Susu Kambing Etta Goat Milk HNI HPAI

Produk Susu Kambing Etta Goat Milk

Tinggi protein dan kalsium


Nutrisi tambahan balita, ibu hamil hingga orang lanjut usia.Terapi asma, TBC, paru-paru, stamina, maag, tulang, alergi, asam urat, ginjal, tinggi badan dll

Produk_HNI_56 : Views 143.302
Posted 24-Jan-2020 : Updated 17-Nov-2020
11 min read

PENJELASAN SINGKAT

Susu Kambing Etta Goat Milk
Harga : Rp.75.000

2935_Rating 5/5 :
23 Reviews

Susu EGM

Agen Rp.60.000 (20 P)
Isi 10 sachets @ 25 gram
Izin POM MD 805012003014
Halal MUI 120300023220418

Penjelasan label produk sesuai dengan izin edar BPOM / MUI / Dinkes atau izin penerbitan ISBN.

KOMPOSISI: Susu kambing ettawa bubuk dan gula

Kelebihan EGM:

Susu kambing ettawa HNI lebih mudah dicerna dengan kandungan gizi yang lebih lengkap. EGM menjadi salah satu sumber utama kebutuhan kalsium, protein, asam amino, fosfor, kalium serta Vitamin B2 atau riboflavin.

Penggunaan:

Susu kambing EGM kaya akan protein dan memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sangat baik dikonsumsi semua usia, mulai anak-anak dan dewasa.

Penyimpanan:

Sebaiknya simpan pada tempat yang kering dan sejuk serta jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung

Rekomendasi saji :

  • Siapkan gelas dan air panas atau hangat sebanyak 150cc
  • Buka 1 sachet susu kambing EGM dan tuangkan ke dalam gelas / cangkir
  • Aduk hingga merata dengan sendok berlawanan arah dengan jarum jam
  • Minum selagi hangat dan habiskan
  • Konsumsi susu kambing pagi dan sore hari untuk membantu menjaga stamina Anda, in syaa Allah

Saran saji untuk bayi 12 bulan keatas :

  • Siapkan 2 gelas kosong
  • Isi gelas pertama dengan air hangat sekira 150cc
  • Buka EGM dan tuangkan ke dalam gelas
  • Goyangkan gelas berisi air dan EGM hingga susunya terlarut
  • Tidak perlu diaduk dengan sendok
  • Lakukan ini tidak perlu lama agar kadar gula tidak ikut melarut dalam gelas
  • Setelah itu tuangkan susu ke gelas kedua
  • Biarkan larutan gula mengendap pada gelas pertama dan tidak dikonsumsi anak

Teknik ini adalah untuk meminimalkan kandungan gula pada susu EGM ikut terlarut dan terminum oleh anak.

PABRIK:

Susu EGM diproduksi oleh : Moniska Family
PT.NEW

Warning Content Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanya sebagai informasi semata dan tidak ditujukan sebagai saran pengganti resep dokter / ahli kesehatan keluarga Anda.

KANDUNGAN / MATERI PRODUK

Menurut wikipedia, susu kambing berasal dari perahan susu kambing betina pasca melahirkan, dalam rentang waktu 0-3 hari didapatkan susu dengan kandungan kolostrum yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dengan nilai gizi lebih tinggi dibandingkan susu sapi. [1]

Ada kebiasaan masyarakat konsumsi susu kambing masih secara ala kadarnya saja atau disaat terserang sebuah penyakit dengan harapan memperoleh manfaat kesembuhan atas nilai kesehatan pada susu kambing.

Susu kambing dengan kualitas terbaik adalah susu yang masih segar (raw goat milk). Namun sayangnya terkadang susu kambing memiliki aroma kurang menarik bau prengus, yang ditimbulkan karena kandungan asam kaproat pada susu kambing.

Susu kambing jenis etawa memiliki komposisi yang terdiri atas protein sebesar 3,6%, kandungan lemak 6,17%, bahan kering 15,49%, serta bahan kering tanpa lemak sebesar 9,32%.

Komposisi pada susu tergantung pada pakan yang diberikan dan saat pemerahan. Pakan yang kaya akan omega -3 dan omega-6 bila diberikan pada kambing mampu meningkatkan kandungan omega3 dan 6 pada hasil perahan susu kambing.

