Obat Herbal Asma

Paket Asma HNI

Asma merupakan penyakit paru-paru jangka panjang yang mengakibatkan peradangan dan penyempitan pada saluran udara sehingga pengidapnya akan mengalami kesulitan saat bernapas.

Pada tahap yang parah asma bisa menurunkan kemampuan bicara secara aktif. Kondisi ini oleh sebagian orang dikenal dengan sebutan asma bronkial atau penyakit pernapasan kronis.

Menurut sebagian praktisi kesehatan, asma tidak bisa disembuhkan secara total 100% meskipun telah menggunakan obat-obatan.

Namun dengan perawatan yang baik dan benar serangan asma bisa dikontrol. Pengidap asma bisa terbebas dari gejala asma yang sangat mengganggu serta menjalankan aktivitas rutin sehari-hari tanpa gangguan asma.

#Resep_HNI_11 : Views 20.618
Posted 24-Jan-2020 : Updated 25-Dec-2020
11 min read


Obat Herbal Asma

Resep HNI Asma

Catatan : Untuk keterangan harga produk pada banner diatas boleh jadi sudah mengalami perubahan. Paket harga yang terbaru saat ini bisa klik dibawah. Syukron.

Mengenal Asma

Saluran pernapasan pada pengidap asma biasanya lebih sensitif daripada orang biasa. Saat paru-paru terpapar oleh pencetus asma (alergan) akan menyebabkan saluran nafas menjadi kaku dan menyempit, ditambah lagi dengan produksi dahak meningkat sehingga terasa berat saat mengambil napas.

Menurut laman web webmd [1], secara umum ada tiga tanda utama penyakit asma yaitu :

  • Jalan napas tersumbat. Saat bernapas seperti biasa, pita otot di sekitar saluran napas menjadi rileks, dan udara bergerak bebas. Tetapi bagi penderita asma, otot-otot akan menegang. Sehingga udara akan lebih sulit untuk melewatinya.
  • Radang. Asma menyebabkan pembengkakan saluran bronkial di paru-paru. Peradangan ini kemungkinan bisa merusak paru-paru. Mengobati kondisi ini adalah kunci untuk penyembuhan asma dalam jangka panjang.
  • Iritabilitas saluran napas. Penderita asma memiliki saluran udara sensitif yang cenderung bereaksi berlebihan dan menyempit ketika mereka bersentuhan bahkan dengan pemicu kecil.

Gejala Asma

Anda mengalami gejala seperti dibawah ini? Silahkan amati, jangan-jangan Anda memiliki potensi mengidap asma.

  • Yang pertama adalah batuk, bila sering mengalami batuk terutama pada malam atau pagi hari. Ini bisa petunjuk awal kemungkinan adanya penyakit asma.
  • Desah atau bunyi ngik-ngik, mengeluarkan suara seperti siulan saat bernapas
  • Napas terasa sesak dan berat
  • Ada rasa menyesak didada, nyeri atau dada seperti tertekan
  • Mengalami kesulitan menjelang tidur karena masalah pernapasan

Penyebab dan Pemicu Asma

Bagi penderita asma kondisi lingkungan sekitar sangat reaktif sehingga harus dihindari pemicunya. Lingkungan yang buruk bisa jadi menyebabkan gejala atau memperburuknya. Pemicu asma yang umum meliputi:

  • Memiliki riwayat infeksi seperti sinusitis, pilek , dan flu
  • Benda atau zat alergen tertentu seperti serbuk sari, jamur, bulu hewan peliharaan, dan tungau debu. Jika yakin ini pencetusnya, maka hindari sebisa mungkin.
  • Adanya iritasi seperti bau menyengat dari parfum atau larutan pembersih
  • Polusi udara. Udara tercemar atau polusi udara memiliki kandungan zat yang merugikan bagi saluran napas, karena zat tersebut punya potensi yang tinggi dalam memicu serangan asma.

    Kehadiran benda asing pada saluran napas akan merangsang peningkatan reaktivitas bronkus sehingga gejala asma bertambah berat.
  • Asap tembakau. Asap rokok baik yang berasal dari tembakau maupun eletronik sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, apalagi bagi para pengidap asma ini bisa jadi salah satu pemicu gejalanya.

