Magafit HNI HPAI

Produk Magafit

Membantu memelihara pencernaan dan perut


Herbal alami yang digunakan untuk membantu menjaga dan memelihara fungsi pencernaan dan perut. Untuk nafsu makan, redakan mual, nyeri lambung, perut kembung dll

Produk_HNI_111 : Views 52.746
Posted 24-Jan-2020 : Updated 26-Oct-2020
14 min read

Deskripsi Label Produk

Magafit
Harga : Rp.90.000

3807_Rating 3/5 :

Izin POM : TR 123363421
Halal MUI 00130084780917

Penjelasan label produk sesuai dengan izin edar BPOM / MUI / Dinkes atau izin penerbitan ISBN.

Manfaat dan Khasiat:

Secara tradisional digunakan untuk membantu memelihara kesehatan fungsi saluran pencernaan. Membantu meredakan rasa nyeri diperut, mual, dan perut kembung.

Herbal yang terkandung (ref*):

  • TEMULAWAK
    Nama Lain: Koneng Gede (Sunda) / Temu Labak (Madura)
  • KUNYIT
    Kunir (Jawa) / Koneng (Sunda) / Kunyir (Komering) / Konyet (Madura) / Janar (Banjar) / Turmeric (Inggris) / Kurkuma (Belanda)
  • TEMU MANGGA
    Temmo Pao (Madura) / Koneng Bodas (Sunda), Koneng Pare, Koneng Lalap, Koneng Joho / Temu Poh (Jawa), Kunir Putih, Kunyit Putih, Temu Bayangan / Temu Pauh (Malaysia) / Kha Min Khao (Thailand)
  • SAMBUNG NYAWA
    Daun Dewa (Sunda) / Ngokilo (Jawa) / Akar Sebiak
  • DAUN SEMBUNG
    Kamandhin (Madura) / Sembung (Sumatra), Capa, Capo / Sembung Utan (Sunda), Sembung Gula, Sembung Langu, Sembung Gula, Sembung Mingsa, Sembung Kuwuk / Sembung Lelet (Jawa) / Apompase (Ternate), Mandikapu / Sembung (Bali) / Ngai Champora (Inggris) / Ai Na Xiang (Tiongkok)

Catatan (ref*) : nama lain tanaman herbal dinukilkan dari halaman id.wikipedia.org.

Berdasarkan kemasan dilabel produknya, setiap kapsul MAGAFIT mengandung ekstrak herbal sebagai berikut:

  • Curcumae xanthorrhiza rhizome : 150mg (temulawak)
  • Curcumae domestica rhizome : 150mg (kunyit)
  • Curcumae manggae rhizome : 50mg (temu mangga)
  • Gynura procumbensis folium : 100mg (sambung nyawa)
  • Blumea folium : 50mg (sembung)

Total kandungan extrak herbal dalam setiap kapsul magafit HNI adalah sebesar 500mg.

Dosis Pemakaian:

  • Dewasa 3 x 1 kapsul sehari

Saran dan Anjuran:

Sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum makan

Saran Penyimpanan :

Usahakan simpan botol magafit pada lokasi yang kering, dengan suhu kamar dibawah 30℃. Jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung agar tidak mempengaruhi fungsi manfaatnya.

Disclaimer

Manfaat Kandungan / Materi

Bila melihat kemasan produknya, MAGAFIT merupakan obat herbal alami yang digunakan untuk membantu mengatasi segala permasalahan kesehatan khususnya yang terkait dengan keluhan pada perut.

Perut yang sehat akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh secara umum. Begitupun sebaliknya, perut yang sakit akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh pemiliknya.

Bukankah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah mengkhabarkan berita ini kepada umatnya:

“Sumber daripada penyakit adalah perut. Perut adalah gudang penyakit dan berpuasa adalah obatnya” (Hadits riwayat Muslim).

Menjaga perut menjadi sebuah keharusan yang sangat penting bagi siapa saja yang menginginkan hidup lebih sehat. Menjaga kesehatan perut bisa diawali dengan kemapuan menjaga setiap suap makanan yang dikonsumsi.

Lalu bagaimana jika perut sudah terserang penyakit? Segera cari pengobatan sebelum bertambah buruk.

Magafit mungkin bisa menjadi salah satu perantara bagi Anda yang sedang mengalami permasalah dengan perut, untuk medapatkan kesembuhan dari Allah.

