12 Manfaat Daun Peppermint yang sangat luar biasa, bisa untuk atasi bau mulut, memperbaiki pencernaan, meningkatkan imun, diet, kesehatan rambut hingga .. doc HNI Pioneer.

√ Post 22-10-23 by (Id101)
√ 1588 views
√ CLOUD Daun Mint

12 Manfaat Daun Peppermint

Daun mint termasuk ramuan aromatik yang terkenal dengan kesegarannya. Sebagian orang mungkin kurang menyukainya karena memiliki aroma dan rasa yang kuat. Padahal manfaat daun peppermint sangatlah banyak.

Bukan hanya manfaat untuk kesehatan tubuh, melainkan juga berguna pada kulit dan menyehatkan rambut.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui berbagai manfaat dari daun mint. Dengan demikian, Anda akan tertarik untuk menggunakannya nanti.

Manfaat Daun Peppermint

Daun mint memiliki banyak sekali nutrisi di dalamnya. Sebab itu manfaatnya pun ada berbagai macam. Jika Anda penasaran, maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan
Image source istock photo

Manfaat yang pertama ialah mengatasi gangguan pencernaan. Daun mint mampu merangsang enzim pencernaan sehingga membuatnya kinerja di dalamnya lebih sehat.

Terkadang daun mint diolah menjadi minyak dan bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Misalnya untuk mengobati infeksi perut dan lain sebagainya.

Selain itu, kandungan yang bermanfaat untuk pencernaan adalah antiseptik dan antibakteri. Daun mint juga sering dipakai atau orang manfaatkan untuk obat anti-spasmodik.

Hal itu karena di dalamnya ada kandungan metanolnya.

2. Meringankan Irritable Bowel Syndrome

Manfaat daun peppermint selanjutnya adalah meringankan Irritable Bowel Syndrome . Sindrom ini termasuk gangguan umum dalam sistem pencernaan.

Efeknya dari gangguan ini bisa mengakibatkan sakit perut, diare, sembelit, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Perawatan utama yang penting untuk sindrom ini yaitu melakukan perubahan pada pola makan. Namun, beberapa penelitian menyatakan bahwa minyak mint juga bisa meringankan kondisinya.

Hal itu karena daun mint memiliki kandungan senyawa mentol. Dengan begitu, bermanfaat memberikan efek relaksasi otot-otot saluran pencernaan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat daun mint juga berkaitan dengan daya tahan tubuh. Hal itu karena terdapat kandungan fosfor, vitamin (C, D, E, A), dan kalsium yang baik.

Kandungan tersebut mampu membuat sistem kekebalan tubuh Anda meningkat.

Selain itu, manfaat daun peppermint juga bisa melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Jadi, dapat mengurangi risiko dari penyakit kronis.

Oleh karena itu, mulai sekarang konsumsilah daun mint dengan rutin.

4. Fungsi Otak Meningkat

Otak
Image source istock photo

Bau daun mint yang begitu khas ternyata bisa membuat fungsi otak meningkat. Bisa dengan cara menghirup aromanya yang juga mampu membuat pikiran tenang. Hal tersebut sudah terbukti dari adanya sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa mencium aroma daun mint bisa meningkatkan memori. Itu pun hanya dalam waktu 5 menit, peningkatannya sudah secara signifikan.

Selain itu, aroma daun mint juga bisa menyegarkan serta mengurangi rasa lelah. Jadi, setelah seharian bekerja, Anda bisa mencoba menghirup aroma dari daun mint.

Tidak harus dari daunnya langsung, melainkan bisa melalui minyaknya.

5. Menurunkan Berat Badan

Timbangan berat badan
Image source istock photo

Ternyata manfaat daun peppermint juga bisa sebagai media diet untuk program langsing Anda.

Hal itu karena dapat membuat fungsi pencernaan dan metabolisme meningkat. Dengan begitu, berat badan pada tubuh Anda pun bisa berkurang.

Cara paling efektif jika ingin mengonsumsinya sebagai media diet yaitu dengan menjadikannya sebagai teh.

Terkadang sudah ada teh khusus diet yang ada kandungan daun mint-nya, salah satunya adalah Janna Tea cold.

Jadi, Anda bisa membelinya jika tidak mau repot membuat sendiri. Namun, jika ingin membuat sendiri pun tidak masalah.

Mengenai caranya bisa riset terlebih dahulu ke berbagai artikel atau YouTube supaya tidak salah dalam pengolahannya.

6. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut
Image source istock photo

Tidak heran jika daun mint sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam pasta gigi, obat kumur, atau permen karet. Ternyata khasiatnya memang bisa mengatasi bau mulut atau nafas bau.

Meskipun begitu, efeknya tidak akan permanen. Kemungkinan hanya beberapa jam saja. Sebab, fungsinya hanya menutupi bau mulut, bukan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Jadi, selain menggunakan produk yang ada ekstra peppermint, Anda juga perlu mengunyah daunnya.