    Pada waktu asap rokok terhisap akan menyebabkan terjadinya endapan zat pengiritasi pada saluran lembab udara. Zat tersebut bisa mengakibatkan serangan pada pengidap asma.

    Disamping itu, asap rokok dari tembakau bisa merusak silia, yaitu rambut kecil pada saluran udara yang berfungsi untuk membersihkan debu dan lendir di saluran udara.

    Manakala silia rusak dan tidak bisa bekerja dengan optimal, debu dan lendir kemungkinan akan mulai menumpuk di saluran udara.

    Menurut WebMD, perokok pasif (mengirup asap rokok orang lain) lebih berbahaya dari perokok itu sendiri. Sebabnya adalah karena asap dari ujung rokok mengandung lebih banyak zat berbahaya seperti karbon monoksida, nikotin, tar, dan zat berbahaya lainnya.

    Asap rokok memiliki kandungan lebih dari 7.000 bahan kimia, termasuk didalamnya ada ratusan racun. Diyakini ada sekira 70 zat dalam asap rokok bisa memicu munculnya kanker.
  • Olahraga. Selain menyehatkan ternyata olahraga bisa menjadi salah satu pemicu serangan asma. Menurut AAFA kondisi ini disebut dengan EIB (exercise-induced bronchoconstriction) yaitu bronkokonstriksi yang sebabkan oleh aktifitas olahraga. AAFA: Allergy and Asthma Foundation of America
  • Udara dingin atau perubahan cuaca, seperti suhu atau kelembapan
  • Penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Pengidap asma punya potensi dua kali lebih besar terserang penyakit asam lambung (gerd) dibandingkan mereka yang normal. Dari hasil riset para ahli didapatkan hasil setidaknya 75% orang dewasa pengidap asma, ternyata juga mengidap asam lambung. [2]

    Para ahli meyakini (meskipun belum jelas bukti empirisnya) bahwa lonjakan asam lambung hingga mencapai ke kerongkongan akan mengiritasi lapisan tenggorokan dan jalur napas ke paru-paru. Keadaan demikian yang terus terjadi, lambat laun akan menyebabkan gangguan pernapasan dan batuk yang berlanjut.

    Zat asam lambung bisa merangsang kontraksi saraf yang berpotensi akan menyempitkan saluran napas sebagai upaya tubuh dalam menghambat paparan asam ke kerongkongan. Refleks inilah yang menimbulkan lahirnya gejala asma.

    Menurut Mayo Clinic, kehadiran asam lambung (gerd) ini bisa berakibat semakin memperberat gejala asma, begitu juga sebaliknya asma bisa memperburuk kondisi penyakit GERD.
  • Emosi yang kuat seperti kecemasan , tawa, kesedihan, atau stres
  • Obat-obatan seperti aspirin
  • Pengawet makanan yang disebut sulfit, ditemukan pada udang, acar , bir dan anggur, buah-buahan kering, serta jus lemon dan jeruk nipis dalam kemasan.

Pencegahan Serangan Asma

Mencegah datangnya serangan asma sangat penting agar bisa kurangi terjadinya serangan. Berikut ini adalah beberapa langkah atau tips yang mungkin bisa dilakukan untuk menghindari datangnya asma:

  • Ketahui pemicunya, dan menjauhlah darinya.
  • Ikuti petunjuk dokter atau ahli medis tentang minum obat asma. Beri tahu mereka jika sudah terbiasa menggunakan inhaler agar pertolongan lebih cepat
  • Pantau kondisi dan pelajari tanda-tanda yang mungkin semakin parah. Pengukur aliran puncak dapat membantu.
  • Ketahui apa yang harus dilakukan jika asma semakin parah.