Ayo, kita bongkar apa saja manfaat dan khasiat herbal yang terkandung pada setiap kapsul magafit HNI : temulawak, kunyit, temu mangga, sambung nyawa dan sembung.

TEMULAWAK

Temulawak

Images source: en.wikipedia.org

Temulawak yang memiliki nama imiah Curcumae xanthorrhiza merupakan tanaman herbal asli dari Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Temulawak termasuk kedalam suku temu-temuan (Zingiberaceae).

Temulawak bisa tumbuh subur didataran rendah hingga ketinggian 1000m dpl. Adapun rimpangnya (rizhoma) bisa tumbuh berkembang biak dengan baik pada lahan tanah yang relatif gembur.

Menurut wikipedia, tanaman temulawak secara alami akan tumbuh dengan maksimal pada lahan yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung. Pada habitat alaminya, rumpun temulawak tumbuh subur dibawah pohon bambu atau pohon jati karena ternaungi dari sorot matahari.

Meskipun demikian temulawak tetap bisa tumbuh ditempat yang lebih terbuka seperti tegalan yang terpapar terik matahari langsung. Karena memang secara alami tumbuhan ini bisa beradaftasi dengan cuaca di iklim tropis.

Temulawak diyakini memiliki potensi kesehatan yang sangat bermanfaat yaitu sebagai antioksidan sebagaimana jurnal yang pernah diterbitkan oleh unimus.ac.id.

Salah satu komponen aktif yang berperan sebagai senyawa antioksidan dalam rimpang atau akar temulawak adalah kurkumin. Kurkumin sendiri adalah merupakan paduan dari turunan dicinnamoylmethane dan diarylheptanoids fenolik dan non-fenolik lainnya.

Hasil uji pada ekstrak temulawak menggunakan ekstraksi cair-cair yang dilakukan, didapatkan hasil kurkumin pada kadar sebesar 27,19% dengan rendemen sebesar 1,02%. Adapun aktivitas antioksidan ekstrak temulawak dengan IC sebesar 87,01 ppm.

Dengan kondisi seperti itu, maka ekstrak temulawak diprediksi memiliki aktivitas antioksidan yang tergolong aktif sehingga memiliki peluang besar bisa digunakan sebagai bahan antioksidan alami yang sangat baik.

Indikasi Temulawak

Menukil report dari go.drugbank.com temulawak diindikasikan untuk membantu meredakan gejala gangguan pada pencernaan, seperti perasaan kenyang pada lambung, pencernaan lambat dan perut terasa kembung.

Sejak berabad-abad yang lalu, minyak Curcuma xanthorrhiza sudah dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional karena memiliki khasiat berupa efek antioksidan, antitumor, antibakteri, antispasmodik (merelaksasi otot polos perut penyebab kram), anti-inflamasi dan efek perlindungan.

Temulawak sudah dimanfaatkan secara turun temurun untuk mengobati beragam penyakit perut, gangguan pada hati, sembelit, diare disertai darah, disentri, demam pada anak-anak, hipotrigliseridemia (kadar trigliserida rendah), wasir dan erupsi kulit

Manfaat Temulawak

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat Temulawak berdasarkan hasil riset dan uji coba para ahli:

√ Meningkatkan Nafsu Makan

Berdasarkan penelitian yang dipubikasikan pada jurnal unnes.ac.id, temulawak dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan karena bersifat antiflatulen / karminativum yang bisa mengurangi rasa kembung / sebah pada perut. Rasa kembung ini bisa berpengaruh pada nafsu makan.

Dari beberapa riset yang telah dilakukan, menurut BKTM (2013), dengan pemberian dosis 1125-2500 mg kurkumin setiap hari tidak ditemukan adanya toksisitas, dianggap sebagai dosis yang wajar.

Untuk orang dewasa diberikan ekstrak curcuma dengan dosis sebanyak 250-500 mg/hari, adapun untuk anak-anak diberikan dosis minimal sepertiga dari asupan orang dewasa yaitu 330 mg/hari

√ Mengatasi Hepatitis dan Penyakit Hati

Menurut pubmed.ncbi.nlm.nih.gov temulawak bisa digunakan untuk pengobatan pada beberapa jeni penyakit seperti keluhan hati, hepatitis, dan diabetes. Temulawak sudah pula manfaatkan sebagai suplemen makanan dan jamu untuk mengatasi hepatitis.

