Manfaat buah bilberry selain untuk mata ternyata bisa mengobati diare, edema, penyumbatan arteri, penyakit kudis, isk, keluhan pada ginjal serta diabetes melitus.

Manfaat Bilberry Selain Untuk Mata

Id141 Postby Admin 29-10-23 1217 Buah Bilberry

Bilberry termasuk keluarga beri-berian dalam genus Vaccinium. Sebagian orang terkadang menganggap buah bilberry sama dengan blueberry padahal berbeda.

Secara fisik memang kedua jenis buah berry ini hampir sama karena memang masih saudara, hanya saja pada ujung bilberry tidak ada mahkota.

Tahukan Anda bahwa, ternyata buah bilberry tidak hanya bermanfaat untuk keluhan mata saja namun bisa untuk tujuan kesehatan lainnya.

Manfaat buah bilberry seperti:

Semua manfaat tersebut memang sudah dikenal oleh banyak orang, tapi manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya jarang diketahui.

Manfaat Bilberry Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat buah bilberry untuk kesehatan selain mata:

Mengobati Diare

Diare mencretImage source istock photo

Ini adalah salah satu manfaat bilberry yang kemungkinan sudah terverifikasi oleh para ahli yang telah melakukan penelitian.

Tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati diare termasuk daun blackberry, kulit akar blackberry, daun bluebery dan daun raspberry merah.

Pada daun raspberry terkandung senyawa tanin yang cukup tinggi . Sama halnya seperti blackberry, inipun bisa meredakan diare akut.

Kerabat dekat dari blueberry, yaitu bilberry sudah lama secara tradisional dimanfaatkan oleh masyarakat di Jerman untuk menyembuhkan sakit diare baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Pada metode pengujian ini hanya memberikan bilberry kering atau jus kering, tidak diperbolehkan menggunakan berri dalam kondisi yang masih segar karena bisa memperburuk diare.

Edema

Edema bengkakImage source istock photo

Sebab ketersediaan kumarin, kemudian hidroksietilrutosida, serta diosmin sangat terbatas di Amerika Serikat, maka para dokter mencari senyawa sejenis flavonoid lain.

Mereka mencari alternatif lain seperti rutin, quercetin atau antosianosida yang berasal dari bilberry sebagai gantinya dalam upaya untuk memperoleh manfaat yang serupa.

Pengaruh flavonoid dari jenis lain terhadap edema belum ada diteliti secara komprehensif, termasuk didalamnya ukuran jumlah optimalnya tidak diketahui.

Namun, pada sebuah riset, pemberian quercetin dengan dosis 30-50 mg per hari sanggup mengoreksi permeabilitas kapiler abnormal (kebocoran), efek ini yang disinyalir mungkin bisa memperbaiki edema.

Efek serupa telah ditemukan dengan senyawa rutin pada pemberian dosis 20 mg tiga kali sehari.

Dokter sering memberikan rekomendasi antara 80 sampai 160 mg ekstrak standar bilberry, dengan pemberian tiga kali sehari.

Aterosklerosis

AterosklerosisImage source istock photo

Aterosklerosis merupakan penyakit yang muncul saat plak timbunan lemak menyumbat aliran darah pada arteri Anda.

Bilberry terbukti mencegah timbulnya agregasi trombosit (agregasi platelet), sebuah parameter yang menunjukan level kemampuan darah untuk menggumpal, apakah normal, kurang atau berlebih.

Curcumin sebagai senyawa aktif kunyit telah berhasil menunjukkan aktivitas anti-platelet yang ampuh dalam pengujian kepada hewan. Ini juga mengindikasikan efek yang sama pada uji coba awal terhadap manusia.

Bilberry telah terbukti mencegah timbulnya agregasi platelet seperti halnya tumbuhan herbal peony.

Namun demikian, ketiga tumbuhan herbal ini baik kunyit, peony dan bilberry yang di uji, belum menggunakan manusia terkait dengan khasiat penyembuhan aterosklerosis ini.

Manfaat Lain

Selain khasiat tersebut diatas, bilberry memiliki khasiat lainnya setelah diteliti.

Namun untuk manfaat tersebut dibawah ini secara ilmiah belum didukung dengan sebuah penelitian yang komprehensif kepada manusia.

Kandungan buah beri dan daun bilberry yang telah dikeringkan ada rekomendasikan bisa untuk mengatasi berbagai macam penyakit antara lain :

Pemanfaatan bilberry yang paling masuk akal sebelumnya adalah pada penggunaan buah berry kering yang dimanfaatkan untuk membantu mengatasi penyakit diare.

Riset penggunaan bilberry untuk keluhan lain belum ada laporan.

Bilberry Produk HNI

Anda yang tertarik menggunakan buah ini untuk pengobatan bisa mencoba salah satu produk HPAI dalam bentuk kapsul ekstrak ini:

Buah bilberry pada produk diatas dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih mudah saat Anda konsumsi untuk tujuan pengobatan