Pengobatan Asma Dengan Herbal

Selain dengan memakai obat-obatan medis yang biasa diresepkan oleh para dokter, keluhan dan gejala asma dapat diobati dengan berbagai bahan alami dari herbal yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa jenis tanaman atau herbal tertentu yang dipercaya oleh sebagian kalangan sanggup membantu dalam meredakan gejala penyakit asma, antara lain sebagai berikut: [3]

Madu

Madu telah diketahui sebagai salah satu komponen utama dalam pembuatan obat batuk dan pilek karena diyakini dapat membantu meredakan dan membuat nyaman iritasi pada tenggorokan serta menenangkan batuk.

Madu telah banyak digunakan oleh pengidap asma sebagai penunjang pengobatan. Namun demikian, sejauh ini belum ada penelitian yang bisa memastikan hal tersebut. Manfaat madu untuk asma ini masih butuh penelitan lanjutan agar bisa dipastikan keandalannya.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang, dengan demikian jahe dianggap bisa mengurangi terjadinya peradangan pada pengidap asma. Riset terbaru tentang jahe didapatkan hasil yang positif bisa mengurangi gejala asma setelah konsumsi jahe.

Namun pada riset yang dilakukan tersebut tidak menemukan adanya hubungan yang bisa diklaim bahwa penggunaan jahe sanggup meningkatkan fungsi paru-paru.

Saat ini riset manfaat jahe terhadap asma masih di evaluasi sehingga bisa ditemukan bukti yang valid bahwa memang jahe bisa membantu mengelola gejala asma atau tidak.

Kunyit

Sejumlah penelitian terhadap kunyit, para peneliti telah menemukan beberapa sifat anti alergi pada herbal ini. Oleh karenanya kunyit diyakini mempunyai efek perlawanan pada histamin yang bisa jadi sumber radang.

Meskipun hasilnya cukup menggembirakan, masih diperlukan riset lebih lanjut dan lengkap sebelum digunakan sebagai obat anti asma alami yang aman dan efektif.

Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal mempunyai sifat anti radang, sehingga telah banyak dimanfaatkan untuk beragam pengobatan penyakit, utamanya pada penyakit kardiovaskular.

Asma merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan, oleh karena itu bawang putih cukup meyakinkan bila digunakan untuk tujuan meredakan gejala asma.

Sama seperti jenis tumbuhan lain, penelitian yang lebih serius masih dibutuhkan lebih lanjut agar manfaat ini benar-benar bisa diaplikasikan bagi pengidap asma.

Omega-3

Sebagian orang mengenal omega-3 sebagai salah satu asam lemak dalam mengobati penyakit yang terkait dengan masalah jantung.

Tapi tahukah Anda bahwa omega3 juga bisa membantu proses reduksi peradangan pada saluran pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru. Sehingga perannya ini bisa digunakan untuk mengurangi gejala pada asma.

Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk meyakinkan publik bahwa memang benar Omega-3 memiliki efek dalam penyembuhan asma.

Perawatan Asma Dengan Produk HNI

Adakah produk HNI yang bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi ASMA?

Alhamdulillah ternyata ada. Anda jadi tidak perlu repot untuk meracik herbal secara mentah-mentah dalam mengobati asma.

Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa digunakan untuk mengobati asma berdasarkan Resep Herbal HNI dan rekomendasi dari pakar spesialist herbal HNI, yaitu :

1. Procumin Propolis

Produk ini mengandung herbal bermanfaat antara lain adalah Natural Propolis. Propolis merupakan zat yang dikumpulkan lebah madu untuk menutupi celah pada sarang, berasal dari getah atau tunas pohon.

Propolis diyakini dapat membantu dalam mengatasi keluhan asma yaitu dengan cara menghambat proses inflamasi yang terjadi di paru-paru.

Berdasarkan penelitian [4], pemberian propolis bisa menurunkan jumlah sel didalam cairan bronchoalveolar serta ikut terlibat dalam meredakan inflamasi peribronkovaskular.

Selain Natural Propolis, produk ini juga mengandung Nigella Sativa (biji habbatussauda). Ada hasil uji yang bisa menjadi rujukan bahwa biji jintan hitam ini memiliki efek yang positif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit asma.