Rasio keseimbangan kandungan omega3 dan 6 berkorelasi dengan manfaat kesehatan yang didapatkan.

Fakta Penggemar Susu Kambing

Susu kambing ternyata merupakan jenis susu yang paling banyak dikonsumsi secara global di seluruh dunia. Ada sebuah fakta yang menyatakan bahwa sekitar 65 -72 % produk susu yang dikonsumsi adalah susu kambing. [2]

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mungkin salah satunya adalah karena cara pemeliharaan kambing lebih mudah bila dibandingkan dengan sapi. Biaya yang harus dikeluarkan dalam peternakan kambing relatif lebih murah seperti biaya perawatan, pakan, air dll. Seringkali kambing tidak memerlukan kandang khusus yang dibutuhkan untuk akomodasi ternak yang lebih besar.

Orang lebih senang terhadap susu kambing daripada susu sapi atau susu nabati, karena lebih kental dan lebih lembut serta memiliki kandungan nutrisi lebih banyak untuk menunjang kesehatan. Susu kambing merupakan sumber kalori, protein, dan lemak yang penting bagi masyarakat di negara berkembang.

Susu kambing juga merupakan salah satu penghasil vitamin A yang sangat baik. Penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa dengan konsumsi vitamin A yang memadai bisa membantu mengurangi resiko penyakit katarak, kanker type tertentu dan untuk anak-anak bisa membantu melawan campak.

Kandungan vitamin A yang lebih tinggi pada susu kambing bila dibandingkan dengan susu sapi, kemungkinan merupakan perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Dalam kaitan dengan jutaan kematian anak-anak setiap tahun akibat kekurangan vitamin A, menjadikan susu kambing merupakan salah satu alternatif yang sangat penting untuk mengatasi hal tersebut.

Susu kambing juga merupakan sumber yang sangat baik sebagai penghasil protein hewani, fosfor, kalium, kalsium serta magnesium.

Apabila disandingkan bersama susu sapi standar, susu nabati kedelai, susu almond, susu beras, atau susu kacang, dihitung jumlahnya dalam porsi yang sama, susu kambing memiliki kandungan protein lebih banyak.

kelebihan protein yang berasal dari susu kambing diklaim bersahabat dengan pencernaan, dengan demikian susu kambing lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Susu Kambing Lebih Mudah Dicerna

Kondisi gumpalan lemak pada susu kambing wujudnya lebih kecil daripada susu sapi atau susu nabati lain. Para ahli menduga mungkin inilah salah satu alasannya mengapa susu kambing menjadi lebih mudah dicerna.

Laporan hasil pengujian mengindikasikan keutamaan khasiat susu kambing dalam mengobati keluhan pada usus, berkah karena kemudahan pencernaannya.

Selain itu, ada kemungkinan pada kandungan buffer susu serta karakter fisik dadih yang dibentuk oleh koagulasi susu kambing juga diyakini jadi faktor lain susu ini mudah dicerna.

Ada hal unik yang ditemukan pada penelitian lain, dimana mekanisme pencernaan protein dalam susu formula bayi kambing lebih mirip dengan ASI bila dibandingkan dengan susu formula yang berasal dari sapi.

Kandungan Nutrisi

Menurut laman situs webmd.com, dalam satu gelas susu kambing terkandung berbagai jenis nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh sebagai berikut:

Serat0 gram
Protein9 gram
Lemak 10 gram
Gula11 gram
Karbohidrat11 gram
Kalori168

Lebih Mirip ASI

Sebagai mana telah disebutkan diatas, susu kambing mempunyai beragam khasiat bagi kesehatan manusia kerana padanya terkandung lemak, protein, laktosa, mineral, dan vitamin yang cukup kaya. [3]

Selain manfaat yang mengesankan pada karakteristik fisik dan sensoriknya, lemak yang terkandung susu kambing lebih mudah dicerna dengan ukuran gumpalan lemak kecil serta memiliki kandungan asam lemak rantai pendek dan menengah yang sangat tinggi.

Pada susu kambing terdapat asam linoleat terkonjugasi dengan kadar yang lebih tinggi, senyawa ini berperan aktif dalam stimulasi kekebalan, peningkatan pertumbuhan, serta pencegahan beragam penyakit.

