Manfaat konsumsi rutin teh hijau bagi kesehatan ternyata akan terhindar risiko kanker dan penyakit kronis lainnya, diabetes, hipertensi hingga mengatasi jerawat

Manfaat Teh Hijau

Id76 Postby Admin 30-09-23 1528 Teh Hijau

Sejak dulu teh hijau (Camellia sinesis) telah dikenal sebagai salah satu jenis teh yang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Teh hijau merupakan jenis teh yang sangat baik karena memiliki kandungan zat yang menyehatkan seperti kandungan asam amino, vitamin K, polifenol, dan masih banyak lagi.

Selain itu, teh hijau ini juga memilki kandungan vitamin B, folat, potassium, mangan, magnesium, dan kafein.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, teh ini sangat disarankan untuk mengonsoumsinya secara langsung, yakni dengan menyeduhnya, bukan dalam bentuk olahan maupun perasa teh hijau.

Dewasa ini teh hijau telah dikenal masyarakat luas dan dari berbagai negara dipenjuru dunia, bahkan anak-anak terbiasa menikmatinya.

Pasalnya, teh hijau tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman saja, melainkan bisa kita jumpai dalam beberapa produk yang telah diolah mulai kue hingga es krim.

Salah satu produk HPAI yang mengandung teh hijau dan siap seduh adalah Teh centella.

Manfaat Teh Hijau

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan bila rutin konsumsi teh hijau:

Mengurangi risiko penyakit kronis

Salah satu manfaat teh hijau adalah dalam kandungannya yang memiliki senyawa bio aktif yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis.

Jenis teh ini juga mampu untuk menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kebal dari berbagai penyakit.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat lainnya dari teh hijau ini juga ternyata mampu untuk membantu dalam penurunan berat badan.

Dengan menggunakan teh hijau mampu untuk mendukung tubuh Anda agar memilki sistem metabolisme tubuh yang lebih baik.

Mengurangi kanker

Manfaat yang lainnya dari teh ini juga bisa bermanfaat dalam membantu penurunan resiko kanker pada organ tubuh.

Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal ini dikarenakan karena teh hijau mempunyai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Mencegah penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer umumnya diderita oleh para orang lanjut usia.

Teh hijau mengandung catechins yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan mental dan mencegah penyakit seperti Alzheimer dan parkinson.

Menjaga kesehatan gigi

Manfaat lainnya yaitu karena didalam kandungan teh hijau ada Catechins berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi, mencegah tumbuhnya bakteri yang dapat membuat gigi berlubang dan mencegah bau mulut.

Mengonsumsi setidaknya dua cangkir teh hijau sehari mampu membantu menjaga kesehatan muluit secara keseluruhan.

Menyembuhkan diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit sangat berbahaya yang sering dialami masyarakat manapun.

Manfaat teh hijau mampu meningkatkan sensivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah hingga mencapai 42%.

Menyeimbangkan tekanan darah

Manfaat lain dari kandungan teh hijau juga ternyata teh mampu untuk membuat Anda memilki kadar tekanan darah yang lebih rendah juga dapat terkontrol dengan baik, dengan cara meminumnya secara rutin setiap hari.

Mengatasi penyakit jantung

Manfaat yang tidak kalah penting dari teh hijau ini adalah mampu meningkatkan antioksidan dalam darah yang dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) pada tubuh.

Kolesterol buruk LDL yang mengalami oksidasi akan mengakibatkan pemicu penyakit jantung.

Mengatasi jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat pada muka Anda.

Karena katekin bersifat antibakteri, mampu untuk membantu mengatur keseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat pada muka.

Mencegah penuaan dini

Kandungan polifenol yang ada didalam teh hijau ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit.

Manfaat polifenol yaitu mampu untuk membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan pada kulit dan mempercepat terjadinya penuaan. [1]

Kandungan zat aktif teh hijau

Kemampuan teh hijau dalam penjagaan kesehatan tubuh ataupun mencegah berbagai macam penyakit bergantung pada keberadaan dari komponen bioaktif yang terkandung didalamnya.

Kandungan zat aktif yang ada pada daun teh hijau diantaranya; zat antioksidan, fluoride, vitamin C, polifenol, mangan, kafein, katekin, dan juga L-teanin.

Selain itu, dibalik manfaat teh hijau yang sangatlah banyak teh hijau ini mempunyai kandungan kafein sekitar 2-4 persen.

Oleh karena itu, tidak boleh dikonsumsi hingga berlebihan karena dapat mengakibatkan efek samping kepada pengkonsumsinya seperti kegoyahan, kegugupan dan kegelisahan.

Mengonsumsi teh hijau berlebihan dapat menyebabkan masalah dalam perut, sakit kepala, susah tidur, diare, dll.

Oleh sebab itu konsumsi teh hijau ini secukupnya juga sesuai dosis yang telah ditetapkan agar mendapatkan manfaat yang maksimal.[2]