Pengujian lab pada ekstrak etanol Nigella Sativa cukup efektif dalam menghambat pelepasan histamin dari sel mast tikus wistar peritoneal secara proporsional sesuai dengan konsentrasinya. [5]

Nigella Sativa efektif sebagai anti inflamasi serta tidak memiliki efek toksik pada sel mast. Dengan hasil temuan tersebut, habbatussauda telah dianggap punya potensi yang efektif dalam pengobatan asma.

2. Madu S Jaga

Ini salah satu produk HNI yang sering disebut dengan Madu Sapu Jagat, karena kandungannya yang luar biasa untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Produk Madu S Jaga diracik dari herbal antara lain : madu asli, sarikurma, spirulina, pegagan, alang-alang, daun sambiloto dan daun sirsak.

Madu memiliki sifat sebagai antiinflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan pada saluran udara yang menyertai penyakit asma, disamping meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Sarikurma dalam penggunaannya untuk mengobati asma, karena diklaim punya kemampuan dalam membantu meringankan sesak napas, batuk, nyeri didada dan paru-paru serta dada terasa berat.

Spirulina pada satu studi tahun 2001 ditemukan bahwa dengan pemberian dosis harian spirulina sebesar 1gram bisa membantu meningkatkan fungsi paru-paru pada pengidap asma bronkial.

Daun pegagan juga memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan frekwensi datangnya serangan asma terhadap pengidap asma. Ini berdasarkan hasil uji yang dilakukan oleh ubaya.ac.id. [6]

Adapun kandungan daun sirsak pada Madu S Jaga dipercaya bisa membantu mengatasi keluhan pada masalah pernapasan seperti batuk dan sesak napas yang kerap menyerang penderita asma

3. HNI Coffee

Produk lain yang digunakan sebagai penunjang dalam sinergi herba untuk atasi asma adalah kopi HNI.

Kopi sehat ini selain rasanya yang nikmat juga tersimpan manfaat yang luar biasa, khususnya untuk mengobati dan meringankan gejala asma.

Pada kopi HNI ini ada terdapat ekstrak habbatussauda, madu, susu kambing dan coklat. Komponen tersebut juga diyakini memiliki potensi dalam membantu redakan gejala asma.

Pada bubuk coklat ada terkandung senyawa teofilin. Ini merupakan salah satu senyawa anti asma karena berperan dalam membantu melebarkan paru-paru sehingga rasa lebih rileks di saluran pernapasan serta meminimalkan radang.

4. Susu Kambing EGM

Susu kambing meskipun di Indonesia kalah populer dengan susu sapi, ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak, terlebih lagi bagi mereka yang mengidap penyakit asma.

Kandungan nutrisi dan senyawa yang ada dalam segelas susu kambing, dipercaya punya kaitan erat dalam membantu mengatasi penyakit asma.

Saat minum susu, ada komponen berupa gula dan kasein dalam susu yang mengalami reaksi dalam pencernaan. Demikian juga pada jalur pernapasan, saat reaksi asam ini terjadi, tubuh akan memproduksi mucous atau lendir yang punya potensi akan menghambat saluran pernapasan.

Kondisi diatas biasanya terjadi pada mereka yang memiliki alergi khususnya terhadap susu sapi. Sehingga pengidap asma tidak dianjurkan untuk konsumsi susu beserta turunannya yang mengandung kasein tinggi.

Hal yang menggembirakan adalah ternyata susu kambing, tidak merangsang proses reaksi asam dimaksud. Susu kambing tidak memicu peningkatan produksi mucous pada jalur pernafasan dan tenggorokan.

Dengan demikian susu kambing memang layak dimanfaatkan oleh pengidap asma karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya tanpa meningkatkan potensi alergi.

5. Gamat Emas

Berdasarkan jurnal kesehatan yang dikeluarkan oleh nih.gov [7] gamat emas atau teripang emas memiliki potensi yang signifikan dalam mengatasi keluhan pada pengidap asma.

Teripang selain sudah dikenal dengan salah satu sifatnya yaitu sebagai anti radang (ini problem serupa pada pengidap asma) juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit asma.