Adapun hal terpenting pada protein susu kambing adalah disebabkan oleh efek penyembuhannya terhadap alergi susu sapi, serta alergi makanan secara umum, yang menjadi salah satu sebab menimbulkan kematian pada banyak bayi.

Rasio perbandingan antara β-kasein / α s1 -casein sebesar (70% / 30%) yang ada pada protein susu kambing ternyata lebih mirip dengan kandungan pada ASI (sir susu ibu). Kondisi ini sangat baik karena nutrisi lebih banyak terserap dibandingkan susu sapi jika dikaitkan dengan sensitivitas β-casein yang lebih tinggi terhadap enzim protease.

Laktosa menjadi sumber karbohidrat utama dari semua jenis susu, kandungan laktosa pada susu kambing diklaim lebih rendah dari pada lainnya. Tapi disebalik itu, susu kambing justru yang kaya akan oligosakarida penting yang melindungi flora usus dari serangan patogen dan dalam perkembangan otak serta sistem saraf.

Perbandingan Susu Kambing dan Susu Sapi

Berikut ini perbedaan kandungan gizi antara satu gelas susu kambing (244gr) dibandingkan dengan susu sapi : [4]

Nutrisi Susu Kambing* Susu Sapi**
Kalori 168 149
Kalsium 327 mg 276 mg
Protein 9 gr 8 gr
Magnesium 34 mg 24 mg
Fosfor 271 mg 205 mg

Catatan tambahan:

  • * Sumber USDA, Susu, kambing, cairan, ditambah vitamin D.
  • ** Sumber USDA , Milk, whole, 3,25% milkfat, ada tambahan vitamin D.

Susu kambing dan susu sapi keduanya memiliki jumlah laktosa yang serupa. Pada takaran 100 gram susu kambing terdapat kandungan 4,1 gram laktosa, sedangkan susu sapi dalam berat yang sama mengadung laktosa sebesar 4,6 gram.

Susu kambing memiliki kelebihan dalam meningkatkan kemampuan tubuh saat menyerap nutrisi makanan tertentu. Susu kambing disinyalir memiliki efek yang lebih baik dalam hal penyerapan tembaga dan zat besi dibandingkan susu sapi, pada percobaan menggunakan mencit dengan sindrom malabsorpsi

MANFAAT SUSU KAMBING

Kelebihan susu kambing dibandingkan dengan jenis susu lainnya karena memiliki daya cerna yang lebih tinggi, lebih banyak mengandung kalsium, vitamin A dan Vit B6. Beberapa bukti klinis meyakini bisa digunakan untuk mengobati peradangan dan memperkuat tulang.

1. Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu kambing diyakini punya pengaruh cukup signifikan pada manfaat ini.

Hal ini dibuktikan dengan pemberian asupan susu kambing sebanyak 400 ml secara nyata memberikan dampak positif terhadap metabolisme tulang.

Apabila dikombinasikan dengan terapi lain, kemungkinan bisa sekaligus mencegah osteoporosis pada pengidap rheumatoid arthritis.

Dosis pemberian protein tertentu dalam susu kambing (CSN1S2) diketahui bisa meningkatkan pembentukan tulang femoralis tikus yang diuji. Bentuk susu dinilai lebih efektif ketimbang yogurt kambing.

Hewan yang diberi asupan susu kambing, memberikan tanda proses stabilisasi pergantian tulang tampaknya dimulai jauh lebih cepat. Penelitian ini terbukti efektif utamanya dalam kondisi defisiensi besi (kekurangan zat besi), yang jadi penghambat pembentukan tulang.

2. Mengobati Peradangan

Pada sebuah studi menunjukkan bahwa susu kambing (juga susu keledai) boleh disarankan sebagai salah satu makanan suplemen bagi pengidap alergi dan peradangan. Hasil ini telah terbukti bahwa susu mendorong peningkatan imunitas.

Penggunaan oligosakarida dalam susu kambing menunjukkan efek antiinflamasi pada penelitian dengan media tikus pembawa kolitis. Atas dasar fakta tersebut, diyakini bahwa susu kambing kemungkinan cukup efektif untuk mengobati radang usus.