Para ahli berusaha melakukan ekplorasi lebih lanjut untuk mengkaji potensi temulawak sebagai makanan fungsional untuk mengobati penyakit terkait hati.

Pengujian dilakukan melihat potensi antioksidan dan hepatoprotektif rimpang temulawak. Aktivitas antioksidan dari fraksi CX standar dievaluasi dengan metode pengujian in vitro.

Sedangkan uji hepatoprotektif untuk melihat kadar kerusakan hati akibat terpapar karbon tetraklorida- (CCl4-) yang diberikan pada tikus dosis fraksi heksan 125, 250, dan 500 mg / kg.

Hasil dari pengujian memberikan hasil yang positif bahwa penggunaan temulawak sebagai makanan fungsional untuk mengobati hepatitis dalam pengobatan tradisional.

Hasil lain menyimpulkan bila fraksi CX heksan memiliki aktivitas hepatoprotektif yang cukup menonjol, ini kemungkinan akibat aktivitas antioksidan in vitro.

√ Meningkatkan Stamina

Dr. Ali Rosidi, SKM, M.Si. dalam disertasinya tentang pengaruh temulawak pada stamina atlet, ditemukan hasil bahwa temulawak secara signifikan sanggup mengurangi tingkat MDA.

Kadar tertinggi penurunan MDA saat ekstrak temulawak diberikan pada atlet dalam dosis kandungan kurkumin 750mg.

Catatan : MDA atau malondialdehid menurut wiki merupakan senyawa reaktif dalam tubuh terbentuk secara alami yang merupakan skala ukur stres oksidatif.

√ Manfaat Lain

Rimpang temulawak kaya akan kandungan senyawa kimia seperti fellandrean dan turmerol, minyak atsiri, kemudian ada kamfer, senyawa glukosida, foluymetik karbinol dan kurkuminoid.

Kurkuminoid sendiri terdiri dari kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang dipercaya memiliki khasiat sebagai berikut ini :

  • Menetralkan racun
  • Menghilangkan nyeri pada sendi
  • Meningkatkan sekresi empedu
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah
  • Bersifat antibakteri
  • Mencegah terjadinya pelemakan didalam sel-sel hati, dan antioksidan

Adapun kandungan minyak atsiri pada temulawak memiliki manfaat antara lain sebagai berikut :

  • Membantu meningkatkan produksi getah empedu
  • Menekan proses pembengkakan jaringan

Efek Samping Temulawak

Meskipun tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, namun dalam penggunaan tetaplah harus memenuhi kaidah dosis yang wajar dan aman.

Penggunaan dosis tinggi dan pemberian dalam jangka panjang kemungkinan bisa mendatangkan efek buruk bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa efek samping dan saran penggunaan ekstrak rimpang temulawak yang pernah dilaporkan antara lain :

  • Tidak konsumsi temulawak lebih dari 18 pekan untuk meminimalkan efek samping rasa mual dan iritasi di perut
  • Pengidap batu empedu atau penyumbatan saluran empedu, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum gunakan temulawak, sebab herbal ini bisa merangsang fungsi saluran empedu
  • Hati-hati minum temulawak jika berbarengan dengan obat pengencer darah, sebab temulawak bersifat menurunkan kadar lemak darah, jka ditambah dengan obat kimia pengencer darah, dikhawatirkan terjadinya pendarahan.
  • Temulawak punya potensi menyebabkan iritasi pada lambung dan mual, oleh karena itu tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau ibu yang menyusui, meskipun saat ini belum ada penelitianyan yang valid akan hal ini.
  • Orang dengan riwayat masalah pada liver dan empedu, tidak disarankan minum temulawak karena ada resiko memicu meningkatkan produksi empedu, minum temulawak dikhawatirkan akan memperparah sakitnya

Untuk aman dalam konsumsi temulawak, silahkan cek beberapa efek samping diatas. Konsumsi dengan dosis yang wajar dan dalam jangka pendek akan memberikan hasil maksimal bagi kesehatan.