Pengunaan teripang untuk asma memiliki kaitan dalam meredakan gejalanya dan menurunkan tingkat peradangan bagi penderita asma.

Untuk melihat efek anti-asma teripang terhadap asma, para periset sengaja melakukan induksi tikus dengan peradangan saluran napas.

Didapat data bahwa nilai hyper-responsiveness pada tikus lebih rendah secara nyata setelah injeksi oral ekstrak teripang.

Disamping itu jumlah eosinofil di paru-paru tikus juga mengalami penurunan yang cukup jelas pasca injeksi tersebut.

Hasil pengujian diatas memberikan indikasi kuat bahwa ekstrak teripang bisa membantu memperbaiki peradangan saluran napas alergi melalui aktivasi sel Treg dan perekrutan ke paru-paru.

6. Minyak Herba Sinergi (MHS)

Mengatasi asma selain melalui pengobatan oral dari dalam juga akan lebih maksimal bila dibantu dengan pengobatan pijat refleksi.

Pijat urut refleksi untuk asma bisa memanfaatkan minyak urut MHS yang mengandung berbagai komponen herbal pilihan. Balurkan MHS pada area yang akan dilakukan pemijatan.

Untuk memberikan efek hangat saat dibalurkan, MHS bisa dihangatkan terlebih dahulu dengan cara mamasukkan botol MHS pada gelas / wadah yang berisi air hangat panas (tidak perlu air mendidih).

Setelah dirasa kehangatan suhu yang sesuai, baru dibalurkan ke area badan dengan pengurutan secara pelan-pelan tidak perlu ditekan keras.

Pengobatan refleksi untuk asma atau sesak napas bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Titik yang dipijit / diurut antara lain adalah area dada, punggung, telapak kaki dan bagian bawah kaki, kemudian tangan dan telapak tangan.

Tehnik pengurutan dengan MHS cukup aman dan tanpa efek samping. Lakukan pemijatan sekitar 2 menit pada masing-masing area (titik pijat).

Pemijatan pada titik yang sama boleh diulangi kembali setelah 5 menit. Berdasarkan saran terapis, lakukan urut untuk asma tiga kali sehari.

Treatment ini setidaknya dirutinkan dalam rentang tiga hari dengan istiqomah. Setelah itu pengurutan bisa diturunkan satu kali sehari hingga asma sembuh.

Selama proses pijat refleksi ini jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih minimal 2 gelas (500ml) guna melancarkan metabolisme tubuh. Bila Anda tidak faham mengenai cara pengurutan ini, sebaiknya minta bantuan tenaga ahli yang lebih mengerti, agar hasilnya maksimal.

Fair Use Disclaimer:
Untuk menghindari salah kutip atau salah tafsir, validitas artikel tetap mengacu pada sumber rujukan seperti pada referensi dibawah ini:

[1] https://www.webmd.com/asthma/what-is-asthma
Asthma : akses tanggal : 20-12-2020 ; 22:13

[2] https://hellosehat.com/pencernaan/maag/hubungan-asma-dan-asam-lambung
Hubungan Asma dan Asam Lambung : diakses tgl 23-12-2020;11:18

[3] https://www.everydayhealth.com/asthma/natural-remedies-for-asthma.aspx
Natural Remedy Options for Asthma Treatment : diakses pada 23-12-2020;13:22

[4] Effects of Stingless Bee Propolis on Experimental Asthma. (Evidence-based Complementary and Alternative Medicine : 2014)

[5] https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6194640/
Nigella sativa as an anti-inflammatory agent in asthma : diakses 23-12-2020;17:10

[6] http://repository.ubaya.ac.id/12899/
Efektivitas Terapi Kombinasi Herba Pegagan (Centella asiatica (L) Urban), Brotowali (Tinospora crispa (L) Mier), dan Ciplukan (Physallis peruviana (L)) Terhadap Frekuensi Serangan Asma : diakses 23-12-2020;17:43

[7] https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27852121/
Preventive Intra Oral Treatment of Sea Cucumber Ameliorate OVA-Induced Allergic Airway Inflammation : diakses 24-12-2020;14:20

Cara Order

Tertarik ingin membeli paket obat herbal Asma ini? Silahkan langsung isi data order pada kolom dibawah.

