Manfaat kurma untuk ibu hamil sangat bagus, namun apa benar seperti itu dengan konsumsi rutin cukup aman bagi ibu hamil serta .. doc HNI Pioneer.

√ Post 09-03-24 by (Id144)
√ 1559 views
√ CLOUD Sari Kurma

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma merupakan makanan sehat yang bisa digunakan sebagai penganan selama fase kehamilan hingga menjelang persalinan.

Buah yang menyehatkan ini tidak banyak dilirik sebagai camilan ibu hamil (bumil) padahal buah ini memiliki gizi yang berlimpah ruah.

Kurma diklaim memiliki kandungan magnesium, tembaga dan mangan cukup tinggi yang sangat dibutuhkan sebagai multivitamin ibu hamil .

Bahkan fungsinya bukan hanya pada masa kehamilan saja, kurma juga membantu kelancaran proses kelahiran bayi.

Pada suatu saat mungkin Anda merasa bertenaga, namun pada saat lain tiba-tiba merasa sangat lelah dan tidak bisa konsentrasi. Itu bisa jadi merupakan salah satu gejala malnutrisi.

Semakin banyak nutrisi dan vitamin yang masuk ke tubuh Anda, maka semakin baik pula fisik dan mental (mood) Anda.

Cek juga apa saja manfaat Sari Kurma HNI untuk ibu hamil hingga menjelang masa persalinan.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma ibu hamilImage source istock photo

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang manis rasanya. Meski demikian manisnya kurma adalah alamiah sehingga relatif aman bagi pengidap gula darah.

Bagi Anda yang terobsesi dengan makanan manis semacam es krim, bisa konsumsi kurma sebagai penggantinya. Ini lebih sehat.

Kurma menjadi salah satu sumber fruktosa alami yang sangat baik bagi ibu hamil sebagai sumber energi dalam mengatasi kelelahan.

Manfaat kandungan nutrisi pada kurma bukan hanya itu, sebab serat yang terkandung di dalamnya juga sangat baik dalam menjaga system pencernaan.

Dengan pencernaan yang lancar, ibu hamil bisa terhindar dari masalah konstipasi atau sembelit.

Kandungan senyawa folat pada kurma dapat membantu mengurangi potensi cacat pada bayi yang dilahirkan.

Jangan lupa, kurma juga mengandung zat besi dan vitamin K yang tinggi. Kedua senyawa ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk melawan anemia dan kekurangan zat besi.

Vitamin K juga bermanfaat bagi janin yang dikandung agar bisa tumbuh sempurna memiliki tulang yang kuat, dan untuk Anda bisa meningkatkan fungsi otot dan saraf.

Kurma juga merupakan sumber potasium yang kaya bermanfaat dalam membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan menurunkan tekanan darah.

Ringkasan

Manfaat kurma untuk ibu hamil:

  • Sumber energi instan bagi ibu hamil
  • Mengatasi kelelahan dan keletihan
  • Memperbaiki system pencernaan bumil
  • Mencegah sembelit dan konstipasi
  • Mengurangi bayi cacat lahir
  • Mencegah anemia dan kekurangan zat besi bumil
  • Memperkuat tulang janin yang dikandung
  • Menormalkan tekanan darah bumil dan relaksasi.

Efek Samping Kurma Pada Ibu Hamil

Buah kurma bukan saja sehat, namun aman dikonsumsi selama masa kehamilan Anda. Selain konsumsi langsung kurma juga bisa diminum setelah diolah menjadi sari kurma.

Tidak ada bukti empiris yang menunjukkan bahwa makan kurma akan berdampak buruk untuk bumil pada trimester pertama, kedua, atau ketiga masa kehamilan.

Tapi faktanya justru terbalik, konsumsi kurma memberikan efek positif, apalagi bagi Anda yang mengalami keletihan atau sembelit.

Ada anggapan bahwa kurma bisa membantu melancarkan proses persalinan, sehingga banyak bumil yang ikut mencoba membuktikan teori ini.

Namun bagi Anda, bumil yang baru pertama kali konsumsi kurma harus tetap hati-hati, karena bisa saja mengalami reaksi alergi, meskipun ini sangat jarang.