KUNYIT

Kunyit

Images source: en.wikipedia.org

Kunyit atau di Jawa sering disebut dengan kunir merupakan tanaman rempah asli dari wilayah Asia Tenggara. Kemudian dibawa orang menyebar ke Indonesia, Malaysia, Australia bahkan Afrika.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia, India serta Asia pada umumnya pernah memanfaatkan tanaman herbal ini, baik digunakan untuk bumbu masak, minuman pada jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Kimia

Dari wikipedia.org diberitakan bahwa kunyit Indonesia memiliki kandungan senyawa obat yang penuh khasiat sebagaimana data berikut ini:

  • Kurkuminoid : kurkumin, desmetoksikumin 10%, bisdesmetoksikurkumin 1-5%
  • Minyak atsiri : Keton sesquiterpen, turmeron, juga tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol serta sineil.
  • Lemak 1 -3%
  • Karbohidrat 3%
  • Protein 30%
  • Pati 8%
  • Vitamin C 45-55%
  • Garam-garam mineral : zat besi, fosfor juga kalsium.

Khasiat dan Manfaat Kunyit

Senyawa utama yang dikandung kunyit adalah kurkumin serta minyak atsiri yang memiliki khasiat dan manfaat antara lain sebagai berikut :

  • Gangguan fungsi pencernaan
  • Memiliki sifat sebagai antioksidan, anti mikroba, anti kolesterol, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (reumatik), anti HIV, anti tumor (dengan menginduksi apostosis)
  • Menghambat pertumbuhan cikal bakal sel-sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar
  • Untuk pengobatan hepatitis
  • Diabetes melitus
  • Serta gangguan kesehatan lainnya seperti : keputihan, haid tidak lancar, kram haid, melancarkan ASI, tyfus, usus buntu, disentri, amandel dll

Efek Samping Kunyit

Menukil dari laman webmd.com, bila diminum dalam jangka pendek kunyit mungkin masih aman.

Produk kesehatan yang mengandung kunyit bila diminum dengan dosis hingga 8gr kurkumin / hari kemungkinan masih aman hingga pemakaian selama 2 bulan.

Adapun pada penggunaan dosis 3gr setiap hari masih ada toleransi yang cukup aman hingga 3 bulan pemakaian.

Pada umumnya penggunaan kunyit jarang mengakibatkan efek yang serius. Dijumpai pada beberapa pengguna mengalami gangguan seperti sakit perut, mual, pusing, atau diare karena minum dengan dosis lebih tinggi.

Dioleskan ke kulit : kunyit relatif cukup aman saat dioleskan pada kulit. Hal yang sama juga saat digunakan sebagai obat kumur, mungkin masih aman.

Dioleskan ke dalam rektum : kondisi inipun dinyatakan memiliki kemungkinan yang aman bila digunakan sebagai enema.

Perhatikan Beberapa Kondisi Ini:

  • Ibu hamil dan menyusui : mungkin aman jika dikonsumsi dalam jumlah makanan selama masa kehamilan atau menyusui. Tetapi ada kemungkinan tidak aman bila kunyit diminum dalam jumlah obat selama kehamilan.
  • Kandung empedu: kunyit punya potensi dapat memperburuk masalah kandung empedu. Hindari kunyit bila memiliki masalah dengan batu empedu atau saluran empedu tersumbat.
  • Pendarahan: kunyit bisa mempengaruhi proses pembekuan darah, jangan gunakan berbarengan dengan obat pengencer darah
  • Diabetes : kurkumim dapat menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes. Gunakan kunyit secara hati-hati agar gula darah tidak terlalu rendah.
  • GERD : pada beberapa orang kunyit menyebabkan sakit perut. Hindari kunyit bila itu jadi pencetus memperburuk gejala GERD.
  • Infertilitas : kunyit bisa menurunkan kadar testosteron dan kemungkinan menurunkan kesuburan. Kunyit sebaiknya diminum secara hati-hati bagi mereka yang sedang program hamil.
  • Kekurangan zat besi: konsumsi kunyit dengan dosis tinggi bisa menghambat penyerapan zat besi
  • Penyakit hati : ada resiko kemungkinan kunyit bisa merusak hati, utamanya pada orang yang memiliki riwayat penyakit hati. Hindari kunyit bila memiliki masalah hati.
  • Pembedahan : kunyit bisa memperlambat pembekuan darah. Kemungkinan bisa menyebabkan perdarahan ekstra selama dan pasca operasi. Stop pemakaian kunyit minimal dua pekan sebelum jadwal operasi.

TEMU MANGGA

Temu Mangga

Images source: en.wikipedia.org

Temu mangga termasuk pada keluarga Zingiberaceae, menurut wikipedia adalah tumbuhan herbal asli Indo-Malaysian, tersebar mulai dari Indo-China, kemudian Taiwan, terus ke Thailand, Pasifik hingga ke wilayah Australia Utara.

