Manfaat daun kemangi bagi kesehatan ternyata sangat banyak, mulai bisa dimanfaatkan untuk pencernaan, anti aging, anti depresi, hipertensi hingga kesehatan usus .. doc HNI Pioneer.

√ Post 04-12-23 by (Id99)
√ 1356 views
√ CLOUD Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Kemangi biasa dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan ketika makan. Namun, kemangi juga biasa digunakan sebagai campuran bahan makanan dalam pepes atau yang lainnya.

Saat ini kemangi bukan hanya dikonsumsi secara tradisional, namun sudah ada dalam kemasan kapsul. Salah satu produk HNI yang memiliki kandungan kemangi adalah Harumi.

Kemasan kapsul ini tentunya lebih praktis karena bisa dibawa kemana saja tanpa harus mengalami kerepotan.

Tetapi, pernahkah Anda mengetahui apa manfaat daun kemangi jika dikonsumsi?

Di bawah ini terdapat informasi mengenai manfaat dari daun kemangi yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Ternyata, kemangi mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Tetapi, pertama ketahui terlebih dahulu karakteristik singkat daun kemangi.

Karakteristik Daun Kemangi

Kemangi memiliki nama latin Ocimum sanctum , yang merupakan spesies golongan basil yang memproduksi minyak esensial.

Daun kemangi terkenal dengan ciri khas aromanya, biasanya tanaman ini digunakan sebagai obat atau bahan masakan.

Daun kemangi memiliki morfologi tanaman semak semusim, akarnya akar tunggang, dan tingginya kurang lebih 30 hingga 50 cm. Batang berkayu, segi empat, beralur, serta bercabang.

Baca juga apa saja manfaat daun meniran untuk kesehatan.

Jika diperhatikan, di permukaan batang daun kemangi juga terdapat bulu-bulu halus. Bunga majemuk, bentuk tandan, daun pelindung berbentuk elips, tangkainya pendek serta mahkota bulat telur.

Tumbuhan kemangi memiliki kandungan kimia pada bagian bunga, daun atau batangnya. Namun, kandungan kimia tertinggi terletak pada bagian daun.

Kemangi sudah terbukti mempunyai beberapa sifat berikut ini :

  • Antioksidan
  • Antikanker : sehingga digunakan dalam pengobatan kanker payudara.
  • Antijamur
  • Antianalgesic.

Daun kemangi mempunyai kandungan zat eugenol yang berpotensi dalam farmakologis. Kandungan eugenol ini ada sekitar 40% sampai 7%.

Selain itu, senyawa lainnya seperti ocimene, alfapinene dan geraniol juga terkandung dalam daun kemangi.

Tidak hanya itu saja, rupanya daun kemangi juga mengandung saponin, antioksidan jenis flavonoid dan juga tanin. Dalam bijinya pun mengandung saponin, flavonoid dan polifenol.

Daun Kemangi
Image source istock photo

Manfaat Daun Kemangi

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui sedikit tentang daun kemangi, maka selanjutnya akan dijelaskan manfaat daun kemangi.

Penasaran apa saja manfaat dari mengkonsumsi daun kemangi? Lebih baik langsung baca ulasannya berikut ini, ya.

Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah sebagai anti inflamasi. Kemangi mempunyai sifat anti inflamasi yang tinggi, dengan hal itu kemangi dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan gangguan masalah pada tubuh.

Kemangi yang mengandung eugenol, sitronelol dan linalool di dalamnya membantu menurunkan peradangan.

Sifat anti inflamasi dalam kemangi mampu menurunkan risiko penyakit jantung, arthritis dan radang usus.

Selain itu, apabila Anda rutin mengkonsumsi kemangi maka bisa meredakan sakit kepala, flu, radang tenggorokan, masuk angin ataupun batuk-batuk dan demam.

Jadi, kemangi sangat disarankan untuk dikonsumsi apabila mengalami gejala-gejala seperti itu.

Menjaga Pencernaan

constipation
Image source istock photo

Daun kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi dapat bekerja dengan cara memperkuat sistem pencernaan dan juga syaraf. Selain itu, bermanfat juga sebagai obat sakit kepala dan juga insomnia.

Kandungan eugenol yang terkandung di dalam daun kemangi bersifat anti inflamasi.

Dimana, dalam hal tersebut kemangi juga dapat membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh serta mengembalikan tingkat keasaman tubuh yang tepat.

Menangkal Radikal Bebas

Kemangi mengandung aktivitas antioksidan yang cukup tinggi, salah satu jenisnya adalah flavonoid. Sebagai antionksidan, maka dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh.

