa asamnya dominan dengan apel atau pir jadi masih tergolong segar untuk dinikmati.

Meskipun tergolong kecil namun siapa sangka jika manfaat Blueberry sangatlah besar untuk kesehatan manusia.

Manfaat ini didapatkan karena buah ini banyak mengandung mineral, vitamin, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Tidak hanya itu karena Blueberry juga termasuk buah yang rendah kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin diet.

Dengan banyaknya kandungan dan manfaat Blueberry membuat buah ini dijuluki sebagai superfood. Bagaimana bisa buah sekecil itu mendapat julukan yang tidak semua tumbuhan mendapatkannya?.

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan Anda simak penjelasan berikut ini.

Tapi tahukah Anda, bahwa ada salah satu produk HNI memiliki kandungan blueberry yaitu HNI Health atau Extra Food. Produk yang cocok untuk semua umur.

Apa Manfaat Blueberry Sebagai Superfood?

Ayo mari kita cek apa saja manfaat buah Blueberry berdasarkan hasil kajian para ahli seperti dibawah ini:

1. Dapat mengurangi nyeri otot

Bagi Anda yang suka melakukan olahraga atau keiatan-kegiatan cukup berat mengkonsumsi buah Blueberry secara rutin dapat mengurangi rasa nyeri otot.

Bahkan jika terdapat kerusakan di dalam organ tubuh, kandungan buah akan membantu proses penyembuhan secara alami.

2. Menurunkan kadar kolesterol pada tubuh

Manfaat Blueberry yang berikutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Oleh karena itulah para penderita kolesterol akan disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

Meskipun buah Blueberry mempunyai manfaat untuk membasmi kolesterol jahat dalam tubuh namun tetap saja Anda harus menyeimbangkan dengan pola hidup sehat.

Jangan hanya mengandalkan buah ini, karena proses kesembuhan juga tergantung dari diri sendiri.

3. Dapat Melindungi organ-organ di otak

Otak menjadi bagian yang sangat penting bagi manusia. Disanalah tempat penyimpanan memori dari orang, sehingga kesehatannya harus diperhatikan.

Untuk menjaga dengan cara alami bisa menggunakan buah Blueberry. Hal ini dikarenakan buah kecil ini kaya antioksidan.

Sehingga apabila dikonsumsi secara rutin dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan otak, terutama di bagian intelegensi.

Selain itu Blueberry dinilai dapat menjaga kesehatan saraf otak serta meminimalkan penurunan fungsi kognitif untuk orang-orang yang sudah lansia.

4. Membantu mencegah penyakit jantung

Jantung koroner
Image source istock photo

Pada manfaat Blueberry yang keempat adalah mampu mencegah penyakit mematikan seperti jantung.

Perlu Anda tahu ketika buah ini menstabilkan kandungan kolesterol yang ada di tubuh manusia maka tekanan darah pun akan berkurang sehingga resiko penyakit jantung akan terhindari.

Akan tetapi menurut beberapa peneliti untuk manfaat ini masih terus dilakukan riset untuk memahaminya.

Jadi jangan terlalu menjadikan Blueberry sebagai acuan untuk menekan penyakit ini. Usahakan agar tetap menjaga pola kehidupan sehat.

5. Membantu menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit tidak hanya dilakukan menggunakan produk-produk kecantikan saja, melainkan juga dapat dilakukan secara alami yakni memakai buah Blueberry.

Banyaknya kandungan vitamin C pada buah mempunyai peran yang besar terhadap kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari.

Selain itu mengkonsumsi buah secara rutin dapat memenuhi asupan vitamin C sebesar 24%.

6. Menjadi makanan untuk diet

Siapa sih yang tak ingin berat badannya proporsional tanpa obesitas?

Hampir semua orang pasti menginginkannya bukan? Apalagi berat badan berlebih dapat menjadi sarang penyakit karena imunitas berkurang.

Bahkan obesitas menjadi salah satu penyakit yang banyak ditemui di Indonesia.

Nah, untuk mewujudkan keinginan mempunyai badan proposional Anda dapat mengganti camilan dengan buah Blueberry yang mempunyai kandungan nutrisi dan rendah kalori.