Mengapa dinamakan TEMU MANGGA?

Herbal ini memang memiliki aroma yang khas menyerupai mangga. Bisa dikonsumsi secara langsung diiris, dikeringkan dan direbus, bisa dibuat sebagai asinan, penganan seperti permen atau manisan, dibuat menjadi sirup, selai, rimpang segarnya dibuat atau botok.

Rimpangnya sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai jenis gangguan pada perut, untuk menambah nafsu makan serta digunakan untuk mengatasi penyakit kanker.

KANDUNGAN KIMIA

Kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh temu mangga belum diketahui secara pasti komposisinya. Namun demikian, diketajui bahwa komponen utama minyak atsiri temu mangga adalah dari golongan monoterpen hidrokarbon sebagai berikut:

  • mirsen (78,6%)
  • β-osimen (5,1%)
  • β-pinen (3,7%) dan α-pinen (2,9%)
  • δ-3-karen dan (Z)-β-osimen (senyawa yang memberikan aroma seperti mangga)
  • Sedangkan Curcuminoid yang terkandung dalam temu mangga sebesar 0.18-0.47%
  • Kandungan kimia lainnya : tanin, minyak atsiri, damar, flavonoid, kurkumin, gula, serta protein toksis yang bisa menghambat pertumbuhan bakal sel-sel kanker

Khasiat Temu Mangga

Secara tradisional akar rimpang temu mangga digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan sebagai berikut ini :

  • Untuk mengatasi berbagai gangguan pada perut seperti : penyakit maag, menambah nafsu makan, sakit perut, kembung dan masuk angin
  • Bersipat antipiretik (penurun panas), antitoksik (menangkal racun), juga berperan sebagai laksatif, antioksidan dan anti kanker.
  • Perawatan pada post partum, mengecilkan rahim pasca melahirkan dan mengurangi lemak diperut
  • Menguatkan syahwat dan gatal-gatal pada area vital
  • Mengurangi gatal-gatal (pruritis), luka dan nyeri dada
  • Mengatasi sesak napas (asma), bronkitis dan demam

Efek Samping Temu Mangga

Temu mangga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan secara umum. Namun dalam penggunaan dalam pengobatan harus tetap sesuai dosis dan takaran yang sudah direkomendasikan dokter atau ahli kesehatan.

Meskipun belum banyak dipublikasikan ekses buruk dari pemakaian temu mangga, untuk keamanan pengobatan tetaplah harus diperhatikan konsumsi dengan benar.

Menggunakan temu mangga dalam jangka panjang dengan dosis yang terlalu tinggi kemungkinan bisa menyebabkan efek samping sebagai berikut:

  • Darah Rendah: kandungan curcuminoid dalam temu mangga bisa mengakibatkan penurunan kemampuan lekatan zat besi oleh sel darah merah, sehingga bisa menyebabkan penderita tekanan darah akan semakin drop
  • Mual: temu mangga juga mengandung alkaloid dalam senyawanya, bisa menimbulkan rasa pahit saat dimakan secara langsung, pada sebagian orang hal ini akan menyebabkan rasa mual
  • GERD : berlebihan konsumsi temu mangga bisa memperburuk GERD atau refluks asam lambung menuju tenggorokan yang akan menyebabkan dada terasa nyeri seperti terbakar
  • Batu ginjal : kandungan oksalat temu mangga yang tinggi bisa memperberat fungsi ginjal
  • Kemandulan : temu mangga kemungkinan bisa mengganggu produksi hormon testoteron didalam darah, demikian juga pada wanita jika berlebihan mungkin dapat berefek pada kemandulan

SAMBUNG NYAWA

Sambung Nyawa

Images source: wikipedia.org

Sambung nyawa merupakan salah satu jenis tumbuhan herbal asli Indonesia, biasa dimanfaatkan untuk lalapan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Sebaran tumbuhan sambung nyawa banyak terdapat di daerah Pulau Jawa dan Sumatra, ada sebagian yang tumbuh secara liar di daratan pulau Bali.

Budidaya dalam perbanyakkan sambung nyawa cukup dilakukan dengan cara stek batang. Sambung nyawa memiliki tingkat pertumbuhan batang dan daun yang relatif lebih cepat sehingga bisa segera dapat dimanfaatkan. Sambung nyawa akan tumbuh optimal pada lahan dimana mendapat naungan dari paparan sinar matahari langsung.