Beberapa gejala yang mungkin muncul adalah:

  • Muncul rasa kesemutan
  • Gatal-gatal
  • Bengkak disekitar mulut atau lidah.

Bila gejala diatas muncul, sebaiknya segera hentikan makan kurma.

Harap diingat kurma juga mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi, sehingga saat aplikasi tidak boleh berlebihan.

Kurma Membantu Proses Persalinan?

PersalinanImage source istock photo

Buah kurma telah lama dipercaya memiliki manfaat terapeutik yang berperan sebagai antiinflamasi, antioksidan atau antitumor, disamping sebagai sumber energi instan.

Bagi sebagian orang, peranan kurma dalam membantu proses kelancaran melahirkan masih dianggap sebuah mitos atau dongeng orang jaman dulu.

Namun ada beberapa penelitian para ahli yang diklaim bisa menunjukkan hubungan erat antara kurma dan proses persalinan.

Inti dari kebenaran teori ini adalah pada dosis kecukupan yang Anda makan selama kehamilan. Persalinan bisa dimulai tanpa bantuan obat-obatan tersebab kurma bisa memicu induksi alami .

Pada sebuah study dengan melibatkan 69 wanita hamil makan enam kurma sehari selama 4 pekan menjelang perkiraan tanggal persalinan mereka.

Pada sisi lain sebagai pembanding, periset juga meneliti 45 wanita hamil yang tidak makan kurma sebelum persalinan.

Hasilnya sudah bisa diduga, bahwa kurma memang cukup potensial dalam membantu proses melahirkan ibu hamil.

Para peneliti menemukan bahwa bumil yang konsumsi enam buah kurma sehari selama 4 pekan sbb:

  • Durasi waktu persalinan lebih cepat.
  • Rata-rata dilatasi serviks yang lebih tinggi.
  • Selaput ketuban lebih utuh.

Atau dengan hasil ini bisa saja disimpulkan bahwa serviks bumil ini lebih matang / lebih siap untuk melahirkan.

Hasil lain dari riset ini adalah:

  • Prosentasi persalinan spontan pada bumil makan kurma: 96%.
  • Persalinan spontan tanpa kurma: 79%.

Penelitian terbaru melibatkan dua kelompok dengan masing-masing ibu hamil 77 orang, makan kurma di akhir kehamilan mereka.

Para peneliti menemukan bahwa bumil yang konsumsi kurma ternyata membutuhkan sedikit tindakan medis dalam persalinan dibandingkan kelompok tanpa makan kurma.

Merujuk pada berbagai hasil penelitian tersebut para peneliti akhirnya percaya bawah konsumsi kurma pada bumil bisa membantu mengurangi kebutuhan induksi.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut tentang teori ini masih sangat diperlukan agar bisa dipastikan bahwa efek ini berpengaruh pada semua ibu hamil.

Namun bagi Anda yang hari ini sedang menunggu tanggal kelahiran, maka tidak ada salahnya mencoba manfaat kurma yang luar biasa ini.

Sari Kurma HNI HPAI

Salah satu cara makan kurma yang mudah adalah dengan menggunakan sendok.

Lho? Makan kurma kok pakai sendok? Bukannya diambil dengan tangan seperti caranya Rasulullah?

Betul sekali. Namun saat ini ada alternatif lain cara Anda konsumsi makan kurma yang lebih praktis.

Salah satunya pilihan terbaik untuk Anda ibu hamil adalah minum Sari Kurma HNI HPAI yang terbuat dari 100% kurma pilihan.

Dengan manfaat dan khasiat yang sudah tidak diragukan lagi karena diformulasikan dari buah kurma dengan kualitas terbaik.

Penutup

Sari kurma HNI

Fase kehamilan yang baik adalah manakala Anda mendapatkan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Buah kurma adalah pilihan tepat karena mengandung serat, vitamin dan nutrisi tinggi.

Bila saja kesimpulan para peneliti ini akurat, konsumsi kurama bisa membantu Anda dalam meningkatkan induksi spontan yang alami, sehingga persalinan lebih mudah dan cepat.