Sedangakn pada penelitian lainnya, oligosakarida susu kambing mampu mengurangi peradangan usus dan berperan aktif pada pemulihan mukosa usus yang rusak.

3. Kesehatan Jantung

Susu kambing merupakan makanan penghasil magnesium yang baik, salah satu mineral yang sangat bermanfaat bagi jantung.

Fungsi magnesium membantu menjaga detak jantung agar tetap teratur dengan mencegah darah menggumpal dan menghambat peningkatan kolesterol dalam darah.

Magnesium berkolaborasi dengan vitamin D, merupakan nutrisi penting lainnya untuk menjaga jantung tetap sehat.

Hal menarik, dalam susu kambing memiliki kandungan magnesium lebih banyak daripada susu sapi atau susu kerbau.

Hanya saja kecukupan data tentang susu kambing lokal (pribumi) masih sedikit. Ada beberapa jenis susu kambing asli justru mengandung kalsium lebih sedikita daripada susu kerbau.

Dengan media mencit, diketahui asupan susu kambing bisa menurunkan tingkat konsentrasi trigliserida plasma.

4. Mengobati Anemia

Sebuah riset mengatakan bahwa bioavailabilitas atau ketersediaan hayati zat besi yang terkandung pada susu kambing lebih unggul dari pada susu sapi.

Pada tikus percobaan yang diberi asupan susu kambing utuh terdeteksi mempunyai efisiensi regenerasi hemoglobin yang jauh lebih tinggi dimana hal ini adalah merupakan persentase konversi dari zat besi menjadi hemoglobin.

Kandungan hemoglobin yang rendah pada darah akan menimbulkan kesulitan menangkap oksigen, ini menjadi salah satu pencetus munculnya keluhan seperti anemia.

Walaupun susu kambing sangat jarang dipromosikan lewat layar kaca, susu kambing boleh dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Perlu diketahui bahwa susu kambing merupakan agen metabolisme tubuh yang sangat baik karena membantu meningkatkan pemanfaatan metabolik mineral seperti kalsium serta zat besi.

Namun untuk menkonfirmasi akurasi klaim efek ini terhadap manusia masih diperlukan penelitian secara langsung dengan melibatkan manusia sebagai medianya.

Disamping itu, susu kambing memiliki A2 beta-casein, yang diyakini jauh lebih sehat daripada A1 beta-casein pada susu sapi.

Komponen A2 beta-casein dianggap sebagai jenis yang lebih aman dari beta-casein, adapun A1-nya malah menjadi salah satu faktor pencetus munculnya diabetes dan penyakit jantung iskemik.

Susu kambing juga ditemukan kurang memberikan efek alergi dibandingkan dengan penggunaan susu sapi ketika diberikan setelah masa menyusui.

Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk validasi kebenaran apakah memang susu kambing cocok sebagai alternatif susu formula bagi bayi dibandingkan dengan susu sapi.

6. Mengatasi Cemas dan Stres

Hasil ujicoba pada tikus menunjukkan bahwa kandungan asam linoleat terkonjugasi pada susu kambing bisa mempengaruhi perkembangan otak serta perkembangan fisik.

Pada riset tersebut, pemberian dosis susu kambing juga menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa sangat mungkin bisa mengurangi kadar kecemasan.

7. Menurunkan Kolesterol

Manfaat susu kambing lainnya untuk pria dan wanita adalah pada efek terapeutiknya untuk menunjang kesehatan jantung (sebagaimana pada poin 3 diatas). [5]

Hal ini terjadi oleh sebab susu kambing memiliki kandungan kadar asam lemak rantai sedang yang lumayan tinggi.

Asam lemak jenis ini pada susu kambing lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang dimiliki oleh susu sapi, susu kambing sekitar 30-35% adapun asam lemak rantai menengah susu sapi hanya 15-20% saja.

Tidak hanya tersimpan sebagai lemak tubuh, asam lemak ini menjadi energi pendorong yang membantu menurunkan kolesterol.

Asam lemak rantai menengah ini bisa membantu mengatasi keluhan pada penyakit jantung koroner serta gangguan pada usus.

Hal lainnya adalah susu kambing juga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Kenyataan ini membuat susu kambing memiliki kesamaan khasiat dengan minyak zaitun dalam hal mengontrol kolesterol tinggi.