Sifat sambung nyawa adalah dingin dan natural. Jurnal yang diterbitkan wikipedia mengatakan bahwa, tumbuhan ini biasanya digunakan untuk pengobatan antineoplastik (senyawa yang mengganggu pertumbuhan sel kanker), redakan panas, sakit limpa, sakit ginjal, sakit kulit, serta menurunkan tekanan darah.

Sambung nyawa memiliki kandungan senyawa flavonoid yang disinyalir bisa untuk meredakan gangguan pencernaan pada lambung, memperbaiki fungsi hati, menurunkan gula darah, bersifat antimicrobial, antikarsinogeik, memiliki kemampuan sitotoksik pada sel kanker, mengatasi hipertensi, serangan stroke, penyakit jantung, menurunkan kolesterol tinggi, diabetes, radang pita suara, radang tengkuk, batuk serta sinusitis.

Penggunaan di Masyarakat

Ada kebiasaan di tengah-tengah masyarakat tradisional yang menjadikan daun sambung nyawa sebagai hidangan pelengkap pada lalapan dan sambal. Pada masyarakat yang lebih modern, daun sambung nyawa sudah bisa dikonsumsi secara lebih praktis dalam bentuk kapsul.

Akar umbinya memiliki khasiat untuk menghilangkan pembekuan darah (haematom), pembengkakan atau radang, patah tulang serta perdarahan pasca melahirkan.

Untuk mengobati gigitan ular atau gigitan serangga dipakai daun dan umbi sambung nyawa sebanyak 1 batang ditambah dengan satu buah kunyit sebesar telur ayam. Kunyit dikupas terlebih dahulu, dicuci kemudian ditumbuk dengan bahan lain hingga lembut. Adonan batang sambung nyawa dan kunyit lalu ditempelkan pada luka gigitan.

Mengatasi perdarahan pada rahim atau mengalami muntah darah, dipakai pohon sambung nyawa beserta umbinya 1 batang, tambah kunyit 1 jari, juga serutan kayu secang yang sudah tua 1/4 genggam. Sebelumnya kunyit dikupas, kemudian diiris tipis, lanjut dengan merebus seluruh bahan dengan air 2 gelas hingga tinggal 1 1/2 gelas. Terakhir, angkat dan saring lalu diminumkan dengan dosis 2 kali sehari ½ gelas.

Adapun pada penyembuhan sakit bisul cukup mudah yaitu gunakan daun sambung nyawa segar sekira 8 gram lalu dicuci, tumbuk hingga lumat, baru tempelkan pada area bisul.

Kandungan Senyawa Aktif

Menukil jurnal dari juke.kedokteran.unila.ac.id, sambung nyawa memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Senyawa aktif: antara lain : flavonoid, saponin, sterol tak jenuh, triterpenoid, polifenol, steroid, asam para kumarat, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat serta asam para hidroksi benzoat.
  • Minyak atsiri yang memiliki efek untuk menghambat pertumbuhan bakal sel-sel kanker.

Khasiat dan Manfaat Sambung Nyawa

Sambung nyawa memiliki beragam senyawa aktif dan minyak astiri yang sangat bermanfaat untuk berbagai pengobatan penyakit seperti diatas. Berikut ini adalah penjelasan beberapa manfaat sambung nyawa untuk kesehatan secara umum;

  • Gangguan pencernaan: kemampuan daun sambung nyawa melawan dan mengeluarkan racun dalam tubuh bisa membantu keluhan akibat disentri, radang lambung juga penyakit maag.
  • Kanker atau tumor: antioksidan terkandung pada sambung nyawa mampu menghambat pertumbuhan cikal bakal sel-sel radikal bebas penyebab kanker atau tumor. Akan tetapi manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut dengan menguji langsung pada manusia.
  • Radang tenggorokan: senyawa flavonoid sambung nyawa juga memiliki sifat antiradang, sehingga penggunaannya bisa mengurangi efek peradangan pada tenggorokan dan pita suara
  • Tekanan darah: sambung nyawa punya efek antikoagulan yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga bisa membantu hipertensi dan melancarkan peredaran darah.
  • Sinus dan tonsil : radang yang menyebabkan sinus dan tonsil bisa membaik dengan efek antiradang yang dimiliki senyawa aktif sambung nyawa.