Dimana radikal bebas tersebut dapat menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh. Sehingga dengan adanya antioksidan dapat menangkal radikal bebas.

Kemangi juga mengandung senyawa antioksidan berupa orientin dan vicenin are. Kedua jenis antioksidan tersebut juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menunda efek penuaan dini pada kulit.

Menyehatkan Kulit

Selanjutnya, daun kemangi memiliki manfaat menyehatkan kulit. Anda bisa mengkonsumsi kemangi secara rutin untuk dapat memiliki kulit yang sehat terutama bagi kamu yang memiliki kulit berminyak.

Kemangi mampu membersihkan kotoran dan minyak yang terdapat di kulit yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Tidak hanya bisa dikonsumsi, Anda bisa mengolahnya menjadi masker wajah. Silakan hancurkan daun kemangi dan oleskan ramuan kemangi tersebut ke seluruh wajah, diamkan selama kurang labih 20 menit setelah itu bilas.

Mengurangi Depresi

Depresi
Image source istock photo

Daun kemangi juga dapat membantu mengelola depresi dan kecemasan. Kemangi telah dipercaya dapat merangsang neurotransmitter, yaitu berupa hormon yang menyebabkan rasa kebahagiaan.

Selain itu, kemangi diketahui sebagai anti stress dan anti inflamasi.

Daun kemangi memiliki sifat anti depresan yang sebanding dengan diazepam dan juga obat ani depresan.

Jika mengkonsumsi 500 mg ekstrak daun kemangi secra ruti setiap hari, maka dapat membantu mengurangi rasa cemas, stres dan juga perasaan tertekan.

Mengontrol Gula Darah

Diabetes test
Image source istock photo

Manfaat daun kemangi lainnya adalah mengontrol gula darah.

Untuk penderita penyakit diabetes, daun kemangi sangat bermanfaat membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolsterol yang merupakan sah satu faktor paling berisiko bagi penderita diabetes.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi daun kemangi secara rutin dapat membantu pelepasan gula dari darah secara lambat.

Kemangi mengandung kandungan glikemik yang sangat rendah. Sehingga, cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Menjaga Fungsi Hati

Organ hati
Image source istock photo

Perlu diketahui bahwa daun kemangi membantu detoksifikasi tubuh. Sifat ini yang kuat dari daun kemangi dapat mendukung fungsi hati.

Hati merupakan organ tubuh yang sangat penting terutama untuk metabolisme dan juga mendeteksi racun.

Kemangi mampu membantu mencegah penumpukan lemak di hati dan menjaga kesehatannya.

Silakan dengan rutin mengkonsumsi daun kemangi dengan dosis yang tidak berlebihan untuk dapat menjaga kesehatan hati.

Menjaga Kesehatan Lambung dan Usus

Usus dan lambung
Image source istock photo

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, daun kemangi juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan lambung dan usus.

Kemangi mampu mengembalikan tingkat keasaman tubuh dan juga memberi bakteri sehat pada mikrofora dalam usus.

Selain itu, kemangi mampu meredakan perut kembung dan sering dijadikan sebagai obat herbal tradisional yang cukup terpercaya.

Mengkonsumsi kemangi juga bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat perut yang kembung. Selain itu, daun kemangi bahkan bisa merangsang hilangnya nafsu makan.

Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi
Image source istock photo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun kemangi mengandung senyawa eugenol. Ekstrak dari senyawa eugenol dapat memblokir saluran kalsium dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Dimana hal tersebut sangat bermanfaat bagi pengidap hipertensi. Tentunya dengan menjaga pola makan dan menambahkan daun kemangi secukupnya pada menu harian sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam batas normal.

Mengatasi Infeksi

Daun kemangi memiliki manfaat dapat mengatasi infeksi karena bersifat sebagai anti mikroba.

Minyak atsiri yang terkandung di dalamnya dapat melawan beberapa macam infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atau infeksi pada kulit.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun kemangi dapat mencegah penuaan dini sekaligus menjaga kesehatan kulit, seperti yang sudah disinggung sebelumnya.

Kandungan antioksidan dalam kemangi mampu menghambat efek buruk dari radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, sehingga dengan mengkonsumsi daun kemangi yang mengandung antioksidan dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Setelah mengetahui karakteristik dan manfaat daun kemangi di atas, sekarang Anda sudah dapat memahami lebih dalam.

Daun kemangi memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh bahkan sampai mengobati penyakit.