8. Untuk Perawatan Kulit

Kandungan asam lemak dan trigliserida yang dimiliki susu kambing bukan saja membantu kesehatan tubuh dari dalam, tetapi bisa diaplikasikan untuk kesehatan luar tubuh khususnya kulit.

Kualitas susu kambing yang baik mampu melembabkan serta menjaga kulit tubuh tetap lembut layaknya kulit bayi.

Mengapa demikian?

Kandungan vitamin A dosis tinggi pada susu kambing bisa membantu melawan hadirnya jerawat, mencerahkan warna kulit serta menyehatkan kulit secara menyeluruh.

Susu kambing bisa dimanfaatkan oleh para remaja putri salah satunya adalah untuk mengusir jerawat dan mengatasi masalah kulit wajah lainnya. .

Senyawa asam laktat dalam susu kambing bisa membantu mencerahkan warna kulit dengan cara mereduksi sel-sel kulit mati sehingga wajah bebas kusam dan pucat.

Tingkat PH yang terkandung pada susu kambing memiliki kesamaan dengan manusia, efeknya adalah mudah diserap oleh kulit dan membantu hilangkan bakteri pengganggu kesehatan kulit.

Susu kambing

Images source: stylecraze.com

EFEK SAMPING SUSU KAMBING

1. Alergi

Menurut stylecraze.com, efek samping utama dari pengguaan susu kambing yang berhasil diungkap dengan riset adalah berkaitan dengan masalah alergi.

Alergi saat konsumsi susu kambing biasanya tidak berhubungan secara langsung dengan susu sapi, merupakan kelainan yang jarang terjadi.

Alergi yang timbul ini bisa memiliki kemungkinan terkait dengan kandungan protein kasein yang terdapat dalam susu.

Penderita alergi terhadap susu kambing lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki umur lebih tua serta timbul beberapa saat kemudian.

Penanganan kondisi alergi sebaiknya dengan menghindari penggunaan susu kambing beserta produk turunannya khawatir efeknya akan lebih parah.

Pemberian dosis minimal susu kambing atau produk ikutannya, sudah bisa memicu alergi bagi pengidap yang sangat sensitif.

Gejala klinis yang mungkin muncul ke permukaan pada pasien alergi protein susu antara lain sebagai berikut: [3]

  • Radang usus besar : keadaan radang di usus besar yang terkadang disertai dengan perlukaan dan nanah
  • Gangguan epigastrium : adanya rasa sakit pada ulu hati, terasa pedih dan perih pada perut
  • Rhinitis : radang atau iritasi pada lapisan hidung bagian dalam
  • Asma : terjadi gangguan pada saluran udara seperti meradang, sempit dan membengkak efeknya timbul banyak lendir dan susah bernafas
  • Muntah : kadang diikuti dengan adanya kontraksi pada lambung serta otot perut
  • Diare : sebuah keadaan feses yang keluar encer dan berair serta lebih sering dari kebiasaan
  • Migrain : sakit kepala sebelah saja yang terasa berdenyut
  • Anafilaksis : syok akibat reaksi alergi yang terlalu berlebihan
  • Urtikaria : atau orang lebih mengenalnya dengan nama biduran, kondisi munculnya lesi pada kulit yang meninggi dan terasa gatal
  • Eksim : reaksi alergi yang terjadi pada kulit, ini biasanya ditandai munculnya warna kemerahan yang terasa gatal dan menjadikan tidak nyaman
  • Selesema kronis : adanya akumulasi lendir pada saluran napas, biasanya muncul di belakang hidung, tenggorokan atau sinus
2. Kembung

Sedangkan menurut draxe.com, efek samping susu kambing yang paling umum terjadi adalah berkenaan dengan masalah pencernaan semisal munculnya gas berlebih atau kembung.

Penyebabnya tidak lain karena susu kambing memiliki kandungan laktosa meskipun jumlahnya sedikit bila dibandingkan dengan susu sapi atau produk olahan susu lainnya.

Bagi mereka yang sangat sensitif dengan laktosa, jumlah yang sedikit ini bisa memicu datangnya keluhan pada saluran pencernaan.