Order via WA

Order paket Asma HNI


Catatan: Cukup isi data nama dan alamat lengkapnya saja, nanti ada konfirmasi dari admin ke no WA Anda.

Isi Paket Asma HNI

HARGA KONSUMEN:
- Procumin Propolis Rp.175.000
- Madu S Jaga Rp.120.000
- Kopi HNI Coffee Rp.125.000
- Minyak Herba Sinergi Rp.45.000
- Susu Kambing Etta Goat Milk Rp.75.000
- Gamat Kapsul Rp.130.000
TOTAL : 670.000 (belum termasuk ongkir).

Mau harga lebih MURAH? klik disini...

Saran Pemakaian

Berikut ini adalah dosis minum paket Asma sesuai dengan rekomendasi dari Resep HNI V.2.1.3.

- Proc Propolis : 2 x 3 softgel (dikunyah)
- Madu SJ : 2 x 1 sdm
- Health Coffee : Pagi-sore @1 sachet
- Minyak Burung Butbut : Dioleskan
- Etta Goat Milk : Pagi-sore @1 sachet
- Gamat Kapsul : 2 x 3 kapsul

Content Disclaimer:
Artikel ini hanya sebagai informasi semata, tidak ditujukan sebagai saran pengganti resep dokter / ahli kesehatan keluarga Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum melakukan pengobatan dengan artikel ini.

Daftar HNI

HARGA PAKET LEBIH MURAH

Mau harga lebih MURAH? Ayo daftar dulu jadi member/agen disini. Cek harga konsumen (Cust) dan harga member (Agen):

ProdukCustAgenSave
Procumin Propolis175rb140rb35rb
Madu S Jaga120rb100rb20rb
Kopi HNI Coffee125rb105rb20rb
Minyak Herba Sinergi45rb30rb15rb
Susu Kambing Etta Goat Milk75rb60rb15rb
Gamat Kapsul130rb100rb30rb
TOTAL670rb535rb135rb

Hemat kan?

Modal_10rb_bisa_hemat_135rb_rupiah. Order_paket_Asma, tidak_perlu_bayar_670rb tapi_cukup_535rb_saja.

Tak_usah_bayar_670000
Cukup_535000

Mau harga lebih murah? Pastikan Anda jadi member dulu ya...

PAKET ASMA HARGA MEMBER/AGEN:
- Procumin Propolis Rp.140.000
- Madu S Jaga Rp.100.000
- Kopi HNI Coffee Rp.105.000
- Minyak Herba Sinergi Rp.30.000
- Susu Kambing Etta Goat Milk Rp.60.000
- Gamat Kapsul Rp.100.000
TOTAL : 535.000 (belum ongkir). Lebih hemat 135.000

Resep Lainnya

Paket pengobatan herbal terkait lainnya:

Obat Herbal Astigmatisme
3.052 views

Obat Herbal Achondroplasia
3.421 views

Obat Herbal Alergi Dingin
3.826 views

Obat Herbal Arteriosklerosis
4.614 views

Obat Herbal Amnesia
4.957 views

Obat Herbal Autoimun
7.570 views

Obat Herbal Apendisitis
11.127 views

Obat Herbal ASI Lancar
13.882 views

Obat Herbal Anemia
13.885 views

Obat Herbal Amandel
14.534 views

Obat Herbal Ambeien
15.535 views

Obat Herbal Alergi
21.504 views

Obat Herbal Asam Urat
27.212 views

Obat Herbal Asam Lambung
37.841 views

Atau silahkan klik link resep herba HNI Lengkap

Copyright Disclaimer:
Mohon maaf, dilarang copy paste artikel obat herbal Asma pada halaman ini baik sebagian atau keseluruhan, baik untuk marketplace ataupun website lain tanpa mencantumkan link sumber kami berikut ini : https://hnipioneer.com/resep-herba-hni/asma

Share FaceBook

Share Twitter

Share Pinterest

Share Telegram