Dengan begitu, manfaat daun peppermint akan lebih banyak. Kemungkinan bakteri di mulut bisa teratasi juga.

7. Meredakan Gejala PMS

Saat menstruasi, sebagian besar wanita mengalami gejala PMS (Premenstrual Syndrom) atau sindrom prahaid.

Sindrom ini menyebabkan haid sakit, salah satu gejalanya adalah kram perut. Kondisi tersebut terjadi karena otot-otot sekitar rahim berkontraksi.

Jadi, jika Anda mengalami hal seperti ini, maka bida memanfaatkan daun mint. Dalam sebuah penelitian, daun mint bisa membatu meredakan kejang pada otot usul besar. Dengan begitu, kram saat menstruasi pun bisa mereda.

Cara mengonsumsinya bisa dengan minum teh ekstrak daun mint dalam waktu 3 hari berturut-turut. Tepatnya saat di awal-awal menstruasi. Cara ini lebih efektif daripada minum obat naproxen atau ibuprofen.

8. Mengatasi Keluhan Pernapasan

Manfaat daun peppermint berikutnya adalah mengatasi keluhan pernapasan. Daun mint sangat direkomendasikan bagi orang yang menderita penyakit asma.

Sebab, bisa menjadi relaksan yang baik dan mampu meredakan hidung yang tersumbat. Hal itu karena kandungan mentolnya yang mampu melegakan pernapasan.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti ini, maka bisa mengonsumsi daun mint setiap hari. Manfaat daun peppermint juga mampu mengurangi iritasi akibat batuk kronis.

9. Mengatasi Stres dan Depresi

Depresi
Image source istock photo

Tidak jarang setiap orang mengalami stress atau depresi setiap harinya. Terutama ketika ada permasalahan keluarga, masalah dengan pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika ingin meredakannya, maka bisa menggunakan daun mint.

Oleh karena itu, sebagian dari terapi stress dan depresi seringkali menggunakan daun mint. Aromanya yang kuat dan menyegarkan itulah yang membuat stress atau depresi berkurang.

Jadi, dengan menghirup aromanya akan mampu menyegarkan pikiran dan membuat diri lebih tenang.

Anda juga bisa memakai minyak angin yang memiliki aroma peppermint untuk mendapatkan aromanya. Dengan begitu, akan lebih praktis.

10. Meringankan Nyeri Ketika Menyusui

Ada kalanya ibu yang sedang memberikan ASI kepada anak, mengalami luka atau pecah-pecah di puting.

Efeknya, saat menyusui si kecil bisa mengalami kesulitan dan merasa nyeri. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak essential mint.

Anda bisa mengoleskannya di area yang luka atau pecah-pecah. Dengan begitu, rasa sakit dan nyeri bisa berkurang.

Bisa mengoleskannya secara rutin sampai luka tersebut kering atau tidak pecah-pecah lagi.

11. Perawatan Kulit

Ternyata daun mint sudah sejak dahulu digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit. Misalnya jerawat atau bekas luka.

Hal itu disebabkan karena daun mint memiliki sifat sebagai antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Jadi, bisa menurunkan peradangan serta kemerahan akibat jerawat. Selain itu, juga bisa menyembuhkan jerawat dengan kandungan asam salisilat yang tinggi dan vitamin A.

Ekstrak daun mint juga mampu mencegah timbulnya jerawat. Kekayaan mentol serta antioksidan alaminya bisa Anda manfaatkan sebagai toner, pembersih, astringen atau pelembap.

Selain itu, juga berfungsi melembutkan kulit gatal dan kering.

12. Menjadikan Rambut Sehat

Ketombe
Image source istock photo

Bukan hanya untuk wajah, daun mint pun bisa menyehatkan rambut Anda. Daun mjnt termasuk sumber karoten dan antioksidan sehingga dapat mencegah rambut rontok.

Selain itu, juga bisa menangkal ketombe, kutu, dan lain sebagainya. Hal itu karena memiliki sifat antimikroba serta antijamur.

Cara pengaplikasiannya bisa memakai pasta daun mint dengan jus lemon. Oleskan secara merata pada kulit kepala, lalu biarkan sekitar 30 sampai 40 menit.

Kemudian, bersihkan dengan air.

Itulah beberapa manfaat daun peppermint yang kaya dengan kandungan nutrisi. Mungkin dengan informasi ini, Anda yang awalnya tidak suka akan mulai menggunakan atau mengonsumsinya.

Produk HNI Mengandung Peppermint

Untuk saat ini bagi Anda yang ingin mengonsumsi atau menggunakan aplikasi daun mint tidak perlu repot lagi.

HNI HPAI sudah menyediakan beberapa produk yang memiliki kandungan daun peppermint, antara lain :

Janna Tea Cold bisa diseduh sebagai minuman kesehatan pagi dan petang yang bermanfaat untuk relaksasi, detox ginjal hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

N-green dikemas dalam bentuk kapsul, lebih mudah dikonsumsi dan sangat praktis. Memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk meningkatkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.