DAUN SEMBUNG

Daun Sembung

Images source: istockphoto

Sembung atau ada yang menyebutnya dengan SAMBONG merupakan tanaman perdu yang berasal dari keluarga Asteraceae memiliki nama ilmiah Blumea balsamifera. Secara alami, tanaman ini biasanya tumbuh secara liar di ladang atau padang rumput dan kerap dianggap sebagai gulma yang merugikan.

Tanaman ini tumbuh tegak bila sudah dewasa bisa mencapai ketinggian 4m dan memiliki rambut halus. Daun pada bagian bawah memiliki tangkai, permukaan bagiannya terasa atas agak kasar, berkebalikan denganbagian bawahnya halus bak beludru.

Pembiakan sembung melalui bijinya, perawatannya sangat mudah hanya dibutuhkan air dan kelembaban. Pertumbuhannya akan optimal pada lokasi dengan sinar matahari yang cukup atau pada area sedikit terbuka.

Tanaman sembung yang sering dimanfaatkan adalah pada bagian akar dan daunnya, bisa dipakai dalam kondisi fresh (segar) seperti lalapan maupun yang telah dikeringkan. Adapun pada produk MAGAFIT bagian yang dimanfaatkan dari sembung adalah daunnya (FOLIUM).

Folium sendiri merupakan satu bagian dari tanaman yang posisinya berada paling atas, biasanya daun berwarna hijau yang memiliki zat hijau daun atau klorofil.

Kandungan Kimia

Tumbuhan sembung memiliki kandungan senyawa kimia aktif yang terdiri dari borneol, cineole, zat yang dinamakan dengan limonene serta dimenthyl ether phloroacetophenone. Selain itu juga mengandung glukosida, alkohol seskuiterpen, asam palmitin, minyak atsiri, dan zat atau senyawa yang mengandung getah untuk pembuatan kapur barus atau wewangian.

Adapun pada daunnya khususnya daun yang masih segar dan belum dikeringkan ada terkandung senyawa borneol, jika digigit rasanya asam, agak pahit, terasa hangat dan keluar harum-haruman.

Manfaat Daun Sembung

Daun sembung secara tradisional biasa dimanfaatkan untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah, mengurangi bekuan darah, mengobati radang dan bengkak dan bisa bersifat sebagai anti rematik.

Berikut ini manfaat lain dari daun sembung untuk kesehatan:

  • Diare : berdasarkan hasil uji researchgate.net, didapati hasil bahwa etil asetat pada daun sembung memiliki aktivitas antidiare dan dosis terbaik yang diberikan adalah 250mg/KgBB
  • Maag, perut kembung, GERD dan masalah lambung lainnya
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengurangi gejala wasir atau ambeien
  • Nyeri haid
  • Menurunkan demam

Catatan :
untuk menghindari kesalahan tafsir dan terjemah, validitas dan kebenaran artikel tetap merujuk pada sumber asal sebagaimana dibawah ini.

Referensi :
√ https://id.wikipedia.org/wiki/Temu_lawak
√ https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/.../1219
√ https://go.drugbank.com/drugs/DB11265
√ https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25133223/
√ http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas
√ http://gizi.unimus.ac.id/?p=79
√ https://www.webmd.com/vitamins/ai/.../turmeric
√ https://id.wikipedia.org/wiki/Temu_mangga
√ https://id.wikipedia.org/wiki/Sambung_nyawa
√ https://id.wikipedia.org/wiki/Sembung

Disclaimer

Artikel ini bersifat pengetahuan umum, tidak ditujukan sebagai saran kesehatan. Validitas dan kebenaran artikel tetap merujuk pada sumber asal referensi sebagaimana dibawah ini.

Produk Lain

Setelah melihat produk Magafit, konsumen juga biasanya melihat produk dibawah ini:

Kelosin Rosella HS Zaitun Softgel Siena Procumin Habbatus Sauda Habbatus Sauda Softgel Procumin Propolis Pegagan HS Carnocap Ginextrac Diabextrac Mengkudu

Testimoni Magafit

Untuk lihat semua testimoni Magafit silahkan klik disini

Cara Order

Order Magafit cukup via WA saja.

Order via WA

Garansi Uang Kembali

Order Magafit via WA

GARANSI 100% produk ASLI dan TERKIRIM


Warning Mohon MAAF
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan, tanpa menyertakan link sumber kami https://hnipioneer.com/produk/magafit, baik untuk konten di marketplace maupun website lain.

DMCA.com Protection Status

Share FaceBook

Share Twitter

Share Pinterest

Share Telegram

Share Linkedin