Mengkonsumsi satu cangkir buah ini hanya akan ada sekitar 84 kalori saja yang masuk ke tubuh.

Hal ini dikarenakan hampir 85% kandungan dalam Blueberry adalah air. Selain itu manfaat Blueberry yang lain adalah mampu melancarkan sistem pencernaan pada manusia sehingga penyakit seperti sembelit dapat terhindari.

Bahkan adanya serat dalam buah mampu menahan rasa lapar.

7. Menjadi buah yang kaya akan antioksidan

Manfaat Blueberry yang berikutnya adalah kaya antioksidan. Dibandingan dengan buah yang lain Blueberry mempunyai antioksidan paling tinggi, dimana zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menanggulangi radikal bebas yang masuk.

Tidak hanya itu saja karena antioksidan dapat mengurangi kerusakan pada DNA yang bisa menyebabkan kemungkinan aktifnya sel kanker serta penunaan dini. Jadi meskipun tampak mungil namun manfaatnya sangat besar.

8. Menstablikan tekanan darah tinggi

Bagi penderita darah tinggi sangat disarankan mengkonsumsi buah Blueberry setiap hari. Pasalnya buah yang satu ini dapat mengurangi dan menstabilkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Namun agar memperoleh manfaat secara maksimal mengatur pola makan juga sangat dibutuhkan.

9. Menurunkan diabetes

Kandungan yang dimiliki buah Blueberry salah satunya adalah rendah gula dan kalori. Oleh karenanya tak heran apabila manfaat Blueberry dapat menurunkan diabetes yang ada di dalam tubuh bahkan membantu mengatur kadar gula darah yang meningkat.

Blueberry sendiri mempunyai satu kandungan penting yang harus diketahui yakni anthocyanin yang fungsinya adalah meningkatkan sensitivitas insulin serta metabolism dalam tubuh.

Bahkan pernah dilakukan riset pada buah ini yang hasilnya memang terbukti membantu menurunkan kadar gula darah baik untuk pengidap diabetes.

10. Mencegah terjadinya infeksi pada saluran kandung kemih

Infeksi saluran kemih
Image source istock photo

Untuk manfaat Blueberry yang terakhir adalah mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran kandungan kemih (infeksi saluran kemih).

Perlu diketahui gangguan yang terjadi di bagian tubuh ini sangatlah menganggu bahkan bisa berakibat fatal apabila disepelekan dan tidak segera diobati.

Apabila ingin melakukan pencegahan secara alami Anda dapat menggunakan buah Blueberry sebagai camilan sehari-hari. Hal ini dikarenakan dalam buah ini terdapat senyawa yang berfungsi sebagai pencegahan infeksi terutama pada saluran kemih.

Selain itu adanya kandungan seperti antiadhesive yang ada di Blueberry juga dapat mencegah bakteri E-Coli menempel di dinding kandungan kemih yang akhirnya menyebabkan infeksi dan penyakit lainnya.

Kandungan zat aktif Blueberry

Setelah mengetahui apa saja manfaat Blueberry Anda juga harus tahu apa saja kandungan yang dimilikinya. Dengan begitu Anda dapat merekomendasikan kepada orang lain bahwa buah ini memang mempunyai khasiat yang besar untuk kesehatan.

Berikut adalah penjelasannya terkait kandungan tersebut.

  • Kolesterol : 0 gram
  • Lemak : 0,49 gram
  • Gula : 14,74 gram
  • Kalori : 84
  • Protein : 1,1 gram
  • Kalsium : 9 mg
  • Zat besi : 0,41 mg
  • Fosfor : 18 mg
  • Serat : 3,9 gram
  • Folat : 9 mg
  • Vitamin K : 36% dari RAH
  • Vitamin B6 : 5% dari RAH
  • Vitamin C : 24% dari RAH
  • Karbohidrat : 21,45 gram
  • Dan lain sebagainya

Demikian penjelasan mengenai manfaat Blueberry dan kandungan di dalamnya. Banyaknya kandungan inilah yang menjadikan buah mini berawarna hitam ini dijuluki sebagai superfood.

Meskipun kecil namun begitu dikonsumsi ada banyak khasiat yang diberikan. Jadi disarankan untuk mengkonsumi buah ini.