Manfaat kopi untuk meningkatkan energi, mencegah diabetes, menjaga kesehatan otak, mencegah obesitas, menurunkan depresi, kesehatan hati dan jantung, stamina dll.

Manfaat Kopi

Id143 Postby Admin 04-09-23 1202 Kopi Hitam

Kopi adalah minumam favorit yang digemari banyak orang diseluruh dunia.

Para ahli memperkirakan bahwa setiap harinya terdapat sekitar 2,25 miliar cangkir kopi yang dikonsumsi diseluruh dunia.

Banyak orang yang bergantung pada secangkir kopi dipagi harinya untuk meningkatkan mood dan fokus mereka.

Namun ternyata, menurut para peneliti kopi juga memiliki manfaat untuk beberapa kondisi kesehatan seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit kardiovaskular
  • Penyakit radang usus
  • dan penyakit hati.

Berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kopi, tidak terlepas dari sejumlah nutrisi yang terdapat didalamnya, seperti vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), magnesium, potasium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Manfaat kopi

Berikut adalah beberapa potensi manfaat yang bisa anda dapatkan dari kopi.

Energy Booster

Pria kuatImage source istock photo

Kopi mengandung kafein, yaitu stimulan sistem saraf pusat yang terbukti memiliki kemampuan untuk meingkatkan energi dan mengurangi tingkat kelelahan.

Hal ini terjadi karena kafein dapat memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosine dan meningkatkan kadar neurotransmitter lain pada otak Anda yang mengatur tingkat energi, termasuk dopamine.

Sebuah studi kecil mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi kafein dapat memperlambat waktu kelelahan selama bersepeda sebesar 12% dan dapat mengurangi tingkat kelelahan subjektif pada peserta secara signifikan.

Mencegah diabetes tipe 2

DiabetesImage source istock photo

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Sebuah ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi per harinya berkontribusi terhadap 6% resiko yang lebih rendah untuk terkena diabetes tipe 2.

Hal ini diduga berkaitan dengan kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta pada pankreas.

Sel inilah yang bertanggung jawab dalam memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Ditambah lagi kopi kaya akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme, dimana semua faktor ini berpengaruh terhadap perkembangan diabetes tipe 2.

Menjaga kesehatan otak

Brain otakImage source istock photo

Meskipun memiliki hasil yang beragam, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat membantu melindungi otak dari gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Menurut sebuah ulasan dari 13 penelitian, orang yang mengonsumsi kafein secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit Parkinson.

Terlebih lagi, konsumsi kafein juga dapat memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dari waktu ke waktu.

Tinjauan lain dari 11 studi observasional yang dilakukan pada lebih dari 29.000 orang juga mengungkapkan bahwa semakin banyak seseorang mengonsumsi kopi, semakin rendah risiko terkena penyakit Alzheimer.

Selain itu, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang juga berhubungan dengan risiko demensia dan penurunan fungsi kognitif yang lebih rendah.

Mencegah obesitas

TimbanganImage source istock photo

Konsumsi kopi dapat berpengaruh terhadap penurunan lemak tubuh dan dapat menjaga kesehatan usus, dimana keduanya sangat bermanfaat untuk mengontrol berat badan atau obesitas.

Dalam sebuah ulasan dari 12 penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi berkaitan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria.

Lebih jauh lagi, penelitian lain menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari, 17% lebih memungkinkan untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan.

Dan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu mengontrol berat badan.

Menurunkan resiko depresi

DepresiImage source istock photo

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kopi dapat berkontribusi pada rendahnya risiko depresi.

Menurut sebuah ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari berkontribusi pada 8% risiko depresi lebih rendah.

Terlebih lagi, terdapat penelitian pada lebih dari 200.000 orang yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi berhubungan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah.

Menjaga kesehatan hati

HatiImage source istock photo

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menjaga kesehatan hati dan melindunginya dari penyakit.

Misalnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari berkaitan dengan rendahnya tingkat jaringan parut hati dan kanker hati pada orang yang menderita penyakit hati.

Studi lain menemukan bahwa konsumsi kopi juga berhubungan dengan penurunan kekakuan hati, yang merupakan ukuran yang digunakan pakar kesehatan untuk menilai fibrosis hati, yaitu pembentukan jaringan parut pada hati.

Menjaga kesehatan jantung

Stetoskop jantungImage source istock photo

Berdasarkan beberapa penelitian, konsumsi kopi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

Pada tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 15%.

Dan bagi orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung, minum kopi dapat membuat risiko mengalami serangan jantung kembali tidak mengalami peningkatan.

Tinjauan dari 21 penelitian juga mengungkapkan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari berkaitan dengan 21 % risiko stroke yang lebih rendah.

Lebih lanjut, sebuah penelitian pada lebih dari 21.000 orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi berkaitan dengan penurunan risiko gagal jantung yang signifikan.

Namun perlu diingat, bahwa kafein dapat mempengaruhi tingkat tekanan darah.

Oleh karena itu, orang yang memiliki tekanan darah yang tidak terkontrol mungkin perlu membatasi asupan kafein mereka.

Meningkatkan kinerja fisik

Sehat priaImage source istock photo

Kopi sering juga digunakan oleh para atlet sebagai bantuan ergogenik untuk meningkatkan kinerja otot dan meningkatkan level energi mereka.

Sebuah ulasan dari sembilan penelitian melaporkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi pengerahan tenaga yang dirasakan.

Penelitian lain pada 126 orang dewasa menemukan bahwa konsumsi kopi berkaitan dengan peningkatan kinerja fisik dan kecepatan gerak.

Bahkan setelah para peneliti menyesuaikan faktor-faktor seperti usia, lemak perut, dan tingkat aktivitas fisik.

Efek Samping Minum Kopi

Kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi Anda juga perlu memperhatikan asupan harian kopi Anda.

Karena asupan kopi yang tidak tepat atau terlalu banyak, justru bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh anda.

Pengeroposan tulang

kemungkinan mengalami pengeroposan tulang belakang mungkin terjadi pada wanita yang mengonsumsi lebih dari 300 miligram kafein per hari dan yang tidak mengonsumsi cukup kalsium.

Komplikasi dimasa kehamilan

Konsumsi kopi mungkin tidak direkomendasikan selama masa kehamilan, karena terdapat beberapa bukti yang menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi kopi dan kehamilan:

  • Bisa menyebabkan keguguran
  • Berat bayi lahir rendah
  • dan kelahiran prematur.

Risiko Endometriosis

Wanita yang sering minum kopi mungkin memiliki risiko terkena endometriosis yang lebih tinggi, namun belum cukup bukti untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

Gangguan kecemasan

Konsumsi kafein dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan, terutama bagi orang yang memiliki gangguan panik atau gangguan kecemasan sosial.

Produk Kopi HNI HPAI

Hingga saat ini setidaknya varian kopi pada produk HPAI ada sebanyak 6 buah yaitu:

Tertarik mencoba manfaat kopi-kopi dari HNI HPAI?

Silahkan pilih sesuai selera Anda. Hanya yang jelas, semua varian kopi HNI memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan Anda.