Untuk mengantisipasi efek samping tersebut, sebaiknya lakukan penggunaan susu kambing dengan dosis rendah terlebih dahulu, kemudian tingkatkan sejalan dengan reaksi yang ditimbulkan.

Apabila terjadi efek buruk setelah minum susu kambing, sebaiknya kurangi dosis pemakaian agar gejala mulai mereda.

Susu kambing tidak sesuai bagi Anda yang sedang diet, seperti pola makan bebas susu atau pola makan vegan. Bagi Anda yang tengah menjalankan diet semacam ini, bisa gunakan produk susu alternatif semisal susu almond atau susu oat.

WarningFair Use Disclaimer :
Untuk menghindari kesalahan kutip atau terjemah, validitas dan kebenaran artikel tetap merujuk pada sumber referensi dibawah ini:

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Susu_kambing
Susu kambing : telah diakses tanggal 16-11-2020 ; 17:41
[2] https://www.webmd.com/diet/goat-milk-are-there-health-benefits
Goat Milk: Are There Health Benefits? akses pada 16-11-2020 ; 12:50
[3] https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/
Chapter 35 - The Nutritional Value and Health Benefits of Goat Milk Components : Diakses pada 16-11-2020 ; 14:29
[4] https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-goat-milk/
Goat Milk: Health Benefits And Why It Could Be Better Than Cow Milk : akses tgl 16-11-2020 ; 16:39 [5] https://draxe.com/nutrition/goat-milk/
Goat Milk Benefits Are Superior to Cow Milk : diakses 17-11-2020 ; 08:39

Disclaimer

Produk Lain

Setelah melihat produk Susu Kambing Etta Goat Milk, konsumen juga biasanya melihat produk dibawah ini:

Kopi Tujuh Elemen Isi 10 Minyak Zaitun AL ARD Janna Tea Hot Janna Tea Cold Madu Pahit Madu Multiflora Deep Olive Madu S Jaga Centella Teh Sinergi StimFibre Dates Syrup Madu Habbat

Tertarik membeli produk Susu Kambing Etta Goat Milk HNI ini?

Sekarang order produk HNI jadi lebih mudah. Cukup isi kolom dibawah (nama dan alamat) langsung melalui WA Anda. Simple tanpa ribet.

Cara Order

Order Susu Kambing Etta Goat Milk cukup via WA saja.

Order via WA

Garansi Uang Kembali

Order Susu Kambing Etta Goat Milk via WA

GARANSI 100% produk ASLI dan TERKIRIM


Reviews / Testimoni Pengguna

Sembilan reviews pilihan dari 23 reviews produk Susu Kambing Etta Goat Milk. Cek detil review atau testimoni silahkan klik pada judul reviewnya.

Obati Anak 21 Bulan Idap Microsefal dan Cerebral Palsy

by Pepi Puspa Dewi
3450 Views

Cara USB Obati Radang Tenggorok Anak Tanpa Antibiotik

by Ummi Sabil
4328 Views

Obati Borok dan Luka Sekujur Tubuh Akibat Alergi Telur

by USB HNI
2197 Views

Pengalaman Pribadi Cara Mengobati Flu Singapura

by Unul Muchtar
3087 Views

Mengharukan Obati Suami Sakit Ginjal Kronis Stadium 5

by Andri widiastuti
6356 Views

Ingin Hamil Meski Mengidap Tokso, Ini Resepnya

by Evi Susanti
1116 Views

Pengalaman Hamil dan Melahirkan di Usia 44 Tahun

by Asmawati LED
4962 Views

Terapi Alergi Hyper Protein Pada Balita, Cek Hasilnya

by LED Laelatul Maghfiroh
4014 Views

Sulit Hamil Karena Toxso dan Rubella Tidak Selalu Benar

by Ririn Lauriena Nvd - Stokis Tangerang
2129 Views

Testimoni lengkap produk Susu Kambing Etta Goat Milk HNI bisa cek pada link berikut ini...

Warning Copyright Disclaimer:
Dilarang copy paste artikel pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan, baik untuk konten di marketplace maupun website lain, tanpa menyertakan link sumber kami berikut ini : https://hnipioneer.com/produk/susu-egm

DMCA.com Protection Status

Share FaceBook

Share Twitter

Share Pinterest

Share Telegram

Share Linkedin